Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Banjir Rob Adalah : Ciri , Karakteristik, Penyebab Terjadinya, Dampak, Meminimalisir Risiko Banjir Rob dan Wilayah Yang Terkena Banjir Rob


 Pengertian Banjir Rob


Rob(bahasa jawa) adalah banjir air laut atau naiknya permukaan air laut. Rob adalah banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi daratan, merupakan permasalahan yang terjadi di daerah yang lebih rendah dari muka air laut. Di Semarang permasalahan Rob ini telah terjadi cukup lama dan semakin parah karena terjadi penurunan muka tanah sedang muka air laut meninggi sebagai akibat pemanasan suhu bumi.

Rob menjadi permasalahan di kota-kota seperti Semarang, Jakarta serta kota-kota yang berada di Pantura Jawa dan akan menjadi permasalahan besar dikemudian hari sejalan dengan pemanasan suhu dunia dan tidak terkendalinya penyedotan air tanah sehingga muka tanah turun.

 

 Baca Juga: Pengertian Sensus Penduduk - Sejarah, Metode sensus, Pendekatan sensus, Tujuan sensus, dan Manfaat Sensus Penduduk

 

 Ciri & Karakteristik


Jika dibandingkan dengan jenis banjir yang lain, air rob biasanya lebih jernih dibanding banjir bandang atau banjir dari luapan sungai. Selain itu, banjir jenis ini juga mempunyai ciri berbeda, meliputi waktu terjadinya, warna air, musim, serta kondisi daratan.

Oleh sebab itu, penanganan masalah rob juga berbeda karena karakteristik banjir ini erat kaitannya dengan faktor alam dan tata kelola wilayah yang kurang baik.



Penyebab Terjadinya Banjir Rob


Karena banjir rob berhubungan dengan laut, yaitu naiknya permukaan air laut, maka kebanyakan banjir ini terjadi di pesisir pantai atau tepi laut.Banjir rob ini ternyata bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang terjadi di sekitar laut.Penyebab pertama terjadinya banjir rob adalah adanya badai, seperti angin topan maupun badai tropis.Dua hal ini bisa menyebabkan terjadinya banjir rob dari gelombang badai yang kekuatannya lebih besar dibandingkan gelombang laut yang biasa terjadi dan membawa air laut naik ke permukaan atau daratan.

Ada beberapa sebab yang menyebabkan terjadinya banjir rob. Meskipun bukanlah penyebab secara langsung, namun juga bisa dikatakan bahwa faktor tersebut dikatakan sebagai faktor- faktor yang mendukung terjadinya banjir rob. Beberapa faktor yang menyebabkan atau mendukung terjadinya banjir rob antara lain adalah:

  1. Pemanasan global
  2. Pemanfaatan air tanah secara berlebihan
  3. Pembabatan hutan mangrove atau hutan bakau
  4. Keadaan topografi suatu wilayah
  5. Adanya fenomena penurunan muka tanah
  6. Perubahan penggunaan tanah rawa, situ, sawah, dan lain sebagainya
  7. Penyempitan bantaran sungai
  8. Membuang sampah di sungai
  9. Sistem drainase yang tidak terawat


 

Dampak yang Timbul karena Banjir Rob

Semua bencana pastilah membawa dampak yang buruk bagi siapapun yang mengalaminya. Banjir rob merupakan suatu bencana. Oleh sebab itu banyak ataupun sedikit pastilah banjir rob ini membawa dampak yang negatif bagi masyarakat yang mengalaminya. Lalu, apa sajakah dampak yang ditimbulkan dari banjir rob ini? beberapa dampak yang ditimbulkan karena adanya banjir rob antara lain:

  1. Menimbulkan kerugian material

Dampak yang sudah pasti dirasakan bagi masyarakat yang mengalami banjir rob adalah berupa kerugian material. Kerugian material ini merupakan dapat timbul karena banyak rumah warga yang terendam banjir, kemudian tidak hanya rumah saja namun juga perabotan rumah tangga ikut terendam banjir. Hal ini akan mengakibatkan adanya kergian material yang cukup besar untuk dapat memulihkan seperti kondisi semula.

2. Merusak bangunan

Dampak yang juga sangat dirasakan oleh masyarakat akibat banjir rob adalah rusaknya bangunan yang terendam banjir. Bangunan yang terlalu lama tergenang air memang akan mengalami kerusakan, baik banyak maupun sedikit. serapan bangunan yang berpotensi rusak adalah lantai atau keramik, kusen pintu, maupun tembok bagian bawah. Terlebih banjir rob merupakan banjir yang airnya berasal dari air laut ynag mengandung garam. Hal ini akan sangat mempercepat kerusakan bangunan itu sendiri.

3. Menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan becek

Dampak yang pasti terjadi ketik banjir datang adalah lingkungan menjadi kotor dan becek. Hal ini karena air yang meluap tidak hanya melintas namun juga menggenangi. Akibatnya, hal ini akan membuat lingkungan yang digeangi air menjadi becek dan tidak nyaman, sehingga akan menjadi kotor.

