Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Angin Muson Adalah - Proses Terjadinya, Jenis-Jenis dan Dampak Terjadinya Angin Muson Penjelasan Lengkap


Angin Muson merupakan angin yang berubah arah tiap setengah tahun. Oleh karena itu, angin muson dinamakan juga angin setengah tahunan. Angin muson terjadi karena adanya perbedaan pemanasan antara belahan bumi utara dan belahan bumi selatan.Di Indonesia angin muson menjadi penentu pola iklim dan pola angin di Indonesia.

 Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Angin muson merupakan iklim yang ditandai oleh pergantian arah angin dan musim penghujan atau kemarau selang lebih kurang enam bulan. Mengikuti posisi matahari pada bulan Juni dan Desember.Terdapat di daerah tropis dan subtropis yang diapit oleh benua dan samudera.

Dalam buku Metode Klasifikasi Iklim di Indonesia (2019) karya Ariffin, angin muson angin yang bertiup secara musiman yang berubah-ubah setiap periode enam bulan.Secara garis besar angin muson dibedakan dua macam, yakni angin musin barat dan angin muson timur

 

Baca Juga: Garis lintang adalah - Fungsi Garis Lintang dan Pembagian Iklim Menurut Garis Lintang

 

 

Proses Terjadinya Angin Muson

Sudah dikatakan sebelumnya bahwasaanya angin muson ini merupakan angin yang bertiup dari barat daya menuju timur laut dan juga sebaliknya dalam waktu yang berganti- ganti. Proses terjadinya angin muson itu sendiri dipengaruhi oleh keberadaan dua benua di dunia yang berada di belahan bumi utara dan juga belahan bumi selatan yang mengapit dua samudera. Sebagai contoh adalah Benua Asia (bagian utara) dan Benua Australia (bagian selatan) yang kemudian mengapit dua samudera, yakni Samudera Hindia dan juga bagian barat daya Samudera Pasifik.

  1. Angin muson terjadi karena daratan mulai menghangat dan juga menyejuk lebih cepat daripada di air. Hal yang demikian menyebabkan suhu udara di darat lebih panas daripada di laut pada musim panas. Udara yang panas di daratan biasanya akan berkembang naik dan sekaligus hal ini akan menciptakan daerah bertekanan rendah. Hal ini akan menciptakan sebuah angin yang sangat konstan yang bertiup ke arah daratan.
  2. Pada masa- masa ini curah hujan yang terkait disebabkan udara laut yang terasa lembab yag kemudian dialihkan ke arah pegunungan, yang juga kemudian akan menyebabkan suatu pendinginan, dan kemudian menyebabkan suatu pengembunan.
  3. Kemudian pada musim dingin, udara yang berada di darat akan menjadi lebih sejuk dengan cepat, namun udara panas di laut akan bertahan lebih lama. Udara panas yang berada di atas laut akan berkembang naik, kemudian mencipakan daerah yang bertekanan rendah dan angin yang sepoi- sepoi dari arah daratan ke arah lautan.
  4. Karena adanya perbedaan suhu antara lauta dan juga daratan leboh kecil dibandingkan saat mudim panas, maka angin muson yang bertipu ketikan musim dingin tidak begitu konstan. Angin muson ini mirip dengan angin laut, namun memiliki ukuran yang lebih besar, lebih kuat, dan juga lebih konstan.
  5. Di wilayah atau daerah tropis, terjadinya angin muson dipengaruhi oleh adanya perbedaan sinar matahari. Pada bulan Juli, matahari sedang berada di sekitar garis lintang balik utara atau 23,5 LU, dan pada saat itu benua Asia mendapatkan penyinara yang maksimal. Oleh karena hal itu, suhu udara di benua Asia sangatlah tinggi melebihi suhu udara yang ada di samudera.
  6. Akibat dari hal ini, daratan Asia menjadi pusat tekanan rendah sedangkan tekanan udara yang berda di kedua samudera relatif lebih tinggi. dan juga sebaliknya, di benua Australia pada saat tersebut sedang mengalami musim dingin, sehingga menjadi daerah pusat teanan tinggi yang melebihi tekanan udara yang ada di Samudera Hindia. Akibat dari adaya tekanan tersebut, terjadilah pergerakan angin muson dari benua Australia yag melalui Samudera Hindia dan juga dari Samudera Pasifik dari bagian barat daya ke arah benua Asia.
 

