Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kartografi Adalah - Menurut Pendapat Para Ahli, Klasifikasi, Produk Kartografi, dan Jenis-Jenis Kartografi


Definisi Kartografi

Kartografi merupakan seni, ilmu, dan teknologi yang digunakan dalam membuat peta atau globe. Kartografi bersinggungan dengan ilmu geografi, informasi spasial, dan topografi. Kartografi dan geografi sebetulnya sangat dekat dan bergantung satu sama lain. Berkat kedua bidang ilmu ini, kita dapat memahami Bumi dan posisi kita di atasnya.Kartografi diduga sudah ada sejak 7.000 SM sejak penemuan lukisan dinding di gua. Lukisan tersebut diyakini sebagai peta tertua di dunia yang menjelaskan lokasi sebuah kota di Anatolia kuno. Kartografi kemudian berkembang di tahun 600 SM dan dipelopori oleh bangsa Yunani dan Romawi.

Sejak saat itu, orang berlomba-lomba untuk membuat peta dunia. Peta dunia pertama dibuat oleh seorang filsuf Yunani bernama Anaximander. Setelah itu, Ptolemy menerbitkan risalah kartografi yang berjudul Geographia. Bangsa Arab, India, dan Cina juga mulai berperan dalam mengembangkan bidang ini.

 

Baca Juga: Garis lintang adalah - Fungsi Garis Lintang dan Pembagian Iklim Menurut Garis Lintang

 

Kartografi Menurut Pendapat Para Ahli

  • Menurut UN pada tahun 1949

Kartografi merupakan studi yang memdalami ilmu menyiapkan segala jenis peta dan chart termasuk setiap kegiatan dari lapangan sampai pencetakan akhir. Lalu, sebab kajiannya dirasa oleh para kartografi terlalu luas maka diadakan konferensi yang terhubung dalam ICA atau Internasional Cartograph Assosition yang menghasilkan gagasan baru.

  • ICA tahun 1973

Kartografi merupakan seni, ilmu pengetahuan, serta teknologi tentang pembuatabn peta sekaligus mencakup studi sebagai dokumen ilmiah serta hasil karya seni

  • Menurut Taylor

Taylor mengartikan kartografi organisasi, komunikasi, prestasi serta pemakaian geo-informasi dalam bentuk grafis, format nyata atau digital. Hal ini bisa meluputi semua langkah-langkah dari persiapan data hingga ke penggunaan akhir dengan penciptaan peta-peta serta hasil yang berhubungan dengan informasi spasial. Dengan ari lain dikatakan kartografi merupakan pembuatan data spasial yang bisa diakses lebih menekankan visualisasinya dan memungkinkan berinteraksi dengannya yang berhubungan terhadap masalah geospasial.

  • Menurut Rystedt B

Kartografi merupakan ilmu disiplin yang menyatakan antara pemetaan dan peta. Kartografi menyatukan tampilan atau representasi dari dua fenomena geografi yakni geografi dan virtual.

  • Prihandito 1989

Kartografi merupakan ilmu serta teknik pembuatan peta.

Seiring dengan berkembangnya zaman, pengertian mengenai kartografi mengalami perubahan. Hal ini disebabkan:

  • Kenyataannya, kartografi adalah bidang ilmu pengetahuan serta komunikasi
  • Adanya teknologi yang lebih mutakhir, yaitu komputer
  • Alasan-alasan tersebut menghasilkan pandangan baru yaitu kartografi bukanlah langkah pembuatan peta semata melainkan penggunaan peta sendiri adalah salah satu bidang kartografi.

 

 

Klasifikasi Kartografi


Secara umum, kartografi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu kartografi umum dan kartografi tematik.Kartografi umum merujuk pada pembuatan peta yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Peta tersebut memuat variasi aspek yang berhubungan dengan sistem lokasi dan referensi. Peta jenis ini biasanya diproduksi dalam seri. Salah satu contohnya adalah seri peta topografi berskala 1:24.000 yang diterbitkan oleh US Geological Survey.

