Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian WiFi Meliputi Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan Dan Fungsinya Maupun Cara Kerjanya

Pengertian WIFI Adalah : Fungsi dan Cara Kerja Wifi (Lengkap)

Pengertian WiFi

“Wireless Fidelity” atau disingkat WiFi adalah suatu teknologi yang memakai gelombang radio untuk menghubungkan perangkat (PC, Laptop, smartphone) ke jaringan komputer. Atau definisi WiFi yaitu teknologi yang menggunakan gelombang radio supaya komputer bisa mengakses internet.
Untuk koneksi WiFi maka diperlukan adaptor nirkabel (tanpa kabel) untuk membangun hotspot, sehingga dengan cangkupan tertentu user dapat mengakses internet. Dalam koneksivitasnya WiFi menggunakan nirkabel untuk menghubungkan ke perangkat user, yang umumnya menggunakan frekwensi 2.4GHz s/d 5GHz. Pada awalnya WiFi hanya di gunakan sebagai perangkat nirkabel pada jaringan LAN (Local Area Network) saja, tapi seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan user maka saat ini dapat digunakan juga untuk mengakses jaringan internet.



Sejarah Perkembangan Teknologi WiFi

Sejarah Wifi itu dimulai pada tahun 1985 yang dipelopori oleh insinyur Amerika dalam penggunaan Teknologi penyebaran spektrum radio pada Wi-Fi. Wireless LAN atau yang dikenal dengan istilah Wifi yang dibuat pada tahun 1985 tanpa sertifikasi lisensi dari komisi komunikasi federal. Wifi ini digunakan untuk umum di Amerika Serikat.
Tapi usulan awal menggunakan Wireless LAN dengan memakai teknologi radio secara umum sebenarnya dikemukakan terlebih dulu oleh Michael Marcus pada tahun 1980. Meskipun begitu harus menunggu 5 tahun dulu, wifi ini baru bisa dibuat dan digunakan secara publik di negara-negara lain.

terdapat sejarah perkembangan Wifi yang secara singkat dapat dijabarkan dalam beberapa poin berikut:
  • 1997 : Dibentuk sebuah jaringan wireless bernama 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)
  • 1999 : Muncul Wireless B dengan kecepatan transfer data 11 Mbps. Namun masih memiliki kelemahan, yaitu frekuensi operasi yang berada dalam angka 2,4 GHz, yang juga banyak digunakan oleh frekuensi peralatan rumah tangga seperti oven microwave, sehingga mudah terganggu sinyalnya.
  • 2003 : Muncul Wireless G dengan kecepatan transfer data maksimal 54 Mbps. Masih beroperasi dalam frekuensi 2,4GHz.
  • 2009 : Muncul Wireless N, mendukung kecepatan transfer data hingga 300 Mbps (2 antena) atau 450 Mbps (3 antena). Jangkauan lebih luas dibandingkan sinyal Wireless G.
  • 2014 : Muncul Wireless AC yang memiliki kecepatan 500Mb/s – 1 Gb/s. Beroperasi di frekuensi 5GHz.


Fungsi Wifi

Salah satu fungsi wifi adalah untuk berbagi data
Setelah memahami pengertian Wifi di atas, tentu kita sudah bisa memahami bahwa salah satu fungsi Wifi adalah untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan lokal maupun jaringan internet. Namun apakah hanya sebatas itu saja fungsi Wifi? Ternyata, masih ada lagi fungsi Wifi yang mungkin belum Anda sadari, seperti beberapa fungsi di bawah ini misalnya :

1. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

Berbeda dengan jaringan kabel LAN yang terbatas penggunanya, Wifi bisa digunakan di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Dengan begitu, Wifi memudahkan banyak pengguna untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.

2. Berbagi Data Antar Perangkat

Misalkan Anda mempunyai dua buah perangkat elektronik, lalu ingin memindahkan data di salah satunya ke perangkat lainnya. Wifi dapat dimanfaatkan untuk hal ini, sehingga kabel data tak lagi dibutuhkan dan menyebabkan pekerjaan lebih praktis dan efisien.

3. Modem Dari Smartphone

Memang dengan adanya Wifi, sebuah smartphone dapat terhubung dengan internet sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data berbayarnya. Namun tak hanya itu, jika smartphone Anda mendukung perangkat wireless, maka Anda bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem.
Hal ini sangat berguna terutama jika Anda bepergian ke tempat yang tidak tersedia Wifi. Jika paket data Anda cukup banyak, maka ketika ingin mengakses internet melalui laptop misalnya, Anda dapat memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal Wifi untuk terhubung ke laptop.

4. Kecepatan Internet Lebih Pesat

Hal ini tentu sudah bisa dipahami oleh para pengguna smartphone. Berbeda dengan saat mengakses internet melalui jaringan seluler yang terkadang cepat terkadang lambat tergantung keberadaan sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan menggunakan Wifi lebih terjamin kecepatannya. Salah satu indikasinya adalah Anda bisa melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih cepat, akses yang tidak membutuhkan loading.


