Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Komunitas Meliputi Jenis, Manfaat, dan Contoh Secara Lengkap

Pengertian Komunitas Dan Menurut Para Ahli Lengkap
Di jaman sekarang ini banyak sekali komunitas-komunitas atau organisasi yang dibentuk dengan maksud untuk mencapai tujuan yang sebelumnya telah disepakati. Bukan hanya di kehidupan dunia nyata saja komunitas dapat di bentuk, tapi di jaman yang serba instan dan canggih ini kumunitas dapat dibentuk di dunia maya atau internet dengan maksud yang sama yaitu untuk mencapai tujuan. Komunitas dibentuk untuk mencapai target atau suatu tujuan yang telah di sepakati sebelumnya sehingga komunitas yang terbentuk tetap pada jalur yang telah di tetapkan agar tujuan dapat tercapai.

Pengertian komunitas

Komunitas adalah kelompok sosial yang berasal dari beberapa organisme yang saling berinteraksi di dalam daerah tertentu dan saling berbagi lingkungan. Biasanya mempunyai ketertarikan dan habitat yang sama.
Atau definisi Komunitas yang lainnya adalah sebuah kelompok yang menunjukkan adanya kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas keanggotaannya, misalnya seperti: kesamaan profesi, kesamaan tempat tinggal, kesamaan kegemaran dan lain sebagainya. Seperti contohnya: kelompok petani, karyawan pabrik, kelompok warga, kelompok suporter sepak bola dan lain sebagainya.
Tujuan dibentuknya komunitas yaitu untuk dapat saling membantu satu sama lain dalam menghasilkan sesuatu, sesuatu tersebut adalah tujuan yang telah di tentukan sebelumnya.



Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian komunitas menurut para ahli, terdiri atas:
  1. Menurut George Hillery Jr. - Komunitas adalah sekelompok orang yang tinggal di daerah dan memiliki hubungan untuk berinteraksi dengan satu sama lain.
  2. Menurut Christensson dan Robinson - Menurut kami, Komunitas adalah orang-orang yang tinggal di darah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di sana dan daerah tempat tinggal.
  3.  Menurut Fairi - Komunitas adalah hasil dari pertemuan masyarakat dalam jumlah kecil dan terlibat di tempat yang ditunjuk.
  4. Menurut Zakapedia - Komunitas adalah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang berinteraksi dan saling mempengaruhi. Komunitas memiliki tingkat integrasi yang lebih kompleks daripada individu dan populasi. Dalam masyarakat, semua organisme merupakan bagian dari masyarakat dan antarkomponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksi mereka.Tempat hewan atau tumbuhan yang disebut habitat. Aktivitas organisme dalam pemanfaatan sumber daya alam dan bagaimana sumber daya dan bagaimana organisme alami mempengaruhi organisme lain, berkaitan dengan niche atau ceruk. Ekologi Charles Elton menjelaskan relung ekologis dari suatu organisme sebagai jabatan fungsional di masyarakat.
  5. Menurut Vanina DelobelleKomunitas merupakan sarana berkumpulnya orang-orang yang memiliki kepentingan bersama, komunitas yang dibentuk oleh empat faktor: Keinginan untuk berbagi dan berkomunikasi di antara anggota sesuai dengan kepentingan bersama,   Basecamp atau wilayah di mana mereka biasanya berkumpul, Berdasarkan kebiasaan di antara anggota yang selalu hadir
  6. World Health Organization – WHO (1974) - Menurut WHO, komunitas merupakan kelompok sosial yang ditentukan oleh batas-batas wilayah, nilai-nilai keyakina dan minat yang sama, serta adanya saling mengenal dan interaksi antara anggota masyarakat yang satu dengan yang lainnya.
  7. Spradley (1985) - Menurut Spradley, komunitas merupakan sekumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting dalam hidupnya.
  8. Koentjaraningrat (1990) - Menurut Koentjaraningrat, komunitas merupakan suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan yang berinteraksi menurut suatu sistem adat-istiadat serta terikat oleh suatu rasa identitas dalam komunitas.
  9. Sounders (1991) - Menurut Sounders, komunitas merupakan tempat atau kumpulan orang-orang atau sistem sosial.
  10. Wahit (2005) - Menurut Wahit, komunitas merupakan sekelompok individu yang tinggal pada wilayah tertentu, memiliki nilai-nilai keyakinan dan minat yang relatif sama, serta adanya interaksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.

Manfaat Komunitas

Pembentukan komunitas tentu memiliki manfaat bagi para anggotanya. Adapun beberapa manfaat komunitas adalah sebagai berikut:
  • Sarana Informasi, merupakan sebuah penyebaran berita atau pemberitahuan tertentu hingga dapat menyebar dengan cepat di suatu komunitas. dapat di contohkan pada setiap komunitas pecinta burung,yang mana semua berita atau informasi yang berhubungan dengan burung akan sangat cepat beredar di dalam komunitas ini.
  • Menjalin Hubungan, manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya dalam hidupnya. Maka Dengan terhimpunya suatu komunitas jadi seluruh antar sesama anggota dapat menjalin relasi yang lebih baik satu sama lainnya.
  • Salin Mendukung, karena adanya minat atau ketertarikan pada bidang tertentu maka tentunya dari tiap-tiap anggota komunitas dapat saling memberikan supor. Yang mana diberikan untuk sesama anggotanya, suatu komunitas juga dapat membantu orang lain di luar komunitas tersebut.

