Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian IPTEK Meliputi Sejarah, Manfaat, Dampaknya, dan Contohnya Secara Lengkap


IPTEK adalah singkatan dari ‘ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang teknologi. Dapat juga dikatakan, definisi IPTEK ialah merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan yang terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi itu sendiri.

Lalu kita bahas mengenai pengertian Ilmu, Pengetahuan dan teknologi:
Ilmu adalah pemahaman mengenai suatu pengetahuan, yang mempunyai fungsi untuk mencari, menyelidiki, lalu menyelesaikan suatu hipotesis. Ilmu juga yaitu merupakan suatu pengetahuan yang sudah teruji akan kebenarannya.
Pengetahuan adalah suatu yang diketahui ataupun disadari oleh seseorang yang didapat dari pengalamannya. Pengetahuan juga tidak dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena kebenarannya belum teruji. Pengetahuan muncul disebabkan seseorang menemukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah dilihatnya.
Teknologi adalah suatu penemuan melalui proses metode ilmiah, untuk mencapai suatu tujuan yang maksimal. Atau dapat diartikan sebagai sarana bagi manusia untuk menyediakan berbagai kebutuhan atau dapat mempermudah aktifitas.


Sejarah Perkembangan IPTEK Di Indonesia


Sejak dulu perkembangan teknologi dikuasai oleh bangsa barat, dan masyarakat Indonesia sangat jauh tertinggal begitupun pada masa kolonial Belanda.Baru pada masa pendudukan Jepang, teknologi sempat diperkenalkan dalam bidang pertanian namun tidak berpengaruh besar pada kehidupan masyarakat Indonesia.
Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:
  1. Terbatasnya penduduk Indonesia yang mendapatkan pendidikan
  2. Sedikitnya orang Indonesia yang terlibat langsung dalam perkembangan teknologi
  3. Tidak ada inovasi baru yang berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia
  4. Tidak adanya Industilisasi
  5. Tidak diizinkannya pengambil alihan teknologi pada masyarakat Indonesia
Perkembangan IPTEK di Indonesia tidak tidak terlepas dari peran pemerintah yang membentuk Departemen Urusan Riset Nasional (Durenas) dan pembentukan Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) sebagai badan riset khusus dilembaga tersebut.Durenas didirikan pada 6 Maret 1862 dan MIPI pada 8 Maret 1956.
Pada 1963 Durenas berganti nama menjadi Departemen Riset Nasional (DRN) yang bertugas mengurus, mengamati, mengarahkan dan mengendalikan kegiatan riset dan teknologi di Indonesia.Pada tanggal 23 Agustus 1967, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) didirikan yang memiliki tugas-tugas sebagai berikut:
  1. Memberi nasihat kepada pimpinan pemerintahan dalam perumusan kebijakan nasional
  2. Membina tenaga-tenaga peneliti agar ilmu pengetahuan berkembang pesat di Indonesia
  3. Menyadarkan masyarakat Indonesia akan pentingnya ilmu pengetahuan khususnya teknologi
  4. Menyelenggarakan hubungan Internasional
Beberapa lembaga yang dikembangkan oleh LIPI dalam usahanya untuk memajukan perkembangan IPTEK di Indonesia antar lain adalah:
  • Lembaga Biologi Nasional (LBN)
  • Lembaga Meteorologi Nasional (LMN)
  • Lembaga Geologi Dan Pertambangan Nasional (LGPN)
  • Lembaga Penerbangan dan Antariksa
  • Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi
  • Pusat Penelitian, ilmu pengetahuan, dan Teknologi (Puspitek)


