Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sensus Penduduk - Sejarah, Metode sensus, Pendekatan sensus, Tujuan sensus, dan Manfaat Sensus Penduduk


Pengertian Sensus Penduduk

Sensus atau cacah jiwa adalah cara terstruktur untuk mendapatkan informasi deskriptif tentang jumlah dari sebuah populasi (tidak hanya populasi manusia). Sensus digunakan untuk demokrasi (pemilu), pengumpulan pajak, juga digunakan dalam ilmu (ekonomi). Di Indonesia terdapat beberapa macam sensus yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik. di antaranya yang terbesar adalah sensus penduduk, sensus pertanian, dan sensus ekonomi. Sensus Penduduk pada umumnya dilaksanakan pada tahun yang berakhiran "0" atau dalam jangka waktu sepuluh tahun

Sensus penduduk merupakan keseluruhan dari proses pencatatan total data demografis di suatu negara untuk seluruh penduduk dalam satu periode waktu tertentu.

Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik, sensus adalah cara pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan semua unit populasi di seluruh wilayah Republik Indonesia.Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperoleh karakteristik suatu populasi pada saat tertentu.Dilansir dari situs resmi Badan Pusat Statistik, berdasarkan peraturan pemerintah No 6 dan No 7 Tahun 1960, sensus penduduk dilaksanakan setiap 10 tahun.Dalam pelaksanaannya, sensus penduduk menggunakan dua tahap, yaitu pencacahan lengkap dan pencacahan sampel. Informasi yang lebih lengkap dikumpulkan dalam pencacahan sampel.

 

Sejarah sensus penduduk


Manusia telah mengenal sensus sejak 6000 tahun yang lalu. Pada masa Kerajaan babylonia (3800 SM), pemerintah kerajaan telah mengumpulkan data tentang penduduk, hewan ternak, serta persedian pangan. Kekaisaran Romawi telah melakukan sensus sejak 5 SM, namun yang dinilai akurat adalah pada masa pemerintahan Caesar Augustus yang memperlihatkan jumlah penduduk Kekaisaran Romawi sejumlah 45 juta jiwa. Tujuannya untuk menghitung jumlah orang dewasa guna pembentukan bala tentara dan penetapan pajak. Selain itu di Cina pada masa Dinasti Han (2 M) telah melakukan sensus dan mencatat jumlah penduduk Cina sebesar 59,6 juta jiwa. Kemudian, seiring berjalannya waktu beberapa negara melaksanakan sensus moderen Inggris melaksanakan sensus penduduk pada tahun 1085, Amerika melakukan sensus pada tahun 1790, Belanda pada taun 1795, India pada tahun 1860, Cina pada tahun 1913.

Indonesia melakukan sensus pertama kali pada masa pemerintahan di bawah pemerintah Inggris dibawah kekuasan Sir Thomas Stamfors Raffles dan telah mencatat jumlah penduduk di pulau Jawa sebesar 4,62 juta jiwa. Kemudian pada tahun 1930, yaitu pada masa pemerintahan Hindia-Belanda Indonesia telah melakukan sensus penduduk sebesa 60,7 juta jiwa. Seksus penduduk yang pernah dilaksakan di Indonesia adalah pada tahun 1961, 191, 1980, 1990, 2000, dan 2010.

 

Baca Juga: Hujan ES Adalah - Penyebab Terjadinya, Proses Terjadinya dan Fenomena Hujan Es di Indonesia

 

Metode sensus penduduk

Berikut adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk sensus penduduk, yaitu :

  • Metode Householder. Metode ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan membagikan daftar pertanyaan tentang kependudukan langsung kepada penduduk. atau responden. Kemudian diisi oleh penduduk dan dikumpulkan kembali. Metode ini biasanya dilakukan pada daerah yang memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi karena penduduk mampu untuk memahami serta menjawab pertanyaan yang ada di daftar pertanyaan tersebut.
  • Metode Canvaser. Metode ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan mewawancarai penduduk atau responden secara langsung oleh petugas. Petugas mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kependudukan dan penduduk menjawabnya secara lisan. Metode ini biasanya dilakukan di daerah yang tingkat pendidikannya relatif rendah.

 

Pendekatan sensus penduduk

Di dalam pelaksanaannya, sensus penduduk menggunakan dua macam pendekatan, yaitu:

  • Sensus de jure

Merupakan sensus penduduk didasari atas bukti hukum yang dimiliki penduduk. Salah satu dari bukti hukum adalah adanya Kartu Tanda Penduduk (KTP).

