Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hutan Produksi Adalah : Ciri - Ciri, Jenis-Jenis, Hasil Pemanfaatan dan Contoh Hutan Produksi


 Pengertian Hutan Produksi

Hutan produksi adalah kawasan hutan yang memiliki fungsi pokok menghasilkan hasil hutan baik itu hasil hutan kayu maupun hasil hutan non kayu. Selain itu, pemanfaatan hutan produksi lainnya berupa pemanfaatan kawasan, pemanfaatan jasa lingkungan, dan pemungutan hasil hutan baik kayu maupun non kayu.Hutan Produksi memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Salah satunya adalah menghasilkan hasil hutan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun kebutuhan bahan baku industri.Hutan yang memiliki fungsi untuk produksi ini memiliki areal yang relatif luas dan pada umumnya dikelola oleh perusahaan swasta yang sudah besar atau pemerintah daerah setempat.
Pemanfaatan hutan produksi dilakukan melalui adanya pemberian izin usaha yaitu:

  • Izin Usaha Pemanfaatan Kawasan (IUPK)
  • Izin Usaha Pemanfaatan Jasa Lingkungan (IUPJL)
  • Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK)
  • Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (IUPHHBK)
  • Izin Pemungutan Hasil Hutan Kayu (IPHHK)
  • Izin Pemungutan Hasil Hutan Bukan Kayu (IPHHBK)

 

Baca Juga: Pengertian Lapisan Termosfer : Ciri- ciri, Suhu di Lapisan Termosfer dan Fungsi Lapisan Termosfer

 

Ciri Hutan Produksi

Hutan produksi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik kebutuhan kayu atau non kayu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Berupa hutan homogen, yaitu pada kawasan hutan hanya terdapat satu jenis tanaman atau pohon. Contohnya hutan karet maupun hutan jati
  • Pemanfaatan hutan untuk kebutuhan konsumtif
  • Areal hutan luas untuk memenuhi kebutuhan hasil hutan bagi manusia
  • Dimiliki dan dikelola oleh perusahaan swasta atau pemerintah daerah setempat
  • Pengawasan ketat terhadap pemanfaatan dan penggunaannya

 

 

Jenis-Jenis Hutan Produksi

Peraturan Indonesia membagi tiga kriteria Hutan Produksi ;

  1. Hutan Produksi Tetap (HP)

Hutan ini dapat diekploitasi secara menyeluruh dengan tebang habis, namun bisa juga tebang pilih. Hutan seperti ini yang sekarang banyak terjadi di Indonesia sehingga sekarang keberlangsungan hutan produksi tersebut menjadi punah, dan berdampak pada kerusakan lingkungan

  1. Hutan Produksi Terbatas (HPT)

Hutan jenis ini, hanya boleh diekploitasi dengan tebang pilih, peruntukannya pun hanya untuk memproduksi kayu dalam skala yang kecil. HPT sendiri kebanyakan berada didaerah pegunungan dengan kemiringan yang tidak memungkinkan melalukan produksi kayu secara besar.

  1. Hutan Produksi Yang Bisa Dikonversi (HPK)

Nah hutan jenis ini sekarang yang menjadi rebutan pengusaha-pengusaha besar, Hutan jenis ini diperuntukan pengusahaan diluar kehutanan, dan salah satunya sekarang adalah perkebunan Sawit. Dengan peraturan ini pengusaha bisa mengkonversi hutan menjadi perkebunan. Namun tidak saja perkebunan, Hutan Produksi konversi juga bisa dijadikan pertambangan, transmigrasi dan juga perternakan

 

Hasil Pemanfaatan Hutan Produksi

Hutan produksi dibuat untuk menghasilkan atau memproduksi hasil hutan untuk memenuhi kebutuhan industri. Hal itu juga berpengaruh pada pemanfaatan dari hasil hutan produksi. Hal ini tergantung dari pohon apa yang berada di hutan produksi tersebut. Berikut hasil pemanfaatan hutan produksi :

  1. Veneer

Pohon mahoni menghasilkan kayu yang tidak kalah baiknya dengan pohon jati. Dalam skala besar kayu mahoni digunakan sebagai veneer (lapisan). Industri ini tersebar di Kalimantan Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Riau dan Jawa Tengah.

