Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekilas Tentang Negara Spanyol - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Demografi, Geografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Spanyol Secara Lengkap

Peta dan Profil Negara Spanyol
Secara resmi dikenal dengan sebutan Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol: Reino de España) adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Prancis dan Andorra. Wilayahnya terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah.

Wilayah Spanyol juga termasuk Kepulauan Balearic di Mediterania, Kepulauan Canary di Samudera Atlantik lepas pantai Afrika, dan dua kota otonom di Afrika Utara, Ceuta dan Melilla, yang berbatasan Maroko, ditambah Alboran, Kepulauan Chafarinas, Alhucemas, Vélez de la Gomera dan pulau kecil lainnya termasuk Perejil. Selain itu, kota Llívia adalah eksklave Spanyol terletak di dalam wilayah Prancis. Dengan luas 505.992 kilometer persegi (195.365 mil persegi), Spanyol adalah negara terbesar kedua di Eropa Barat dan Uni Eropa dan negara terbesar kelima di Eropa.

Manusia modern pertama kali tiba di Semenanjung Iberia sekitar 35.000 tahun yang lalu. Ini berada di bawah kekuasaan Romawi sekitar 200 SM, setelah wilayah itu bernama Hispania. Pada Abad Pertengahan itu ditaklukkan oleh suku-suku Jermanik dan kemudian oleh bangsa Moor ke selatan. Spanyol muncul sebagai negara bersatu pada abad ke-15, menyusul pernikahan Monarki Katolik dan penyelesaian penaklukan selama berabad-abad, atau Reconquista, semenanjung dari Moor pada 1492. Spanyol menjadi imperium global berpengaruh pada periode modern awal, menjadi salah satu negara pertama yang menjajah Dunia Baru dan meninggalkan warisan lebih dari 500 juta penutur Spanyol hari ini, sehingga kedua yang paling diucapkan bahasa pertama di dunia.

Spanyol adalah negara demokrasi yang diselenggarakan dalam bentuk pemerintahan parlementer di bawah monarki konstitusional. Ia adalah negara maju dengan ekonomi terbesar ketiga belas di dunia dengan PDB nominal. Spanyol juga memiliki standar hidup yang tinggi dengan kualitas kehidupan kesepuluh tertinggi peringkat indeks di dunia pada 2005. Ini adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, NATO, OECD, dan WTO.

Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Senegal - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Senegal Secara Lengkap

Sejarah Singkat:

  • Unifikasi Spanyol dimulai pada saat Spanyol dikuasai oleh Kerajaan Roma (Abad ke 2 SM – Abad ke V M) yang dilanjutkan oleh bangsa Visigoth (bangsa dari utara, sekarang Perancis, Jerman pada periode abad ke V – hingga abad ke VIII). Setelah periode tersebut, bangsa Moor (Muslim) menguasai Spanyol dari abad ke VIII – hingga abad XV).
  • Pada abad XVI dan XVII, Kerajaan Spanyol mengalami masa kejayaan sebagai imperium dunia dan menguasai hampir seluruh benua Amerika, Filipina serta Guam namun memasuki abad XVIII kejayaan Spanyol mulai menyurut. 
  • Dalam Perang Dunia I dan II Spanyol mengambil posisi netral, namun mengalami Perang Saudara pada tahun 1936-1939. Perang Saudara dimenangkan oleh kelompok Kanan yang didukung oleh militer dengan Jenderal Francisco Franco menjadi presiden (1939 – 1975).
  • Spanyol mengalami transisi damai demokrasi setelah wafatnya Jenderal Franco pada tahun 1975. Dalam masa demokrasi, Spanyol mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi (Spanyol bergabung dengan EU tahun 1986) dan menjadi negara industri maju. 

Lambang Negara Spanyol dan Bendera Negara Spanyol

Bendera Spanyol pertama kali diperkenalkan pada 19 Desember 1981) dengan lambang negara beserta latar belakang berwarna kuning. Bendera ini pertama kali diluncurkan oleh Konstitusi Spanyol 1978. Bendera ini terdiri dari 2 warna yaitu warna merah di atas dan bawah serta warna kuning di tengah.


