Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Gletser Adalah : Proses Terjadinya, Tipe-Tipe, Klasifikasi , Manfaat dan Contoh Gletser di Dunia


Pengertian Gletser

Gletser atau glasier atau glesyer (Inggris: glacier) adalah sebuah bongkahan atau endapan es yang besar dan tebal yang terbentuk di atas permukaan tanah yang merupakan akibat akumulasi endapan salju atau es yang mengeras dan membatu selama kurun waktu tertentu yang sangat lama. Saat ini, es abadi menutupi sekitar 10% daratan yang ada di bumi.

Gletser merupakan reservoir terbesar air tawar di Bumi.Gletser juga dapat terbentuk dari pembekuan air akibat musim dingin, lalu ketika temperatur tinggi gletser akan mencair sehingga menjadi sumber air tawar bagi mahluk hidup. Karena massa glasial dipengaruhi oleh perubahan jangka panjang iklim, misalnya, curah hujan, suhu rata-rata, dan awan, perubahan massa glasial dianggap salah satu indikator yang paling sensitif dari perubahan iklim dan merupakan sumber utama dari variasi permukaan laut.

Meskipun banyak orang yang mengira gletser selalu ada di daerah kutub, sesungguhnya mereka juga bisa berada di daerah pegunungan tinggi di seluruh benua, kecuali Australia, bahkan juga terdapat di pegunungan tinggi di daerah dekat khatulistiwa.

Bongkahan besar gletser yang berwarna biru disebabkan karena besarnya kuantitas air yang terakumulasi pada gletser. Sebab, molekul air sangat baik dalam menyerap berbagai warna kecuali biru. Alasan lain, karena kandungan gelembung udara pada gletser kurang.

Kata berbahasa Inggris glacier dipinjam dari bahasa Prancis Kuno dari kata Latin glacies "es"

 

 Baca Juga: Pengertian Batu Marmer Adalah : Klasifikasi, Ciri-ciri , Jenis-jenis, Manfaat dan Tambang Marmer Terbesar di dunia

 

Proses Terjadinya Gletser

Gletser sebagai sesuatu yang dimiliki Bumi, keberadaannya bukanlah tanpa sebab. Hampir semua atau bahkan memang semua benda yang ada di Bumi ini kehadirannya selalu karena adaya alasan. Hal inilah yang merupakan salah satu tanda Keberadaan Tuhan yang selalu menciptakan sesuatu yang dapat dibuktikan secara ilmiah, termasuk juga keberadaan gletser atau geyser ini. keberadaan glester atau geyser karena dipicu oleh adanya salju.

 Adapun proses terbentuknya gletser secara lebih rinci akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Gletser akan terbentuk dan dimulai ketika salju segar turun, setelah mengendap udara yang terperangkap di antara serpihan, salju terdorong keluar sehingga terjadi keping salju yang padat dan disebut dengan firn.
  2. Ketika salju semakin banyak turun di puncak pegunungan, firn akan semakin terpadatkan menjadi es gletser. Bebatuan atau till yang jatuh dari puncak gunung akan ikut terbawa oleh gletser ini. Dan di aderah yang curam, es akan terpecah- pecah menjadi rekahan- rekahan yang berbentuk baji (crevasse).
  3. Gletser ini, ujungnya akan mencair dan akan membantuk aliran sungai yang mengalir ke bawah pegunungan. Karena gletser berisi berbagai macam zat, seperti bebatuan , salju dan juga sedimen , sehingga zat ketika gletser meluncur ke bawah maka akan berubah kontur dari pegunungan.

 

Tipe-Tipe Gletser

1. Valley Glacier
Merupakan Glacier yang mengalir pada suatu lembah dan dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah

2. Ice Sheet
Merupakan masa es yang tidak mengalir pada valley glacier tetapi menutup daratan yang luas biasanya > 50000 km/ segi

3. Ice Cap
Ice sheet yang lebih kecil terdapat pada daerah seperti valleyglacier dilaut arktik, canada, rusia, dan dataran Siberia.

4. Ice Berg
Ice sheet yang bergerak kebawah karena pengaruh gravitasi dan akhirnya hilang dalam jumlah yang besar Berdasarkan relief, tinggi permukaan dan curah hujan .
 

Klasifikasi Gletser

Gletser dapat diklasifikasikan sebagai berikut ;

  • Tipe Gletser AlpenGletser alpen

merupakan geletser yang terbatas pada lembah-lembah dan berbentuk memanjang/melidah. Tipe Alpen yaitu gletser yang didapatkan pada daerah dengan elevasi lebih dari 6000m di atasmuka laut, dan di batasi oleh lembah-lembah yang curam.

  • Tipe Gletser Kontinental Gletser

Tipe kontinental terdapat di wilayah-wilayah kutub denganareal yang sangat luas (Greenland, Antartika, Spitsberg, dll). Bukit escontinental memiliki permukaan seperti zirah dan agak meninggi dibagian tengahnya. Gletser ini sangat tebal, dengan ketebalan mencapai 3000 m.

