Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Brosur Beserta Jenis Jenis, Ciri-Ciri Dan Fungsinya Lengkap

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh Brosur

Pengertian Brosur

Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan itu diantaranya brosur mengenai makanan, bahasa inggris, sekolah, serta juga lain sebagainya.
Brosur sendiri merupakan buku yang diterbitkan itu secara tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, serta juga selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu dengan stapler, benang, atau juga kawat, biasanya mempunyai sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.
Apabila terdiri dari satu (1) halaman, brosur atau juga pamflet umumnya itu dicetak pada kedua sisi, serta dapat dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga dapat membentuk panel yang terpisah. Pamflet yang hanya terdiri dari satu lembar atau halaman ini juga sering disebut dengan sebutan selebaran. Selain dari itu, untuk brosur  yang memuat informasi mengenai produk disebut dengan sebutan katalog produk atau sering hanya disebut dengan katalog saja.
Brosur atau pamflet memuat informasi atau penjelasan tentang suatu produk, layanan, fasilitas umum, profil perusahaan, sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Menurut definisi UNESCO, brosur merupakan terbitan tidak berkala yang tidak dijilid lengkap (dalam satu terbitan), mempunyai paling sedikit 5 halaman namun tetapi tidak lebih dari 48 halaman, diluar perhitungan sampul.


Pengertian Brosur Menurut Para Ahli

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Brosur merupakan suatu media informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan dilipat tanpa dijilid atau selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat.
2. Hampton (2013:1)
Menyebutkan definisi brosur ini berdasarkan bentuk fisiknya, yaitu sepotong kecil kertas yang dicetak, pada umumnya menggunakan satu lembar kertas yang berukuran 8.5 inci x 11 inci atau 8.5 inci x 14 inci dengan tiga lipatan atau dapat pula yang berukuran lainnya dengan banyak lipatan yang berbeda atau tanpa lipatan.


Sejarah Brosur

Dalam menjalankan suatu hubungan yang baik harus mendapatkan informasi yang baik dalam mengerjakan masalah brosur untuk menjalin suatu hubungan yang baik pada media untuk menjaga suatu informasi yang ada dalam jalinan yang baik agar dalam sejarah brosur tersebut harus mempunyai informasi dalam menjaga hubungan yang baik agar tidak ada suatu hubungan yang menjalin tidak baik dalam menjaga dan mempunyai informasi dalam mengerjakan brosur agar dalam menarik hubungan bisa dikategori media brosur dalam menjalankan suatu informasi yang lebih baik dari pada sejarah brosur yang memiliki media brosur dalam menjalankan suatu perkembangan informasi yang baik dalam menarik sejarah brosur.

Maka dari itu dalam menjalankan informasi yang baik harus memiliki suatu bahasan harus menjaga hubungan baik yang barang atau jasa menjalankan hubungan yang baik agar tidak ada kesalahan dalam menjalankan informasi pada brosur agar dalam menjalin suatu informasi harus lebih baik dan tidak ada kesalahan dalam proses informasi media brosur.


Pengertian Brosur dan Contohnya

Tujuan Brosur

Ada beberapa tujuan dari pembuatan brosur, antara lain adalah :
1. Media informasi (Information)
2. Media Promosi (Promotion)
3. Untuk meningkatkan suatu produk (To increase attractiveness for a product)
4. Menampilkan identitas suatu produk (As an identy for a product)



  • Yang pertama Fungsi informatif adalah brosur biasanya dipakai untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial kamu berkaitan dengan perusahaan kamu. Informasi ini berkaitan dengan presentasi perusahaan kamu, produk baru atau layanan yang perusahaan yang ingin kamu tawarkan, ataupun perubahan terbaru dalam nama perusahaan kamu, dan lain-lain.
  • Lalu yang kedua Fungsi iklan adalah brosur benar-benar sangatlah penting sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga memungkinkan kamu untuk mempromosikan satu atau lebih produk maupun jasa.
  • Dan yang ketiga Fungsi Identifikasi adalah desain dari brosur yang baik memungkinkan kamu untuk mempertahankan kriteria yang sama melalui semua brosur perusahaan kamu. Jika kriteria tersbut (kadang disebut dengan konsep) disatukan dalam semua jenis brosur, itu akan membuat perusahaan kamu sangat mudah di identifikasi. Ini akan memberikan prestise dan juga kredibilitas perusahaan kamu. Hal ini sangat penting untuk brosur perusahaan kamu tidak hanya memiliki “konsep”, akan tetapi juga memiliki logo, sebuah logo yang dirancang dengan baik sangatlah penting bagi setiap perusahaan, yaitu salah satu langkah pertama untuk memulai kampanye iklan.


