Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekosistem Air Laut Adalah - ciri-ciri, Bagian- Bagian Zona, Jenis-jenis dan Masalah Ekosistem air laut


Pengertian Ekosistem Air Laut

Ekosistem laut atau disebut juga ekosistem bahari merupakan ekosistem yang terdapat di perairan laut, terdiri atas ekosistem perairan dalam, ekosistem pantai pasir dangkal/litoral, dan ekosistem pasang surut.

Ekosistem air laut memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut.

  • Memiliki salinitas tinggi, semakin mendekati khatulistiwa semakin tinggi.
  • NaCl mendominasi mineral ekosistem laut hingga mencapai 75%.
  • Iklim dan cuaca tidak terlalu berpengaruh pada ekosistem laut.
  • Memiliki variasi perbedaan suhu di permukaan dengan di kedalaman.

 Ekosistem laut juga berperan penting bagi lingkungan di daratan. 50% oksigen yang dihisap organisme di daratan berasal dari fitoplankton di lautan. Habitat pantai (estuari, hutan bakau, dan sebagainya) merupakan kawasan paling produktif di bumi. Ekosistem terumbu karang menyediakan sumber makanan dan tempat berlindung bagi berbagai jenis organisme dengan keanekaragaman hayati tingkat tinggi di lautan.

Ekosistem lautan pada umumnya memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi sehingga diperkirakan memiliki ketahanan yang baik terhadap spesies invasif. Namun beberapa kasus yang melibatkan spesies invasif telah ditemukan dan mekanisme yang menentukan kesuksesan spesies invasif ini belum dipahami secara pasti.

 

Baca Juga: Pengertian Tanah liat Adalah - Ciri - Ciri, Karakteristik, Proses Terbentuknya, Jenis-jenis dan Pemanfaatan Tanah Liat

 

Bagian- bagian Ekosistem Air Laut

Zona Laut Berdasarkan Kedalaman 

Berdasarkan kedalamannya, zona laut dibagi menjadi tiga, yaitu zona litoral, zona neritik, dan zona oseanik.  

  • Zona litoral berbatasan langsung dengan daratan, paling dangkal, dan paling atas dari lautan. Adapun hewan yang hidup di zona ini adalah bintang laut, bulu babi, cacing laut, kepiting, dan udang. 
  • Zona neritik disebut juga sebagai ekosistem pantai pasir dangkal karena letaknya sekitar 200 meter dari permukaan laut. Di sini, hidup beberapa ekosistem kecil, seperti ekosistem pantai batu, ekosistem pantai lumpur, dan ekosistem terumbu karang. Selain itu, hidup juga berbagai jenis ikan, ganggang, dan rerumputan laut. 
  • Zona oseanik sebagai zona terdalam dari ekosistem air laut serta terbagi menjadi zona batial dengan kedalaman 200-2.000 meter yang dihuni oleh nekton dan zona abisal dengan kedalaman lebih dari 2.000 meter yang dihuni oleh detrivor, predator, dan pengurai. 

Zona Laut Berdasarkan Intensitas Cahaya Matahari 

Berdasarkan intensitas cahaya mataharinya, zona laut dibagi menjadi tiga, yaitu zona fotik, zona twilight, dan zona afotik. 

  • Zona fotik memiliki kedalaman kurang dari 200 meter sehingga cahaya matahari mudah masuk. 
  • Zona twilight memiliki kedalaman 200-2.000 meter sehingga cahaya matahari yang masuk hanya sedikit. 
  • Zona afotik memiliki kedalaman lebih dari 2.000 meter sehingga cahaya matahari tidak dapat masuk.   

Zona Laut Berdasarkan Permukaan Secara Vertikal 

Berdasarkan permukaan secara vertikal, zona laut dibagi menjadi lima, yaitu epipelagik, mesopelagik, batiopelagik, abisalpelagik, dan hadalpelagik. 

  • Epipelagik berada di antara permukaan laut hingga kedalaman 200 meter. 
  • Mesopelagik berada di kedalaman 200-1.000 meter. 
  • Batiopelagik berada di kedalaman 200-2.500 meter. 
  • Abisalpelagik berada di kedalaman 4.000 meter. 
  • Hadalpelagik berada di kedalaman lebih dari 6.000 meter.

 

Jenis-jenis Ekosistem Air Laut

Ekosistem air laut merupakan ekosistem yang beraneka ragam. Berikut ini adala macam- macam dari ekosistem air laut:

  1. Ekosistem laut dalam. Ekosistem alut dalam ini terdapat di daerah laut paling dalam atau palung laut. Ekossitem ini tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari. Organisme yang hidup di ekosistem ini adalah predator dan ikan yang dapat memancaran cahayanya sendiri.
  2. Ekosistem terumbu karang. Ekosistem ini terdapat di laut dangkal yang jernih. Banyak organisme yang hidup di ekosistem ini, antara lain adalah terumbu karang, hewan spons, mollusca, bintang laut, ikan, dan juga ganggang. Ekosistem terumbu karang ini mempunyai manfaat ekosistem terumbu karang bagi biota laut dan manusia yang beraneka ragam.
  3. Ekosistem estuari. Ekosistem ini berada di daerah percampuran air laut dengan air sungai. Di ekosistem estuari ini terdapat ekosistem yang khas, yakni ekosistem padang lamun dan ekosistem hutan mangrove
  4. Ekosistem pantai pasir. Ekosistem pantai pasir merupakan ekositem yang berada di pesisir pantai dengan hamparan pasir. Tempat ini selalu terkena deburan ombak dan cahaya matahari yang kuat pada siang harinya.
  5. Ekosistem pantai batu. Ekosistem pantai batu ini merupakan ekosistem yang meiliki banyak bongkahan batu yang besar maupun kecil. Banyak organisme yang hidup di ekosistem ini, misalnya ganggang cokelat, kepiting, kerang, siput, dan juga burung.

 

 

 

Masalah Ekosistem air laut

Ekosistem laut adalah salah satu dari ekosistem perairan Bumi. Ekosistem ini termasuk samudra, rawa garam dan ekologi intertidal, muara sungai dan laguna, bakau dan terumbu karang, laut dalam dan dasar laut. Mereka dapat dibandingkan dengan ekosistem air tawar, yang memiliki kandungan garam yang lebih rendah.Masalah lingkungan mengenai ekosistem laut adalah eksploitasi sumber daya laut yang tidak berkelanjutan (misalnya penangkapan ikan secara berlebihan spesies tertentu), pencemaran laut, perubahan iklim, dan membangun di daerah pesisir.

 

 

 Baca Juga: Pengertian Tanah Latosol Meliputi Proses Pembentukan, Persebaran, Karakteristik, dan Pemanfaatannya

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Ekosistem Air Laut  Adalah - ciri-ciri, Bagian- Bagian Zona, Jenis-jenis dan Masalah Ekosistem air laut .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Ekosistem Air Laut adalah

  • contoh ekosistem air laut
  • komponen biotik yang khas yang terdapat pada ekosistem air laut adalah
  • ciri abiotik ekosistem air laut adalah
  • contoh ekosistem laut
  • berikut bukan termasuk ekosistem air laut adalah
  • ekosistem air laut dan air tawar
  • ekosistem adalah
  • komponen ekosistem laut

Post a Comment for "Pengertian Ekosistem Air Laut Adalah - ciri-ciri, Bagian- Bagian Zona, Jenis-jenis dan Masalah Ekosistem air laut"