Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bioma Sabana Adalah - Proses Terbentuknya, Ciri-Ciri, Jenis, Flora, Fauna, Manfaat Hutan Sabana dan Sabana di Indonesia


Pengertian Bioma Sabana


Sabana adalah padang rumput yang dipenuhi oleh semak atau perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar, seperti palem dan akasia. Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis.Beberapa benua yang memiliki padang sabana di antaranya adalah Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. Kurangnya curah hujan menjadi pendorong munculnya sabana. Sehingga sabana dikenal juga padang rumput tropis. Iklimnya tidak terlalu kering untuk menjadi gurun pasir, tetapi tidak cukup basah untuk menjadi hutan.

Suhu udara di daerah sabana tetap sama sepanjang tahun, yaitu hangat.Tetapi sabana mempunyai dua musim yang sangat berbeda, yaitu musim kering dan musim basah. Pada musim kering, hanya ada 4 inci curah hujan. Bahkan di antara bulan Desember dan Februari tidak ada hujan sama sekali. Namun di musim kering, cuaca terasa lebih dingin.Sedangkan pada musim panas, sabana mendapat banyak air hujan.Di Afrika, musim hujan dimulai pada bulan Mei dan curah hujan mencapai 15 hingga 25 inci sepanjang waktu.

Ada beberapa tipe sabana yang berbeda di seluruh dunia. Sabana yang paling dikenal adalah yang terletak di Afrika Timur yang ditumbuhi oleh pohon-pohon akasia. Dataran Serengeti di Tanzania adalah salah satunya. Di sana hidup hewan-hewan seperti Singa, Zebra, Gajah, Jerapah, dan Kerbau.

 

 Baca Juga: Hujan ES Adalah - Penyebab Terjadinya, Proses Terjadinya dan Fenomena Hujan Es di Indonesia

 

 Proses Terbentuknya Bioma Sabana


Secara alami padang rumput sabana terbentuk pada umum nya disebabkan oleh suhu cuaca dengan tingkat curah hujan yang sangat rendah, yakni hanya sekitar 20 mm dalam satu tahun nya, curah hujan yang rendah akan menyulitkan tumbuhan untuk menyerap air.Sehingga bisa mengakibatkan hanya bentuk jenis tumbuhan rumput saja yang dapat bertahan hidup atau beradaptasi dengan lingkungan alam yang kering.

Hal yang seperti ini mengakibatkan hanya jenis rumput lah tumbuh – tumbuhan yang dapat bertahan hidup, Maka tumbuhan yang sejenis rumput lah yang bisa bertahan hidup di lingkungan yang semacam ini.Dan ada juga dari berbagai spesies atau yang sejenisnya dari bermacam- macam spesies sehingga membentuk suatu padang yang sangat luas sebagai padang sabana atau bisa dikatakan dengan padang rumput.

 

Ciri-Ciri Bioma Sabana

  1. Memiliki suhu yang panas sepanjang tahun
  2. Hujan musiman yang sering terjadi, atau yang menjadi faktor penting untuk terbentuknya sabana
  3. Sabana bisa berubah menjadi semak belukar apabila musim hujan tiba mengarah ke daerah intensitas nya
  4. Sabana Bisa membuat perubahan hutan yang basah apabila musim hujan tiba mengarah ke daerah yang intensitas

 

Jenis Bioma Sabana

Berdasarkan jenis vegetasi penyusunnya, Bioma Sabana dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Sabana murni, yaitu sabana yang hanya memiliki satu jenis vegetasi penyusun saja
  • Sabana campuran, yaitu sabana yang memiliki berbagai jenis vegetasi penyusun di dalamnya.

Berdasarkan tipe ekologi yang berkaitan dengan iklim dan jenis – jenis tanah, daerah Bioma Sabana dibedakan menjadi tiga yaitu:

  • Semiseasonal, yaitu sabana yang dipengaruhi oleh iklim lemah dan berkaitan dengan kondisi tegangan air
  • Seasonal, yaitu sabana yang mempunyai iklim yang jelas berkaitan dengan banyaknya tumbuhan yang tumbuh
  • Hyperseasonal, yaitu sabana yang berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan air pada setiap tahunnya.

 

 Flora dan Fauna di Sabana

1. Jenis Flora

Secara umum, spesies tanaman yang ditemukan di sabana adalah eucalyptus (dominan di Australia) dan baobab (adansonia digtata), yang mendominasi di Kenya, dengan ciri khas daun dan cabang yang membentuk atap seperti payung lebar, batang dan batang. Dasar idiot.
Baca Juga :  Pengertian Konstitusi

Budidaya sayuran sering diperlukan karena kondisi musim panas yang lebih hangat dibandingkan dengan musim hujan dan curah hujan yang rendah di wilayah tersebut.Tumbuhan atau spesies tanaman yang dominan adalah rumput dengan berbagai spesies, seperti Gramineae dan kadang-kadang Cyperaceae. Rumput yang tumbuh dengan daun kasar dan kaku akan mendominasi.Selain itu, ada juga spesies Pennisetum purpureum, Acacia sp dan batang Leguminoceae. Tetapi ada juga beberapa pohon seperti pohon palem dan akasia, meskipun jumlahnya banyak.


