Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian VGA Card Komputer Beserta Fungsi, Jenis, Bentuk, Kelebihan & Kekurangannya

Pengertian dan Fungsi VGA Card

VGA card adalah atau suka disebut juga dengan kartu VGA, berasal dari singkatan “Video Graphics Accelerator” yang berfungsinya mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor komputer. VGA juga mempunyai prossesor yang di sebut dengan GPU “Graphics Processing Unit” dan juga membutuhkan memory. Kartu VGA berfungsi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis ataupun bermain permainan video game dan lain-lain, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi.
Fungsi VGA Card (Video Graphics Accelerator) adalah untuk menerjemahkan ataupun mengubah sinyal digital yang berasal dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA card juga memiliki fungsi menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk bermain video game, membuat design graphic dan sebagainya.


Sejarah Singkat VGA Card

VGA Card pertama kali dibuat tahun 1981 oleh IBM dengan nama IBM PC video card. Pada saat itu istilahnya adalah MDA (Monochrome Display Adapter) dan hanya bisa beroperasi untuk text mode dengan ukuran 80 kolom 25 baris (80×25). Mempunyai video memory sebesar 4KB dan hanya mensupport 1 warna saja.

Setelah kemunculan MDA kemudian bermunculan beberapa kartu grafik.

Kesuksesan VGA menarik minat beberapa perusahaan seperti ATI, Cirrs Logic dan S3 untuk mengembangkan teknologi ini dengan meningkatkan kemampuan resolusi dan jumlah warna. Hal ini melahirkan teknologi resolusi standar SVGA (Super VGA) , dengan resolusi 1024×768, 256 warna dan memory 2MB.

Pada tahun 1995 muncul ke pasaran kartu grafis 2D/3D yang dikembangkan oleh Matrox, Creative, S3, ATI dan lain-lain. Kartu grafis ini mengikuti standar SVGA tapi sudah mendukung teknologi 3D.

Pada tahun 1997, 3dfx mengeluarkan Voodoo graphic chip yang lebih kuat dari kartu grafis lainnya pada saat itu, dengan memperkenalkan teknologi 3D effects seperti mip mapping, Z-buffering dan anti-aliasing. Setelah kemunculan Voodoo, kartu grafis 3D lainnya bermunculan seperti Voodoo2 dari 3dfx, TNT dan TNT2 buatan Nvidia.

Bandwidh yang dibutuhkan oleh kartu-kartu grafis ini mendekati limit kapasitas PCI bus pada saat itu. Intel mengembangkan AGP (Accelerated Graphics Port) yang memecahkan permasalahan bottleneck antara microprocessor dan kartu grafis. Dari tahun 1999 sampai 2002, Nvidia menguasai pasaran kartu grafis (mengalahkan 3dfx) dengan produk GeForce-nya.

Sejak tahun 2003, ATI dan Nvidia mendominasi pasaran kartu grafis dengan produk Radeon dan GeForce mereka dengan jumlah hampir 90%.

Pengertian VGA Card, Sejarah VGA Card dan  Fungsi VGA Card


Jenis VGA Card Berdasarkan Memori
 
Jenis VGA Card atau kartu VGA berdasarkan klasifikasi memori yang digunakan ini dibedakan menjadi beberapa jenis yakni :
1. Dynamic RAM (DRAM) - VGA Card DRAM ini biasanya digunakan oleh komputer dengan spesifikasi umum yang tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi dan pilihan warna yang banyak. Kecepatan DRAM ini biasanya 80ns/70ns yang ditanamkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.
2. EDO RAM - VGA Card EDO RAM ini biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafik 64 bit. EDO RAM memiliki kecepatan 60ns-35ns yang ditanamkan pada VGA Card winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan lain-lain.
3. SGRAM (VRAM) - VGA Card Synchronous Graphic RAM (SGRAM) ini biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis berkelas tinggi, misalnya komputer untuk 3D accelerator. Kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, sehingga banyak digunakan pada VGA Card misalnya Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II s220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, TAI Rage II 3D Pro dan lain-lain.
4. RAMBUS - VGA Card RAMBUS ini biasanya digunakan pada mesin-mesin video game seperti Nitendo atau Sega. Jadi, kartu grafis ini hanya di produksi terbatas oleh Creative Labs seperti MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.



