Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hyperlink Beserta Fungsi, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Pengertian Hyperlink Dan Fungsinya
Pengertian Hyperlink

Hyperlink adalah cara untuk menghubungkan suatu bagian di dalam slide, file, program ataupun pada halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang-bidang tersebut. Hyperlink sering dipakai untuk menunjukan lokasi lainnya dari dari teks maupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan. Hyperlink dapat menghubungkan beberapa file, objek, aplikasi, dokumen, halaman web dan lain-lain.
Atau definisi hyperlink yang lainnya adalah suatu teks yang akan mengarahkan ke tampilan dokumen atau halaman lain. Hyperlink sering kita kenal dengan link, kalau kita menklik hyperlink pada halaman suatu website berarti kita telah menbrowse WWW (World Wide Web) dan  menuju ke halaman yang lain ataupun ke dokumen lain.


Manfaat Hyperlink

Manfaat dari hyperlink adalah membuat shorcut atau melompat untuk membuka dokumen yang telah disimpan pada network server, internet ataupun intranet serta drive.


Fungsi Hyperlink

Fungsi hyperlink adalah untuk memudahkan pembaca untuk menjelajahi berbagai informasi terkait yang berada di dalam sebuah halaman presentasi atau halaman website. Hyperlink merupakan suatu fungsi dalam HTML (Hyper Text Markup Language) yang memberikan pembaca jalan pintas menuju informasi lainnya.
Biasanya teks yang mengandung hyperlink terlihat berbeda dengan teks biasa yang ada di sebuah halaman website atau halaman presentasi. Warna hyperlink ini biasanya berwarna biru dan ketika kursor komputer diarahkan ke link tersebut maka pada tulisan yang mengandung hyperlink akan terlihat ada underline, warna teks berubah, dan tampilan kursor menjadi gambar tangan yang menunjuk ke arah hyperlink tersebut.
Hyperlink dapat disematkan pada teks ataupun pada gambar sehingga ketika teks atau gambar tersebut diklik maka pembaca akan diarahkan ke halaman lain sesuai dengan isi link.

Jenis-Jenis Hyperlink

Hyperlink mempunyai beberapa jenis, yaitu:
  • Absolute Addres

    Untuk jenis hyperlink ini pada umumnya akan menggunakan koneksi internet karena digunakan untuk membuat shortcut alamat URL situs tertentu. Dimana shortcut secara murni atau mutlak berbentuk full alamat URL meliputi protocol, network location, path dan akan juga nama file.
    Biasanya juga penggunaan jenis hyperlink ini mudah ditemukan pada situs-situs di internet yang akan menghubungkan dengan link tertentu atau tercantum pada sumber tulisan. Sehingga tipe hyperlink ini bisa dapat diterapkan pada website resmi perusahaan contohnya untuk menghubungkan link satu dengan link yang lain agar pengunjung tidak akan berhenti di satu halaman saja. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung website.
  • Relatif Addres

    Relatif addres atau alamat relatif adalah URL yang tidak menyebutkan protocol dan network locationnya, tetapi hanya path dan nama filenya. Jenis hyperlink ini banyak digunakan kedalam sebuah website atau blog.
  • Link Ke Section Tertentu Dalam Dokumen

    Maksudnya adalah membuat suatu link ke wilayah “section” tertentu dari suatu dokumen atau artikel. Dapat dipakai juga untuk membuat kamus.


Cara Membuat Hyperlink

Membuat hyperlink di program Microsoft (Word, Excel, Power Point) sebenarnya sangat mudah. Biasanya para pengguna Microsoft Office pasti sudah mengetahui caranya, yaitu:
  1. Blok bagian teks tertentu dalam file Word/ Excel/ Power Point yang ingin ditautkan dengan file lain
  2. Kemudian pilih menu “Insert” lalu klik “Hyperlink”. Secara otomatis Anda akan diarahkan ke tampilan file manager, lalu pilih file mana yang akan Anda jadikan hyperlink.
  3. Setelah memilih file yang dijadikan hyperlink, klik OK
  4. Selesai

 

Contoh Hyperlink

Penerapan Hyperlink pada halaman website bisa dilakukan dengan membuat kode HTML  membentuk tag <a>, dengan rumus <a href=”URL situs”>Anchor Text</a>
  1. <a href=”https://www.ilmuips.my.id/search/label/Materi Ilmu Komputer”>Materi Ilmu Komputer</a> Sehingga hasilnya akan terlihat menjadi Materi Ilmu Komputer
  2. <a href=”https://www.ilmuips.my.id/2020/02/pengertian-hyperlink.html”>Pengertian Hyperlink</a>Maka hasilnya akan terlihat menjadi Pengertian Hyperlink
NB: Setiap penggunaan rumus ditentukan dari tujuannya dimana tujuan yang berbeda akan menggunakan atribut hyperlink yang berbeda

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Hyperlink – Fungsi, Manfaat, Jenis dan Cara Membuatsemoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Hyperlink

  • pengertian hyperlink pada powerpoint
  • contoh hyperlink
  • hyperlink powerpoint
  • fungsi hyperlink pada powerpoint
  • fungsi hyperlink pada excel
  • jenis jenis hyperlink
  • cara membuat hyperlink
  • manfaat hyperlink

Post a Comment for "Pengertian Hyperlink Beserta Fungsi, Jenis, dan Contohnya Lengkap"