Manfaat Iptek

     Dalam penggunaannya , IPTEK memiliki berbagai manfaat untuk berbagai sektor kehidupan. Dengan memanfaatkaan IPTEK, banyak hal yang dapat dicapai.
Berikut manfaat IPTEK :
  1. Segala hal menjadi lebihh mudah - Dengan adanya penemuan yanng menggunakan IPTEK, khidupan manusia akan menjadi lebih mudah dan bisa dijangkau. 
  2. Membantu penyelesaian permasalahan manusia- Kehidupan tanpa masalah adalah sesuatu hal yang tidak mungkin terjadi dalam kehidupan manusia. dengan ditemukannya inovasi inovasi teknologi akan memudahkan manusia menyelesaikan masalah manusia. 
  3. Kehidupan menjadi lebih maju - Dengan memanfaatkan teknologi dengan optimal dan sesuai dengan fungsinya, kehidupan akan menjadi lebih maju dan bisa meningkatkan manfaat diberbagai bidang kehidupan. 
  4. Mengoptimalkan bisnis - Berbagai bidang bisnis bisa ditunjang dengan teknologi yang dioptimalkan penggunanya. Keuntungan bisnis akan meningkat jika pengguna teknologi dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang ada. 
  5. Komunikasi menjadi lebih mudah - Teknologi juga dapat meningkatkan fungsi komunikasi menjadi mudah. komunikasi bisa dilakukan tanpa batas dan tanpa jarak. Dengan adanya dukungan yang sangat canggih, kemungkinan untuk melakukan komunikasi jarak jauh akan sangat mudah didapatkan dimanapun anda berada.

Dampak Positif IPTEK

Iptek memiliki dampak yang positif diantaranya:
  1. Membuat sesuatu menjadi lebih mudah.
  2. Meringankan masalah yang sedang di hadapi oleh seseorang.
  3. IPTEK membawa kita menuju jaman modern.
  4. Mengurangi bahan alami yang semakin kini semakin langka dan habis.

Dampak Negatif Iptek

Iptek memiliki dampak yang negative diantaranya:
  • Dapat merusak moral - Ini dapat merusak moral seseorang karena dapat menjadi suatu media yang mempengaruhi seseorang karena ada konten yang berbau negative dan sebagainnya.
  • Dapat membuat polusi - Ini dapat menimbulkan polusi karena iptek memerlukan banyak perkembangan yang pada saat berkembang iptek akan banyak mempengaruhi pencemaran polusi
  • Dapat membuat orang malas - Iptek dapat membuat seseorang berkerja menjadi mudah dan dapat membuat Manusia jadi di manjakan dan akhirnya menjadi malas.


Iptek Dibidang Pendidikan

    Iptek dibidang pendidikan menjadikan siswa dan guru dapat belajar mengajar dengan lebih mudah dan efektif. Akan tetapi belum sepenuhnya daerah di indonesia yang terjangkau oleh teknologi , masih banyaknya daerah yang belum terjangkau mengharuskan kita seefektif mungkin memanfaatkan teknologi yang ada untuk kegiatan belajar.
a) E Book
merupakan jenis buku elektronik yang berbentuk softcopy yang dapat dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan handphone/ tablet. E Book memiliki berbagai format penyimpanan yang dapat dibuka di perangkat elektronik, seperti PDF,TXT,HTML,XML,Mobi.
b) Aplikasi belajar
saat ini muncul berbagai aplikasi belajar baik itu berbayar ataupun gratis (free). Aplikasi belajar ini memudahkan bagi siswa yang sulit mencerna pembelajaran secara langsung oleh guru, selain itu dengan aplikasi ini kita dapat belajar dimanapun bahkan kapanpun. 

Contoh IPTEK

IPTEK bisa diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan. Beberapa contoh penggunaan IPTEK bisa dijelaskan berikut ini:
  1. Penemuan internet
  2. Berbagai aplikasi yang mempermudah aktivitas manusia
  3. Alat kedokteran yang menggunakan berbagai teknologi
  4. Penemuan smartphone
  5. Penemuan transportasi umum yang canggih
Itulah pengertian IPTEK beserta manfaat dan contoh penerapannya. Penggunaan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam jenisnya. Berbagai manfaat bisa didapatkan dengan mudah dengan mengoptimalkan berbagai teknologi yang ada saat ini. Dengan demikian, kehidupan manusia akan menjadi semakin maju dan akan menimbulkan banyak dampak yang positif.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian IPTEK
  • pengertian iptek menurut para ahli
  • pengertian iptek brainly
  • pengertian iptek pdf
  • jelaskan pengertian iptek bagi perkembangan suatu negara
  • pengertian iptek dalam islam
  • pengertian iptek dan dampaknya
  • contoh iptek
  • tujuan iptek

Post a Comment for "Pengertian IPTEK Meliputi Sejarah, Manfaat, Dampaknya, dan Contohnya Secara Lengkap"