Profil Negara Spanyol (Spain)

Berikut dibawah ini adalah profil negara Spanyol (Spain).
  • Nama Lengkap : Kerajaan Spanyol (Kingdom of Spain)
  • Nama Lokal : Reino de Espana
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Raja FELIPE VI (sejak 19 Juni 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Pedro SANCHEZ Perez-Castejon (sejak 2 Juni 2018)
  • Ibukota : Madrid
  • Luas Wilayah : 505.370 km²
  • Jumlah Penduduk : 50.015.792 jiwa (2020)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,67% (2020)
  • Angka Kelahiran : 8,7 bayi per 1000 penduduk (2020)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Agama : Katolik Roma 68,9%, Atheis 11,3%, Agnostik 7,6%, agama lainnya 2,8%, tidak beragama 8,2%, tidak diketahui 1,1%
  • Mata Uang : EURO
  • Hari Nasional : 12 Oktober 1492 (Hispanic Day), hari Christopher Columbus tiba di Benua Amerika
  • Lagu Kebangsaan : “Himno Nacional Espanol” (National Anthem of Spain)
  • Kode Domain Internet : .es
  • Kode Telepon : 34
  • Pendapatan Per Kapita : US$. 38.400,- (2020)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$. 1,778 triliun (2017)
  • Lokasi : Benua Eropa

Geografi dan Kependudukan Negara Spanyol

Wilayah Spanyol dibatasi oleh Portugal di barat, serta Gibraltar dan Maroko di selatan. Spanyol berbatasan dengan Prancis dan Andorra di timur laut melalui Pegunungan Pirenia. Batas lautnya adalah Samudra Atlantik di barat dan Teluk Biscay di utara serta Laut Tengah di timur, di mana Spanyol memiliki wilayah Kepulauan Balearik. Di selatan, terdapat Selat Gibraltar. Kota-kota di Spanyol dengan jumlah penduduk terbanyak ialah Madrid, Barcelona, Valencia, Sevilla, dan Málaga.
Lansekap Spanyol didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, seperti Pirenia dan Sierra Nevada. Dari tempat-tempat tersebut, mengalirlah berbagai sungai.
Iklim Spanyol terbagi menjadi empat bagian:
  • Mediterania
  • Daerah dalam
  • Pesisir utara
  • Canary 

 Kependudukan

  • Total luas wilayah 504.782 km2 dengan luas darat 499.542 km2 dan luas perairan 5240 km2.
  • Jumlah Penduduk: 46.048.446 (Juni 2016).
  • Pertumbuhan Penduduk: -0,12% (2016 est.)
  • Bahasa Resmi adalah bahasa Spanyol (disebut juga Castellano), namun terdapat bahasa lokal yang diakui yaitu Catalan (17%), Galicia (7%) dan Euskera (2%)

Letak dan Batas Wilayah

Letak Spanyol secara astronomis berada diantara garis 36° - 48° LU dan diantara 3°BT - 9°BB. Secara geografis, Spanyol berada di Benua Eropa barat daya. Negara ini terletak di Semenanjung Iberia dan memiliki wilayah lain di Afrika Utara. Negara yang juga dikenal dengan Kerajaan Spanyol ini memiliki batas-batas wilayah tertentu.
  • Utara : Samudera Atlantik
  • Timur : Andora dan Perancis
  • Selatan : Maroko dan Laut Mediterania
  • Barat : Negara Portugal dan Samudera Atlantik

Kondisi Iklim Spanyol

Jenis atau kondisi iklim di Spanyol terbagi menjadi 3 iklim utama. Pembagian iklim ini didasarkan pada situasi orografis dan geografisnya. 3 jenis iklim yang bisa ditemukan di Spanyol itu antara lain adalah sebagai berikut.

1. Iklim Mediterania
Jenis iklim ini ditandai dengan musim panas yang hangat dan kering. Sedangkan musim dinginnya lebih ringan serta basah. Di wilayah bagian pesisir Mediterania sering terjadi angin Leveche. Angin ini berasal dari Afrika Utara yang bersifat panas dan kering. Kadang-kadang angin ini membawa debu sahara yang halus. Biasanya terjadi di musim semi dan datangnya tiba-tiba. Walaupun datangnya sebentar dan tiba-tiba, kedatangan angin ini selalu mengakibatkan peningkatan suhu.

Suhu rata-rata pada iklim ini bervariasi mulai dari 35°C di musim panas hingga yang paling rendah pada musim dingin mencapai -15° hingga -20°C. Saat musim panas jarang terjadi hujan. Sebaliknya hujan deras lebih sering terjadi pada musim gugur dan musim semi. Saat musim gugur suhu udara rata-ratanya sekitar 20°C.

2. Iklim Semi Kering
Jenis Iklim ini terjadi di wilayah Spanyol terutama di daerah Murcia yang terletak di Lembah Ebro. Selain itu juga ditemukan sub zona iklim lainnya, seperti iklim alpine dan iklim subtropis. Iklim alpine terjadi di daerah Pyrenees sedangkan iklim subtropis berada di wilayah Kepulauan Canary.


