Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ansuransi Kesehatan : Manfaat, Jenisnya, Istilah Dalam Ansuransi dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Asuransi Kesehatan Dan Manfaatnya

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah suatu produk asuransi yang dapat memberikan jaminan keamanan finansial kepada pemegang polis ketika pemegang polis mengalami sakit atau gangguan kesehatan atau kecelakaan yang membuatnya masuk rumah sakit, secara umum ada 2 (dua) jenis perawatan yang ditawarkan pihak perusahaan asuransi, diantaranya rawat inap dan rawat jalan

Apa itu polis asuransi?

Polis asuransi  adalah suatu perjanjian asuransi ataupun pertanggungan yang bersifat konsensual (yaitu adanya kesepakatan), perjanjian harus dibuat secara tertulis dalam suatu akta antara pihak yang mengadakan perjanjian tersebut. Pada akta yang dibuat secara tertulis tersebut dinamakan sebagai polis. Jadi yang dimaksud polis yaitu tanda bukti perjanjian pertanggungan yang merupakan bukti tertulis, itulah yang dimaksud dengan polis. 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Seseorang mengikuti asuransi tentunya karena ada manfaat yang akan diterimanya. Sebenarnya asuransi menurut pengertian asuransi memiliki manfaat yang sangat banyak, mulai dari manfaat secara general atau umum dan juga manfaat yang lebih khusus. Secara umum, semua asuransi menurut pengertian asuransi dapat memberikan manfaat yang tentunya dapat dirasakan oleh semua nasabahnya. Secara khusus, asuransi menurut pengertian asuransi dapat memberikan manfaat-manfaat yang hanya dapat dirasakan jika kita mengikuti jenis asuransi tertentu. Misalnya seseorang yang memilih untuk mengikuti asuransi kesehatan tentunya akan merasakan manfaat yang berbeda dengan orang yang mengikuti asuransi kebakaran rumah.

Berikut ini adalah manfaat asuransi secara umum menurut pengertian asuransi yang dapat diperoleh oleh orang yang mengikuti asuransi:

1. Memberikan Rasa Aman


Tidak dapat dipungkiri, jaminan yang diberikan oleh asuransi pasti memberikan rasa aman bagi orang yang mengikutinya. Menurut pengertian asuransi, berbagai resiko dalam kehidupan pastinya dapat memberikan perasaan khawatir pada semua orang. Asuransi dapat mengurangi rasa kekhawatiran tersebut karena resiko-resiko yang dapat terjadi tersebut dapat ditanggung secara finansial. Menurut pengertian asuransi, perasaan aman tersebut dapat membuat kita merasa lebih tenang dan lebih berkonsentrasi dalam beraktivitas dan mengembangkan diri.

2. Memberi Kepastian


Hampir sama dengan manfaat sebelumnya, menurut pengertian asuransi, sebuah asuransi dapat memberikan kepastian dari berbagai ketidakpastian yang terjadi dalam hidup. Dengan manfaat ini, kita dapat memperkirakan berbagai resiko yang mungkin terjadi dan mengkonversinya dalam nilai finansial. Sehingga jika suatu hari terjadi pergolakan, segala kerugian yang kita alami dapat ditanggung oleh asuransi.

3. Tempat Menabung dan Investasi


Saat ini asuransi tidak hanya berfungsi untuk mengganti kerugian, namun juga bisa menjadi sebuah sarana untuk menabung dan berinvestasi. Menurut pengertian asuransi, sejumlah dana yang diasuransikan memiliki nilai tunai yang dapat diambil kembali pada jangka waktu tertentu. Jenis asuransi ini dikenal dengan istilah whole life atau endowment. Sementara itu, dalam pengertian asuransi ada pula asuransi yang digabungkan menjadi investasi, yakni asuransi yang dinamakan unitlink.



