Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kelangkaan - Ciri-ciri, Penyebab, Jenis Jenis, Dampak Dan Cara Mengatasi Kelangkaan Secara Lengkap

Pengertian Kelangkaan dan Beberapa Penyebab Timbulnya Kelangkaan

Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan adalah jika alat pemuas kebutuhan terbatas sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas. Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan kebutuhan kita.Dengan singkat kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lenih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.Kelangkaan bukan berarti sulit di peroleh / ditemukan.Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan jumlah kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kelangkaan mengandung 2 pengertian:
  1. Alat pemenuhan kebutuhan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.
  2. Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan memerlukan pengorbanan.
Masalah kelangkaan selalu hadapi merupakan masalah bagaimana seseorang memenuhi kebutuhan yang banyak dan beragam dengan alat pemuas yang terbatas.Dalam menghadapi mesalah kelangkaan, ilmu ekonomi berperan penting karena eknomi yang sebenernya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang tidak terbatas, dan alat pemuas yang terbatas.Apabila sumber daya dapat di gunakan untuk menghasilkan suatu alat pemuas kebutuhan.Dalam jumlah tidak terbatas, maka sumber daya tersebut dikatakan tidak mengalami kelangkaan.



Ciri-ciri kelangkaan

Sumber daya apa pun yang dikonsumsi dengan menggunakan biaya bukan nol adalah langka sampai taraf tertentu.Kelangkaan adalah kondisi di mana alat pemuas (barang dan jasa) kebutuhan tidak sebanding dengan cara memperolehnya atau membutuhkan pengorbanan yang lebih besar.Bahkan sumber daya alam gratis dapat menjadi langka jika biaya timbul dalam memperoleh atau mengonsumsinya.Atau jika permintaan konsumen untuk sumber daya yang sebelumnya tidak diinginkan meningkat karena perubahan preferensi atau penggunaan yang baru ditemukan.
Dengan demikian, ciri-ciri kelangkaan ekonomi adalah:
  1. Tidak adanya sumber daya yang cukup atau barang dan jasa terbatas.
  2. Keinginan atau kebutuhan manusia tidak terbatas.

Apa penyebab dari timbulnya kelangkaan?

Menurut para ahli ekonomi, sebenarnya ada dua macam arti keterbatasan dalam hal kelangkaan. Terbatas yang dimaksud yakni terbatas karena pengorbanan yang dilakukan tidak sebanding dengan apa yang akan diperoleh dan terbatas karena jumlahnya tidak cukup mencukupi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia yang selalu berubah-ubah dan selalu bertambah menjadi salah satu pemicu munculnya kelangkaan yang terjadi. Kelangkaan yang sering terjadi akibat kurangnya suatu barang atau jasa biasanya berupa keterbatasan sumber daya baik itu sumber daya alam berupa air, tanah, dan hutan maupun sumber daya lain seperti sumber daya modal, sumber daya manusia, dan masih banyak lagi. Selain tahu mengenai pengertian kelangkaan, Anda juga harus mengetahui apa saja penyebab dari munculnya hal tersebut.
Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kelangkaan di beberapa daerah untuk suatu barang atau jasa tertentu. Penyebab utama dari munculnya sebuah kelangkaan adalah laju pertumbuhan penduduk yang cukup pesat dan tidak sebanding dengan pertumbuhan produksi suatu barang atau jumlah sumber daya alam yang ada. Penyebab lain yang juga menyebabkan munculnya kelangkaan adalah kurangnya tenaga ahli dalam menangani beberapa bidang tertentu yang tentunya mengakibatkan langkanya suatu barang atau jasa. Selain itu, beberapa orang yang serakah dan suka menimbun sendiri sebuah barang juga dapat memicu timbulnya kelangkaan. Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian kelangkaan dan faktor penyebabnya. Dengan banyaknya kekayaan sumber daya yang dimiliki, alangkah baiknya jika dijaga sebaik mungkin.


Jenis Jenis Kelangkaan Ekonomi

Berikut adalah beberapa jenis dari kelangkaan ekonomi:
  • Kelangkaan Sumber Daya Alam
Sumber daya alam atau SDA merupakan segala sesuatu yang ada di alam yang terdiri atas sumber daya abiotik dan sumber daya biotik yang diberikan oleh sang pencipta.Namun, jika dalam pemanfaatan SDA dilakukan secara terus menerus maka akan terjadi eksploitasi yang mengakibatkan SDA yang tersedia akan habis.Sehingga otomatis hal tersebut akan mengkibatkan terjadinya kelangkaan.
  • Kelangkaan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas
Sumber daya manusia merupakan kemampuan dari seorang individu yang dapat memberikan manfaat jika dilakukan secara optimal.Dan sumbe daya manusia atau SDM ini dianggap sebagai sumber daya yang langka.Di Indonesia sendiri, SDM yang ada sangatlah banyakNamun SDM dengan kualitas yang tinggi jumlahnya sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan di pasar tenaga kerja.Oleh sebab itu, tak jarang banyak perusahaan Indonesia yang meng-hire ahli dari luar negeri.
  • Kelangkaan Sumber Daya Modal
Sumber daya modal adalah sumber daya yang asalnya dari individu dengan tujuan guna mempermudah terlaksananya proses produksi.Kelangkaan dari sumber daya modal didasari dengan kemauan dan kemampuan yang dimiliki oleh tiap-tiap individu.Sebab, pada dasarnya setiap individu mempunyai kemampuan untuk membuat sumber daya modal tersebut.Salah satu caranya yaitu kemauan yang kuat untuk bekerja keras serta berusaha pantang menyerah.
  • Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan atau Entrepreunership
Sumber daya kewirausahaan memiliki sifat yang langka.Kenapa? Sebab tidak semua orang dapat menjadi seorang pengusaha atau pedagang.Untuk menjadi pengusaha seseorang harus dapat memenuhi syarat yakni memiliki modal dan juga keahlian.