Jenis-Jenis Angin Muson

  • Angin Muson Barat

Muson barat atau muson musim dingin timur laut adalah angin yang bertiup pada bulan Oktober-April di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia sedang mengalami musim panas, berakibat pada tekanan minimum dan benua Asia lebih dingin, berakibat memiliki tekanan maksimum dan bersifat basah sehingga membawa musim hujan/penghujan. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi utara dan selatan. Pada saat itu utara musim dingin sehingga menyebabkan tekanan di utara lebih tinggi daripada selatan, maka angin bertiup dari utara (Asia dan Samudera Pasifik) menuju Australia melewati Indonesia. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekenan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Asia menuju benua Australia, dan karena menuju Selatan Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kiri. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim hujan akibat adanya massa uap air yang dibawa oleh angin ini, saat melalui lautan luas di bagian utara (Samudra Pasifik dan Laut Cina Selatan).

  • Angin Muson Timur

Angin Muson Timur merupakan angin yang bertiup mulau bulan April sampai Oktober.Angin tersebut bersifat kering. Karena membawa masa udara kering, dampaknya terjadi musim kemarau.Angin Muson Timur angin yang bergerak dari Benua Australia ke Benua Asia.Pada saat itu di Australia sedang berlangsung musim dingin, suhu udara tekanan udara tinggi.Sedangkan di Asia sedang berlangsung musim panas, suhu udara tinggi tekanan udara rendah).Angin muson timur di Indonesia melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan sempit.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), angin muson lemah di Indonesia. Karena hamparan air dan lintang rendah, tetapi pembalikan musiman mereka pasti.Dari April hingga oktober aliaran udara tenggara Australia, sedangkan utara equator (garis khatulistiwa) arusnya menjadi barat daya.Musim hujan Malaysia-Australia umumnya mempertahankan kekeringan di atas pulau-pulau yang lebih dekat ke Australia.

Tapi lebih jauh ke utara membawa peningkatan jumlah kelembaban.Aliran timur laut dari Asia, yang menjadi barat laut selatan dari Khatulistiwa, sarat dengan uap air ketika mencapai Indonesia.Membawa cuaca mendung dan hujan antara November dan Mei.Bulan-bulan terbasah adalah Desember di sebagian besar Sumatera dan Januari di tempat lain, tetapi pola curah hujan sangat lokal.

 

Dampak Terjadinya Angin Muson

Dampak terjadinya Angin Muson Timur

Dampak positif

Berikut dampak positif terjadinya angin muson timur ke Indonesia:

  • Hasil panen lancar

Memasuki angin muson timur membuat para petani merasa tenang. Proses panen di lahan pertanian lancar dan hasilnya cukup bagus.Dilansir situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), petani tidak merasa khawatir dengan datangnya angin muson timur.Area persawahan tidak lagi tergenang seperti saat angin muson barat yang terjadi musim hujan.Proses penjemuran hasil pertanian, seperti padi sangat terbantu dengan adanya sinar matahari dan mudah kering.

  • Nelayan bisa melaut

Munculnya angin muson timur membuat cuaca cerah dan gelombang laut tidak tinggi.Kondisi itu banyak dimanfaatkan nelayan untuk melaut mencari ikan. Hasil yang diperoleh pun sangat menguntungkan bagi nelayan.Nelayan tidak perlu khawatir datangnya hujan dan gelombang tinggi.

Dampak negatif

Angin muson timur juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan masyarakat.

Berikut dampak negatif angin muson timur:

  • Terjadi kekeringan

Dampak musim kemarau akan berpotensi terjadinya kekeringan jika berlangsung lama.Kondisi itu akan membuat masyarakat kesulitan untuk mendapat air bersih buat kebutuhan sehari-hari. Karena sumber-sumber air menjadi kering tidak muncul airnya.Bahkan ada beberapa daerah yang akan mengalami kekeringan saat musim kemarau datang. Banyak juga pohon-pohon yang menjadi kering dan mati karena kekurangan air.

  • Meningkatnya resiko kebakaran hutan

Potensi terjadinya kebakaran hutan akan mudah terjadi. Karena pohon-pohon akan menjadi kering dampak dari cuaca yang panas.Kondisi itu akan mudah terbakar dan menjalar semakin luas. Banyak kasus kebakaran hutan yang terjadi saat memasuki musim kemarau.Bahkan kebakaran hutan bisa berlangsung lama.

  • Berdampak pada kesehatan

Terjadi musim kemarau dengan cuaca yang panas juga akan berdampak bagi kesehatan. Masyarakat akan mudah dehidrasi atau kekurangan cairan saat beraktivitas.