Jenis Asuransi Kesehatan


Secara umum, ada 6 jenis asuransi kesehatan dengan pertinjauan yang berbeda-beda. Berikut akan kami paparkan 6 jenis asuransi kesehatan tersebut.
  • Asuransi Berdasarkan Jenis Perawatan

Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah asuransi rawat inap. Asuransi rawat inap akan mengcover biaya rumah sakit, obat, layanan laboratorium, layanan dokter, layanan darurat hingga biaya persalinan. Yang kedua yaitu asuransi rawat jalan. Asuransi jenis ini hanya akan menanggung biaya perawatan yang bersifat mencegah seperti konsultasi dokter dan lain sebagainya.
  • Asuransi Berdasarkan Pihak Tertanggung


Pihak tertanggung meliputi individua tau kelompok. Untuk asuransi kesehatan individu, penanggungan biaya pengobatan ditunjukkan hanya untuk satu orang sehingga hanya pemegang polis asuransi saja yang bisa mengklain dana asuransi. Sedangkan untuk asuransi kelompok, penangguhan dana oleh perusahaan asuransi berlaku untuk kelompok, dalam hal ini bisa keluarga, perusahaan, atau organisasi dengan syarat yang sudah ditentukan.
  • Asuransi Berdasarkan Jumlah Dana Yang Ditanggung


Merujuk pada jumlah dana yang ditanggung oleh perusahaan. Ada jenis asuransi yang mengcover secara keseluruhan seluruh biaya pengobatan, ada juga jenis asuransi standar yang hanya menanggung pelayanan kesehatan tertentu saja. Tentunya kedua jenis asuransi ini memiliki syarat dan ketentuan yang sudah disepakati kedua belah pihak.
  • Asuransi Berdasarkan Keikutsertaan Anggota


Jenis asuransi kesehatan ini dilihat dari keikutsertaan anggota. Ada yang wajib dan ada pula yang sukarela. Untuk asuransi kesehatan yang bersifat wajib biasanya merupakan kebijakan perusahaan yang mengharuskan karyawannya mendaftar asuransi kesehatan dengan mitra perusahaan asuransi. Pembayaran premi akan dilakukan serentak oleh perusahaan tersebut dari pemotongan gaji. Sedangkan untuk asuransi yang bersifat sukarela lebih fleksibel karena bisa menyesuaikan kebutuhan tanpa ada paksaan. Ini biasanya untuk masyarkat yang tidak terikat dengan perusahaan.
  • Asuransi Berdasarkan Pembayaran Ganti Rugi


Berdasarkan sistem pembayaran ganti rugi, ada dua jenis asuransi. Pertama, asuransi dengan sistem cashless atau pembayaran langsung. pada sistem cashless, kalian hanya perlu menunjukkan kartu anggota dari perusahaan asuransi yang kalian miliki saat melakukan pengobatan. Dengan kata lain, pemegang polis dapat mengklaim langsung dana asuransi miliknya. Kedua, asuransi dengan sistem reimbursement atau pembayaran berganti. Pada asuransi jenis ini, kalian harus melakukan deposit terlebih dahulu saat pengobatan. Setelah itu, perusahaan akan menggantinya ketika kalian menunjukkan struk pembayaran pengobatan.
  • Asuransi Berdasarkan Pengelola Dana


Dana asuransi dikelolah oleh pemerintah dan perusahaan swasta. Asuransi yang dikelola oleh pemerintah merupakan program pelayanan masyarakat untuk membantu meringankan biaya pengobatan mereka. Oleh karena itu, asuransi jenis ini sangat bergantung pada kebijakan pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun daerah. Sedangkan asuransi yang dikelola oleh perusahaan swasta, mereka menawarkan produk berupa premi kesehatan dan menjadikannya bisnis yang menghasilkan keuntungan. Tak heran jika, asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan swasta lebih variatif dan unggul.



