Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian RAM, Cara Kerja, Jenis - Jenis Dan Fungsinya Secara Lengkap

Pengertian RAM dan Fungsi RAM
Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory) adalah  tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori atau acak. jadi Ram ini hanya sebagai penyimpanan sementara saja saat anda menggunakan komputer atau software tertentu. agar dapat di proses dengan cepat.RAM sendiri bersifat Volatile artinya membutuhkan aliran listrik. berbeda dengan media penyimpanan lainnya seperti flashdisk hardisk atau cd/dvd yang bersifat non-volatile. jadi Ram Bekerja saat komputer dalam keadaan hidup saja

Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  1. Input storage,berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukkan dari alat input.
  2. Program Storage, bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penyimpan intruksi program yang akan diakses.
  3. Working Storage, merupakan bagian dari memori yang bertugas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  4. Output Storage, berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan di tapilkan ke perangkat output.


Fungsi RAM

Seperti yang disebutkan pada pengertian RAM di atas, fungsi RAM secara umum adalah untuk membaca dan menyimpan data. Berikut penjelasannya:

1. Membaca Data

Semua data dan informasi yang disimpan di dalam harddisk dapat dibuka dengan lebih cepat karena peran dari RAm komputer.
Coba bandingkan kecepatan loading membuka file atau program saat pertamakali diakses dengan saat file  atau program tersebut telah dibuka sebelumnya. Saat program atau file dibuka, maka data dibaca dan disimpan dalam RAM sementara sehingga akan lebih cepat dibuka kembali ketika komputer belum di-shutdown.

2. Penyimpanan Sementara

RAM juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat program di dalam komputer sedang dijalankan. Jadi, ketika kita mengerjakan sesuatu, misalnya membuat makalah, maka komputer akan menyimpan data sementara.
Namun, data tersebut harus disimpan secara permanen untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan karena hal-hal tak terduga. Misalnya listrik padam atau lonjakan arus listrik yang tidak stabil.



Cara Kerja RAM


Pada saat pengguna pertama kali menghidupkan komputer / laptop. salah satu perangkat komputer yang pertama kali diproses adalah Processor. Processor ini bertugas untuk mengolah dan meminta data pada media penyimpanan seperti Harddisk yang berarti data tersebut dikirim dari Processor setelah ada request data dari Processor.
Namun sayangnya mekanismenya tidak semudah itu, berbeda dengan Processor yang merupakan komponen digital murni dengan kecepatan memproses data yang cukup tinggi, Harddisk cenderung lambat dalam memproses data dan kalah 46x lebih lambat dari Processor. Jika hal ini terus dilakukan maka akan terjadi yang namanya bottle-neck.
Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkanlah perangkat lain yang bernama RAM. Meskipun bersifat sementara, RAM ini yang bertugas menyediakan data yang dibutuhkan Processor dengan sangat cepat karena komponen pada RAM juga menggunakan teknologi digital yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi, sehingga kejadian bottle-neck tidak akan terjadi.


Jenis-jenis RAM



Jenis-jenis RAM (Random Access  Memory)

Berikut ini Jenis RAM, diantaranya meliputi:
  • RAM (Dynamic RAM) adalah suatu jenis dari RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit) supaya data yang terkandung didalamnya tidak menghilang.
  • SDRAM adalah singkatan dari “Sychronous Dynamic Random Access Memory” jenis dari RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM akan tetapi telah disinkronisasi oleh clock sistem dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM.
  • DDR RAM adalah kependekan dari “Double Rate Random Access Memory”. DDR RAM sering disebut juga dengan DDR saja. Jenis memory ini merupakan teknologi terusan/kelanjutan dari SDRAM. Ada juga kelanjutannya DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) dan juga DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM), mungkin semakin kesini akan ada generasi barunya.
  • RDRAM adalah kependekan dari “Rambus Dynamic Access Memory” suatu jenis memory yang lebih cepat dan juga lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa dipakai pada sistem yang menggunakan Pentium 4 (empat).
  • SRAM adalah dikenal juga dengan sebutan “Static Random Access Memory” jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU supaya data yang terkandung di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM dari jenis ini mempunyai kecepatan lebih tinggi di bandingkan dengan DRAM maupun SDRAM.
  • EDORAM adalah berasal dari singkatan “Extended Data Out Random Access Memory”, yaitu jenis dari memori yang dipergunakan pada sistem yang telah menggunakan pentium. Jenis ini dapat menyimpan serta mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca maupun tulisnya menjadi agak lebih cepat.




Penelusuran yang terkait dengan Pengertian RAM

  • pengertian ram dan rom
  • pengertian ram hp dan fungsinya
  • pengertian ram dan hardisk
  • fungsi ram
  • cara kerja ram
  • jenis ram
  • contoh ram
  • pengertian processor

Post a Comment for "Pengertian RAM, Cara Kerja, Jenis - Jenis Dan Fungsinya Secara Lengkap"