Manfaat Wifi


Dan di era yang serba canggih ini semakin banyak orang sudah memutuskan untuk menggunakan koneksi internet melalui  WiFi karena mempunyai Manfaat seperti dibawah ini :
  1.  Aksesibilitas : jaringan nirkabel memungkinkan orang untuk mendapatkan akses cepat ke internet , di mana pun mereka berada. Bahkan komputer anda dapat dengan cepat terhubung ke jaringan hanya dalam hitungan beberapa klik saja
  2. Produktivitas : ini sangat penting bagi orang-orang yang harus terus-menerus akses internet karena tuntutan dari pekerjaan mereka .
  3. Mobilitas : karena jaringan nirkabel ini sudah sangat di kenal ( populer ) dan banyak tersedia di publik, anda dapat mengakses internet melalui wifi yang sudah banyak tersedia dan banyak anda temui seperti di taman , kedai kopi ( kafe ), bandara, rumah makan dan tempat-tempat lain di mana ada hotspot.
  4. Distribusi : bila dibandingkan dengan jaringan kabel seperti kabel, WiFi lebih sederhana dan tidak perlu untuk kabel yang ditempatkan di seluruh lokasi
  5. Biaya : untuk penghematan tenaga kerja dan bahan yang akan diperlukan untuk membangun jaringan internet kabel, perusahaan maupun perorangan dapat menghemat banyak uang dengan menggunakan teknologi nirkabel.


Cara Kerja WiFi

WiFi adalah Jaringan Area Lokal atau LAN (Local Area Network) yang tidak memerlukan kabel dengan koneksi kecepatan yang tinggi. WiFi sering disebut juga dengan WLAN atau Wireless Local Area Network.  Sinyal Radio adalah kunci yang memungkinan komunikasi dalam jaringan WiFi. Teknologi WiFi ini menggunakan dua frekuensi gelombang radio dalam mengirimkan dan menerima sinyal Radio. Kedua Frekuensi gelombang radio tersebut adalah Frekuensi 2,4GHz dan 5GHz.
Router menerima data dari internet akan menerjemahkannya menjadi Sinyal Radio yang kemudian ditransmisikan dari antena WiFi ke perangkat penerima WIFI seperti ponsel pintar dan laptop yang dilengkapi dengan rangkaian WiFi. Komputer atau ponsel pintar menerima sinyal WiFi ini akan segera membacanya dan menerjemahkannya menjadi data yang dapat dimengerti oleh perangkat-perangkat tersebut. Dengan demikian terjadilah koneksi diantara pengguna dan jaringan. Demikian pula dengan pengiriman informasi dari komputer atau ponsel, perangkat tersebut akan menerjemahkan data menjadi sinyal radio dan mentransmisikannya menggunakan antena. Router nirkabel menerima sinyal tersebut dan menerjemahkannya. Router kemudian mengirimkan informasi ke Internet menggunakan koneksi Ethernet kabel fisik.
Jarak jangkauan sebuah router WiFi atau Hotspot WiFi dalam ruangan adalah sekitar 30 meter namun dapat lebih luas lagi apabila di luar ruangan. Pada umumnya, kecepatan koneksi juga sangat tergantung pada kedekatan perangkat penerima dengan sumber sinyal radionya. Koneksi WiFi akan meningkat apabila perangkat pengguna berada di dekat router atau titik hotspotnya. Sebaliknya, koneksi sinyal WiFi akan semakin lambat apabila berada di wilayah yang jauh dari sumber sinyalnya.


Kelebihan dan Kekurangan Wifi

Kelebihan
Berikut ini adalah beberapa kelebihan wifi, antara lain:
  • Dapat menghemat biaya.
  • Jaringan wifi ini termasuk sangat awet serta tahan pada berbagai macam gangguan.
  • Mengurangi pemakaian kabel, serta bisa mengatasi yang mana kabel tidak bisa dipakai di tempat maupun ruangan tertentu.
  • Praktis ketika mengakses internet, mengerjakan sharing file, dan yang lainnya. Dimana saja dan juga kapan saja tentunya pada radius tertentu yang dapat dijangkau oleh hotspot.
  • Tidak terlalu banyak dalam konfigurasi. Sebagai contoh dalam sebuah kantor ada beberapa ruangan, maka cukup untuk melakukan konfigurasi jaringan wifi satu saja di dalam setiap ruangan. Sehingga apabila terdapat pegawai kantor yang kerap kali berpindah ruangan maupun tempat kerja maka tak perlu lagi melakukan konfigurasi ulang jaringan internet.

Baca Juga: Pengertian Analisis Jabatan Meliputi Tujuan, Fungsi,Tahap Dan Tujuannya Secara Lengkap


Kekurangan
Berikut ini adalah beberapa kekurangan wifi, antara lain:
  • Keamanan yang kurang baik, sehingga dalam jaringan wifi harus diamankan. Sebagai contoh dengan memakai password. Hal tersebut guna menghindari orang – orang yang tak mempunyai kepentingan dalam mengakses jaringan wifi itu sendiri.
  • Penyaluran sinyal yang tak merata, sebab adanya batasan jarak.
  • Sinyal wifi akan cenderung terpengaruh pada kondisi cuaca serta iklim.
  • Tak cocok apabila dipakai untuk kegiatan transfer data yang amat besar.

Itulah rangkuman singkat yang berisikan tentang pengertian WiFi dan Fungsinya, semoga pembahasan ini dapat di pahami. Jika ditemukan beberapa ke keliruan/kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan, terimakasih…

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian WiFi
  • pengertian wifi secara singkat
  • manfaat wifi
  • sejarah wi-fi
  • fungsi wifi
  • kelebihan dan kekurangan wifi
  • cara kerja wifi
  • cara kerja wifi rumah
  • fungsi wifi wireless

Post a Comment for "Pengertian WiFi Meliputi Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan Dan Fungsinya Maupun Cara Kerjanya"