  1. Kayu Lapis

Produksi kayu lapis ini berada di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jambi, Riau, Maluku, Papua, Sumatera Utara dan Jawa Timur. Perusahan di Indonesia yang menangani kayu lapis dan veneer yaitu Korindo.

  1. Serbuk Kayu

Industri serbuk kayu ini dapat ditemukan di Jawa Timur, Kalimantan Timur, Riau, Papua Barat, Sumatera Selatan dan Jambi.

  1. Pulp dan Industri Kertas

Kita tahu jika pohon pinus tumbuh dengan sangat baik di pulau Sumatera. Tidak heran jika pohon ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pulp dan kertas. Pengolahan pulp berada di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Kalimantan Timur. Perusahaan terbesar di Indonesia yang menghasilkan pulp adalah Sinarmas.

 

Contoh Hutan Produksi

Menurut Peraturan Pemerintah tentang Hak Pengusahaan Hutan Tanaman Industri, ada sekitar 18 jenis tanaman yang diperbolehkan untuk ditanam di Hutan Tanaman Industri. Di sini hanya menjelaskan 6 diantaranya:

  • Acacia sp.

Tinggi pohon ini sekitar 15 meter dengan diameter batang sekitar 50 cm. Memiliki cabang yang banyak dengan tajuk yang lebar dan tidak terlalu rapat.

  • Kapuk randu

Tinggi pohon ini bisa mencapai 20 meter dengan diameter batang 50 cm. Memiliki tajk yang tipis dengan cabang bertingkat. Buahnya adalah penghasil serat kapuk dan kayunya sebagai bagian tengah kayu lapis.

  • Johar

Tinggi pohon mencapai 10 sampai 15 meter dengan diameter 40 – 50 cm. Digunakan untuk bahan bangunan dan perkakas rumah tangga.

  • Kayu Merah atau Angsana

Kayu ini biasanya digunakan untuk alat tulis, kayu lapis, dinding papan dan bahan bangunan.

  • Karet

Hasil produksi pohon ini adalah kayu dan latex. Latex sendiri merupakan hasil produksi yang cukup terkenal dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

  • Jati

Kayu yang berasal dari pohon jati ini termasuk kelas awat I dan kelas kuat II dengan berat jenis 0,70. Sangat cocok untuk perkakas rumah tangga dan pertukangan. Terdapat banyak wilayah persebaran kayu jati di Indonesia.

 

 Baca Juga: Pengertian Lapisan Ionosfer : Ciri- Ciri, Pembentukan Lapisan Ionosfer, Suhu di Lapisan Ionosfer dan Fungsi Lapisan Ionosfer

 

Demikian Penjelasan Tentang   Pengertian Hutan Produksi Adalah : Ciri - Ciri, Jenis-Jenis, Hasil Pemanfaatan dan Contoh Hutan Produksi. Semoga Artikel ini Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi Ilmuips.my.id Selalu.Penelusuran yang terkait dengan Hutan Produksi

 

Penelusuran yang terkait dengan Hutan Produksi

  • contoh hutan produksi
  • apakah hutan produksi bisa di sertifikat
  • hutan konservasi
  • hutan produksi yang dapat dikonversi
  • hutan produksi pdf
  • pengertian hutan produksi
  • contoh hutan produksi terbatas
  • hutan produksi yang tidak produktif

Post a Comment for " Pengertian Hutan Produksi Adalah : Ciri - Ciri, Jenis-Jenis, Hasil Pemanfaatan dan Contoh Hutan Produksi"