Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencemaran Tanah Adalah - Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Pencegahan Pencemaran Tanah Secara Lengkap


Pencemaran tanah adalah
keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah, serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah dengan tidak memenuhi syarat (illegal dumping).

Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.

 

Penyebab pencemaran tanah dapat disebabkan beberapa hal diantaranya

  • Bahan atau benda yang tidak dapat di daur ulang misalnya plastik, kaca, logam dan karet. Jika benda-benda tersebut tertimbun dalam tanah maka struktur tanah menjadi rusak
  • Zat kimia misalnya sisa pestisida dari pertanian yang meresap kedalam tanah ataupun sisa limbah industri dan rumah tangga seperti deterjen dan lainnya
  • Pengikisan lapisan humus (topsoil) oleh air
  • Deposit senyawa asam dari peristiwa hujan asam

 


 Baca Juga: Planet Merkurius - Ciri-ciri, Struktur Pembentuk, Fakta Planet Merkurius dan Penjelasannya Secara Lengkap

 

 Jenis Polutan

Polusi tanah disebabkan oleh jenis polutan dan kontaminan. Polutan utama pencemaran adalah agen biologi dan beberapa aktivitas manusia. Kontaminan tanah adalah semua produk dari polutan tanah yang mencemari tanah. Aktivitas manusia yang mencemari tanah berkisar dari praktik pertanian yang menanam tanaman menggunakan bahan kimia pestisida hingga limbah perkotaan atau industri. Bisa pula berupa emisi radioaktif yang mencemari tanah dengan berbagai zat beracun.

  1. Agen biologi - Agen biologis bekerja di dalam tanah untuk mengenalkan pupuk kandang dan mencerna lumpur (berasal dari kotoran manusia, burung dan hewan) ke dalam tanah.
  2. Praktik pertanian - Tanah tercemar sebagian besar akibat penggunaan pestisida, pupuk, herbisida, bubur, kotoran, dan pupuk kandang.
  3. Pola radioaktif - Zat radioaktif seperti Radium, Thorium, Uranium, Nitrogen, dll dapat menyusup ke tanah dan menimbulkan efek beracun.
  4. Limbah perkotaan - Limbah perkotaan terdiri dari, misalnya limbah rumah tangga dan komersial.
  5. Limbah industri - Baja, pestisida, tekstil, obat-obatan, kaca, semen, minyak bumi, dll diproduksi oleh pabrik kertas, kilang minyak, pabrik gula, industri minyak bumi dan lain-lain.



Dampak pencemaran tanah

Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran tanah sangat kompleks baik itu bagi kesehatan, ekosistem, dan tentu saja dampak langsung yang sangat terasa adalah di bidang pertanian dan berikut akan saya jabarkan dari masing dampak tersebut
 
1.Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan : bergantung pada jenis polutannya

  • Kromium - berbagai macam pestisida dan herbisida adalah bahan karsinogenik bagi semua populasi
  • Timbal yang merupakan bahan berbahaya terutama untuk anak-anak, dapat menyebabkan kerusakan otak dan ginjal
  • Paparan kronis terhadap benzena dapat meningkatkan terkena leukemia
  • Merkuri (Air Raksa) dan siklodiena dapat menyebabkan kerusakan ginjal
  • PCB dan Siklodiena dapat menyebabkan keracunan hati
  • Organofosfat dan Karmabat mengakibatkan gangguan pada saraf otot
  • Klorin dapat merangsang perubahan pada hati dan ginjal, juga menyebabkan penurunan sistem saraf pusat


2.Dampak pencemaran tanah terhadap ekosistem

Perubahan kimiawi pada tanah yang diakibatkan bahan kimia menyebabkan perubahan metabolisme dari mokroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. Dari perubahan kimiawi tersebut juga bahkan dapat mengakibatkan kematian spesies premier tertentu dari rantai makanan dan tentu juga akan memengaruhi level rantai makanan di atasnya sebagai predator

3.Dampak pencemaran tanah terhadap pertanian

Pencemaran tanah yang diakibatkan beberapa penyebab yang sudah saya sebutkan di atas akan berdampak langsung mengurangi tingkat kesuburan dan struktur tanah dan tentu saja akan berdampak langsung terhadap perkembangan tanaman yang akhirnya akan mengurangi jumlah produksi.

