Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lapisan Mesosfer : Ciri - Ciri, Fungsi, dan Suhu di Lapisan Mesosfer

 

Pengertian Lapisan Mesosfer

Lapisan pada ketinggian 50 kilometer sampai dengan 75 kilometer di atas permukaan Bumi. Lapisan ketiga dari atmosfer ini terjadi penurunan suhu yang cukup signifikan setiap bertambahnya ketinggian.
mesosfer


Suhu pada lapisan mesosfer bisa mencapai 0,4°C setiap pada ketinggian 100 meter. Jika anda bertanya kenapa meteor yang sangat besar dapat hancur sebelum masuk ke bumi? Alasannya adalah pada lapisan mesosfer setiap benda luar angkasa yang masuk akan dibakar dan diurai menjadi debu. Karena pada lapisan ini pada ketinggian terendah mesosfer suhu berkisar 10°C dan jarak tertinggi bersuhu -120°C.

Mesosfer memiliki ciri-ciri ketinggian lapisan antara 50 kilometer sampai 75 kilometer. Dan pada lapisan ini suhu tidak stabil, setiap jarak 100 meter maka suhu akan berkurang 0,4°C. Apa saja yang menjadi karakteristik lapisan mesosfer? Berikut penjelasannya:

  • Pelindung Bumi dari Benda Luar Angkasa - Bagaimana cara lapisan mesosfer melindungi bumi dari luar angkasa? Caranya adalah dengan memanfaatkan ketidakstabilan suhu pada tiap 100 meter. Sehingga bagi benda luar angkasa yang hendak masuk akan menjadi hangus dan bahkan menjadi debu sebelum sampai ke bumi.
  • Perubahan Cuaca dan Suhu - Di nilai cukup ekstrim keadaan suhu dan cuacanya, yakni berkisar antara 10°C dan jarak tertinggi bersuhu -120°C.
  • Lapisan Pembatas Mesopause - Sama seperti 2 lapisan sebelumnya lapisan mesosfer berbatasan langsung dengan termosfer. Artinya pada lapisan ini sama sekali tidak ada udara. Bagian mesosfer yang berbatasan langsung dengan termosfer adalah lapisan mesopause atau bisa juga disebut lapisan peralihan.

 

 

Baca Juga: Angin Muson Adalah - Proses Terjadinya, Jenis-Jenis dan Dampak Terjadinya Angin Muson Penjelasan Lengkap

 

Ciri Lapisan Mesosfer

Sama halnya dengan lapisan- lapisan atmosfer yang lainnya, lapisan mesosfer tersebut memiliki karakteristik atau juga ciri- ciri khusus yang membedakannya itu dengan lapisan- lapisan lainnya. Beberapa ciri atau karakteristik dari mesosfer antara lain ialah :

  1. Berada pada ketinggian antara 60 sampai pada 80 kilometer.
  2. Memiliki suhu sekitar -50 sampai pada -70 derajat celcius
  3. Terdapat suatu lapisan yang disebut dengan lapisan mesopause yang berada di antara lapisan mesosfer serta  lapisan termosfer
  4. Lapisan tersebut merupakan lapisan yang memiliki fungsi melindungi Bumi dari jatuhan atau juga hantaman benda- benda
  5. langit lainnya yang jatuh ke Bumi.
  6. Memiliki ketebalan sekitar 45 sampai pada 75 kilometer.
  7. Semakin ke atas maka suhu itu akan semakin rendah.


Fungsi Lapisan Mesosfer

Berikut adalah fungsi lapisan mesosfer bagi bumi :

a. Sebagai penghalau meteor dan benda langit yang masuk ke bumi

Fungsi lapisan mesosfer ini sangat vital dan penting bagi kehidupan manusia karena di lapisan inilah meteor dan benda langit lainnya akan terbakar jika masuk ke bumi. Hal ini disebabkan karena di lapisan mesosfer terdapat udara yang bertekanan tinggi sehingga ketika ada meteor atau benda langit masuk ke bumi akan langsung bergesekan dan terbakar. Biasanya meteor hanya akan sampai pada lapisan ini. jadi, bisa dibayangkan jika bumi tidak memiliki lapisan yang satu ini? ya, tentu saja mungkin tidak akan terjadi kehidupan di bumi karena jumlah benda langit yang masuk ke bumi sangat besar jumlahnya.

