Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Media Komunikasi Menurut Para Ahli, Jenis, Tujuan Dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis

Komunikasi adalah suatu proses yang menyangkut hubungan antara manusia dengan lingkungan disekitarnya. Tanpa komunikasi manusia akan terpisah dari lingkungannya. Tapi tanpa lingkungan komunikasi akan menjadi kegiatan yang tidak relevan. Dengan kata lain manusia berkomunikasi sebab perlu mengadakan hubungan dengan lingkungan. Ketika Dalam berkomunikasi, manusia tentunya memerlukan media komunikasi.

Media komunikasi adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.Media dominan dalam berkomunikasi adalah pancaindera manusia seperti telinga dan mata.Media juga merupakan jendela yang memungkinkan kita untuk dapat melihat lingkungan yang lebih jauh, sebagai penafsir yang membantu memahami pengalaman,Sebagai landasan penyampai informasi, Sebagai komunikasi interaktif yang meliputi opini audiens, Sebagai penanda pemberi intruksi atau petunjuk , Sebagai penyaring atau pembagi pengalaman dan fokus terhadap orang lain, cermin yang merefleksikan diri kita dan penghalang yang menutupi kebenaran. Media komunikasi juga dijelaskan sebagai sebuah sarana yang dipergunakan sebagai memproduksi, reproduksi, mengolah dan mendistribusikan untuk menyampaikan sebuah informasi. Media komunikasi sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat.Secara sederhana, sebuah media komunikasi adalah sebuah perantara dalam menyampaikan sebuah informasi dari komunikator kepada komunikan yang bertujuan agar efisien dalam menyebarkan informasi atau pesan. Komunikasi merupakan bentuk percakapan yang berlangsung atas dasar persamaan persepsi. Komunikasi dalam bahasa inggris communicationberasal dari kata latin communicatio dan berasal dari kata communis yang berarti sama.


Pengertian Media Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi Media komunikasi menurut sudut pandang para ahli.
  • Nurhayati 2013

Media komunikasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, sehingga seorang guru atau dosen harus mampu mengidentifikasi media-media yang dibutuhkan sebelum memulai proses pembelajaran. Perawat gigi dalam memberikan upaya promotif berupa penyuluhan dapat disetarakan dengan seorang guru atau dosen yang mengajar dikelas. Dengan demikian perawat gigi hendaknya memahami seni mengelola kelas selama komunikasi dalam penyuluhan.

  • Badusah, dkk (2000)
Media adalah suatu kaedah atau perantara berkomunikasi yang berhubungan antara satu sama lain seperti menggunakan kabar, berita dan gambar untuk menyebarkan maklumat dan pandangan. Dalam proses pengajaran dan pembelajaran, ia merupakan perantaraan yang menghubungkan maklumat dan tujuan pengajaran guru dengan penerima yaitu pelajar yang akan memproses perantaraan itu, dan jika sesuai dapat diterima oleh pelajar dengan berkesan.


Teori Media

Teori Semiotik pesan

media sangat menarik dari sudut pandang semiotik atas campuran sebuah simbol yang diatur secara spasial dan kronologis untuk menciptakan sebuah pesan , kesan, dan penyampaian sebuah gagasan untuk memunculkan sebuah makna dari khalayak.

Teori Sosiokultural pesan

media yang disampaikan untuk sosialisasi dan kulturisasi serta penempatan sebuah makna yang bisa memunculkan sebuah argumentasi dari khalayak kepada media agar dapat memberikan sebuah informasi yang berkarakter dan tidak menimbulkan SARA.

Teori Sosiopsikologis

teori yang mengabungkan antara sosial dan psikologis dari audiens yang menikmati sebuah media.Apabila status sosial dogabungkan dalam psikologis dari audiens dapat dicontohkan sebagai sebauah konten atai isi acara yang bersifat segmented/ segmentasi acara.

Teori Sibernitika

pengaruh dari opini khalayak dari suatu isi media adalah sebuah fenomena yang sangat menarik atau bisa dikatakan sebagai teori “spiral ketenangan” menunjukan bahwa komunikasi interpersonal dan media berjalan bersama dalam perkembanagn opini masyarakat.

Teori Kritis

implikasi budayalebih luas, dalam beberapa hal teori kritis ini disebutkan bahwa banyak ideologi atau paham dari sebuah pemilik media yang seharusnya dapat dikritisi oleh khalayak agar tidak ada keberpihakan dalam penyampaian suatu informasi.