 

Dampak Terjadinya Angin Muson Barat

Dampak positif

Berikut dampak positif terjadinya angin muson barat:

  • Membantu petani

Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja pada sektor pertanian. Keberadaan curah hujan akan mempengaruhi pola kehidupan para petani.Mereka memanfaatkan datangnya musim penghujan untuk memulai kegiatan mengolah lahan pertanian.Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dengan turunnya hujan, air akan menyerap ke dalam tanah.Itu menyebabkan tahah menjadi subur. Dengan tanah yang subur akan berperan penting bagi pertumbuhan tanaman.Tanaman menjadi subur dan hasil produksi meningkat.

  • Membantu irigasi

Curah hujan yang turun menjadi sumber air pada sistem irigasi. Volume air yang tinggi akan ditampung pada bendungan irigasi, kemudian dikendalikan sistem pengairan untuk mengairi lahan pertanian. Sehingga lahan pertanian tidak mengalami kesuliatan air saat musim kemarau tiba.

  • Mengurangi polusi udara

Saat hujan turun, akan mengurangi polusi udara yang merupakan penyebab pencemaran udara.Ketika hujan turun, maka debu-debu yang berada di udara akan ikut hanyut terbawa air hujan. Kondisi itu menjadi udara menjadi lebih sibuk dan aman bagi kesehatan.

  • Mengurangai resiko kebakaran hutan

Ketika musim penghujan turun akan mengurangi resiko kebakaran hutan. Karena saat musim kemarau tiba akan membuat tumbuhan menjadi kering dan mudah terbakar.

 

Dampak negatif

Munculnya angin musin barat juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan.Berikut dampak negari saat terjadi angin muson barat:

  • Menimbulkan banjir

Curah yang tinggi dan berlangsung cukup lama akan menimbulkan genangan dan banjir di lingkungan masyarakat.Genangan atau banjir terjadi karena banyaknya sampah yang menutup aliran air. Sehingga membuat aliran air tidak lancar dan meluap.Kondisi itu juga akan timbul berbagai penyakit di masyarakat, seperti demam berdarah (DB) atau gatal-gatal.

  • Tanah longsor

Curah hujan yang tinggi juga bisa memicu terjadinya tanah longsor. Karena tanah lama-lama akan tergerus oleh air hujan yang turun terus menerus.Longsor juga bisa terjadi karena penebangan hutan. Di mana tidak dilakukan penanaman pohon kembali.

  • Produktifitas pertanian menurun

Pada lahan pertanian produktifitas petani mengalami penurunan saat munculnya angin muson barat. Kondisi itu membuat lahan pertanian mengalami gagal panen.Karena lahan pertanian tergenang saat curah hujan tinggi atau saluran irigasi meluap. Tanaman menjadi rusak hingga mati, sehingga tidak bisa di panen.Musim penghujan juga berdampak pada proses penjemuran padi. Karena minimnya sinar matahari untuk mengeringkan hasil panen.Sehingga membuat padi sulit kering dan berpotensi mengalami kerusakan.

  • Aktivitas nelayan terganggu

Adanya angin muson barat juga berpengaruh pada nelayan. Curah hujan yang tinggi membuat gelombang laut tinggi.Kondisi itu membuat nelayan sulit untuk melaut dan kapal-kapal nelayan hanya bersandar di pantai. Karena akan sangat beresiko jika nekat melaut untuk menangkap ikan. 

 

Baca Juga: Garis bujur adalah - Fungsi Garis Bujur, contoh dan Perhitungan Pembagian Waktu di Indonesia

 

Demikian  Penjelasan Tentang Angin Muson Adalah - Proses Terjadinya, Jenis-Jenis dan Dampak Terjadinya Angin Muson .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

Penelusuran yang terkait dengan Angin Muson adalah

  • angin muson timur bertiup pada bulan
  • angin muson adalah brainly
  • angin muson barat dan timur
  • faktor utama yang menyebabkan musim hujan di indonesia yaitu bertiupnya angin
  • angin muson di atas bertiup pada periode bulan
  • angin muson timur di indonesia menyebabkan terjadinya musim
  • angin muson barat di indonesia menyebabkan musim
  • gambar angin muson barat

Post a Comment for "Angin Muson Adalah - Proses Terjadinya, Jenis-Jenis dan Dampak Terjadinya Angin Muson Penjelasan Lengkap"