 
Meski begitu banyak batasan tentang brosur yang berbeda-beda, tetapi secara umum mempunyai kesamaan dalam hal diantaranya:
  • Pernyataan pesannya selalu tunggal.
  • Dibuat bertujuan untuk meniformasikan, mengedukasi, dan membujuk atau mempengaruhi orang/pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Di terbatikan hanya sekali, akan tetapi bisa di cetak ulang berkali-kali baik dengan diperbarui maupun tidak.
  • Brosur harus bisa menarik perhatian pelanggan atau publiknya.
  • Mempunyai sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
  • Copynya harus jelas serta desainnya haruslah menarik.


Jenis-Jenis Brosur

Jenis-jenis brosur sesuai bentuknya:
  • Brosur
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, brosur dapat dibedakan jenis lainnya berdasarkan lipatannya. Bisa satu lipatan atau lebih.
  • Leaflet
Desain leaflet merupakan bentuk tradisional promosi dan periklanan. Dalam periklanan berikutnya meskipun media elektronik mendominasi, penggunaan leaflet sebagai media periklanan dianggap masih relevan seperti sebelumnya. Alasannya desain tercetak masih diperlukan dalam keadaan tertentu misal ketika layar monitor computer tak dapat dihidupkan karena rusak atau tak ada listrik, disamping itu pada keadaan tertentu penggunaan alat elektronik menjadi tidak praktis dan tak dapat dibawa khalayak yang membutuhkan. Kalaupun bisa dibawa akan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Sebagai media promosi leaflet dapat dibuat sedemikian rupa sehingga kualitasnya setara dengan bentuk media marketing lain. Meskipun isinya murni dimaksudkan untuk tujuan komunikasi atau pesan promosi, leaflet dapat dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan dan menunjukkan citra perusahaan, produk atau yang lainnya.

Namun karena umumnya leaflet berukuran kecil, informasi yang disampaikan pun terbatas. Hanya mengandung pokok persoalan saja sehingga kurang mengandung kedalaman informasi. Dapat dikatakan leaflet hanya sebagai pendukung sarana penyampai informasi dan pesan dalam bentuk lain. Meskipun umumnya berukuran kecil namun dapat dikembangkan ke dalam ukuran kertas A4 hingga A1 bahkan billboard dan dapat menjadi dasar rancangan situs internet.
  • Booklet
Bila brosur terdiri dari selembar kertas dengan lipatan hingga lebih dari satu, maka booklet hanya mempunyai satu lipatan saja. Namun satu lipatan tersebut terdiri atas beberapa lembar kertas sehingga ketika digabungkan menyerupai buku tanpa jilid.Booklet dapat menyajikan lebih banyak informasi disbanding leaflet karena secara fisik jumlah halaman lebih banyak. Biasanya booklet banyak digunakan untuk menyampaikan informasi perusahaan (company profile), menginformasikan produk yang dimiliki dan bahkan secara berkala menerbitkan booklet paling lambat sebulan sekali untuk menambahkan koleksi produk atau harga baru.Dalam dunia marketing, booklet dapat memudahkan khalayak yang membutuhkan sesuatu tanpa harus datang ke toko tersebut. Bagi perusahaan, booklet dapat membantu petugas PR tanpa harus panjang lebar menerangkan seluk beluk perusahaan dalam menyampaikan informasi tentang perusahaan.

