Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pekerjaan Menurut Para Ahli Meliputi Jenis Dan Contohnya [ LENGKAP ]

Pengertian Pekerjaan Dan Contohnya Di Sekitar Kita

Pengertian Pekerjaan

Pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang demi kelangsungan hidupnya atau untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Setiap orang malakukan pekerjaan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, karena kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak bisa di tunda-tunda. Kebutuhan tersebut misalnya pokok seperti makan, minum, pakaian, pendidikan dan lain-lain. Untuk mendapat memenuhi berbagai kebutuhannya makan manusia membutuhkan uang, dan umumnya uang di dapatkan dari bekerja, saat ini banyak sekali pekerjaan yang dilakukan manusia untuk menghasilkan uang.
Jadi yang dimaksud pekerjaan adalah aktivitas utama yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam arti yang sempit pekerjaan yaitu suatu aktivitas yang dapat menghasilkan uang. Sedangkan dalam segi ekonomi pekerjaan yaitu semua aktivitas yang dilakukan manusia, baik itu dilakukan secara individu ataupun secara organisasi, baik secara tertutup ataupun secara terbuka kemudian dari pekerjaan tersebut dapat menghasilkan suatu produk atau jasa sehingga dapat mendapatkan uang dan dijadikan sebagai mata pencarian.


Pengertian pekerjaan Menurut Para Ahli

1. Anoraga

Kerja merupakan penggunaan proses fisik dan mental dalam mencapai tujuan yang produktif.

2. Steers dan Porter

Pekerjaan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan tiap individu karena beberapa alasan diantaranya:
  • adanya timbal balik dalam bekerja seperti reward berupa uang juga kepuasan dalam memberi pelayanan.
  • Bekerja biasanya memberikan fungsi sosial. Dimana dalam dunia pekerjaan memberi kesempatan untuk bertemu dan mengenal orang-orang baru dan mengembangkan jaringan.
  • Pekerjaan yang seseorang geluti seringkali menjadi status sosial dalam masyarakat luas, akan tetapi pekerjaan juga dapat menjadi sumber perbedaan sosial.
  • Terdapat nilai kerja bagi setiap orang secara psikologis dapat menjadi sumber identitas, harga diri serta aktualisasi diri.

3. Supriyadi

Pekerjaan merupakan beban, kewajiban, sumber penghasilan, kesenangan, gengsi, aktualisasi diri dan lain sebagainya.


Hal-Hal Yang Dibutuhkan Dalam Pekerjaan

Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang diperlukan agar bisa berhasil atau sukses dalam melakukan suatu pekerjaan:

1. Skill

Skill adalah kemampuan atau keahlian yang dimiliki oleh setiap manusia. Biasanya skill ini diperoleh melalui kegiatan pelatihan dan pendidikan. Contoh: mampu mengoperasikan komputer, mampu mengoperasikan mesin produksi, mampu memperbaiki komputer, dan masih banyak lagi.

2. Pengetahuan

Pengetahuan adalah ilmu dasar yang harus dimiliki seorang pekerja. Karena pengetahuan akan membantu seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, pengetahuan juga bisa membangun keahlian seseorang dalam bekerja.

3. Dapat Bekerjasama

Kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain merupakan jenis kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Karena ada banyak pekerjaan di dunia ini yang tidak bisa dilakukan secara individu. Mau tak mau, pekerjaan tersebut harus dilakukan dengan cara bekerjasama dengan orang lain.
Kemampuan bekerjasama ini sebaiknya juga disertai dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Meskipun kamu tidak setuju, cobalah untuk menghargai pendapat orang lain yang bekerjasama dengan dirimu. Hal ini akan membantu kalian untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

4. Jujur

Kejujuran merupakan sikap yang sangat penting dalam bekerja. Jika kita jujur, kita akan dipercaya oleh banyak orang dan lebih dihormati saat bekerja.

5. Sopan Santun

Sopan santun juga sangat penting saat bekerja. Orang yang sopan dan santun akan lebih dihargai oleh atasan, rekan kerja, atau nasabah.

6. Sikap Pantang Menyerah

Sikap pantang menyerah merupakan sikap yang perlu dimiliki agar kamu bisa meraih kesuksesan dalam bekerja. Permasalahan akan selalu ada dalam dunia kerja. Hal ini tidak bisa kamu selesaikan begitu saja hanya dengan mengandalkan skill dan juga pengetahuan. Kamu harus memiliki sikap pantang menyerah dan berdaya juang tinggi untuk memecahkan masalah tersebut.


Baca Juga:

Hardware Komputer (Perangkat Keras) dan Fungsinya Beserta Gambarnya


Jenis Dan Contoh Pekerjaan

Pekerjaan adalah segala sesuatu yang dikerjakan oleh manusia dengan berbagai tujuan. Ada yang melakukan pekerjaan dengan terpaksa ada juga yang ikhlas. Ada yang melakukan pekerjaan karena memang dia membutuhkan pekerjaan itu, ada juga yang melakukan pekerjaan itu karena untuk memenuhi kebutuhan hidup.Ada yang melakukan pekerjaan itu dengan senang hati karena memang menyukai pekerjaan itu. Ada juga yang melakukan suatu pekerjaan dengan terpaksa karena dia tidak menyukai pekerjaan itu.Pekerjaan adalah sebuah azas bagi setiap manusia. Setiap orang berhak untuk mendapatkan pekerjaan dan berkewajiban menjalani pekerjaan dengan sepenuh hati.Jenis pekerjaan yang diminati banyak masyarakat.
  1. Human Resource - Tenaga Human Resource semakin dibutuhkan mengingat semakin banyak permintaan untuk menangani karyawan. Pemikiran yang subjektif sangat diperlukan di dalam profesi ini. Bila tidak ditangani secara serius dan professional akan berdampak buruk pada suatu perusahaan.
  2. Insinyur - Dari sejak jaman dulu, menjadi insinyur adalah cita-cita hampir semua anak Indonesia. Terlebih sekarang. Kebutuhan akan tenaga ahli di bidang teknik sangat dibutuhkan. Namun akibatnya juga banyak lulusan insinyur yang menganggur.
  3. Ahli Kosmetik - Perawatan tubuh dan wajah sudah menjadi kebutuhan pokok di dalam masyarakat. Maka menjadi ahli kosmetik semakin dibutuhkan. Bila Anda memilih pekerjaan di bidang ini, harus dikerjakan secara serius dan professional.
  4. Public Relation - Kebutuhan akan Public Relation mengalami peningkatan yang cukup significant. Pekerjaan ini memiliki kesempatan untuk bertahan di masa resesi. Karena masih banyak investor yang mau menanamkan modalnya di Indonesia.
  5. Konselor  - Semakin tinggi tekanan yang dihadapi masyarakat, semakin besar kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli dalam masalah kejiwaan.
  6. Akuntansi - Banyak perusahaan yang melakukan merger, maka hal itu menyebabkan kebutuhan pekerjaan seorang akuntan masih sangat dibutuhkan.
  7. Analisis Komunikasi Data - Semakin berkembangnya alat komunikasi yang canggih membuat perusahaan harus bisa mengimbanginya dengan menciptakan alat marketing yang baru. Pekerjaan seorang Analisis komunikasi data diperlukan untuk mengawasi dan membangun jaringan komunikasi internal dan eksternal suatu perusahaan.
  8. Tenaga pengajar - Dari jaman penjajah sampai kapan pun kebutuhan akan seorang pendidik masih sangat dibutuhkan. Namun tidak mudah untuk menjadi pengajar yang professional dan pengajar yang  baik adalah bagaimana membuat peserta didiknya menjadi manusia yang berguna bukan sekedar pandai, juga mempunyai sikap yang baik juga.
  9. Eksekutif iklan - Media komunikasi demikian berkembangnya. Sehingga membuat setiap perusahaan membuat iklan untuk mengenalkan produk mereka kepada khalayak dengan cara membuat iklan. Dengan begitu pekerjaan sebagai Eksekutif iklan sangat dibutuhkan saat ini dan nanti.
  10. Konsultan Lingkungan - Semakin giatnya pemerintah dalam memperbaiki lingkungan hidup membuat pekerjaan seorang Konsultan Lingkungan menjadi sangat dibutuhkan. Tidak hanya pemerintah dalam negeri, segenap masyarakat dunia sekarang ini memang sedang menggiatkan menghijaukan bumi kembali. Apa saja pekerjaan seorang konsultan lingkungan? Meneliti sebuah lingkungan yang baru dan kemudian mencari tahu apa saja yang dapat dilakukan di daerah itu untuk mengembalikan lingkungan yang baik.
  11. Aktris atau aktor - Kebutuhan akan seni menjadi pekerjaan menjadi aktris dan aktor semakin diminati. Rasa ingin dikenal membuat banyak orang yang ingin menjadikan aktris  atau actor sebagai pekerjaan mereka.
  12. Penulis - Sekarang mulai banyak yang meminati pekerjaan seorang penulis. Menjadi seorang penulis sebenarnya bukan sepenuhnya pekerjaan, karena mereka menulis dengan hati. Bila tidak disertai oleh hati tidak akan bisa menjadi penulis profesional.Penulis tentu saja di awali dari kesukaan untuk menulis. maka sekarang sudah banyak penulis yang menjadikan menulis yang awalnya adalah hobby menjadi sebuah pekerjaan yang dapat menghasilkan.Secara umum pekerjaan itu ada dua macam yakni pekerjaan yang menghasilkan barang atau produk dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Contoh Pekerjaan Yang Menghasilkan Produk

Pekerjaan yang menghasilkan barang atau produk merupakan pekerjaan yang dapat menghasilkan uang dari menjual produk tersebut beberapa contohnya seperti:
  • Petani
  • Peternak
  • Tukang kayu
  • Nalayan
  • Dan lain-lain.

Contoh Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa merupakan pekerjaan yang hasilnya dapat di rasakan oleh orang lain beberapa contohnya seperti:
  • Guru
  • Dokter
  • Sopir
  • Tukang service
  • Dan lain-lain

Kesimpulan Pembahasan

Jadi dapat disimpulkan pekerjaan merupakan aktivitas utama yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan uang, yang dimana hasil dari pekerjaan tersebut digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Pekerjaan dibagi menjadi dua macam diantaranya pekerjaan yang menghasilkan produk dan yang menghasilkan jasa.

Demikianlah pembahasan mengenai “Pekerjaan” Pengertian & ( Kemampuan – Jenis – Contoh – Kesimpulan ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Pekerjaan

  • jurnal tentang pengertian pekerjaan
  • pengertian pekerjaan menurut para ahli
  • makalah pengertian pekerjaan
  • pengertian pekerjaan jasa
  • unsur pengertian pekerjaan
  • pengertian pekerjaan montir
  • pekerjaan adalah brainly
  • pengertian pekerjaan halal adalah

Post a Comment for "Pengertian Pekerjaan Menurut Para Ahli Meliputi Jenis Dan Contohnya [ LENGKAP ]"