Jenis-Jenis Komunitas

Secara umum, komunitas dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis. Adapun beberapa jenis komunitas adalah sebagai berikut:

1. Komunitas Berdasarkan Minat

Ini adalah jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan minat atau ketertarikan para anggotanya. Biasanya komunitas yang terbentuk berdasarkan minat jumlahnya anggotanya akan besar karena komunitas tersebut dapat mendukung minat atau hobi mereka.

2. Komunitas Berdasarkan Lokasi

Ini adalah jenis komunitas yang terbentuk karena adanya kesamaan lokasi atau tempat secara geografis. Pada umumnya komunitas berdasarkan lokasi ini terbentuk karena adanya keinginan untuk saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi yang dapat membantu perkembangan lingkungannya.

3. Komunitas Berdasarkan Komuni

Ini adalah suatu komunitas yang terbentuk karena adanya keinginan dan kepentingan bersama. Dengan kata lain, komunitas ini terbentuk atas dasar kepentingan di dalam organisasi sosial dalam masyarakat.

Manfaat Komunitas

Pembentukan komunitas tentu memiliki manfaat bagi para anggotanya. Adapun beberapa manfaat komunitas adalah sebagai berikut:
  1. Sarana Informasi, penyebaran informasi tertentu dapat menyebar dengan cepat di suatu komunitas. Misalnya komunitas pecinta burung, segala informasi yang berhubungan dengan burung akan sangat cepat beredar di dalam komunitas ini.
  2. Menjalin Hubungan, manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya dalam hidupnya. Dengan adanya komunitas maka antar sesama anggota dapat menjalin relasi yang lebih baik satu sama lainnya.
  3. Salin Mendukung, karena adanya minat atau ketertarikan pada bidang tertentu maka setiap anggota komunitas dapat saling memberikan dukungan. Selain mendukung sesama anggotanya, suatu komunitas juga dapat membantu orang lain di luar komunitas tersebut.

Ciri ciri komunitas lokal

Kelompok sosial merupakan sekumpulan individu yang memiliki keinginan atau kesadaran untuk melaksanakan suatu kehidupan bersama, dengan harapan dapat saling membantu antar anggota kelompok dalam proses kehidupan ini. Syarat utama terbentuknya suatu kelompok sosial adalah adanya interaksi timbal balik antar anggota dalam kelompok tersebut. Suatu kelompok sosial dapat terbentuk karena adanya hal - hal berikut ini diantaranya :
  • Memiliki latar belakang yang sama
  • Memiliki kepentingan yang sama
  • Adanya kedekatan geografis
  • Memiliki garis keturunan yang sama

Suatu kelompok, dapat dikatakan sebagai kelompok sosial apabila memenuhi ciri - ciri berikut :
  • Memiliki struktur organisasi yang didalamnya menggambarkan peran serta fungsi dari setiap anggota kelompok
  • Adanya aturan dan norma yang wajib ditaati oleh setiap anggota kelompok
  • Kelompok tersebut telah terbentuk pada jangka waktu tertentu

Adapun contoh kelompok sosial diantaranya :
  • Tentara Nasional Indonesia
  • POLRI
  • Keluarga
  • Paguyuban suatu daerah
  • Ikatan alumni suatu universitas tertentu
  • Kelompok pecinta seni
  • Persatuan atau perserikatan suatu profesi tertentu



Contoh Komunitas

Ada banyak sekali contoh komunitas di sekitar kita, baik itu suatu komunitas di dunia nyata maupun komunitas online. Adapun beberapa contoh komunitas adalah sebagai berikut ini :

1. Komunitas Blogger
Ini adalah suatu komunitas yang muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia blogging. Biasanya para anggotanya adalah orang yang aktif di dalam dunia maya dan saling memberikan dukungan satu sama lain, baik dalam hal teknis maupun non teknis di bidang blogging.

2. Komunitas Petani atau Peternak
Komunitas petani atau peternak ini muncul karena adanya ketertarikan dan kebutuhan pada dunia pertanian atau peternakan. Melalui komunitas tersebut, para petani atau peternak dapat saling berbagai informasi dan dukungan satu sama lain guna untuk meningkatkan hasil pertanian atau peternakan mereka.

3. Komunitas Seni
Komunitas seni ini terbentuk karena adanya ketertarikan di bidang seni, baik itu seni musik, tari, lukis, dan lainnya. Komunitas ini dapat digunakan untuk bisa menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang seni.

4. Komunitas Photography
Komunitas photography ini terbentuk karena adanya ketertarikan para anggotanya pada bidang photography. Komunitas ini dapat dimanfaatkan sebagai suatu media untuk belajar, berbagi tips, dan saling bertukar informasi di bidang photography.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Pengertian Komunitas : Manfaat, Jenis & Contohnya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah ilmu pengetahuan lebih dalam lagi dengan lingkungan sekitar kita. Sekian dan Terima Kasih.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Komunitas
  • pengertian komunitas menurut para ahli
  • pengertian komunitas dalam sosiologi
  • pengertian komunitas dalam biologi
  • tujuan komunitas
  • ciri-ciri komunitas
  • contoh komunitas hewan
  • macam macam komunitas
  • komunitas adalah brainly

Post a Comment for "Pengertian Komunitas Meliputi Jenis, Manfaat, dan Contoh Secara Lengkap"