Istilah-Istilah dalam Asuransi Kesehatan

  1. Alat kesehatan – Bukan hanya resep dokter saja. Asuransi kesehatan juga akan menggantipembelian alat kesehatan yang dianjurkan oleh dokter. 
  2. Biaya ambulans – Selain biaya rumah sakit, asuransi kesehatan juga akan memberikan pembebasan biaya terhadap biaya transportasi dari dan ke rumah sakit dengan menggunakan ambulan. 
  3. Biaya kamar – Biaya yang dikeluarkan untuk rawat inap harian akan ditentukan berdasarkan paket premi asuransi yang dibayarkan. Sama halnya seperti paket premi BPJS Kesehatan yang dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelas I, kelas II dan kelas III. Semakin besar premi yang Anda bayarkan, Anda akan mendapatkan limit kamar yang lebih tinggi. 
  4. Biaya persalinan – Layanan ini lagi-lagi tergantung pada paket premi yang Anda bayarkan. Jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki pasangan yang akan melahirkan, pastikan asuransi kesehatan yang Anda beli sudah termasuk dalam perlindungan biaya persalinan termasuk tindakan yang kemungkinan terjadi seperti operasi sesar. 
  5. Masa tenggang – Periode waktu tertentu yang diberikan kepada peserta asuransi untuk melanjutkan pembayaran premi tanpa dikenai denda maupun bunga. 
  6. Masa tunggu – Periode waktu yang dihitung sejak penerimaan polis asuransi oleh peserta. Dalam periode tersebut peserta tidak bisa melakukan klaim sampai masa tunggu berakhir. Umumnya masa tunggu bervariasi antara 30-90 hari tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan. 
  7. No claim bonus – Istilah ini adalah berupa rewards dari perusahaan asuransi jika dalam satu tahun sebelumnya tidak ada klaim, maka Anda akan mendapatkan bonus dengan bentuk yang berbeda-beda. Biasanya dalam bentuk potongan premi atau poin rewards yang bisa ditukarkan dengan sejumlah dana.Sebagai contoh, jika sepanjang tahun 2018 lalu tidak ada klaim asuransi kesehatan, Anda akan mendapatkan no claim bonus pada tahun 2019. Bentuk dan jumlahnya disesuaikan dengan kebijakan perusahaan asuransi masing-masing. 
  8. Pembayaran cashless – Layanan ini hanya akan Anda dapatkan di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Peserta cukup menunjukkan kartu peserta untuk mendapatkan perawatan dan pemeriksaan di rumah sakit tanpa harus membayar sejumlah uang. 
  9. Pembayaran reimbursement – Peserta membayar terlebih dahulu biaya pemeriksaan maupun perawatan. Perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut jika peserta memberikan bukti pembayaran yang sah dari rumah sakit. 
  10. Pemeriksaan laboratorium – Untuk kasus tertentu, dibutuhkan observasi dan diagnosis yang lengkap. Salah satunya dengan pemeriksaan laboratorium. Tenang saja, pemeriksaan laboratorium juga termasuk salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari asuransi kesehatan. 
  11. Pemeriksaan kesehatan – Beberapa perusahaan asuransi memberikan proteksi tidak hanya pada saat Anda sakit saja tetapi juga memberikan penggantian biaya jika Anda melakukan pemeriksaan kesehatan rutin di rumah sakit. Tentu saja untuk poin ini harus Anda cari informasinya dari agen asuransi atau polis asuransi yang Anda miliki. 
  12. Perawatan kesehatan mata dan gigi – Beberapa paket asuransi kesehatan sudah mencakup perawatan kesehatan mata dan gigi. Bahkan seperti BPJS Kesehatan saja memberikan plafon khusus untuk pembelian kacamata disesuaikan dengan kelasnya. 
  13. Polis – Perjanjian tertulis bersifat mengikat antara peserta asuransi dan perusahaan asuransi yang berisi tentang hak dan kewajiban kedua belah pihak.   
  14. Premi – Uang yang harus dibayarkan oleh peserta asuransi untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Besarnya premi ditentukan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan manfaat dan uang pertanggungan yang didapatkan. 
  15. Proteksi sebelum dan sesudah perawatan – Polis asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan terhadap biaya yang ditimbulkan sebelum dan sesudah proses perawatan di rumah sakit. Ini juga ditentukan oleh paket premi asuransi kesehatan yang Anda pilih. 
  16. Resep dokter – Setelah pemeriksaan oleh dokter, biasanya disertai dengan pemberian resep. Asuransi kesehatan juga sudah menanggung biaya resep dokter.