  • Sensus de facto

Pencatatan penduduk yang dilakukan pada tiap orang yang ditemui petugas di suatu daerah, meskipun penduduk yang ditemui bukan penduduk asli daerah yang bersangkutan.

Misalnya, seseorang dari Medan yang bekerja dan menetap di Jakarta akan tetap ditulis penduduk Medan pada sensus karena orang tersebut masih tercatat sebagai penduduk asli Medan.

 

Tujuan sensus penduduk

Sensus penduduk dilakukan untuk bertujuan sebagai berikut:

  1. Mengetahui perkembangan jumlah penduduk dari periode ke periode selanjutnya.
  2. Mengetahui persebaran serta juga kepadatan penduduk di setiap wilayah.
  3. Mengetahui berbagai atribut sosial penduduk. Contohnya tingkat kelahiran, kematian, serta migrasi dan segala macam faktor yang memengaruhi.

 

Secara rinci tujuan utama sensus penduduk meliputi:

  1. Menyediakan data dasar kependudukan dan perumahan sampai dengan wilayah administrasi terkecil (desa/kelurahan).
  2. Melakukan peremajaan (up-dating) peta wilayah (blok sensus dan desa /kelurahan) hasil pemetaan sensus penduduk atau membuat peta baru untuk wilayah-wilayah baru hasil pemekaran. Peta blok sensus dan peta desa/kelurahan merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk keperluan pencacahan sensus pendudukdan pencacahan sensus kependudukan lain sebelum pelaksanaan sensus berikutnya.
  3. Menyusun Kerangka Contoh Induk (KCI) yang akan digunakan sebagai dasar perencanaan sensus atau survei kependudukan lain sebelum sensus penduduk yang berikutnya serta menyusun sistem informasi geografis (Geographic Informations System/GIS).

 

Tujuan Khusus Sensus Penduduk adalah menghasilkan informasi kependudukan secara lebih rinci dan informasi lainnya untuk keperluan penghitungan berbagai parameter demografis, antara Angka Kelahiran, Angka Kematian, Angka Harapan Hidup dan lain–lain. Secara rinci tujuan khusus Sensus Penduduk mencakup:

  • Menghasilkan paramater-parameter demografis yang meliputi Angka Kelahiran, Angka Kematian, Angka Harapan Hidup, dan Angka Migrasi Penduduk.
  • Menghasilkan statistik dan indikator penyandang cacat (disability).
  • Menghasilkan statistik dan indikator Millenium Development Goals (MDG) di bidang kependudukan.
  • Menghasilkan statistik dan indikator Millenium Development Goals (MDG) di bidang perumahan.
  • Menghasilkan data statistik potensi wilayah di seluruh Indonesia.

 

Manfaat Sensus Penduduk

Sensus Penduduk memiliki sejumlah manfaat oleh sebab itu pelaksanaannya penting dan terjadwal. Adapun manfaat sensus penduduk yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Memberikan data mengenai jumlah penduduk secara keseluruhan.
  • Memberikan informasi mengenai golongan penduduk seperti jenis kelamin, umur serta jumlah kesempatan kerja.
  • Memberikan informasi mengenai keadaan yang berkaitan dengan pertumbuhan penduduk.
  • Memberikan informasi mengenai penduduk yang berkaitan dengan mata pencahariannya, dengan demikian struktur ekonominya bisa diketahui.
  • Memberikan informasi mengenai persebaran penduduk pada suatu daerah.
  • Memberikan informasi mengenai kondisi penduduk pada suatu kota serta mengetahui dampak dari perpindahan penduduk.
  • Data-data yang dihasilkan dari sensus penduduk bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan pembangunan utamanya yang berkaitan dengan bidang kependudukan.

 

 Baca Juga: Planet Merkurius - Ciri-ciri, Struktur Pembentuk, Fakta Planet Merkurius dan Penjelasannya Secara Lengkap

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Sensus Penduduk - Sejarah, Metode sensus, Pendekatan sensus, Tujuan sensus, dan Manfaat Sensus Penduduk .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

Penelusuran yang terkait dengan tujuan sensus penduduk

  • tujuan sensus penduduk online
  • maksud dan tujuan sensus penduduk online
  • tujuan sensus penduduk brainly
  • pentingnya sensus penduduk
  • manfaat sensus penduduk secara umum adalah
  • sensus penduduk september
  • honor petugas sensus penduduk
  • formulir pendaftaran sensus penduduk 

Post a Comment for "Pengertian Sensus Penduduk - Sejarah, Metode sensus, Pendekatan sensus, Tujuan sensus, dan Manfaat Sensus Penduduk "