Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik - Teknik Dasar Bulutangkis Beserta Gambarnya Secara Lengkap

 

image : Perpustakaan.id
Seorang pemain bulu tangkis profesional baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional pada awal karir harus menjalani dan melewati masa pelatihan dan pembinaan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali para pemain tersebut dengan berbagai ilmu yang harus mereka ketahui dan kuasai hingga akhirnya dianggap layak terjun ke lapangan pertandingan oleh pelatih atau instansi yang membina mereka. Dalam masa pelatihan dan pembinaan ini pemain diberikan ilmu teori dan juga praktek untuk bisa bermain dengan benar sesuai dengan aturan permainan bulu tangkis.
Dalam permainan olahraga bulu tangkis terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai sebagai modall dasar atau modal awal menjadi seorang pemain bulu tangkis profesional. Adapun teknik-teknik dasar dalam permainan bulu tangkis, adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli | Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenis Olahraga Secara Lengkap



Sikap atau Posisi Tubuh (Stance)

Sikap atau posisi tubuh juga menentukan strategi permainan badmintonmu, baik itu sebagai pemukul pertama maupun pemukul balasan. Sikap yang benar akan memudahkan gerakan dan kelihaian tubuhmu dalam bermain badminton.Biasanya, dikenal tiga sikap bermain badminton, yakni posisi menyerang, posisi bertahan, dan posisi melawan/membalikkan netting.
  • Posisi Menyerang (Attacking Stance)
Untuk menerapkan posisi menyerang, gerakkan tubuhmu ke dekat garis-garis lapangan atau area serang dan lebarkan kuda-kuda kakimu.Setelah itu, angkat kedua lenganmu untuk menyiapkan kekuatan dan daya pukul.
  • Posisi Bertahan (Defensive Stance)
Untuk menerapkan posisi bertahan, kamu harus mengarahkan tubuhmu menghadap net dan memosisikan raket di depan pinggang/perut.
  • Posisi Melawan/Membalikkan Netting (Net Stance)
Net stance biasanya dilakukan ketika lawanmu tampak ingin melakukan netting. Untuk mengantisipasi netting, kamu harus berada di dekat net.Setelah itu, raket perlu diposisikan di depan tubuhmu, sementara tubuhmu dimajukan sedikit agar kamu siap melakukan lompatan ke depan.



Teknik Cara memegang raket



Cara memegang raket bulu tangkis: Pegangan forehand (pegangan dasar)


  1. Pegangan forehand (pegangan dasar), Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirikan raket yang sisinya tegak dengan lantai. Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
  2. Pegangan backhand, Pegangan ini dapat di peroleh dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehand.
  3. Pegangan pukul kasur/Amerika, Cara pegangan ini adalah mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
Cara memegang raket bulu tangkis: Pegangan pukul kasur/Amerika


Teknik Melakukan Pukulan

image: djarumbadminton.com
Jenis pukulan yang lazim digunakan dalam permainan olahraga bulu tangkis atau badminton adalah teknik forehand. Pukulan dengan menggunakan teknik forehand dilakukan dengan cara mengayunkan badan dari arah belakang bergerak menuju arah depan raket, dimana posisi telapak tangan menghadap ke shuttlecock. Adapun detail cara melakukan pukulan dengan teknik forehand ini, adalah sebagai berikut :
  1. pegang raket dengan cara pegangan raket teknik forehand
  2. posisi kaki kanan dan kiri menyilang (kaki kanan di belakang dan kaki kiri berada di depan)
  3. miringkan badan ke sebelah kanan
  4. pukul shuttlecock sambil menggerakkan bahu ke depan
  5. biarkan tangan bergerak terus ke bawah
  6. ketika anda ingin melakukan pukulan clear, maka pukullah shuttlecock sekeras mungkin

Teknik Melakukan Servis

Teknik dasar bulutangkis yang keenam yaitu servis. Servis merupakan salah satu dari macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis. Dalam melakukan servis pada permainan bulu tangkis, terdapat tiga teknik khusus yang biasa dilakukan oleh atlet, yaitu sebagai berikut.
  • Forehand Pendek. Teknik servis forehand pendek yaitu melakukan servis dengan menggunakan sedikit tenaga sehingga ayunan yang dihasilkan pada raket pun tidak begitu kuat. Saat melakukan teknik ini, posisi jatuhnya shuttlecock tidak jauh dari net yang berada di depan lawan.
  • Forehand Tinggi. Teknik forehand tinggi yaitu menggunakan tenaga penuh atau kuat ketika melakukan pukulan atau servis. Dengan menggunakan teknik ini, maka akan menghasilkan jatuhnya shuttlestock lebih tinggi dan jauh di belakang lawan. Biasanya, untuk melakukan teknik ini, atlet akan membuka kedua kaki selebar pinggang dengan posisi tubuh menyamping untuk menghasilkan posisi badan dan berdiri yang kokoh.
  • Backhand Service. Teknik service yang ketiga atau terakhir yaitu backhand service. Teknik ini sedikit berbeda dengan dua teknik yang disebutkan sebelumnya. Cara melakukan servis ini yaitu dengan menggunakan tenaga dan ayunan raket sedang. Ketika melakukan teknik ini, posisi kaki dan tangan yang memegang raket harus saling sesuai. Misalnya, tangan kanan sedang memegang raket, maka kaki kanan harus berada di depan, sementara kaki kiri di belakang.


Teknik Mengembalikan Servis


Teknik mengembalikan servis merupakan hal yang harus Anda kuasai, berbagai macam servis yang dilakukan oleh pemain lawan biasanya mengelabui kita untuk mengembalikkannya. Sehingga perlu konsentrasi penuh pada arah datangnya bola. Sebaiknya saat menerima servis pukullah bola ke arah bagian sudut belakang lapangan. Hal ini bertujuan menghindari bola tanggung untuk lawan jika mengembalikkan servis secara sembarangan.


Teknik Dasar Cara Melakukan Smash

  • Tangan dan tubuh harus dalam keadaan rileks
  • Posisi footwork harus diperhatikan pada saat akan melakukan smash.
  • Mulailah dengan lengan yang tidak memegang raket menunjuk ke arah shuttlecock sementara lengan yang memegang raket di angkat, dengan siku ditekuk dan pergelangan tangan tegak sehingga raket berada di atas dan menunjuk keatas
  • Putarlah bahu pada tangan yang memegang raket ke arah depan dan ke arah bawah
  •  Sementara lengan bawah di ayun ke depan, lecutlah (tekuk) pergelangan tangan.


Penelusuran yang terkait dengan Teknik Dasar Bulutangkis
  • teknik dasar bulutangkis beserta gambarnya
  • teknik dasar bulutangkis brainly
  • teknik dasar bulu tangkis singkat
  • teknik dasar pukulan bulu tangkis
  • sebutkan teknik dasar bulutangkis dan tenis meja
  • teknik pukulan bulutangkis
  • peraturan bulu tangkis
  • teknik dasar tenis meja

Post a Comment for "Teknik - Teknik Dasar Bulutangkis Beserta Gambarnya Secara Lengkap"