Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Erosi Pantai Adalah : Faktor Penyebab, Dampak, dan Cara Mencegah Erosi Pantai

 

Pengertian Erosi pantai

Erosi pantai adalah proses terkikisnya material penyusun pantai oleh gelombang dan material hasil kikisan itu terangkut ke tempat lain oleh arus. Dari sudut pandang keseimbangan interaksi antara kekuatan-kekuatan yang berasal dari darat dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari laut, erosi pantai terjadi karena kekuatan-kekuatan yang berasal dari laut lebih kuat daripada kekuatan-kekuatan yang berasal dari darat.

 

Baca Juga: Pengertian Bioma Tundra Adalah : Proses Terbentuknya, Ciri-ciri, Jenis - Jenis, Penyebaran Flora dan Fauna Bioma Tundra Beserta Dampak Positif dan Negatif Hilangnya Bioma Tundra

 

 Faktor Penyebab Terjadinya Erosi Pantai

  • Faktor alam. Fenomena alam yang menyebabkan erosi pantai yakni pasang surut air laut dan juga tiupan angin laut yang menghasilkan gelombang serta arus laut yang kuat.
  • Penurunan permukaan tanah. Pengambilan air tanah yang berlebihan mengakibatkan turunnya permukaan tanah sehingga daratan menjadi lebih rendah dari lautan. Hal ini tentu meningkatkan resiko terjadinya banjir rob akibat meluapnya air laut ke daratan.
  • Kerusakan hutan mangrove. Masyarakat pesisir pantai menebang hutan mangrove untuk dijadikan pertambakan. Selain itu, kayu- kayu dari pohon mangrove juga dijual dan dijadikan pondasi bangunan. Kegiatan tersebut sangat mengganggu regenerasi dan menghambat proses suksesi hutan mangrove. Hal ini juga menyebabkan terjadi abrasi, dan hilangnya beberapa ekosistem pulau.
  • Kerusakan akibat kegiatan manusia. Aktivitas manusia yang menjadi penyebab erosi pantai yaitu dalam bentuk penambangan pasir, pencemaran sampah anorganik dan penambangan terumbu karang.
  • Perubahan iklim global atau yang sering disebut dengan pemanasan global. Meningkatnya suhu bumi menyebabkan mencairnya es di kutub. Ketika es di kutub mencair secara signifikan maka akan menyebabkan naiknya permukaan air laut sehingga akan menggerus daratan yang rendah seperti pantai.

 

 Dampak Erosi Pantai

Abrasi menimbulkan dampak tertentu, berikut ini beberapa dampak yang mungkin ditimbulkan:

  • Penyusutan area pantai

Penyusutan area pantai adalah dampak abrasi yang paling nyata. Gelombang dan arus laut yang kuat akan menimbulkan hantaman keras pada wilayah pantai, serta menggerus batuan dan tanah. Akibatnya, bebatuan dan tanah berpisah secara perlahan dari wilayah daratan dan kemudian tergenang oleh air.Bagi sektor pariwisata, tentu abrasi juga menimbulkan kerugian. Kondisi ini mengancam kelangsungan hidup penduduk yang tinggal di sekitar pantai dan penduduk yang membuka usaha di kawasan pantai.

  • Rusaknya hutan bakau di sekitar daerah pantai

Selain sebagai habitat flora dan fauna, hutan bakau memiliki manfaat dan tujuan untuk mengurangi risiko terjadinya abrasi pantai. Namun, hutan bakau tidak akan berfungsi jika kondisi abrasi sudah tidak dapat dikendalikan lagi. Terutama saat musim badai dan disertai dengan kondisi keseimbangan ekosistem laut yang telah rusak.

  • Hilangnya habitat flora dan fauna

Area pantai yang terkikis oleh gelombang laut akan mengakibatkan bermacam jenis ikan kehilangan habitat. Pada akhirnya, ikan akan mencari tempat lain untuk hidup dan berkumpul.

 

Cara Mencegah Erosi Pantai

Cara mencegah erosi pantai atau pengikisan daratan pinggir laut

  1. Menanam pohon bakau, jenis pepohonan yang mudah tumbuh di pantai dengan air asin ini mempunyai akar yang cukup kuat untuk mempertahankan daratan dari gempuran ombak pinggir laut.
  2. Membuat bangunan pemecah gelombang, cara kerjanya adalah menahan gelombang ombak disepanjang garis pantai sehingga sisa ombak yang menggempur darat tidak terlalu keras.
  3. Melakukan reklamasi pantai yaitu dengan melakukan pengurugan tanah dan membuat konstruksi tembok penahan tanah untuk menahan daratan dari gempuran ombak, tembok penahan erosi pantai bisa dibuat dari pasangan pondasi batu kali atau cor beton bertulang.
  4. Pembangunan reklamasi pantai punya sisi positif sekaligus negatif, pada daerah yang direklamasi tentu akan lebih aman dari erosi namun daerah lainya yang kebetulan struktur tanahnya jelek atau elevasinya rendah maka berpotensi menjadi tempat peralihan air laut, hal ini berarti berpeluang besar untuk tenggelam.
  5. Pencegahan erosi pantai tidak bisa hanya dilakukan penduduk tepi laut saja, tetapi perlu dukungan masyarakat diseluruh penjuru bumi, sebagai contoh jika terjadi polusi besar-besaran dikota maka keseimbangan alam terganggu, bumi terasa panas sehingga es dikutub utara dan selatan mencair, akibatnya muka air laut naik yang dapat menyebabkan daratan tenggelam.

 

 Baca Juga: Pengertian Tanah Kapur Adalah : Ciri - Ciri, Proses Terbentuknya, Kelebihan dan Kekurangan, Manfaat Tanah Kapur bagi Masyarakat dan Persebaran Tanah Kapur

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Erosi Pantai Adalah : Faktor Penyebab, Dampak,  dan Cara Mencegah Erosi Pantai . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan Erosi Pantai

  • erosi pantai tts
  • contoh erosi pantai di indonesia
  • makalah erosi pantai
  • tipe tipe erosi pantai
  • pantai yang mengalami erosi
  • cara mencegah erosi pantai
  • gambar erosi pantai
  • jurnal erosi pantai

Post a Comment for "Pengertian Erosi Pantai Adalah : Faktor Penyebab, Dampak, dan Cara Mencegah Erosi Pantai"