Fungsi Media Komunikasi

Ada beberapa fungsi media komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli, antara lain:

Fungsi Media Komunikasi Menurut Marshall Mc Luhan

  • Efektifitas
    Media komunikas akan menjadikanmudah kelancaran dalam menyampaikan informasi
  • Efisiensi
    Media komunikasi akan menjadikan cepat penyampaian dalam suatu informasi
  • Konkrit
    Media komunikasi akan membantu mempercepat konten pesan yang mempunyai sifat abstrak
  • Motivatif
    Media komunikasi akan lebih atraktif dan memberikan suatu informasi yang bisa dipertanggungjawabkan

Fungsi Media Komunikasi Menurut Burgon Dan Huffner

  • Efisiensi Penyebaran Informasi
    Penghematan dari segi biaya, tenaga, pemikiran dan waktu
  • Memperkuat Eksistensi Informasi
    Media komunikasi yang hi-tech bisa membuat informasi maupun pesan lebih memiliki kesan kepada komunikan
  • Menghibur
    Media komunikasi bisa membuat senang dan lebih menarik untuk audien
  • Kontrol Sosial
    Media komunikasi adalah pengawasan dalam suatu kebijakan sosial



Karakteristik Media Komunikasi

Berikut ini Karakteristik spesifik dari masing-masing media komunikasi.
  • Karakteristik surat kabar dan majalah :

  1. Terbit secara teratur
  2. Berbentuk komoditi
  3. Isi pesan bisa formal dan informal
     
  • Karakteristik Film
  1. Teknologi audio visual
  2. Ditampilkan untuk publik
  3. Dikuasai oleh gambaran fiksi
     
  • Karakteristik Radio dan Televisi
  1. Tampilan pesan dalam audio visual
  2. Isi media sangat bervariasi
  3. Memiliki keluaran yang sangat luas, menjangkau audiensyang sangat jauh dan tak saling mengenal.
     
  • Karakteristik Komputer dan Internet
  1. Pesan bersifat umum
  2. Komunikannya anonim dan heterogen
  3. Komunikasi mengutamakan isi pesan
  4. Komunikasi bersifat satu arah dan umpan balik
  5. Kecepatan
  6. Kepandaian yang beraneka ragam

Pengertian, Fungsi, Proses dan Media Komunikasi

Jenis-Jenis Media Komunikasi, Berdasarkan Fungsinya

  1. Fungsi produksi: media komunikasi yang bermanfaat sebagai penghasil berbagai macam informasi, contohnya: komputer/PC pengolah kata (word processor)
  2. Fungsi reproduksi: media komunikasi yang bermanfaat untuk mencetak ulang dan menggandakan informasi, contohnya: audio tapes recorder serta video tapes
  3. Fungsi penyampaian informasi: media komunikasi yang berdaya guna untuk dipakai menyebarluaskan serta menyampaikan pesan kepada komunikan yang menjadi sasarannya, contohnya: Handphone, telephone, faximile, dan lain sebagainya.

Media Komunikasi Berdasarkan Bentuknya

  • Media cetak: merupakan berbagai macam barang yang dicetak dan bisa dipakai sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan informasi, seperti: surat kabar/koran, brosur, buletin, dan lain sebagainya.
  • Media audio: merupakan suatu bentukmedia komunikasi yang penerimaan informasinya hanya dapat tersampaikan melalui indra pendengaran, contohnya: radio
  • Media visual: merupakan suatu bentuk media komunikasi yang penerimaan pesan informasinya hanya dapat tersampaikan melalui indra penglihatan, contohnya: foto
  • Media audio visual:merupakan suatu bentuk media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus didengar, jadi untuk mengakses pesan informasi yang disampaikan memakai indra penglihatan dan juga indra pendengaran, contohnya: televisi, video.

Berdasarkan Jangkauannya

Media komunikasi eksternal merupakan suatu media komunikasi yang dipakai untuk menjalin hubungan dan menyampaikan pesan informasi dengan pihak-pihak luar, misalnya: Media komunikasi tertulis/cetak, radio, televisi/TV, telepon, telepon selular (Handphone), surat dan internet.
Sedangkan media komunikasi internal ialah seluruh sarana penyampaian dan penerimaan pesan informasi dikalangan publik internal, dan pada umumnya mempunyai sifat non-komersial. Penerima atau pengirim informasinya adalah orang-orang publik internal. Media yang bisa dipakai sebagai komunikasi internal yaitu, seperti: surat. Telephone, papan pengumuman, majalah bulanan, media komunikasi cetakan (printed material), media pertemuan dan pembicaraan, dll.