Jenis dari VGA Card Berdasarkan Bentuk Fisiknya

Ada beberapa jenis VGA card diantaranya adalah:
  • Kartu VGA ISA: ini adalah jenis kartu VGA yang mana sering dimasukkan pada bagian slot ekspansi ISA bus yang masih memiliki isistem I/O 8 bit atau bisa juga sekitar 16 bit.
  • Kartu VGA EISA: ini adalah jenis kartu VGA yang sering dipasangkan pada slot ekspansi EISA yang ada pada bus dengan sistem I/O 32 bit.
  • Kartu VGA PCI: ini adalah jenis kartu VGA yang dipasangkan pada bagian slot PCI bus yang memiliki sistem I/O dengan 32 bit atau bisa juga 64 bit.
  • Kartu VGA AGP: ini adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot dari ekpansi AGP bus yang memiliki sistem I/O dengan 128 bit ataun 256 bit.
  • Kartu VGA PCI Ekspress: ini adalah jenis dari kartu VGA yang mana ketikan dimaksuukan slot ekspansi PCI ekspress bus yang memiliki rangkai sistem I/O nya dengan kecapatan transfer yang benar cepat hinga mencapai 32 GB/s.


Fungsi Vga Card

Vga card berfungi untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Misalnya untuk desain grafis atau bermain video game diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Selain itu vga card juga mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Kartu vga card juga berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis di layar monitor. Tempat letaknya kartu grafis pada komputer dinamakan dengan slot expansi. Chipset pada kartu VGA banyak macamnya karena setiap pabrik pembuat kartu VGA mempunyai chipset andalan masing-masing. Banyak produsen chipset vga seperti NVidia, ATI, Sis, STB, OTi, Number Nine (#9), Trident dan lain-lain


Bentuk Vga Card

Menurut bentuknya Vga card terbagi menjadi 2 bentuk yaitu VGA Card On board dan VGA Card add-on. Kartu VGA onboard bisa ditemukan pada semua mainboard/motherboard pada komputer atau laptop yang sudah terpasang satu paket.
Jenis Vga onboard dapat digunakan untuk menampilkan output pada layar dengan sangat baik. Namun jika ingin melakukan pemprosesan grafis yang tingkat tinggi, kita perlu kartu VGA Card Add-on jika dirasa Vga card onboard kurang maksimal hasilnya. Untuk para desainer, gamer dengan spesifikasi tinggi atau 3D, editor film sangat memerlukan VGA Card Add-on ini.
Oleh sebab itu, VGA Card Add-on pemasangannya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tetapi perangkat ini hanya bisa ditambahkan pada personal komputer saja, untuk laptop tidak tersedia slot penambahan kartu vga. Dan juga Vga Card add-on ini membutuhkan daya listrik yang tinggi dan hanya bisa dipenuhi jika menggunakan PC.



Kelemahan dan kelebihan masing-masing VGA card

VGA card on-board memiliki kelebihan yakni sudah satu paket dengan motherboard, sehingga dipastikan tidak akan ada masalah dengan komputer anda ketika digunakan. Terlebih lagi, VGA card on-board bisa dikatakan gratis. Setiap anda membeli motherboard, pasti sudah terpasang VGA card on-board. Tentu saja ini sangat baik untuk anda yang memiliki budget terbatas dalam pembelian komputer. Sementara kekurangannya adalah VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat.
Sedangkan untuk VGA card add-on, kelebihannya adalah bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu. Sedangkan kelemahannya adalah harganya mahal, bahkan bisa lebih mahal dari seperangkat motherboard ditambah dengan prosesor dan RAM. Selain itu, kelemahan lainnya adalah membuat komputer anda membutuhkan tenaga listrik lebih besar dari biasanya. Jika anda memiliki power supply yang kapasitasnya tidak besar, maka kinerja komputer tidak akan normal, sehingga anda diharuskan mengganti power supply dengan yang lebih tinggi dan tentu saja ini harganya tidak murah.


Demikianlah ulasan artikel mengenai pengertian vga card dan fungsinya lengkap disertai dengan jenis-jenis VGA card. Saran saya bagi anda yang memiliki budget uang dan pecinta game atau desain 3D bisa membeli VGA card yang memiliki spesifikasi tinggi, pada umumnya bisa VGA Nvidia atau ATI serries. Penggunaan VGA Card ini memang terbukti bisa menampilan tampilan grafis yang lebih cepat dan nyata, namun anda harus membelinya jika ingin memiliki tampilan seperti itu. Semoga bermanfaat untuk belajar kompute anda dan terima kasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian VGA Card Komputer
  • pengertian vga nvidia
  • pengertian sound card
  • pengertian video graphic adapter
  • jenis vga
  • pertanyaan tentang vga card
  • pengertian vga card dan jenisnya
  • vga card pertama
  • bagian bagian vga card dan fungsinya

Post a Comment for "Pengertian VGA Card Komputer Beserta Fungsi, Jenis, Bentuk, Kelebihan & Kekurangannya"