Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekosistem Darat Adalah : Ciri-Ciri, Komponen, Macam-macam, dan Manfaat Ekosistem Darat


Pengertian Ekosistem Darat

Ekosistem ini berlangsung di daratan dan berpengaruh dengan keadaan tanah, iklim, kelembaban, curah hujan, dan pancaran sinar matahari.Adapun, berdasarkan letak geografis, ekosistem darat dibagi menjadi enam bioma, yakni gurun, padang rumput, taiga tundra, hutan gugur, dan hutan hujan tropis.

Secara umum definisi atau pengertian ekosistem darat adalah jenis ekosistem yang letaknya diatas wilayah daratan. Jadi, segala macam aktivitas dan hubungan antar makhluk hidup terjadi pada ekosistem darat. Wilayah terluas yang berada dalam lingkup ekosistem daratan disebut dengan bioma. Kondisi dan bentuk bioma berbeda-beda disebabkan karena beberapa faktor seperti iklim, letak astronomi, dan letak geografis.

 

Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Italia - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Geografi, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Italia Secara Lengkap

 

Ciri-Ciri Ekosistem Darat

Ekosistem darat adalah ekosistem yang begitu dekat dengan manusia. Hal tersebut dikarenakan manusia merupakan jenis makhluk hidup yang hidup atau tinggal di darat.Untuk itu penting bagi anda untuk mengetahui lebih lanjut akan ekosistem darat. Mulai dari ciri-ciri, komponen, bahkan pengertian dari ekosistem darat itu sendiri.

  • Ekosistem Darat Memiliki Lingkungan Fisik Yang Berupa Daratan

Untuk lingkungan fisik dari ekosistem darat memang terdapat pada wilayah daratan, akan tetapi tidak berarti bahwa tidak terdapat perairan. Karena, sekalipun di darat juga masih bisa ditemukan perairan, namun sorotan secara umum merupakan wilayah daratan, dan perairan hanya sebagai tambahan saja.

  • Memiliki Tipe Struktur Dengan Vegetasi Yang Dominan Pada Skala Yang Luas

Di dalam ekosistem darat, terdapat gambaran interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya secara umum. Sehingga dapat dikatakan ekosistem darat tidak hanya memiliki cakupan wilayah yang sempit. Akan tetapi memiliki wilayah yang begitu luas, untuk itu ekosistem darat tersebut juga dapat dikatakan sebagai bioma.

  • Jenis Tumbuhan Dan Hewan Beradaptasi Pada Lingkungan Wilayah Darat

Tumbuhan serta binatang atau flora serta fauna yang ada tentunya yang dapat beradaptasi dengan wilayah daratan, sebab daratan tersebut yang menjadi tempat dari flora dan fauna tersebut hidup. Untuk ekosistem daratan tersebut terdiri atas beberapa jenis, untuk setiap jenisnya memiliki karakteristik dan ciri-ciri sendiri.

 

Komponen Ekosistem Darat

Seperti halnya jenis ekosistem yang lainnya, ekosistem daratan juga memiliki komponen- komponen yang menyusun ekosistem itu sendiri. Komponen yang terdapat dalam ekosistem darat ini juga meliputi komponen biotik dan juga abiotik. komponen abiotik merupakan komponen yang tidak hidup atau berupa benda mati, sedangkan komponen biotik merupakan komponen yang berupa makhluk hidup. Berikut ini merupakan komponen yang ada di dalam ekosistem darat.

  • Komponen biotik. Komponen biotik atau komponen yang berupa makhluk hidup yang ada di ekosistem daratan banyak sekali jenisnya, yakni binatang, tumbuhan, manusia, serta organisme- organisme lainnya.
  • Komponen abiotik. Selain komponen yang hidup, ada pula komponen yang tidak hidup. Meskipun tidak hidup namun keberadaan komponen ini bisa mempengaruhi komponen- komponen lain yang ada di ekosistem tersebut. Berikut merupakan komponen abiotik atau komponen yang tidak hidup di ekosistem darat, yaitu suhu, cahaya matahari, air, iklim, tanah, garam batu, dan lain sebagainya.