Contoh Ansuransi Kesehatan

  • Contoh Asuransi Kesehatan Berdasarkan Perawatan

Contoh asuransi kesehatan yang pertama adalah asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan yang diberikan. Adapun bentuk dari asuransi kesehatan tersebut terbagi menjadi dua yakni rawat inap dan rawat jalan.Asuransi rawat inap merupakan proteksi terhadap kesehatan pihak tertanggung apabila mengalami sakit, kecelakaan atau peristiwa lain yang menyebabkan pihak tertanggung tersebut harus melakukan rawat inap di suatu rumah sakit. Manfaat kesehatan yang diperoleh dari asuransi rawat inap antara lain biaya kamar rawat, biaya cek laboratorium, konsultasi dokter, obat-obatan hingga foro rontgen.Asuransi rawat jalan merupakan perlindungan terhadap kesehatan pihak tertanggung apabila mengalami sakit, kecelakaan atau peristiwa lainnya yang menyebabkan dia harus menjalani pengobatan secara kontinyu tanpa harus menginap di rumah sakit. Asuransi jenis ini memberikan manfaat kepada pihak tertanggung berupa biaya obat-obatan, konsultasi dokter, cek laboratorium hingga pengobatan tambahan lainnya.

  • Contoh Asuransi Kesehatan Berdasarkan Uang Ganti Rugi

Contoh asuransi kesehatan yang diberikan kepada pihak tertanggung berdasarkan jenis uang ganti rugi terbagi menjadi dua yakni asuransi pembayaran langsung dan pembayaran berganti.Asuransi pembayaran langsung merupakan asuransi kesehatan yang melakukan pembayaran ganti rugi secara langsung kepada pihak tertanggung yang mengalami kejadian sakit, kecelakaan maupun peristiwa lain yang mengganggu kesehatannya. Pihak penyedia asuransi kesehatan akan membayarkan uang ganti rugi langsung kepada Anda selaku pihak tertanggung.Asuransi pembayaran berganti merupakan asuransi kesehatan yang akan melakukan pembayaran ganti rugi kepada pihak tertanggung setelah pihak tertanggung membayarkan terlebih dahulu biaya pengobatan medis yang dilakukan.


  • Contoh Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jumlah Dana yang Ditanggung

Contoh asuransi kesehatan berdasarkan jumlah dana yang ditanggung terbagi menjadi dua yakni asuransi kesehatan standar dan asuransi kesehatan full.Asuransi kesehatan standar merupakan asuransi kesehatan yang diberikan oleh pihak penanggung kepada pihak tertanggung secara tidak menyeluruh. Pihak perusahaan penyedia asuransi kesehatan hanya membayarkan biaya-biaya tertentu saja.Asuransi kesehatan full merupakan asuransi kesehatan yang disediakan oleh pihak penanggung untuk diberikan kepada pihak tertanggung secara full atau menyeluruh tanpa terkecuali. Asuransi jenis ini akan diberikan sesuai dengan perjanjian kontrak atau akad disahkannya asuransi kesehatan pada kedua belah pihak.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Asuransi Kesehatan
  • pengertian asuransi kesehatan menurut para ahli
  • pengertian asuransi kesehatan pdf
  • pengertian asuransi kesehatan swasta
  • manfaat asuransi kesehatan
  • pengertian asuransi kendaraan
  • pengertian asuransi kesehatan menurut undang-undang
  • pengertian asuransi jiwa
  • pengertian asuransi pendidikan

Post a Comment for "Pengertian Ansuransi Kesehatan : Manfaat, Jenisnya, Istilah Dalam Ansuransi dan Contohnya Secara Lengkap"