Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Denah Beserta Jenis Jenis, Unsur Unsur Dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Denah dan Fungsinya

Denah adalah suatu gambaran mengenai letak tempat. Dengan denah akan mempermudah kita untuk menemukan berbagai macam tempat-tempat tertentu, tanpa harus bertanya pada orang lain. Kita juga dapat memanfaatkan kemampuan membaca denah untuk membantu orang lain jika ada yang bertanya kepada kita.
Atau definisi denah lainnya yaitu tampak atas dari suatu bangunan yang terpotong secara horizontal minimal berjarak 1M dari ketinggian 0.00, dimana sebuah bangunan dengan bagian atas bangunan tersebut dihilangkan dan denah juga sebagai penunjuk atau untuk memisahkan antar ruangan yang satu dengan yang lainnya.


Pengertian Denah Menurut Para Ahli

Selain pengertian denah diatas, terdapat beberapa pengertian denah yang dikemukakan oleh para ahli. Adapun pengertian denah menurut para ahli adalah sebagai berikut.. 
 
1. Pengertian Denah Menurut KBBI
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa pengertian denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan dan sebagainya; peta atau gambar rancangan yani rumah bangunan dan sebagainya. 

2. Pengertian Denah Menurut Sukwarjono dan Sukoco
Menurut Sukwarjono dan Sukoco (1993: 2-5) bahwa denah tidak hanya terdiri dari fenomena geofrafikal saja tetapi lebih dari itu. 
 
3. Pengertian Denah Menurut Pendidikan Bahasa Indonesia via TVRI
Dalam siaran Pendidikan Bahasa Indonesia yang menayangkan mengenai materi membaca denah oleh TVRI (22 Januari 2007 Pkl. 15.45) bahwa pengertian denah adalah penyajian suatu tempat, ruangan, dan lokasi dalam bentuk gambar.

 

Tujuan Denah

Tujuan denah jika didesain sebaik mungkin dapat berfungsi antara lain sebagai berikut:
  • Melaporkan
  • Memperagakan
  • Menganalisis
  • Pehamaman saling
  • hubungan (interelation) dari benda-benda (obyek) secara keruangan (spatial-relationship).



Seperti halnya peta, pada dasarnya denah dibuat untuk dapat memudahkan penggunanya dalam melacak suatu lokasi. Jika peta memiliki cakupan wilayah yang lebih luas, maka denah hanya mencakupi daerah suatu bangunan saja. Fungsi denah sendiri mencakupi beberapa fungsi seperti :
  1. Fungsi ruang
Dalam hal ini, denan berfungsi untuk menunjukkan posisi setiap ruangan yang ada di dalam suatu bangunan. Dengan menggunakan denah, seseorang dapat dengan mudah mengetahui letak suatu ruangan di dalam sebuah bangunan.
  1. Susunan ruang
Fungsi denah yang kedua adalah susunan ruang. Hampir sama dengan fungsi yang pertama, fungsi susunan ruang pada denah berarti dengan berfungsi untuk menunjukkan susunan ruangan yang ada di dalam bangunan. Dengan melihat denah, pengguna denah dapat dengan mudah mengetahui letak susunan ruangan yang ada di dalam suatu bangunan.
  1. Sirkulasi ruang
Fungsi yang ketiga yaitu sirkulasi ruang berhubungan dengan arus keluar masuk pada sebuah ruangan. Pengertian denah berdasarkan fungsi ini yaitu berupa gambaran yang dapat memudahkan penggunya dalam mobilitas di dalam sebuah gedung ataupun bangunan. Pengguna denah akan dengan mudah mengetahui jalan yang paling cepat untuk menuju sebuah ruangan di dalam bangunan tertentu.
  1. Dimensi ruang
Fungsi dimensi ruang berarti denah berguna untuk menunjukkan dimensi ukuran setiap ruangan yang ada di dalam sebuah gedung atau bangunan. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna denah akan lebih mudah mengetahui ukuran setiap ruangan yang ada dalam sebuah bangunan.
  1. Letak pintu dan bukaan
Fungsi selanjutnya dari denah adalah fungsi letak pintu dan bukaan. Fungsi ini berguna untuk memudahkan pengguna denah untuk mengetahui letak pintu dan berbagai ventilasi lainnya. hal ini akan sangat berguna ketika terjadi berbagai bencana seperti kebakaran di dalam sebuah gedung. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna denah akan lebih mudah dalam mencari pintu ataupun ventilasi yang dapat digunakan untuk menyelamatkan diri.
  1. Isi ruang
Fungsi denah berupa isi ruang berhubungan dengan apa yang ada di dalam setiap ruangan yang ada di dalam denah. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna denah dapat dengan mudah mengetahui apa-apa saja yang ada di dalam sebuah ruangan. Selain itu, pengguna denah juga dapat mengetahui pemilik ataupun pengguna dari sebuah ruangan yang ada di dalam bangunan ataupun gedung.