 

 

Macam-macam Ekosistem Darat

Berikut ini adalah macam-macam ekosistem darat.

  • Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis berada didalam khatulistiwa, seperti yang dad didalam lembah sungai amazon, amerika selatan, asia tenggara (Indonesia, Malaysia, Thailand) serta lembah sungai kongo.

  • Padang Rumput

Padang rumput berada didaerah tropis sampai yang beriklim sedang, antara lain hongaria, amerika selatan, australia, dan juga rusia selatan. Sedangkan di indonesia padang rumput berada di nusa tenggara. Sedangkan hewan yang dapat hidup dipadang rumput adalah reptil, kanguru, burung, kijang, singa, cheetah, serigala, jaguar dan masih banyak yang lainnya.

  • Savana atau Sabana

Savana atu sabana ialah padang rumput yang diselingi dengan pohon-pohon. Sabana berada di daerah yang tropis antara lain australia utara, nusa tenggara timur, kenya (afrika), dan nusa tenggara barat. Saban sendiri dibedakan menjadi dua sabana murni (satu jenis pohon) dan juga sabana campuran (beberapa jenis pohon).

  • Tundra

Tundra merupakan bioma yang paling dingin. Bioma tundra dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu tundra arktik dan tundra alpin. Tundra arktik terdapat pada daerah kutup utara (arktik) seperti Siberia, rusia dan kanada. Tundra alpin terdapat pada puncak pegunungan yang tinggi contohnya puncak gunung jaya wijaya, Papua. Vegetasi tundra alpin didomonasi dengan rumput alang-alang, lichen, perdu dan juga lumut daun.

  • Hutan Gugur

Hutan gugur terdapat pada daerah yang mempunyai empat musim, musim dingin, musim panas, musim semi dan juga musim gugur. Seperti yang ada di Amerika Serikat bagian timur, Asia Timur, Chili, dan juga Eropa Barat.

  • Gurun

Gurn merupakan padang yang luas dan tandus karena hujan yang jarang turun pada daerah gurun seperti gurun gobi di Asia dan Gurun sahara di Afrika.

  • Taiga

Taiga adalah hutan boreal yang terdapat di daerah antara subtropis dan juga kutub. Seperti alaska, rusia, amerika utara, dan juga semenanjung skandinavia. Bioma ini juga terdapat pada pegunungan yang berilim dingin.tumbuhan yang dominan berdaun jarum atau konifer yang tampak hijau di sepanjang tahun.

 

 

Manfaat Ekosistem Darat

Ternyata ekosistem darat ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi makhluk hidup, seperti :

  1. Menjadi habitat dari berbagai jenis makhluk hidup. Misalnya dalam suatu bioma tertentu menjadi rumah bagi flora dan fauna jenis tertentu.
  2. Menunjukkan bahwa kehidupan di daratan memang ada dan penting. Ekosistem menjadi wadah berinteraksi antar sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Dari sini terlihat bahwa setiap makhluk hidup saling membutuhkan, tidak ada satupun yang dapat hidup sendiri.
  3. Menjadi sarana edukasi alami sepanjang hidup setiap makhluk hidup. Ekosistem darat ini memiliki ketergantungan yang harus dipelajari supaya dapat bertahan hidup.

 

 Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Spanyol - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Demografi, Geografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Spanyol Secara Lengkap

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Ekosistem Darat Adalah : Ciri-Ciri, Komponen, Macam-macam, dan Manfaat Ekosistem Darat .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Manfaat Ekosistem Darat

  • contoh ekosistem darat
  • gambar ekosistem darat
  • ekosistem darat (terestrial)
  • macam-macam ekosistem darat
  • manfaat ekosistem darat brainly
  • komponen ekosistem darat
  • contoh ekosistem darat buatan
  • makalah ekosistem darat

Post a Comment for "Pengertian Ekosistem Darat Adalah : Ciri-Ciri, Komponen, Macam-macam, dan Manfaat Ekosistem Darat"