Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tanah Kapur Adalah : Ciri - Ciri, Proses Terbentuknya, Kelebihan dan Kekurangan, Manfaat Tanah Kapur bagi Masyarakat dan Persebaran Tanah Kapur


Pengertian Tanah Kapur

Tanah kapur adalah tanah yang terbentuk dari bebatuan kapur yang sudah melapuk. Tanah kapur tidak memiliki unsur hara sama sekali sehingga tanah ini tidak subur. Walaupun demikian tanah ini masih bisa digunakan untuk pertanian yaitu, sebagai media penurun tingkat keasaman tanah menjadi netral dengan pemakaian yang sesuai.

 

Ciri Tanah Kapur

Seperti jenis tanah lain, tanah kapur juga memiliki ciri tersendiri yang berbeda dengan jenis tanah lainnya. Berikut adalah beberapa ciri dari tanah kapur selengkapnya:

  • Tidak Mengandung Unsur Hara

Ciri pertama dari tanah kapur adalah tidak mengandung unsur hara atau humus sehingga tidak subur. Untuk itu, jenis tanah kapur ini tidak cocok jika dijadikan sebagai lahan pertanian. Meski begitu, namun tanah kapur juga masih bisa berkontribusi pada bidang pertanian.

  • Mudah Dilalui Air

Tanah kapur ini memiliki sifat yang sangat mudah dilalui air. Untuk itu ketika pergi ke sungai, maka tanah kapur lebih banyak ditemui di bawah aliran sungai tersebut.

  • Terbentuk karena Pelapukan Batuan Kapur

Tanah kapur adalah jenis tanah yang dibentuk akibat pelapukan batuan kapur yang sudah mulai hancur atau lapuk. Karena itu, tanah kapur memiliki warna seperti tanah terang serta tidak segelap seperti warna tanah lain.

  • Tanah Kapur Memiliki Kontribusi di Bidang Pertanian

Meski tanah kapur memang bukan jenis tanah yang subur sebab tidak mengandung unsur hara atau humus, akan tetapi tetap berkontribusi di bidang pertanian. Tanah kapur ini bisa dikatakan sangat penting sebab dipakai untuk menunrunkan tingkat keasaman tanah. Dengan begitu, maka tanah yang sudah ditambahkan dengan tanah kapur bisa menjadi netral.

  • Tanah yang Sesuai Untuk Pohon Jati

Walau tidak subur untuk tanah pertanian, namun tanah kapur menjadi jenis tanah yang bagus untuk pohon jati. Biasanya, tanah ini memang lebih sering digunakan untuk lahan perkebunan poho jati karena bisa membuat pohon jati tumbuh dengan subur serta tinggi.

  • Mengandung Tinggi Magnesium dan Kalsium

Berbeda dengan jenis tanah lain, tanah kapur mengandung banyak zat serta unsur didalamnya. Kandungan tertinggi yang ada di dalam tanah kapur ini adalah magnesiumdimana banyak fungsi magnesium bagi tanaman serta kalsium. Kedua zat ini menjadi zat yang penting dan bermanfaat untuk manusia.

 

Baca Juga: Pencemaran Air adalah - Sumber pencemaran Air, Jenis, Penyebab, Dampak, Tindakan Pencegahan dan Penanggulangan Pencemaran Air

 

 

Proses Terbentuknya Tanah Kapur

Tanah kapur merupakan tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan kapur. Batuan kapur yang sudah tua akan melapuk lama- kelamaan akan menjadi tanah. Dan tanah yang terbentuk inilah yang dinamakan sebagai tanah kapur. Oleh karena itu tanah kapur memiliki warna yang terang sebagaimana batuan kapur tersebut.

 

Kelebihan dan Kekurangan Tanah Kapur

Berbagai jenis tanah, tanah apapun itu pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya masing- masing, termasuk tanah kapur ini. tanah kaour juga memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri.

Kelebihan

Kelebihan yang dimiliki oleh tanah kapur antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai penurun tingkat keasaman pada tanah pertanian

Tanah kapur mempunyai fungsi dalam bidang pertanian sebagai  penurun tingkat keasaman pada tanah. Bagaimanapun juga, dalam bidang pertanian memerlukan tanah yang netral pada saat akan digunakan untuk menanam sesuatu. Ketika tanah yang akan digunakan terlalu asam, maka dapat diturunkan dengan mengambil sedikit dari tanah kapaur ini kemudian campurkan pada tanah yang akan ditanami.

  1. Bermanfaat untuk tanaman

Kalsium dan juga magnesium ynag terdapat pada tanah kapur sebenarnya merupakan zat yang sangat penting bagi tanaman. Kalsium (Ca) berfungsi sebagai penyusun dinding sel tumbuhan dan juga berfungsi sebagai penetralisir dari rancun dari dalam jaringan tanaman tersebut. Sedangkan magnesium (Mg) merupakan komponen dari klorofil yang berperan dalam pembentukan lemak dan juga minyak tumbuhan. Kekurangan kedua zat ini pada tanaman akan dapat menghambat perkembangan pada jaringan tanaman muda.

