Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dataran Adalah : Jenis- jenis, Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah Beserta Contohnya


Pengertian Dataran

Dalam geografi, dataran adalah daratan datar yang luas dan umumnya tidak banyak berubah ketinggiannya. Dataran dapat berupa dataran rendah di sepanjang lembah atau di kaki pegunungan, dataran pesisir, dan dataran tinggi (plateau).

Di sebuah lembah, sebuah dataran tertutup di dua sisi, tetapi dalam kasus lain sebuah dataran dapat dibatasi oleh lingkaran bukit penuh atau sebagian, oleh pegunungan, atau oleh tebing. Jika suatu wilayah geologis berisi lebih dari satu dataran, dataran-dataran itu dapat dihubungkan oleh sebuah celah. Sebagian besar dataran pantai naik dari permukaan laut sampai bertemu dengan bentang alam yang tinggi seperti gunung atau dataran tinggi.

Dataran adalah salah satu bentang alam utama di bumi. Dataran ada di semua benua, dan mencakup lebih dari sepertiga luas daratan dunia. Dataran dapat terbentuk dari aliran lava, diendapkan oleh air, es, angin, atau dibentuk oleh erosi oleh agen-agen ini dari bukit dan gunung. Dataran umumnya memiliki bioma padang rumput (sedang atau subtropis), stepa (semi-kering), sabana (tropis) atau tundra (kutub). Dalam beberapa kasus, gurun dan hutan hujan juga ada di dataran.

Dataran sering menjadi daerah yang penting untuk pertanian karena di mana tanah diendapkan sebagai sedimen, tanah itu dalam dan subur, dan kerataannya memudahkan mekanisasi produksi tanaman; atau karena dataran mendukung padang rumput yang menyediakan pakan yang baik untuk ternak.

 

Baca Juga: Pengertian Banjir Rob Adalah : Ciri , Karakteristik, Penyebab Terjadinya, Dampak, Meminimalisir Risiko Banjir Rob dan Wilayah Yang Terkena Banjir Rob

 

 

Jenis- jenis Dataran

Dataran merupakan sebuah tempat yang sangat umum kita temui di berbagai tempat, termasuk di Indonesia. Dataran ini merupakan tempat yang banyak ditinggali oleh manusia dibandingkan dengan jenis wilayah lainnya yang meliputi pegunungan, perbukitan, atau lainnya. Dataran sebagai tempat yang mendominasi ini dibagi menjadi tiga jenis atau tiga kelompok, yaitu:

  1. Dataran pantai

Jenis dataran yang pertama adalah dataran pantai . Dataran pantai merupakan dataran yang letaknya dekat laut. Dataran ini mempunyai ketinggian krang dari 200 m dar permukaan air laut, dan masil mengalami pengaruh laut secara langsung. Dataran pantai ini biasanya memiiliki pemandangan yang sangat indah khas pemandangan oantai dan anginnya pun banyak karena berbatasan dengan laut.Oleh karena itulah dataran pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok digunakan untuk pariwisata dan pantai  ini sangat diminati orang- orang untuk dikunjungi. Adapun contoh dataran pantai ini banyak sekali, salah satunya adalah Pantai Kuta, di Bali.

  1. Dataran rendah

Selain dataran pantai, jenis dataran yang selanjutnya adalah dataran rendah. Dataran rendah merupakan dataran yang banyak ditemui di Indonesia. Adapun yang dimaksud dengan dataran rendah adalah dataran yang mempunyai ketinggian sekitar 200 hingga 300 meter di atas permukaan air laut. Dataran rendah ini mempunyai ketinggian yang rendah nomor dua setelah dataran pantai.Dataran rendah merupakan dataran yang banyak digunakan untuk daerah pemukiman. Hal ini karena suhu yang dimiliki dataran rendah tidak terlalu dingin, sehingga sangat cocok untuk pemukiman warga dan juga peternakan. Adapun contoh dataran rendah yang ada di Indonesia adalah dataran rendah Cianjur, di Jawa Barat.

  1. Dataran tinggi

Dataran tinggi (plateau atau plato) adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700-1.000 meter di atas permukaan air laut. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi.Dataran tinggi ini memiliki suhu yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Oleh karena itulah daerah dataran tinggi ini selalu terasa sejuk dan segar. Karena suhunya yang selalu terasa segar, dataran tinggi ini sangat cocok digunakan untuk sektor pariwisata juga. Contoh dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah, dan dataran tinggi Bandung di Jawa Barat. Selain itu, berikut beberapa contoh dataran tinggi diantaranya yaitu Dataran Tinggi Dekkan, Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas.

 

 

Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah

Perbedaan dari dataran tinggi dan dataran rendah antara lain sebagai berikut:

  • Ketinggian Tempat

Dataran rendah mempunyai ketinggian dibawah 200 meter diatas permukaan air laut, sedangkan untuk dataran tinggi mempunyai ketinggian diatas 200 meter diatas permukaan air laut.

  • Kontur Wilayah

Dataran tinggi mempunyai kontur wilayah yang tidak rata, menjadikan banyak dijumpai turunan atau tanjakan di wilayah dataran tinggi ini dan sebaliknya, dataran rendah mempunyai kontur wilayah yang lebih rata.Dataran tinggi biasanya terkena erosi, lalu pada dataran rendah lebih berisiko terkena banjir. Daerah dataran tinggi mempunyai persediaan air bersih yang sangat banyak karena di dataran tinggi ini aliran sungai masih cukup bersih dan juga banyak ditemukan air terjun. Sedangkan pada dataran rendah lebih sering ditemukan birunya air pantai, sungai-sungai dan danau.

  • Komoditi

Daerah dataran tinggi mempunyai komoditas seperti tanaman yang dapat hidup di tempat tinggi seperti strawberry, kentang, kubis dan lain sebagainya. Untuk dataran rendah biasanya mempunyai komoditi seperti makanan laut.

  • Potensi Wisata

Pada dataran tinggi seringkali ditemukan tempat wisata yang menonjolkan keindahan alamnya seperti pemandangan ketinggian. Lalu pada daerah dataran rendah yang banyak menonjolkan wisata bahari atau laut dan wisata pantainya.

  • Makanan dan Minuman

Masyarakat yang tinggal di lingkungan dataran tinggi biasanya lebih suka makanan yang membuat tubuh hangat karena dataran tinggi memiliki suhu yang dingin atau hangat. Sedang untuk masyarakat yang berada di dataran rendah lebih suka dengan makanan dan minuman yang membuat terasa segar seperti es.

  • Perekonomian Masyarakat

Mata pencaharian masyarakat pada daerah dataran tinggi seringkali bergantung dari pertanian atau perkebunan. Namun untuk daearh dataran rendah mata pencahariannya seperti industri, perkebuhan karet dan lainnya.

 

 

 Baca Juga: Pengertian Bioma Tundra Adalah : Proses Terbentuknya, Ciri-ciri, Jenis - Jenis, Penyebaran Flora dan Fauna Bioma Tundra Beserta Dampak Positif dan Negatif Hilangnya Bioma Tundra

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Dataran Adalah : Jenis- jenis, Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah Beserta Contohnya . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Dataran

  • pengertian dataran tinggi
  • pengertian dataran rendah
  • pengertian dataran tinggi dan contohnya
  • pengertian daratan
  • contoh dataran rendah
  • pengertian dataran tinggi dan dataran rendah
  • contoh dataran tinggi
  • ciri-ciri dataran rendah

Post a Comment for "Pengertian Dataran Adalah : Jenis- jenis, Perbedaan Dataran Tinggi dan Dataran Rendah Beserta Contohnya"