Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sains : Tujuan, Ciri-Cirinya dan Ruang Lingkupnya


Sains adalah berasal dari bahasa latin yaitu “scientia” yang artinya pengetahuan. Jadi definisi sains ialah suatu cara untuk mempelajari berbagai aspek-aspek tertentu dari alam secara terorganisir, sistematik & melalui berbagai metode saintifik yang terbakukan.



Selain pengertian atau definisi sains diatas, juga terdapat beberapa pengertian sains yang dikemukakan oleh para ahli. Adapun pengertian tersebut antara lain sebagai berikut..

1. Pengertian Sains Menurut Webster’s New Collegiate Dictionary 
Berdasarkan pendapat Webster’s New Collegiate Dictionary, bahwa pengertian sains adalah pengetahuan yang dicapai melalui studi atau praktek atau pengetahuan yang memiliki kebenaran dari pengoperasian ilmu misalnya yang diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah. 

2. Pengertian Sains Menurut Hardy dan Fleer 
Menurut Hardy dan Fleer (1996) bahwa sains dalam perspektif yang lebih luas. Menurut ahli sains bahwa terdapat pengertian dan fungsi sains.
  • Sains sebagai kumpulan pengetahuan 
  • Sains sebagai suatu proses
  • Sains sebagai kumpulan nilai 
  • Sains sebagai suatu cara untuk mengenal dunia. 

3. Pengertian Sains Menurut Hardy dan Fleer 
Hardy dan Fleer memberikan penekanan bahwa terdapat aspek nilai ilmiah yang melekat kedalma sains yang termasuk didalam nilai kejujuran, rasa ingin tahu, dan keterbukaan saat dan setelah seseorang melakukan suatu proses-proses sains. 

4. Pengertian Sains Menurut Einstein 
Menurut Einstein (1940) mengatakan bahwa sains adalah “science is the attempt to make the chaotic diversity of our sense ecperience correspond to a logically uniform system of thought. Menurut ahli fisika ini bahwa pengertian sains adalah sebuah bentuk upaya atau kegiatan yang memungkinkan dari berbagai variasi atau engalaman inderawi mampu membentuk sebuah sistem pemikiran atau pola pikir yang secara rasional seragam. 

5. Pengertian Sains Menurut Doran 
Menurut Doran R.et al. (1998) mengatakan bahwa pengertian sains adalah “Learning science is something that students do, actively, non something that is done to them.”
 
6. Pengertian Sains Menurut UU No. 2 Tahun 2003  
Menurut UU No. 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) bahwa pengertian sains adalah salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manusia, yang dalam Undang-Undang dijelaskan bahwa pembelajaran Sains (Ilmu Pengetahuan Alam) diberikan pada jenjang pendidikan yang terdapat di Indonesia (SD/MI,SMP/MTS, maupun SMK) baik negeri maupun swasta. 

7. Pengertian Sains Menurut Sund 
Menurut Sund (Yudianto, 11:2005) bahwa pengertian sains adalah sebagai produk dan proses hal-hal berikut ini: 
  • Scientific attitudes (sikap ilmiah), yaitu misalnya keyakinan nilai-nilai, gagasan, objektif, jujur, menghargai pendapat orang lian, dan sebagainya. 
  • Scientific processes or methods (metode ilmiah), yaitu suatu cara khusus dalam memecahkan problem misalnya mengamati fakta, membuat hipotesis, merancang dan melaksanakan eksperimen, mengumpulkan, dan menyusun data, mengevaluasi data, menafsirkan, dan menyimpulkan data, serta membuat teori dan mengkomunikasikannya. 
  • Scientific products atau produk ilmiah yang berarti terdapat fakta, konsep, prinsip, hukum, teori tentang fenomena alam dan juga sebagainya.




Ruang lingkup sains terbatas pada berbagai hal yang dapat dipahami oleh indera (penglihatan, sentuhan, pendengaran, rabaan & pengecapan) atau dapat dibilang sains itu pengetahuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan pembuktian.
Definisi sains seperti tadi diatas seringkali dikenal atau disebut dengan sains murni, untuk dapat membedakannya dengan sains terapan, yang merupakan aplikasi dari sains yang ditujukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Ilmu sains pada di klasifikasikan menjadi 2 (dua), diantaranya yaitu :
  • Natural sains / ilmu pengetahuan Alam.
  • Sosial sains / ilmu pengetahuan sosial.

Tujuan Sains

Segala sesuatu diciptakan dengan sebuah tujuan, begitu pula dengan sains. Ada beberapa alasan yang menjadi titik mula lahirnya sains. Salah satunya adalah sebagai sarana untuk mengungkanpkan sebuah fakta. Tentunya hal ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa metode penyelidikan ilmiah seperti observasi, hipotesi, prediksi, penelitian dan kemudian kesimpulan.

Ciri-Ciri Sains

Untuk bisa mengenali dan memahami sains, maka berikut di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri sains yang bisa dijadikan sebagai acuan.
  1. Sains memiliki satu ciri khas berupa logis dan rasional (masuk akal)
  2. Didasarkan pada bukti yang bisa dibuktikan keakuratannya
  3. Falsifable
  4. Dapat digunakan dalam berbagai situasi yang sama
  5. Terdapat sebuah kesenjangan yang tidak bisa dijelaskan oleh teori
  6. Objektif, baik dalam segi bias maupun kontrol variabel
  7. Jujur dan apa adanya
  8. Tidak ada keraguan seperti kebetulan maupun korelasi lain yang tidak bisa dibuktikan
  9. Memiliki penjelasan yang sederhana


Contoh Pembagaian Bidang Sains

Bidang sains dapat di bagi menjadi beberapa bagian yang diantaranya adalah:

Pada IPA

Di dalam IPA ada:
  • Kimia (Chemistry)
    Kimia Analitik, kimia anorganik, Elektrokimia, Kimia organik, kimia polimer, thermokimia, ilmu material, dan lainnya.
  • Biologi (Biology)
    Anatomi, Ekologi, biofisika, taksonomi, virulogi, zoologi, Fisiologi, genetika, dan lainnya.
  • Fisika (Physics)
    Astronomi, fisika material, kinetika, fisika nuklir, dinamika, mekanika quantum, optik, thermodinamika, dan lainnya.
  • Ilmu Bumi (Earth Science)
    Ilmu lingkungan, paleontologi, geologi, geodesi, hydrologi, meteorologi, oceanografi dan lainnya.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Sains
  • pengertian sains menurut para ahli
  • pengertian sains dasar
  • pengertian sains modern
  • makalah pengertian sains
  • pengertian sains dalam bahasa inggris
  • jurnal pengertian sains
  • mengapa biologi merupakan bagian dari sains
  • pengertian ipa

Post a Comment for "Pengertian Sains : Tujuan, Ciri-Cirinya dan Ruang Lingkupnya"