 Pencegahan Pencemaran Tanah

Pencegahan terhadap pencemaran sangat penting dilakukan supaya tidak terjadi pencemara tanah yang sangat membahayakan kehidupan makhluk hidup di dunia ini. tindakan pencegahan pencemaran tanah ini dilakukan sesuai dengan jenis dari polutan dan seberapa besar kadarnya di dalam tanah. untuk melakukan tindakan pencegahan pencemaran tanah ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Membedakan sampah organic dan anorganik, ini sangat penting dilakukan dengan cara memilah sampah mana yang termasuk dalam sampah organic dan anorganik. Untuk sampah yang organic maka bisa dibuang ke dalam tanah saja karena secara alami akan ada mikoorganisme pengurai yang mampu menguraikan jenis sampah ini serta beberapa jenis sampah organic juga bisa dijadikan sebagai pupuk alami. Untuk jenis sampah anorganik bisa dibakar sampai benar-benar habis karena sangat susah untuk diuraikan di dalam tanah. untuk jenis sampah yang besar bisa juga dipotong-potong menjadi ukuran yang kecil kemudian di kubur di dalam tanah. namun sebaiknya lakukan hal ini jauh dari wilayah pemukiman tanah karena bisa membuat paparan pencemaran ini kepada warga sekitar.
  • Pada jenis limbah kimia cair maupun padat dapat dilakukan pengolahan terlebih dahulu supaya kadar kimia di dalamnya sudah aman bagi tanah. biasanya ini sudah diatur dalam undang-undang dalam tiap negara mengenai masalah pembuangan limbah kimia ini. para pabrik industri juga biasanya telah memiliki mekanisme pemurnian limbah kimia sendiri supaya aman dibuang di dalam tanah maupun air.
  • Untuk para petani yang menggunakan pupuk dan juga pestisida untuk membasmi hama sebaiknya menggunakannya dalam kadar yang semestinya dan tidak berlebihan. Hal ini sangat penting dilakukan karena bisa menyebabkan pencemaran tanah yang buruk. Untuk mengantisipasi hal ini pemerintah bisa melakukan penyuluhan kepada petani supaya menggunakan kadar pestisida yang sesuai dan aman.
  • Untuk para ibu rumah tangga juga sebaiknya tidak membuang deterjen sembarangan.
  • Memberikan pendidikan kepada anak sejak dini mengenai bahaya membuang sampah sembarangan dan akibat dari adanya pencemaran tanah supaya mereka sejak dini bisa memiliki rasa cinta pada lingkungan.
  • Biasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan karena dengan ini akan membuat tanah menjadi lebih aman dan tidak mudah tercemar.
  • Untuk mengendalikan para pelaku industri yang sangat beresiko membuang limbah kimia langsung ke dalam tanah sebaiknya untuk pemerintah membuat peraturan yang ketat dengan hukuman yang berat dan denda yang sesuai supaya para pelaku bisnis industri ini tidak semena-mena pada lingkungannya dan membuat efek jera kepada mereka ini.
  • Pelajarilah bagaimana cara mengelola limbah kimia yang baik dan benar supaya anda benar-benar tidak membuang limbah pada tanah secara langsung dimana limbah tersebut masih sangat berbahaya bagi tanah.

 

Baca Juga: Tanah Gambut Adalah - Ciri-ciri, Sifat Fisik Tanah Gambut, Sifat Kimia, Jenis Tanah Gambut, Terbentuknya Tanah Gambut, Manfaat Tanah Gambut dan Persebaran Tanah Gambut

 

Contoh Pencemaran Tanah

Sebenarnya ada banyak sekali contoh pencemaran tanah yang terjadi dewasa ini. Baik yang terjadi secara alami, di sebabkan manusia dengan senagaja atau yahng di sebabkan manusia namun tidak sengaja. Nah, untuk memperjelas pemahaman Anda, maka satu persatu dari aspek di atas akan di sajikan contohnya di sini.

Yang pertama untuk pencemaran tanah yang terjadi secara alamiah tidak lain di akibatkan oleh beberapa proses alami yang akhirnya menyebabkan adanya akumulasi tanah dengan bahan kimia beracun. Namun, hal ini tidak banyak terjadi dan hanya beberapa kasus saja yang tercata dengan akibat penyebab tersebut. Salah satunya seperti yang terjadi pada tanah di gurn atacama di Cile.

Sedangkan untuk yang tidak di sengaja namun tidak terjadi secara alami adalah sebagaimana adanya kebocoran limbah, atau masuknya air tercemar dalam permukaan tanah. Dan yang terakhir, untuk pencemaran tanah secara di sengaja dan tidak alami diantaranya seperti adanya penggunaan pestisida yang berlebihan, pembuangan limbah sembarangan dan masih banyak lagi.

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pencemaran Tanah Adalah  - Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Pencegahan Pencemaran Tanah .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.


 
Penelusuran yang terkait dengan Pencemaran tanah adalah

  • penyebab pencemaran tanah adalah
  • pencemaran air adalah
  • dampak pencemaran tanah
  • contoh pencemaran tanah
  • pencemaran udara
  • contoh pencemaran tanah, air dan udara
  • faktor penyebab pencemaran tanah
  • macam-macam pencemaran tanah

Post a Comment for "Pencemaran Tanah Adalah - Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Pencegahan Pencemaran Tanah Secara Lengkap"