Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tanah Podsol Adalah : Karakteristik, Proses Terbentuknya, Morfologi, Persebaran Tanah Podzol di Indonesia dan Pemanfaatan Tanah Podzol


Pengertian Tanah Podsol

Tanah podsol merupakan tanah yang terbentuk karena pengaruh suhu rendah dengan curah hujan tinggi. Tanah ini memiliki ciri miskin unsur hara, tidak subur, berwarna kuning hingga kuning keabuan, memiliki kandungan bahan organik yang rendah, dan bertekstur pasir hingga lempung. Tanah podsol banyak terdapat di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua. Jenis tanah ini cocok untuk ditanami kelapa sawit dan jambu mete.

 

 Baca Juga: Pengertian Gerhana Matahari - Proses Terjadinya, Jenis - Jenis, dan Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan saat Melihat Gerhana Matahari

 

Karakteristik Tanah Podsol

Tanah podsol memiliki ciri khusus dibandingkan dengan tanah lainnya, sama seperti pada tanah lainnya terdapat ciri atau karakteristik khusus, antara lain yaitu:

  • Memiliki warna pucat yang disebabkan adanya kandungan A2 pada tiap butiran tanah tersebut.
  • Memiliki kandungan pasir kuarsa paling tinggi
  • Mempunyai tingkat keasaman yang tinggi, yaitu antara 3,5 – 5,5.
  • Rentan terhadap erosi, yang mana tanah ini memunyai daya penahan air yang relatif jelek.
  • Kondisi tanah kurang subur, sebab memiliki kandungan unsur hara rendah dimana bahan induk tanah ini yaitu tuff vulkan dengan asam. Secara fisika maupun kimia sifatnya menjadi jelek.
  • Tidak memiliki perkembangan profile.
  • Mempunyai tekstur lempung sampai berpasir, yang pada dasarnya memiliki sifat tekstur sedang sampai kasar.
  • Memiliki sefak yang mudah basah, sehingga bila terkena air tanah ini akan secara oromatis menjadi subur.

 

Proses Terbentuknya Tanah Podsol

Tanah podsol ini merupakan bagian dari jenis tanah yang proses pembentukannya itu paling dipengaruhi dengan curah hujan serta suhu udara. Tanah podsol ini bentuknya ada di daerah yang memiliki suhu udara rendah serta sekaligus mempunyai suhu udara tinggi. Proses terjadinya tanah podsol itu bernama menjadi proses podzolisasi. Proses terjadinya podsolisasi ini merupakan sebuah proses yang dikarenakan oleh sejumlah faktor berikut ini :

  1. Adanya tanah pasir kuarsa dengan paling permeabel
  2. Miskin akan basa
  3. Curah hujan yang cenderung tinggi dan tetap
  4. Adanya vegetasi, memungkinkan bentuknya humus asam karena memiliki kadar basa yang rendah.
 

Morfologi Tanah Podsol

Tanah podsol ini merupakan jenis tanah yang terdiri dari sejumlah lapisan. Di tiap-tiap lapisan tanah podsol kadang mempunyai warna yang berbeda-beda. Adapun tanah podsol itu setidaknya terdiri dari 5 lapisan. Lapisan – lapisan tersebut bernama horison. Adapun horison dari tanah podsol ini diantaranya berikut ini :

1. Horizon O

Di dalam hutan terdapat banyak sekali tanah humus, horizon O itu lebih mengarah pada pembedaan humus tersebut. Lalu tanah humus itu kemudian dibagi lagi dari yang sudah terjadi dekomposisi serta humus yang suah terjadi dekomposisi di dalam padang rumput yang isinya hamparan rumput mati.

2. Horizon A1

Horizon A1 ini memiliki tekstur yang lebih halus sampai seperti mempunyaai  warna cokelat yang kelam sampai hitam dengan pengaruh dari adanya bahan – bahan organik.

3. Horizon A2

Horizon A2 tersebut ini merupakan suatu lapisan yang mempunyai karakteristik berbentuk abu dengan warna pucat yang memiliki struktur lempung dengan menepung. Lalu lapisan itu mengandung minyak, apabila dipijat akan ada konkresi.

