Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik - Teknik Dasar Bermain Sepak Bola Lengkap dengan Gambar

 

Teknik Dasar Sepak Bola – Seperti yang kita ketahui, bahwasannya sepak bola adalah jenis olahraga yang mengandalkan kecepatan, kemampuan, dan strategi. Agar bisa bermain sepak bola dengan baik, kamu harus menguasai teknik dasar dalam permainan sepak bola.Kalau kamu hanya mengandalkan kemampuan tubuh, serta kecepatan tanpa mempelajari teknik dasar permainan sepak bola, maka kamu akan mendapatkan kesulitan dalam bermain sepak bola.
Maka dari itu, di artikel ini, kita akan membahas mengenai teknik dasar sepak bola dan penjelasannya secara lengkap dan jelas agar kamu menjadi pemain sepak bola yang handal.Ok, berikut ini beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus kamu kuasai untuk menjadi pemain sepak bola yang hebat.



Teknik menendang bola (kicking)


Yaitu teknik menyentuh atau mendorong bola menggunakan kaki. Teknik ini merupakan faktor yang dominan dalam permainan sepak bola. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan (passing) dan menembak kearah gawang (shootig). Teknik menendang bola dapat di bagi menjadi tiga bagian yakni: menendang bola menggunakan kaki bagian dalam; menendang bola menggunakan kaki bagian luar; dan menendang bola menggunakan kaki bagian punggung

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam:
Teknik menendang bola
menggunakan kaki bagian dalam

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam:

Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Berikut ini caranya:
  1. Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
  2. Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posis pergelangan kaki diputar ke arah luar.
  3. Selanjutnya tendang bola dengan sentuhan kaki bagian dalam.

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar: 
Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian lua
Teknik menendang bola
menggunakan kaki bagian luar

Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
  1. Berdiri dengan sikap melangkah, satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola dan sekaligus sebagai kaki tumpu.
  2. Badan berdiri agak tegak, angkat kaki belakang sebagai kaki yang digunakan untuk menendang bola dengan posisi pergelangan kaki diputar ke arah dalam.
  3. Selanjutnya tentang bola dengan sentuhan kaki bagian luar.

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung kaki: 

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung kaki
Teknik menendang bola 
menggunakan punggung kaki
Pada umumnya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting.
  1. Sikap badan dibelakang bola dan agak condong ke depan, salah satu kaki didepan sebagai kaki tumpu dan menghadap ke sasaran dengan lutut sedikit ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap bola, lalu ayunkan ke depan sehingga mengenai bola tepat pada punggung kaki, sedangkan perkenaan terhadap bola berada ditengah-tengah.
  3. Selanjutnya gerakan kaki mengikuti arah lepasnya bola.


Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Ini merupakan teknik dasar yang wajib kamu kuasai sebelum menguasai teknik lainnya. Teknik menggiring bola atau dribbling dilakukan dengan cara membawa bola menggunakan kakimu sekaligus mengontrol lajunya bola.

a. Speed Dribbling dan Closed Dribbling
Dalam dribbling dikenal teknik speed dribbling di mana kamu berlari, membuang bola ke depan, dan mengejarnya. Selain itu, ada pula closed dribbling. Teknik ini dilakukan dengan cara menggiring dan mengontrol bola dengan saksama, dan dapat dilakukan ketika kamu sedang dihimpit oleh pemain dari tim lawan.
Selain itu, terdapat tiga teknik dasar dalam menggiring bola, yaitu menggiring dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, dan kaki bagian luar. 

b. Menggiring dengan Punggung Kaki
Teknik menggiring dengan punggung kaki dilakukan dengan tahapan:
  • Pandangan mata lurus ke depan.
  • Taruh bagian dengan kakimu di ujung bola.
  • Dorong bola dengan punggung kaki kamu.
  • Lakukan beberapa kali, kemudian hentikan dengan telapak kaki.
c. Menggiring dengan Kaki Bagian Dalam
Teknik kedua, menggiring dengan kaki bagaian dalam, teknik ini dilakukan dengan cara:
  • Pandangan lurus ke depan.
  • Putar pergelangan kaki ke luar.
  • Kemudian mulai dorong bola dengan kaki bagian luar.
  • Lakukan beberapa kali, lalu hentikan bola dengan telapak kakimu.
d. Menggiring dengan Kaki Bagian Luar
Teknik terakhir, menggiring dengan kaki bagian luar, cara melakukannya tidak jauh beda dengan menggiring dengan kaki bagian dalam. Lakukan step yang sama dengan teknik menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
Tapi, kamu perlu memutar pergelangan kaki kamu ke dalam, dan dorong lah bolanya.