  • Tipe Gletser Skandinavian

Tipe ini didapatkan di skandinavia. dasar tanah di sini mempunyai sejarah yang istimewa yaitu suatu daratan yang hampir rata yang terangkat, terpotong-potong oleh fjord-fjord, permukaan bumi di sini dengan demikian rupanya lain sekali dengan relief di pegununan alpen.Beda relief ini sendirinya menyebabkan perbedaan tipe gletser

  • Tipe Gletser Mustag

Tipe ini banyak didapatkan di pegungan yang tinggi di asia Dikarakoum didapatkan lekukan-lekukan firm yang kecil-kecil sekali bermuara dalam lidah gletser yang besar dan panjang. Barangkali hal ini disebabkan oleh fase pengikisan yang lebih lanjut daripada pegunungan Alpen

  • Tipe Gletser PiedmontPiedmont gletser,

yaitu gletser yang didapatkan pada alur-alur Valley Glacier dan berakhir pada dataran rendah. Pada tipe pletmonttersebut yang merupakan daerah pengumpulan gletsernya adalah seluruh dataran es yang tertutup. Kemudian lidah Gletsernya terdapat pada lembah-lembah yang berada di sela-sela pegunungan. Contoh daritipe ini adalah Malaspina di Alaska.

  • Ice Sheet/Ice Caps .

Ice Sheet/Ice caps, yaitu gletser yang didapatkan pada daerah rendah dan luas. Ice sheet menempati daerah yang sangat luas,sedangkan Ice caps menempati wilayah yang sempit.
Tipe ini merupakan selubung es yang luas sekali meliputi sebagian besar dari daratan, sehingga relatifnya hampir tidak ada yang terlihat. Terutama di Greenland kita dapatkan contoh yang baik dari tipe ini.
 

 

 Manfaat Gletser

  • Adanya gletser menyebabkan terbentuknya danau-danau glasial seperti di lereng pegunungan Alpen dan di Amerika Utara.
  • Adanya gletser menyebabkan terbentuknya pantai fyord sebagai hasil erosi glasial. Seperti di Norwegia pantai fyord digunakan untuk tempat berlindung perahu dan kapal pada waktu badai dan merupakan tempat penangkapan ikan yang aman.
  • Sebagai tempat penelitian ahli glasiologi.
  • Daerah padang salju merupakan tempat berolah raga musim dingin (ski).
  • Sebagai sumber air bagi sungai di bawahnya.
  • Daerah yang tertutup es daratan dapat menyebabkan lahirnya kebudayaan yang khas, misalnya budaya Eskimo dengan rumah iglo, dan alat transportasi slide yang ditarik anjing.


Gletser di Dunia

Di Dunia ini banyak sekali gletser yang dapat kita temui. Kita juga telah mengetahui bahwasannya gletser ini berada di daerah kutub. Ada beberapa gletser besar yang  terkenal di dunia. Adapun beberapa gletser yang ada di dunia antara lain adalah sebagai berikut:

 1. Gletser Athabasca, Canada

Gletser Athabasca yang terletak di Jasper National Park ini memiliki pemandangan yang indah banget. Apalagi akses untuk menuju gletser ini terbilang mudah. Gletser Athabasca memang menjadi gletser yang paling sering dikunjungi di Amerika Utara.


2. Gletser Tasman, Selandia Baru

Gletser sepanjang 17 mil dan lebar sekitar dua setengah mil ini menjadi gletser terpanjang di Selandia Baru. Gletser Tasman sendiri terletak di Aoraki Mount Cook National Park. Para wisatawan dapat menggunakan perahu untuk menyeberangi sungai agar bisa sampai di gletser Tasman. 


3. Gletser Vatnajokull, Islandia

Sebagai gletser terbesar di Islandia, gletser Vatnajokull memiliki panjang sekitar 1,3 mil. Sedangkan untuk volume gletser ini sendiri yakni sekitar 792 kubik mil. Karena volume gletser yang besar, tidak heran jika terdapat gunung berapi aktif di sini. Kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan menawan gletser dan gunung berapi yang ditawarkan oleh gletser Vatnajokull.

4. Gletser Perito Moreno, Argentina

Gletser Perito Moreno merupakan gletser terbesar ketiga di dunia yang memiliki air sejuk di bawahnya. Tidak seperti gletser lainnya, gletser ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan mencair. Gletser ini memiliki panjang sekitar 121 mil dan selalu bertambah.

 

5. Gletser Fox, Selandia Baru

Lagi-lagi Selandia Baru menyimpan surga gletser yang indah. Selain Gletser Tasman, Gletser Fox juga bisa menjadi pilihanmu saat tengah mengunjungi Selandia Baru. Gletser ini memiliki panjang sekitar 8 mil dan lebar kurang lebih 1,6 mil. Untuk sampai kesini, para pengunjung bisa berjalan kaki maupun menyewa helikopter yang sudah disiapkan.


6. Gletser Portage, Alaska

Berlokasi di Chugach National Forest, gletser sepanjang 50 mil ini menyimpan pemandangan yang menakjubkan. Meski gletser ini mulai menyusut, selalu saja ada wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan gletser Portage di Alaska.

 

 Baca Juga: Pengertian Terumbu karang Adalah - Fungsi , Jenis-Jenis, Manfaat, Terumbu Karang di Indonesia dan Ancaman Terhadap Terumbu Karang

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Gletser Adalah : Proses Terjadinya, Manfaat dan Contoh Gletser di Dunia . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan erupsi linear adalah

  • erupsi area adalah
  • erupsi campuran
  • erupsi sentrifugal adalah
  • erupsi strato
  • ekstrusi areal adalah
  • ekstrusi magma
  • ciri-ciri erupsi areal
  • gunung api perisai

Post a Comment for " Pengertian Gletser Adalah : Proses Terjadinya, Tipe-Tipe, Klasifikasi , Manfaat dan Contoh Gletser di Dunia"