Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Batu Basal Adalah: ciri - Ciri, Proses Pembentukan, Jenis Jenis, contoh dan Manfaat Batu Basal


Pengertian Batu Basal

Basal adalah batuan vulkanik berat yang berwarna gelap dan membentuk sebagian besar kerak samudera. Basal bisa mencapai permukaan bumi namun awal mula kemunculannya adalah di dasar lautan. Dibandingkan dengan granit yang banyak terdapat di benua, basal lebih gelap, padat dan lebih halus. Warna gelap dan padat karena mineral yang terkandung dalam basal adalah magnesium dan besi (lebih basa) dan lebih sedikit mengandung silikon alumunium.

Permukaan basal lebih halus karena mendingin lebih cepat dekat permukaan bumi dan memiliki hablur yang kecil. Sebagian besar basalt di dunia meletus dan keluar di dasar perairan laut dalam di sepanjang Mid Ocean Ridge. Jumlah lebih kecil meletus di pulau-pulau vulkanik samudera, di zona subduksi dan kadang di zona lain.

 

 Baca Juga: Batuan Metamorf / Batuan Malihan : Ciri Ciri, Proses Pembentukan dan Tipe-tipe Metamorfisme Beserta Manfaatnya

 

Proses Pembentukan Batu Basal

Pembentukan batu basalt sebagian besar terjadi pada lingkungan berikut :

  • Batas divergen oceanik
  • Oceanik hotspot
  • Hotspot di bawah kerak benua.

Pada umumnya proses pembentukan batu basalt melalui tahap berikut :

  • Tahap paling awal adalah magma yang membawa bermacam-mcam material batuan dan bergerak menuju ke permukaan bumi.
  • Gas yang berasal dari dalam bumi turut memberi tekanan pada magma sehingga menembus kerak bumi. Proses ini disebut erupsi yang menimbulkan letusan gunung berapi
  • Akibat erupsi tersebut, material magma ada yang terlontar ke daratan dan lautan. Magma yang membentuk batu basalt berada di bawah permukaan air (sungai, danau dan laut)
  • Magma yang telah sampai di permukaan bumi akan mengalami proses pembekuan secara cepat, disertai lepasnya karbondioksida pada magma.
  • Magma yang telah mengalami pembekuan tersebut akan menjadi batuan beku (batu basalt)

 

Jenis Jenis Batu Basal

  1. Batu basal alkali

Batu basal jenis alkali memiliki kandungan Na2O dan K2O yang lebih besar dari batu basal tholeitik. Basal alkali juga mengandung titanium augit, fenokris olivin, oksida besi, nephelin dan plagioklas-Ca. Batu basal akali bersifat underaturated. Batuan ini banyak ditemukan di rifted continental crust atau daerah kerak benua yang mengalami rifting. Selain itu, batu basal juga dapat dijumpai di updomed continental crust atau kerak benua berbentuk kubah yang terangkat, dan juga pulau- pulau oceanic.

  1. Batu basal tholeitik

Kadar Na2O dan K2O pada batu basal tholeitik jauh lebih sedikit dari pada batu basal alkali. Basal tholeitik bersifat oversaturated dan memiliki kandungan pigeonit, augit subklasik, dan interstitial glass. Batu basal tholeitik dapat ditemukan sebagai lava atau magma esktrusi yang sangat besar. Begitu besarnya volume magma tersebut sehingga membentuk plato di kerak benua. Hal tersebut dapat dilihat di Deccan Trap, India. Selain itu, batu basal tholeitik juga dapat ditemukan di lantai samudera.

 

 

Manfaat Batu Basal

Batu basal digunakan untuk berbagai macam keperluan. Kegunaan batu basalt lebih sering terlihat di bidang konstruksi bangunan maupun infrastruktur. Batuan ini sering dihancurkan untuk digunakan sebagai agregat dalam proyek kontruksi.

Selain itu, batu basalt juga dapat dimanfaatkan sebagai pondasi jalan (landasan), agregat beton, agregat aspal/trotoar, dan ballast kereta api. Batuan basal juga dapat dipotong dan dipoles menjadi sebuah batu ornamen bangunan seperti ubin lantai dan monumen/tugu.

Baca Juga: Pengertian Batu serpih Adalah :Ciri-ciri, Proses Terbentuknya , contoh dan Manfaat Batu Serpih

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Batu Basal Adalah: ciri - Ciri, Proses Pembentukan, Jenis Jenis, contoh dan Manfaat Batu Basal . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian batu basal

  • ciri-ciri batu basalt
  • batu andesit adalah
  • jurnal batu basalt
  • makalah batu basalt
  • gambar batu basalt
  • harga batu basalt
  • arti basalt
  • batuan beku

Post a Comment for "Pengertian Batu Basal Adalah: ciri - Ciri, Proses Pembentukan, Jenis Jenis, contoh dan Manfaat Batu Basal"