Pengertian Denah : Fungsi, Jenis Jenis dan Unsur Unsurnya

Jenis-Jenis Denah

Denah dikelompokkan dalam beberapa jenis, untuk informasi lengkapnya silahkan baca pembahasan di bawah ini :

1. Rencana Sederhana

Jenis denah rencana sederhana ini memiliki definisi sebagai sebuah rencana yang dibuat dalam bentuk praktis dan tidak diterbitkan secara resmi. Contoh dari denah jenis ini adalah rencana pembuatan ruang kelas dan tempat duduk mahasiswa.

2. Desain Kompleks

Sedangkan pada jenis denah desain kompleks, umumnya mengacu pada tujuan pembuatan suatu bangunan atau lokasi dengan struktur yang kompleks. Contohnya adalah denah kawasan wisata Baturaden yang dibuat oleh pihak Dinas Pariwisata Banyumas.


Unsur-Unsur Denah

Tiap-tiap denah ini mempunyai tujuan dan fungsi untuk dapat memberikan informasi kepada seluruh yang membacanya. Sehingga dalam pembuatan denah tersebut memiliki unsur-unsur yang harus dilengkapi. Kelengkapan dari unsur atau bagian-bagian denah tersebut memiliki manfaat bagi pembaca didalam memudahkan pembaca untuk dapata mengetahui informasi dari denah tersebut. Dengan berdasarkan paparan kuliah yang dilakukan oleh karya Sandy (1986:2) serta juga melalui Siaran Pendidikan Bahasa Indonesia TVRI tersebut, maka unsur-unsur pada denah ini dibagi kedalam 6 bagian.
Dibawah ini merupakan unsur-unsur denah tersebut diantaranya sebagai berikut :
  • Judul Denah

Judul adalah suaatu hal yang memiliki peran sangat penting dalam unsur denah. Denah itu harus diberi judul yang merupakan cerminan dari isi pada denah. Dalam peletakan unsur denah judul tersebut bisa disisipkan dimanapun, asalkan penempatan unsur denah ini tidak menggangu dari informasi dari denah. Dibawah ini merupakan beberapa peletakan unsur denah judul. judul ini dapat diletakkan pada bagian atas tengah di luar, bagian atas kiri atau kanan luar.
  • Petunjuk arah mata angin

Petunjuk arah mata angin di denah ini merupakan salah satu unsur yang juga mempunyai fungsi atau manfaat untuk dapat memudahkan para pembacanya karena dengan petunjuk ini arah pembaca ini dapat mengetahui utara, selatan, barat serta juga timur pada peta atau denah.
  • Lokasi atau tempat

Lokasi atau tempat merupakan objek pembahasan akan suatu denah. Unsur denah lokasi atau tempat itu berlaku wajib atau harus karena hal yang utama pada denah. Umumnya, lokasi atau tempat yang dituju pada sebuah denah itu dibedakan dari tempat lainnya, seperti misalnya gambar diperbesar, di atas gambar ditulis keterangan lokasi, ataupun juga gambar lokasi yang diberi suatu warna berbeda.
  • Tempat yang mudah dikenali

Tempat pada denah ini juga merupakan unsur penting dalam denah karena tempat ini bisa menjadi patokan atau acuan untuk menuju suatu tempat. Beberapa hal yang sering digunakan biasanya seperti masjid besar, kantor polisi, rumah sakit dll.
  • Nama-nama Jalan

Pembacaan untuk nama jalan pada denah ini akan dapat sangata memudah para pembaca denah untuk dapat mencapai lokasi tujuan.
  • Arah menuju Lokasi

Selain nama jalan serta juga tempat yang mudah dikenali, dalam denah ini juga terdapat arah menuju lokasi yang hendak dituju.
Selain hal tersebut  terdapat juga beberapa unsur-unsur denah diantaranya sebagai berikut :
  • Memiliki judul denah
  • Gambar umum lokasi
  • Gambaran arah mata angin yang mengarah ke utara
  • Disetiap gambar pada denah itu memiliki nama


Cara Membaca Denah

Berikut adalah cara membaca denah yang diantaranya adalah:
  1. Baca dengan jelas daerah tersebut yang letaknya berada di bagian tengah atas.
  2. Harus perhatikan keterangan yang ada di dalamnya, tentang simbol-simbol yang ada di dalamnya.
  3. Perhatikan hubungan diantara bagian-bagian denah dengan baik itu adalah jalan atan merupakan suatu bangunan.
  4. Berikan semua pengetahuan kita mengenai daerah tersebut.
  5. Bacalah untuk dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan.






Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Denah
  • pengertian denah bangunan
  • pengertian denah dan peta
  • pengertian denah menurut para ahli
  • pengertian denah existing
  • pengertian denah pondasi
  • pengertian denah jembatan
  • pengertian denah dan skala
  • tujuan denah

Post a Comment for "Pengertian Denah Beserta Jenis Jenis, Unsur Unsur Dan Fungsinya Lengkap"