Sementara itu, kartografi tematik merupakan pembuatan peta dengan tema geografis yang lebih spesifik. Peta ini diperuntukkan bagi kelompok orang yang spesifik pula. Misalnya, peta yang berisi informasi demografik, seperti peta kepadatan penduduk. Selain itu, ada pula peta suhu, peta curah hujan, peta aliran sungai, dan lain-lain.

 

Produk Kartografi

Produk kartografi dapat dibuat dalam berbagai macam produk seperti:

  • Sketsa – Adalah gambar keadaan pada suatu wilayah sempit yang dibuat dalam bentuk garis besar serta menyimpan sedikit informasi. Faktor dari kebenaran ukuran serta bentuk dari obyek pada sketsa tidak terlalu diutamakan.
  • Peta – Adalah suatu gambaran objek tertentu yang dibuat pada bidang yang datar dan digambar berdasarkan perhitungan kebenaran dari ukuran proyeksi kedudukan serta arah mata angin. Peta juga biasa disebut juga peta garis dan memiliki berbagai jenis jenis peta.
  • Peta timbul – Adalah suatu gambaran wilayah yang dibuat pada bentuk 3 dimensi sehingga akan terlihat bentuk-bentuk relief.
  • Maket atau miniatur – Adalah suatu gambaran pada daerah yang dibentuk secara 3 dimensi dan biasanya memiliki skala besar. Maket atau miniatur juga menggambarkan suatu daerah sempit dengan kenampakan yang mendetail serta memiliki kemiripan dengan objek aslinya. Maket atau miniatur banyak menggunakan model-model yang dibuat untuk melengkapi objek yang ada seperti pohon rumah atau bahkan mobil.
  • Atlas – Adalah buku berisi tentang peta-peta negara yang dibuat dengan menyertakan gambar data statistik, diagram dan lain-lain yang dijelaskan uraiannya serta diberi warna pada berbagai jenis jenis atlas yang tersedia.
  • Peta digital – Peta digital atau yang disebut pula dengan orfoto adalah peta dari hasil teknik penginderaan yang dilakukan dari luar angkasa atau dari udara. Pada peta ini, tidak terjadi seleksi karena objek yang terlihat dan tidak ditutupi oleh objek lain bisa terekam. Pada peta biasa diberi ditambah keterangan yang berfungsi menjelaskan nama-nama jalan, nama tempat atau nama jalan.
  • Globe – Adalah suatu gambaran yang menjelaskan bentuk permukaan bumi dan struktur bumi yang biasanya berbentuk bola. Globe bukanlah sebuah peta melainkan sebuah model dari bola bumi.


 Jenis-Jenis Kartografi

Kartografi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, kartografi Umum dan kartografi tematik.


1. Kartografi Umum

Kartografi umum merupakan jenis kartografi yang merujuk pada pembuatan peta yang biasa digunakan oleh masyarakat umum, contohnya peta di Atlas, peta jalan.Peta yang dihasilkan dari kartografi umum biasanya memuat berbagai macam aspek yang berkaiatan dengan sistem lokasi dan referensi.


2. Kartografi Tematik

Kartografi tematik merupakan jenis kartografi yang merujuk pada pembuatan peta secara khusus.Artinya peta yang dibuat ini dikhususkan untuk beberapa kelompok atupun instansi.Contoh kartografi tematik adalah peta yang berisi informasi demografi penduduk, peta jenis ini biasa digunakan oleh badan pusat statistik untuk mengetahui persebaran penduduk di suatu wilayah.

 

 Baca Juga: Pencemaran Air adalah - Sumber pencemaran Air, Jenis, Penyebab, Dampak, Tindakan Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Air

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Kartografi Adalah - Menurut Pendapat Para Ahli, Klasifikasi, Produk Kartografi, dan Jenis-Jenis Kartografi.Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Kartografi

  • pengertian peta
  • kartografi pdf
  • pengertian kartografi secara umum
  • pengertian kartografi menurut para ahli
  • klasifikasi kartografi
  • contoh kartografi
  • konsep kartografi
  • pengertian kartografi digital

Post a Comment for "Pengertian Kartografi Adalah - Menurut Pendapat Para Ahli, Klasifikasi, Produk Kartografi, dan Jenis-Jenis Kartografi"