4. Menyebarnya bibit penyakit

Banjir secara tidak langsung baik cepet maupun lambat akan menyebarkan bibit penyakit.  Hal ini seperti sudah menjadi paket dan kita semua pun mengerti bahwa banjir akan menjadi penyebab timbulnya berbagai jenis penyakit. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan dari banjir rob ini antara lain adalah diare, ISPA, gatal- gatal, hingga demam berdarah. Maka dari itulah ketika banjir datang menyerang akan banyak orang- orang yang terkena penyakit.

5. Mengganggu lalu lintas

Dampak negatif dari banjir yang selanjutnya adalah mengganggu kelancaran lalu lintas. Hal ini karena air yang menggenangi akibat banjir tidak hanya menggenangi pemukiman penduduk seperti perumahan, namun juga jalan raya. Sehingga hal ini akan menyebabkan terganggunya lalu lintas di alan yang tergenang air tersebut. Tidak hanya mengganggu lalu lintas saja, namun banjir rob juga dapat membuat mesin- mesin kendaraan menjadi mati atau bahkan rusak.

6. Kelangkaan air bersih

Satu hal yang selalu muncul ketika banjir tiba adalah kelankaan air bersih. Bagaimanapun juga air banjir tidak hanya menggenangi rumah masyarakat saja, namun juga sumber air bersih bagi masyarakat. Akibatnya air bersih yang seharusnya digunakan untuk konsumsi warga sehari- hari dapat bercampur dengan air banjir. Belum lagi septiktank warga yang juga terendam air banjir dapat berpotensi membuat tinja menjadi keluar dan bercampur dengan air warga. Hal ini sungguh menimbulkan krisis air bersih.

 

 Meminimalisir Risiko Banjir Rob

Kendati tak bisa ditebak kedatangannya, namun kita masih bisa meminimalisir risiko terjadinya banjir rob dengan cara-cara mitigasi struktural dan non-struktural.

Mitigasi Struktural:

  1. Membangun atau memperbaiki sheet pile atau dinding vertikal tipis yang berfungsi menahan tanah dan menahan masuknya air ke dalam lubang galian
  2. Membangun tanggul dan pintu air.
  3. Membangun rumah pompa.
  4. Menyediakan konsep rumah panggung.
  5. Pengembangan kawasan hutan bakau.
  6. Penataan bangunan di sekitar pantai.



Mitigasi non-struktural :

  1. Melatih diri dan anggota keluarga mengenai hal-hal yang harus dilakukan dalam upaya penanganan banjir.
  2. Menyosialisasikan kesiapsiagaan yang dilakukan untuk memastikan upaya cepat yang perlu dilakukan dalam menghadapi situasi darurat
  3. Penegakan hukum dalam pembangunan fisik di lapangan.


Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan saat terjadi banjir rob di wilayah tempat tinggal kita antara lain:

  1. Tetap tenang dan matikan aliran listrik.
  2. Amankan barang-barang berharga yang kita miliki.
  3. Selamatkan diri ke tempat yang aman.
  4. Hindari berjalan di dekat saluran air guna mencegah kemungkinan terseret arus air.
  5. Hubungi lembaga terkait untuk penanganan tingkat lanjut.

 

Banjir Rob di Indonesia


Banjir rob adalah jenis banjir yang sulit untuk diatasi. Bahkan telah beratus-ratus tahun suatu daerah menjadi langganan air rob dan hingga saat ini belum menemukan solusinya. Akan tetapi berbagai upaya yang dilakukan setidaknya meminimalisir area terdampak sehingga menekan kerugian bagi warga.

Umumnya banjir ini terjadi di kota-kota yang berada di pesisir pantai, sebab di kawasan ini ketinggian daratan dan lautan hampir sama bahkan ada beberapa kota yang berada dibawah permukaan air laut. Beberapa daerah yang menjadi langganan banjir rob adalah pesisir Jakarta Utara, sepanjang Pantai Utara Jawa, seperti Semarang, Demak, Pekalongan, Rembang dan sebagainya.

 

Baca Juga: Hujan ES Adalah - Penyebab Terjadinya, Proses Terjadinya dan Fenomena Hujan Es di Indonesia

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Banjir Rob Adalah : Ciri ,  Karakteristik, Penyebab Terjadinya, Dampak, Meminimalisir Risiko Banjir Rob dan Wilayah Yang Terkena Banjir Rob . Semoga Artikel ini bermanfaat dan jangan Lupa selalu Kunjungi ilmuips.my.id Untuk Mendapatkan Artikel Lainnya. 

 

 Penelusuran yang terkait dengan banjir rob adalah

  • banjir bandang adalah
  • banjir rob disebabkan oleh
  • cara mengatasi banjir rob
  • dampak banjir rob
  • banjir rob adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh
  • banjir rob jakarta
  • banjir rob surabaya
  • banjir adalah

Post a Comment for " Pengertian Banjir Rob Adalah : Ciri , Karakteristik, Penyebab Terjadinya, Dampak, Meminimalisir Risiko Banjir Rob dan Wilayah Yang Terkena Banjir Rob "