Namun, mungkin anda pernah melihat berita bahwa ada lubang yang disebabkan oleh meteor yang jatuh di bumi? Ini disebabkan karena ukuran meteor tersebut sangat besar sehingga pada pembakaran yang terjadi di mesosfer tidak cukup hingga mampu menembus bumi.

b. Sebagai penghantar gelombang

Selain untuk menghalau meteor yang jatuh ke bumi, mesosfer juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai penghantar gelombang elektromagnetik. Hal ini dikarenakan pada lapisan mesosfer terdapat atom-atom yang terionisasi sehingga bisa memantulkan gelombang elektromagnetik seperti sinyal radio, televisi dan telepon. Karenanya lapisan mesosfer juga kerap kali disebut dengan bagian unsur unsur geosfer seperti lapisan ionosfer. Dengan adanya lapisan ini manusia dapat membuat teknologi canggih seperti radio, televisi, telepon genggam dan juga komputer.

 

 

Suhu di Lapisan Mesosfer

 Berbicara mengenai suhu udara, terkadang kita merasakan suhu dipermukaan Bumi yang ada di dataran rendah dan juga suhu di dataran tinggi berbeda- beda. Namun ternyata tidak hanya di permukaan bumi saja namun juga di atas bumi itu sendiri. Di atmosfer bumi yang mengandung banyak lapisan ini kita akan menemukan suhu yang berbeda- beda. Keadaan suhu di lapisan mesosfer dengan lapisan- lapisan lainnya ini berbeda- beda.

Lapisan mesosfer sendiri merupakan lapisan yang mempunyai suhu rata- rata sekitar minus 50 derajat celcius hingga minus 70 derajat celsius. Salah satu penanda dari lapisan mesosfer ini adalah terjadinya penurunan suhu atau temperatur sebesar rata- rata 0.4 derajat celcius tiap kali naik dengan jarak 100 meter. Terjadinya penurunan suhu ini disebabkan karena lapisan mesosfer inimemiliki kesetimbangan radioaktif yang bersifat negatif. Di dalam lapisan mesosfer ini kita dapat menjumpai suhu terendah dari lapisan ini mencapai minus 80 derajat celcius. Sushu terendah itu akan terasa di badan lapisan mesosfer. Kemudian apabila kita mengamati di puncak lapisan mesosfer maka akan kita dapati suhu yang lebih rendah lagi. Puncak lapisan mesosfer ini disebut dengan mesopause. Mesopause ini merupakan lapisan batas antara mesosfer dengan lapisan termosfer (lapisan yang berada di atasnya). Di puncak lapisan mesosfer ini akan bisa kita dapati suhu terendah mencapai minus 100 derajat celcius.

 

Baca Juga: Garis bujur adalah - Fungsi Garis Bujur, contoh dan Perhitungan Pembagian Waktu di Indonesia

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Lapisan Mesosfer : Ciri - Ciri, Fungsi, dan Suhu di Lapisan Mesosfer .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Lapisan Mesosfer adalah

  • lapisan termosfer
  • lapisan atmosfer
  • manfaat lapisan mesosfer
  • lapisan stratosfer
  • fungsi termosfer
  • gambar lapisan mesosfer
  • lapisan antara mesosfer dengan termosfer disebut dengan
  • apa yang menyebabkan lapisan mesosfer mencapai suhu

Post a Comment for "Pengertian Lapisan Mesosfer : Ciri - Ciri, Fungsi, dan Suhu di Lapisan Mesosfer"