Teknik Dasar Mengumpan Bola / Passing


Dalam penguasaan teknik mengumpan dan juga menerima bola adalah salah satu hal terpenting dalam permainan sepak bola. Siapa yang tidak dapat melakukan umpan atau dalam istilah sepak bola disebut passing, maka, sama halnya dengan tidak bisa bermain sepak bola.
Mengapa? Dikarenakan teknik mengumpan lebih efektif dibandingkan menggiring bola.
Berikut ini macam macam passing dalam sepak bola :
  1. Teknik umpan bola memakai kaki bagian dalam
  2. Teknik umpan bola memakai kaki bagian luar
  3. Teknik umpan bola memakai punggung kaki
Teknik dasar permainan sepak bola ini pada umumnya sering pakai guna memberikan bola pada jarak pendek. Yaitu diantara pemain dengan pemain yang lainnya.
Berikut ini langkah-langkah teknik umpan bola dengan memakai kaki bagian dalam.
Sikap Awal
  • Sikap awal yang perlu dilakukan yaitu sikap berdiri menghadap arah gerak.
  • Posisikan kaki tumpu disamping bola dengan sikap lutut agak tertekuk serta bahu menghadap arah gerakan.
  • Posisi kedua lengan berada disamping badan sedikit agak terlentang.
  • Pergelangan kaki yang akan dipakai menendang di putar ke luar serta dikunci.
  • Pandangan fokus pada bola
Gerakan Mengumpan Bola
  • Hal yang terpenting yaitu memerhatikan kesiapan teman yang akan diberi bola.
  • Tarik tungkai kaki yang akan dipakai guna menendang ke belakang kemudian ayun ke depan ke arah bola.
  • Tendang bola dengan kaki bagian dalam tepat di tengah-tengah bola.
Sikap Akhir
  • Berat badan dipindahkan ke kaki dan tumpu depan berbarengan kaki yang dipakai menendang diposisikan di depan.
  • Pandangan lurus ke depan.
Karena teknik gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah mengumpan bola. Jadi kamu perlu mengasah macam macam passing dalam sepak bola agar lebih baik lagi.


Teknik Menghentikan atau Mengontrol ( stoping )

Untuk melakukan pengontrolan bola memang harus selalu diberengi oleh teknik yang tepat dan benar sehingga permainan sepak bola akan jauh lebih menarik. Nah bagi anda yang ingin belajar menguasai teknik dalam bermain sepak bola berikut akan dibahas mengenai beberapa teknik cara mengontrol atau menghentikan bola pada permainan sepakbola.

1. Dengan telapak kaki
Mengontrol bola atau menghentikan bola dengan telapak kaki dilakukan dengan cara memposisikan diri pada wilayah yang tepat dan menghadap ke arah datangnya bola, buka kaki bagian dalam hingga menghadap keluar lalu kontrol bola perlahan setelah menyentuh kaki dan hentikan bola.

2. Dengan punggung kaki
Mengontrol atau menhentikan bola dengan punggung kaki adalah memposisikan diri terlebih dahulu sambil menunggu bola datang kemudian kaki bagian luar disiapkan dan posisi badan agak condong kedepan kemudian bola menyentuh kaki dan hentikan.

3. Dengan paha
Mengontrol atau menghentikan bola dengan pada dilakukan dengan cara mengamati bola yang datang dari udara, posisikan badan dan tempatkan tubuh tepat dibawah datangnya arah bola, angkat kaki yang akan menahan bola dan tekuk bagian lututnya lalu saat bola menyentuh paha lakukan usaha tarikan agar hantaman bola bisa distabilkan, usahakan posisi tubuh selalu seimbang

4. Dengan perut
Mengontrol bola atau menghentikan bola dengan perut dilakukan dengan cara membuat ancang – ancang atau posisi tubuh condong kebelakang kedua tangan bergerak tepat disamping perut untuk menahan hantaman, perut sedikit dikeraskan sebelum menerima bola dari arah uadara, tetap tahan perut hingga bola terjatuh ke tanah lalu kuasai bola.

5. Dengan dada
Mengontrol atau mengehentikan bola dengan dada sangat populer dilakukan, caranya adalah dengan membuat posisi tubuh condong kebelakang, dada dibuka lebar dan majual sedikit untuk menjemput bola diarah datangnya bola kemudian tahan bola dida lalu jatuhkan bisa kepaha, kaki bagian dalam atau ketanah langsung.



Teknik Menyundul Bola ( heading )

 Menyundul bola adalah gerakan mendorong bola menggunakan kepala khususnya bagian dahi, gerakan ini dilakukan jika bola berada di udara atau melayang.

Macam-macam teknik menyundul bola:

  1. Menyundul bola berdasarkan arah datangnya bola, bisa ke arah depan, samping, dan ke arah belakang.
  2. Menyundul bola berdasarkan sikap badan pemain.
    a. Jika pemain dalam keadaan berdiri maka: gunakan kondisi tubuh berdiri ti tempat, kemudian siapkan badan anda mengarah pada bola yang akan datang, kaki sedikit ditekuk, badan condong ke belakang, mata tertuju pada arah datang bola. gunakan kekuatan otot perut dorong panggul dan kedua lutut diluruskan, ikutsertakan seluruh badan dengan gerak lanjutan ke arah sasaran bola.
    b. Menyundul bola bisa dengan cara berlari yaitu dengan cara lari menuju bola yang datang, dan sundul bola.
    c. Menyundul bola dengan melompat, dengan menggunakan tumpuan awal  ataupun tanpa tumpuan awalan. Jika dengan tumpuan awalan maka gunakan tolakan satu kaki atau dua kaki. Nah jika terdapat banyak yang menghalangi jalan anda atau lawan lebih baik tanpa awalan.


 Penelusuran yang terkait dengan Teknik Dasar Bermain Sepak Bola
  • teknik dasar sepak bola dan penjelasannya
  • teknik dasar sepak bola brainly
  • 7 teknik dasar sepak bola
  • sebutkan teknik dasar permainan bola basket
  • peraturan permainan sepak bola
  • sebutkan teknik dasar permainan bola voli
  • teknik dasar sepak bola beserta gambarnya
  • pengertian sepak bola

Post a Comment for "Teknik - Teknik Dasar Bermain Sepak Bola Lengkap dengan Gambar"