2. Jenis Fauna

Dalam kasus seperti rumput, rumput dapat memiliki fauna atau menjadi unik bagi hewan itu sendiri. Kemudian hewan atau hewan yang hidup di padang rumput didominasi oleh hewan liar dan hewan liar.Hewan herbivora yang hidup di daerah ini juga didominasi oleh spesies rumput herbivora seperti rusa, zebra, kuda, kambing liar, gajah, kerbau, jerapah dan banyak lagi.Tetapi karnivora akan mencari makanan dengan mencari hewan yang diberi makan rumput. Beberapa hewan karnivora yang hidup di padang rumput adalah singa, harimau, coyote, dan hyena.

 

Manfaat Hutan Sabana

Hutan memiliki banyak keuntungan bagi kehidupan dan begitu pula manfaat hutan sabana. Keuntungan yang bisa diperoleh dari hutan ini adalah:

  1. Habitat berbagai jenis flora dan fauna yang harus dilestarikan.
  2. Menghindari bencana alam seperti erosi tanah dan tanah longsor.
  3. Sebagai tempat penyimpanan cadangan air tanah.
  4. Sumber makanan untuk berbagai binatang.
  5. Menjaga keseimbangan alam.
  6. Cocok sebagai area pengembangbiakan, yang meningkatkan efisiensi ekonomi populasi di sekitar kawasan hutan sabana.
  7. Kondisi alam di sabana menawarkan keindahan dan menjadikannya tempat fotografi bagi para wisatawan.
  8. Menjadi tujuan wisata dan penelitian.

Salah satu keuntungan dari hutan sabana yang disebutkan di atas adalah bahwa ia menawarkan nilai keindahan. Ini dapat mewakili potensi pariwisata domestik dan asing yang ingin menikmati keindahan hutan sabana.

 


Musim Pada Bioma Sabana


Ada dua musim yang sangat berbeda di wilayah bioma sabana, yaitu musim kemarau yang panjang dan musim hujan. Di musim kemarau, presipitasi rata-rata hanya 10 cm.Dan tidak ada curah hujan antara Desember dan Februari. Selama musim hujan atau seperti yang dikatakan, curah hujan kurang lebih 50-100 cm. Di Afrika, musim dimulai dalam bulan Mei.

 

Sabana di Indonesia

Di Indonesia terdapat sabana yang umumnya cukup bagus untuk dijadikan wisata, diantaranya yaitu :

  1. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Letaknya sebelah utara Banyuwangi. Taman nasional ini juga punya beragam vegetasi seperti hutan bakau, hutan rawa, hingga hutan hujan tropis. Tetapi padang sabana mendominasi taman nasional seluas 250 km2 dan sekitar 40% wilayah Taman Nasional Baluran diisi oleh padang sabana luas, dengan jenis tanah aluvial dan vilkanik. Beragam jenis fauna terdapat disini, diantaranya seperti kerbau, kijang, rusa, banteng, kucing hutan, macan tutul, dan walet ekor jarum (Hirundapus caudutus).
  2. Sabana Cikasur di Gunung Argopuro, Jawa Timur. Letaknya di Kabupaten Probolinggo, diapit oleh Gunung Semeru dan Gunung Raung.
  3. Sabana Sembalun di Gunung Rinjani, Lombok. Dari jalur Sembalun yang terletak di arah timur Rinjani, terdapat padang sabana sepanjang 6 kilometer.
  4. Sabana Oro-oro Ombo di Gunung Semeru, Jawa Timur. Oro-oro Ombo memiliki arti ‘padang rumput yang luas’. Luas keseluruhan padang sabana ini mencapai 100 hektar. Pohon pinus tumbuh subur di kawasan sabana ini. Setelah melewati kawasan sabana, terdapat kawasan Cemoro Kandang yang menjadi habitat beberapa jenis burung dan kijang.

 

 Baca Juga: Planet Merkurius - Ciri-ciri, Struktur Pembentuk, Fakta Planet Merkurius dan Penjelasannya Secara Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Bioma Sabana Adalah - Proses Terbentuknya, Ciri-Ciri, Jenis, Flora, Fauna, Manfaat Hutan Sabana dan Sabana di Indonesia. Semoga Artikel ini bermanfaat dan jangan Lupa selalu Kunjungi ilmuips.my.id Untuk Mendapatkan Artikel Lainnya.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Bioma Sabana adalah

  • bioma tundra
  • stepa adalah
  • bioma gurun
  • contoh bioma
  • hutan sabana di indonesia
  • gambar bioma stepa
  • persebaran sabana di indonesia
  • bioma tundra di indonesia

Post a Comment for "Pengertian Bioma Sabana Adalah - Proses Terbentuknya, Ciri-Ciri, Jenis, Flora, Fauna, Manfaat Hutan Sabana dan Sabana di Indonesia"