Dampak Dari Kelangkaan

Berikut adalah delapan dampak yang akan terjadi akibat kelangkaan, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Kenaikan Harga Jual
Jika terdapat kelangkaan dalam suatu barang, maka otomatis akan menaikan harga dari barang tersebut.
Contoh: minyak atau bahan bakar yang mengalami kenaikan harga sebab banyaknya permintaan yang akan menguras bbm tersebut.Dampak dari kenaikan harga jual ini juga akan memberikan insentif bagi perusahaan untuk melakuakan beberapa hal, seperti:
  • Mencari beberapa sumber alternatif yang baik, sebagai contoh pasokan minyak baru dari Antartika.
  • Mencari alternatif contohnya menggunakan mobil panel surya.
2. Kurva Permintaan seiring waktu
Dalam jangka pendek, permintaan merupakan harga yang sifatnya tidak elastis.Sebagai contoh seseorang yang menggunakan mobil bensin, harus tetap membeli bensin.Tetapi, dengan seiring waktu, orang bisamembeli mobil listrik atau sepeda, oleh sebab itu, permintaan akanbensin jatuh.Permintaan akan lebih elastis dengan harga dari waktu ke waktu.Oleh sebab itu, di pasar bebas, terdapat insentif untuk mekanisme pasar guna menangani masalah kelangkaan.

3. Kegagalan pasar potensial
Contoh:
  • perusahaan yang tidak memikirkan pasokan untuk masa depan.
  • barang yang ditentukan oleh harga, sehingga sebagian orang tidak mampu membeli barang tertentu. Oleh sebab itu, ekonomi juga mementingkan redistribusi pendapatan guna membantu tiap individu agar mampu membeli kebutuhannya.
  • produksi emisi CO2 menimbulkan pemanasan global, naiknya permukaan laut yang akan memperburuk kelangkaan masa depan.
4. Tragedi 
Tragedi milik bersama berlangsung pada saat penggembalaan yang berlebihan dari sebuah lahan atau ladang tertentu.
Contoh: penangkapan ikan besar-besaran yang akan mengurangi populasi ikan. Dan dapat menyebabkan kelangkaan.

5. Kuota dan kelangkaan
Salah satu solusi dalam mengatasi kelangkaan yaitu dengan menerapkan kuota berapa banyak orang yang bisa membeli suatu barang.Masalah kuota dapapat merujuk ke pasar gelap, sebab untuk mendapatkan barang tertentu, sebagaian orang bersedia membayar jumlah yang tinggi untuk memperoleh barang itu.

6. Masalah ganda
Sebab kebutuhan bisa bersifat subyektif, maka konsep ini berlaku dalam beberapa kondisi, misalnya:
  • Individu atau kelompok yang berada dalam kemiskinan absolut di sebuah negara berkembang.
  • Individu atau kelompok yang berada dalam kemiskinan relatif di tempat lain (contoh: selepas kehilangan pekerjaan, bercerai, atau lainnya)
  • Individu atau kelompok yang mengetahui tenggelamnya tagihan yang wajib dibayar sebelum cek pembayaran selanjutnya.
7. Mempengaruhi Pemikiran
Pada saat kita mengalami kelangkaan, bandwidth mental (fokus pikiran) akan berkurang.Hal ini akan membuat kita rentan pada sejumlah hasil buruk.Kita cenderung akan melakukan hal buruk pada beberapa hal.Contohnya: gagal dalam tes kelincahan mental, menunjukkan impulsivitas, kontrol diri yang jelek,  mudah tersinggung, serta dapat berbicara yang tidak sopan. 

8. Menghambat Perilaku Optimal
Penurunan dalam bandwidth mental ini selanjutnya akan merujuk kepada tingkah ataupun keputusan buruk yang kemudian akan menyebabkan kerugian.Contoh kasus ini: kekurangan uang dapat menyulitkan seseorang dalam membuat pilihan terbaik yang berguna untuk meningkatkan posisi keuangan kembali.

Cara Mengatasi Kelangkaan

Terbatasnya sumber ekonomi akan membuat manusia rela melakukan segala usaha atau bahkan berkorban demi mendapatkan kebutuhannya.Pengorbanan tersebut bisa saja berupa menghabiskan dana, tenaga, da jugan pikiran yang tidak sedikit, supaya dapat memenuhi kebutuhan hidup.Berikut terdapat beberapa cara untuk mengatasi kelangkaan, diantaranya yaitu:
  1. Menghemat penggunaan sumber daya alam.
  2. Memelihara sekaligus melestarikan sumber daya alam dengan kontrol yang baik.
  3. Menciptakan alat pemuas baru berupa barang pengganti (barang substitusi).
  4. Meningkatkan pengelolaan dari berbagai macam sumber daya alam, sehingga akan lebih bermanfaat untuk kehidupan manusia.



Penelusuran terkait
  • Pengertian Kelangkaan dan Contohnya
  • Penyebab terjadinya Kelangkaan
  • Faktor penyebab Kelangkaan
  • Pengertian Kelangkaan dan kebutuhan
  • Pengertian Kelangkaan Menurut para ahli
  • Cara Mengatasi Kelangkaan
  • Contoh Kelangkaan
  • Jelaskan pengertian Kelangkaan dan Cara mengatasinya

Post a Comment for "Pengertian Kelangkaan - Ciri-ciri, Penyebab, Jenis Jenis, Dampak Dan Cara Mengatasi Kelangkaan Secara Lengkap"