Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA Yang Menarik

Pidato merupakan sebuah cara yang memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan melalui ungkapan kepada siapapun yang hendak menyaksikan.Nah, pidato sendiri disampaikan dalam bentuk kata-kata, namun yang patut diperhatikan saat berpidato adalah ekspresi wajah, intonasi suara dan gestur yang kamu tunjukkan harus diperhatikan dengan baik. 
Oleh karena itu, orang yang menyaksikan tidak hanya akan mendengarkan suara kamu yang berpidato, tetapi juga melihat secara jelas bagaimana ekspresi wajah dan gerak-gerik yang kita tunjukkan. Seperti pada saat seseorang berpidato di pemakaman. Untuk menunjukkan empati, seseorang yang berpidato harus menunjukkan gestur kesedihan dan empati yang mendalam, agar mereka yang mendengarnya dapat merasakan lebih dalam perasaan keluarga dan kerabat yang tengah berduka.


Tujuan Pidato

Setiap orang yang melakukan pidato pasti memiliki tujuan. Berikut ini adalah tujuan dari pidato.
  • Untuk mempengaruhi orang lain untuk mau mengikuti apa yang kita sampaikan dengan suka rela.
  • Untuk memberi suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain yang mendengarkan pidato kita.
  • Untuk membuat orang lain senang dengan pidato yang kita sampaikan sehingga orang lain akan lebih mudah memahami apa yang kita bicarakan.

Isi Utama Dalam Berpidato

Isi utama dalam berpidato perpisahan kelas enam ini umumnya meliputi :
  • Salam pembuka
  • Ucapan terimakasih
  • Ucapan kebahagiaan
  • Tujuan selanjutnya
  • Nasihat dan kiat untuk adik tingkat
  • Kata perpisahan

 

Contoh Pidato

Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan anugerah-Nya kepada kita semua, terutama sekali atas nikmat sehat yang telah berikan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul bersama-sama dalam acara kita pada hari ini dalam rangka memperingati hari ibu, semoga melalui acara seperti ini kita semua menemukan momentum yang mengharukan sekaligus membahagiakan.

Tidak lupa sholawat serta salam semoga selalu dan senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan banyak nasihat kebaikan dunia dan akhirat kita semua.

Bapak-bapak, ibu- ibu, dan semua hadirin yang saya hormati, dan terkhusus teman-teman kelas 3 seperjuangan sependeritaan yang telah melewati hari-hari melelahkan pada ujian nasional lalu.Saya senang sekali bisa mewakili kalian semua untuk sekedar menyampaikan rasa senang dan haru yang kalian pendam selama ini.

Saya ingat apa yang diucapkan oleh Thomas Meeha, “How lucky I am to have something that makes saying goodbye so hard.” Meeha merasa beruntung bisa mengucapkan salam perpisahan meski hal tersebut terasa berat baginya.

Saya mengartikan perkataan Thomas Meeha tersebut sebagai sebuah rasa sayang yang tak bisa diukur. Begitu pula saya sendiri, mewakili kawan-kawan lainnya, merasa berat sekali untuk mengucapkan salam perpisahan kepada seluruh makhluk yang masih berjuang untuk sekolah tercinta kita ini. Saking beratnya, saya hampir tidak sudi mengucapkannya di depan semua orang yang hadir di sini. Betapa sulit untuk mengucapkan sebuah salam perpisahan kepada orang-orang yang selama ini membimbing kita menuju jalan yang lebih baik.

Bagaimanapun pintarnya kita, bagaimanapun ganteng dan cantiknya kita, kalau tidak ada bimbingan dari seluruh jajaran guru di sekolah ini, kita tidak akan bisa merasakan indahnya lulus sekolah. Entah jadi apa nanti kita ini, entah melanjutkan sekolah mana kita nanti, jasa-jasa guru tetaplah tidak pernah bisa terhapus dari memori kita. Oleh sebab itu, nanti di saat kita bertemu dengan beliau-beliau di tempat yang tidak seperti biasanya, janganlah kita merasa enggan, janganlah merasa malu.

Lebih lanjut, pada kesempatan ini, saya juga menekankan bahwa benar adanya apa yang diungkapkan oleh guru-guru pendahulu kita, yang mengatakan ilmu tanpa amal ibarat pohon tak berbuah. Oleh karena itu, kepada seluruh kawan-kawan, sedikit apapun ilmu yang kita raih di sekolah ini, jika kita selalu berbagi ilmu kepada yang membutuhkan, insyaAllah kita akan mendapatkan sebuah kenikmatan tersendiri.

Akhirnya, tidak ada kata seindah do’a. Saya ucapkan salam perpisahan ini kepada seluruh jajaran dan pihak yang ada di tempat yang sering kita datangi setiap hari. Saya yakin bahwa salam perpisahan bukanlah ucapan salam biasa, salam perpisahan adalah sebuah do’a di mana kita berharap keselamatan dan kesehatan ketika nanti akan bertemu kembali. Sungguh bahagia bukan jika kita masih diberi kesempatan selamat dan sehat ketika kita bisa bertemu kembali.

Demikianlah pidato perpisahan yang bisa saya sampaikan, semoga kita bisa bertemu lagi pada lain kesempatan, semoga kita bisa bersua lagi di lain kegiatan, semoga kita masih diberi keselamatan dan kesehatan di saat kita bertemu nanti. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Pidato Lainnya:
  1. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Mudah Dihafal
  2. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Pendek Terbaru
  3. Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah Dihafal 
  4. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Menyentuh Hati 
  5. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Untuk MI dan SD 
  6. Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Panjang dan Mengharukan
  7. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Sedih, Paling Bagus, dan Singkat
  8. Contoh Pidato Tentang Kejujuran Mudah di Hafal 
  9. Contoh Pidato Perpisahan Sekolah yang Panjang 
  10. Contoh Pidato Singkat Bahasa Jawa Mudah di Hafal 
  11. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP Terbaru dan Menarik

Post a Comment for "Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA Yang Menarik"