3. Iklim Laut
Terakhir adalah iklim laut yang berlaku dari daerah Pynerees hingga ke Austrias. Musim ini ditandai dengan musim dingin yang karakternya relatif ringan serta musim panas yang cukup hangat. Musim panas disini tetap lebih hangat dibandingkan berbagai wilayah Eropa Utara-Barat. Suhu rata-rata tahunannya berkisar antara pada bulan Juli di daerah Santander dan sekitar 16°C di daerah Liverpool atau Brest. Curah hujannya juga cukup merata sepanjang tahun.

Demografi Spanyol

Berdasarkan data tahun 2016, jumlah populasi penduduk Spanyol mencapai angka 48.563.476 jiwa dengan angka pertumbuhan penduduk 0,84% dan angka kelahiran sekitar 9,4 bayi setiap 1000 penduduk. Jumlah ini terbagi dalam berbagai variasi etnis, agama dan bahasa. Berikut penjelasannya.
  • Etnis di Spanyol

Dari jumlah populasi penduduk Spanyol yang berjumlah sebanyak 48 juta lebih ini, mayoritas penduduknya adalah penduduk campuran dari orang-orang asli dari Semenanjung Iberia, Celtic. Ada juga penduduk imigran yang berasal dari Amerika Latin dan Afrika Utara yang menjadi bagian dari populasi tersebut. Sedangkan orang-orang Basque yang menempati wilayah utara masih belum diketahui asal usulnya.
  • Agama di Spanyol

Spanyol menerapkan konstitusi sekuler yang membebaskan penduduknya memeluk keyakinannya. Agama Katolik Roma menjadi agama yang memiliki nilai sejarah bagi Spanyol. Bahkan hingga saat ini, masih menjadi agama dominan di negara ini. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2016, sekitar 70% penduduk Spanyol mengidentifikasi sebagai pemeluk Katolik. 3-4% dari total populasinya teridentifikasi memiliki latar belakang Islam. 2% dari jumlah penduduknya meyakini agama lain. Sedangkan sisanya sekitar 25 persen teridentifikasi tidak memiliki agama.
  • Bahasa Resmi Spanyol

Bahasa resmi yang diakui dan digunakan oleh penduduk negara ini adalah bahasa Spanyol. Bahasa ini adalah bahasa mayoritas yang digunakan oleh sebagian besar penduduk dengan presentase sebesar lebih dari 74%. Selain bahasa Spanyol, ada beberapa bahasa lain yang digunakan dan menjadi bahasa co-official. Bahasa Catalan yang digunakan di daerah Catalonia, Kepulauan Belearic dan Komunitas Valencia sejumlah 17%.
Berikutnya diikuti dengan Bahasa Galician yang dituturkan oleh penduduk di Galicia menempati presentase 7%. Bahasa Basque yang dituturkan penduduk Basque sejumlah 2% dan terakhir adalah Bahasa Occitan yang digunakan di daerah Catalonia hanya digunakan oleh sejumlah kecil orang. 


Pembagian Wilayah Administrasi Spanyol Via: Wikipedia

Pembagian Wilayah Administrasi Spanyol

Spanyol terbagi atas 17 wilayah Otonomi dan 2 Kota Otonom yang pada dasarnya merupakan penggelompokan dari 50 Provinsi di Spanyol. Berikut ini adalah daftar 17 wilayah Otonomi dan 2 Kota Otonom di Kerajaan Spanyol.

Daftar 17 Wilayah Otonomi di Spanyol

No. Wilayah Otonomi Ibukota
1 Andalusia Sevilla
2 Aragon Zaragoza
3 Asturias Oviedo
4 Kepulauan Baleares Palma de Mallorca
5 País Vasco (atau Basque Country) Vitoria
6 Kepulauan Canary (Islas Canarias) Santa Cruz de Tenerife
7 Cantabria Santander
8 Castile-La Mancha (Castilla-La Mancha) Toledo
9 Castile dan Leon Valladolid
10 Katalonia Barcelona
11 Extremadura Mérida
12 Galicia Santiago de Compostela
13 La Rioja Logroño
14 Madrid Madrid
15 Murcia Murcia
16 Navarre Pamplona
17 Valencia Valencia

Daftar 2 Kota Otonom di Spanyol

No. Kota Otonom
1 Ceuta
2 Melilla


Demikian Penjelasan Tentang Sekilas Tentang Negara Spanyol - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Demografi, Geografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Senegal Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat

Penelusuran terkait
  • Perekonomian negara Spanyol
  • Bendera Spanyol
  • Agama di Spanyol
  • Wilayah otonomi Spanyol yang beribukota Sevilla
  • Spanyol Provinsi
  • Budaya Spanyol
  • Sejarah Spanyol
  • Wisata Spanyol

Post a Comment for "Sekilas Tentang Negara Spanyol - Sejarah, Peta, Lambang Negara, Demografi, Geografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Spanyol Secara Lengkap"