  1. Sebagai penghasil pohon jati dengan kulaitas super

Tanah kapur merupakan tanah yang paling cocok untuk menanam pohon jati. Sehingga jati yang ditanam di atas tanah kapur merupakan jati yang memiliki kualitas super. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya kayu jati sangat bermanfaat bagi manusia, khususnya dalam bidang pembangunan.

Kekurangan 

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tanah kapur. Lalu, apa saja kekurangan yang dimiliki oleh tanah kapur ini? Berikut adalah beberapa kekurangan dari tanah kapur:

  1. Tidak subur

Kerena tanah kapur ini tidak mengandung unsur hara, maka tanah ini memiliki sifat tidak subur, lain dengan jenis tanah lainnya.

  1. Air dari tanah jenis ini seringkali menimbulkan kerak

Air tanah yang mengandung kapur sangat sering menimbulkan kerak pada tempat- tempat yang dijadikan penampungan air tersebut. Sehingga tempat penampungan air tersebut dalam jangka waktu panjang akan dilapisi lapisan kapur yang menyerupai kerak. Beberapa tempat yang seringkali muncul kerak ini adalah bak mandi, ember, lantai kamar mandi, gayung, hingga peralatan rumah tangga yang digunakan untuk merebus air tersebut.

  1. Air rebusan rasanya asin dan mengandung kapur

Satu hal yang meungkin belum diketahui oleh orang- orang bahwa air rebusan dari air tanha kapaur ini mempunyai rasa asin dan juga mengandung campuran kapur. Sehingga air jenis ini akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Kandungan kapur yang tertelan dan masuk ke dalam perut akan menyebabkan beberapa timbulnya penyakit seperti infeksi saluran kencing, hingga kencing batu.

 

 

Manfaat Tanah Kapur bagi Masyarakat

Dari penjelasan mengenai proses pembentukan, kandungan mineral, dan karakteristik dari tanah kapur di atas, maka tanah kapur memiliki sejumlah manfaat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bidang pertanian, bangunan, ataupun yang lainnya. Manfaat tanah kapur yang dapat diambil adalah sebagai berikut:

  1. Pada bidang pertanian dan perkebunan, tanah kapur dapat digunakan sebagai sarana penurun kadar keasaman pada tanah. Dengan pemberian tanah kapur yang sesuai takaran, maka tingkat keasaman tanah dapat diturunkan hingga pH tanah menjadi netral dan normal.
  2. Dapat digunakan sebagai campuran pembasmi gulma tanaman dan penghalau hama tanaman. Tanah kapur yang bersifat panas jika tercampur dengan air dapat juga digunakan sebagai sarana pembasmi gulma, dan tanah kapur dapat juga digunakan sebagai penghalau hama tanaman, khususnya pada tanaman jeruk.
  3. Kandungan kalsium (Ca) pada tanah kapur dapat bermanfaat untuk menetralisir atau sebagai alat detoxification pada tanaman karena kalsium berfungsi menysusun kembali dinding sel pada tanaman. 
  4. Kandungan magnesium (Mg) berguna dalam pembentukan zat lemak dan memperbanyak kandungan minyak pada tanaman.
  5. Tanah kapur sangat cocok untuk menanam tanaman yang tidak banyak memerlukan air dalam pertumbuhannya, seperti pohon jati dan jagung.
  6. Tanah kapur dapat digunakan sebagai campuran semen untuk bahan bangunan, pondasi bangunan rumah dan gedung, dan pengerasan jalan karena sifat tanah yang tidak mudah dilalui air dan tekstur tanah yang padat.

 

Persebaran Tanah Kapur

Jika dilihat dari proses pembentukan, tanah kapur memang berasal dari batuan kapur yang mengalami pelapukan secara fisis atau kimia. Tanah ini juga disebut dengan tanah mediteran sebab tidak terlalu subur untuk digunakan menanam. Persebaran tanah kapur sendiri terjadi di beberapa daerah di Indonesia dengan pegunungan karst, seperti:

  • Gunung kidul, yogyakarta.
  • Sebagian daerah Cepu, Kebumen, Blora serta Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah.
  • Nusa Tenggara Timur dan Barat.
  • Maluku.
  • Sebagian besar daerah Jawa Timur.

 

 Baca Juga: Pengertian Hutan Taiga - Ciri-ciri, Fungsi , Hutan Taiga di Indonesia, Jenis Flora dan Fauna di Hutan Taiga

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Tanah Kapur Adalah : Ciri - Ciri, Proses Terbentuknya, Kelebihan dan Kekurangan, Manfaat Tanah Kapur bagi Masyarakat dan Persebaran Tanah Kapur. Semoga Artikel ini bermanfaat dan jangan Lupa selalu Kunjungi ilmuips.my.id Untuk Mendapatkan Artikel Lainnya.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Tanah Kapur adalah

  • tanah aluvial
  • manfaat tanah kapur
  • daerah persebaran tanah kapur
  • ciri-ciri tanah kapur
  • tanah humus adalah
  • tanah kapur berasal dari
  • tanah organosol
  • tekstur tanah kapur

Post a Comment for "Pengertian Tanah Kapur Adalah : Ciri - Ciri, Proses Terbentuknya, Kelebihan dan Kekurangan, Manfaat Tanah Kapur bagi Masyarakat dan Persebaran Tanah Kapur"