4. Horizon B

Horizon B itu dibagi dengan tegas secara horizon – horizon yang lain dengan terdapat di atasnya warna mencolok, yakni warnanya coklat kelam sampai coklat biasa. Horizon itu mempunyai tekstur dengan lebih halus serta juga struktur tiang yang akibatnya akan saling koagulasi A1 serta Fe dengan bermuatan positif yang bahan bahannya organik ini bermuatan negatif. Horizon itu kerap kali mengandung padas.

5. Horizon BC dan horizon C

Lapisan tanah podsol ini akan semakin ke bawah sehingga warnanya juga semakin mendekati dengan bahan induk serta  juga semakin mempunyai tekstur yang kasar. Di horizon tersebut, tanah ini mempunyai lapisan solum yang sangat dangkal yakni antara 40 sampai dengan 100 cm serta horizon – horizon diatasnya (yaitu horizon A2 serta horizon B yang dapat secara jelas dilihat). Tanah podsol itu ialah tanah yang bisa kita lihat secara jelas dari warnanya. Warna tanah podsol ini ialah coklat pucat atau juga dengan keputih – putihan samapi warnanya ini coklat kekuning kuningan.

 

Persebaran Tanah Podzol di Indonesia

Tanah podsol ini merupakan salah satu jenis tanah yang ada di Indonesia, sehingga kita pun dapat dengan meudah menemui jenis tanah ini berada di wilayah Indonesia. Namun, tidak semua wilayah Indonesia memiliki karakteristik atau jenis tanah podzol ini.

Tanah podsol sendiri persebarannya berada di daerah yang mempuyai iklim basah , memiliki curah hujan yang lebih dari 2000 mm per tahun tanpa adanya bulan kering. Contoh daerah yang memiliki jenis tanah podzol ini adalah di daerah Kalimantan Tengah, Jambi. Bangka, Belitung, Sumatera Utara dan juga Irian Jaya atau Papua.

 

Pemanfaatan Tanah Podzol

Pemanfaatan yang paling sering dilakukan orang- orang terdaoau tanah podzol ini yakni dibuat sebagai laha yang ditanami berbagai tanaman palawija. Hal ini karena tanaman palawija merupakan salah satu tanaman yang paling cocok dengan karakteriktik yang dimiliki oleh tanah podsol ini.

Selain sebagai tanah yang baik untuk ditanami palawija, tanah podzol ini juga dapat digunakan untuk produktivitas hutan. Berbagai tanaman yang dapat tumbuh di atas tanha ini sebagai hutan primer, namun selain hutan primer juga banyak tumbuh tanamn tanaman lain seperti belukar, dan padang rumput. Bahkan di daerah Bangka, tanah ini juga digunakan untuk menanam tanaman lada. Tanah podzol ini apabila berada pada daerah kering, maka akan bercampur atau berasosiasi dengan jenis tanah podsolik merah dan kuning. Namun, ketika berada di daerah yang basah, tanah podsol ini akan berasoisasi dengan glei humas atau juga organosol.

 

Baca Juga: Pengertian Gerhana Bulan - Proses Terjadinya, Jenis-jenis, Dampak Akibat , Perbedaan Gerhana Bulan dan Matahari

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Tanah Podsol : Karakteristik, Proses Terbentuknya, Morfologi, Persebaran Tanah Podzol di Indonesia dan Pemanfaatan Tanah Podzol. Semoga Artikel ini bermanfaat dan jangan Lupa selalu Kunjungi ilmuips.my.id Untuk Mendapatkan Artikel Lainnya. 

 

 Penelusuran yang terkait dengan tanah podsol adalah

  • tanah andosol adalah
  • tanah aluvial
  • tanah laterit
  • tanah regosol adalah
  • tanah podsol terdapat di
  • tanah organosol
  • tanah latosol adalah
  • persebaran tanah podsol

Post a Comment for " Pengertian Tanah Podsol Adalah : Karakteristik, Proses Terbentuknya, Morfologi, Persebaran Tanah Podzol di Indonesia dan Pemanfaatan Tanah Podzol"