Kelebihan dan Kekurangan Media Komunikasi

Media Audio

  • Kelebihan

  1. Dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga.
  2. Media ini dapat dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak harus memantau di depan radio, tetapi bisa menemani aktifitas ini di mana pun.
  3. Biaya produksi ataupun biaya yang diperlukan untuk mendengarkan relatif murah.Bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai(radio).
  4. Pendengar yang kesulitan membaca/melihat bisa memahami pembelajaran dengan mudah dengan disampaikan oleh media audio.
  5. Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.
  6. Media audio dapat mencangkup audiens yang banyak dan ruangan yang luas.
  7. Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, mendengarkan musik dan bahasa.
  8. Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
     
  • Kekurangan
  1. Informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak bisa mengerti secara detail tentang berita yang disampaikan, karena memang bahasanya sederhana dan tidak didukung oleh visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja.
  2. Jika audiens mengalami kesulitan mendengar (kerusakan pada alat pendengaran). Akan sangat sulit menerima pembelajaran.
  3. Jika siswa/audiens memiliki gaya belajar visual dan kinestetik akan sulit menerima pembelajaran dengan menggunakan media audio.
  4. Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.(kelas tinggi anak SD).

Media Visual
  • Kelebihan

  1. Lebih menarik karena ada gambar, sehingga memberikan pengalaman nyata untuk siswa.
  2. Lebih mudah mengingat dengan visual peta konsep, maid mapping dan singkatan.
  3. Media visual dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan siswa.
  4. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.
     
  • Kekurangan
  1. Akan terjadi kesulitan jika siswa mengalami masalah pada indra penglihatannya.
  2. Siswa tidak akan memahami gambar jika gambar tidak jelas atau tidak sama dengan bentuk nyatanya.
  3. Tidak dapat melayani siswa dengan gaya belajar auditif dan kinestetik.
  4. Membutuhkan waktu yang lama untuk membuat gambar dan ketrampilan khusus menyajikan gambar sesuai wujud aslinya.

Media Audio Visual

  • Kelebihan
  1. Lebih efektif dalam menerima pembelajaran karena dapat melayani gaya bahasa siswa auditif maupun visual
  2. Dapat memberikan pengalaman nyata lebih dari yang disampaikan media audio maupun visual.
  3. Siswa akan lebih cepat mengerti karena mendengarkan disertai melihat langsung, sehingga tidak hanya membayangkan.
  4. Lebih menarik dan menyenangkan menggunakan media audio visual.
     
  • Kekurangan
  1. Pembuatan media audio visual memerlukan waktu yang lama, karena memadukan 2 elemen yakni audio dan visual.
  2. Membutuhkan ketrampilan dan ketelitian dalam pembuatannya
  3. Biaya yang digunakan dalam pembuatan media audio visual cukup mahal.
  4. Jika tidak terdapat piranti pembuatannya akan sulit untuk membuatnya(terbentur alat pembuatannya).


Media Berbasis Teknologi Informatika (Multimedia)
  • Kelebihan
  1. Menarik karena dapat menampilkan gambar-gambar maupun suara.
  2. Mudah diatur dalam menyampaian informasi, jadi informasi yang disampaiakan dapat di sesuaikan dengan anak SD yang lebih menyukai gambar-gambar lucu dan menarik.
  3. Dapat menampilkan tampilan yang luar biasa(audio maupun visual) yang jelas sehingga seperti melihat nyata.
  4. Memberikan pengalaman nyata untuk siswa dengan jelas, hal-hal yang belum pernah diketahui bisa dengan mudah diketahui.
  5. Mudah mengaksesnya untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
  6. Media yang lengkap menyediakan banyak informasi.
     
  •  Kekurangan
  1. Biaya untuk membuat maupun mengakses media berbasis informatika mahal.
  2. Belum tentu semua siswa dapat mengaksesnya maupun menikmatinya.
  3. Pembuatannya susah dan memakan banyak waktu dalam proses pembuatannya.
  4. Harus didukung oleh daya penyalur, listrik maupun jaringan internet.
  5. Belum bisa diakses dengan mudah dan murah di tempat-tempat tertentu.


Penelusuran yang terkait dengan Media Komunikasi

  • contoh media komunikasi
  • jenis media komunikasi
  • pengertian media komunikasi menurut para ahli
  • karakteristik media komunikasi
  • manfaat media komunikasi
  • teori media komunikasi
  • media komunikasi audio adalah
  • media komunikasi pdf

Post a Comment for "Pengertian Media Komunikasi Menurut Para Ahli, Jenis, Tujuan Dan Fungsinya Lengkap"