  • Poster
Secara harfiah, poster adalah surat tempelan. Maksudnya, brosur yang ditempelkan di suatu tempat yang dinilai strategis dan mudah dilihat khalayak. Dapat ditempelkan di dinding, pilar dan sebagainya. Ukurannya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan promosi.Poster biasanya menyajikan informasi singkat tentang produk atau jasa. Disebut informasi singkat karena ruang yang terbatas. Tujuannya untuk menarik perhatian dan memancing rasa penasaran kahalayak.
  • Folder
Folder merupakan gabungan dari brosur, leaflet, dan booklet. Bentuknya sendiri mirip map, di mana pada bagian dalamnya terdapat kantung untuk menyimpan aneka berkas (lembaran-lembaran) seperti surat, leaflet hingga kartu nama yang berkaitan dengan informasi atau promosi yang ingin disampaikan pada khalayak. Folder berfungsi sebagai penyimpan berkas informasi atau promosi.Sama halnya dengan booklet, folder juga dapat menyajikan lebih banyak informasi. Bedanya, isi booklet biasanya dalam bentuk lembaran-lembaran terpisah, berceceran (tak terikat satu sama lain) dan tak terjilid.


Manfaat Brosur

Pentingnya Brosur Untuk Promosi
Brosur merupakan secarik kertas yang ada di dalamnya memuat tulisan (tulisan atau gambar) dan akan memiliki tujuan tertentu. Misalnya dalam dunia usaha brosur akan memuat hal-hal yang dapat mengajak agar pembaca tertarik atau membeli atas produk dan jasa yang di tawarkan dalam brosur.
Meskipun sekarang di era digital ada HP (sms), radio, televisi, internet, ataupun yang lain-lain, tapi brosur ini masih saja sangat penting baik bersifat pokok ataupun perlengkapan,terus kenapa?? Jawabannnya adalah yakni:
  1. Promosi brosur bisa di mulai dengan cara yang paling sederhana dan paling murah.misalnya, tulis tangan, ketikan manual, print computer yang dapat di perbanyak dengan foto copy.
  2. Brosur tidak membutuhkan alat tertentu untuk memperlihatkan isi dan tujuannya hanya butuh mata saja.
  3. Brosur bisa memuat keterangan lebih lengkap sesuai selera, sedangkan media digital sering terbatas.
  4. Brosur bisa di bawa dan langsung di berikan kepada siapa saja yang di tuju (lebih fokus terhadap segmen).
  5. Brosur bisa di simpan dan di baca ulang jika sewaktu-waktu di butuhkan.
  6. Brosur bisa di jadikan barang koleksi yang mengandung nilai edukasi tinggi.
  7. Saat ini hampir setiap orang memiliki HP, kondisi ini sangat mendukung penyebaran brosur karena apabila tertarik dengan brosur yang di sebar akan segera merespon.


Contoh Brosur Makanan

Brosur makanan biasanya akan memberikan informasi tentang menu makanan yang akan ditawarkan lengkap dengan gambar dan harga makanannya. Berikut ini contoh brosur makanan:


Contoh Brosur Bahasa Inggris

Brosur juga biasanya ditulis juga dalam bahasa Inggris, ataupun seluruh informasi yang diuraikan ditulis yang akan menggunakan bahasa Inggris. Berikut ini contoh brosur bahasa Inggris :




Sekian dari penjelasan yang bisa diberikan mengenai Pengertian Brosur, Fungsi dan Ciri-Cirinya (Lengkap), brosur haruslah menarik agar bisa membuat para pelanggan untuk membeli produk, jasa, ataupun yang lainnya yang ditawarkan pada pesan yang ada pada brosur. Semoga bermanfaat

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Brosur
  • pengertian brosur menurut para ahli
  • sebutkan 3 fungsi brosur
  • ciri ciri brosur
  • pengertian leaflet
  • pengertian pamflet
  • apa yang dimaksud dengan fungsi informatif pada brosur
  • pengertian brosur dan poster
  • struktur brosur dalam bahasa inggris

Post a Comment for "Pengertian Brosur Beserta Jenis Jenis, Ciri-Ciri Dan Fungsinya Lengkap"