Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Mouse Meliputi Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Mouse dan Cara Kerjanya

Apa Itu Mouse ? Berikut Pengertian Dan Fungsinya

Pengertian Mouse Komputer

Yang di maksud Mouse adalah suatu hardware/perangkat keras yang ada pada komputer, berguna untuk menggerakan kursor yang tampil di layar monitor komputer. Mouse menjadi perangkat penting bagi komputer yang menggunakan Sistem Operasi GUI (Graphical User Interface). Karena pada sistem operasi berbasis GUI mouse berperan sebagai perangkat yang dapat memberikan perintah masukkan pada komputer.
Mouse merupakan perangkat keras yang di rancang untuk menjalankan program dan perintah dari user yang di instruksikan melalui gerak sensor saat di jalankan, sehingga pointer pada monitor bergerak. Pada Mouse terdapat tombol untuk melakukan klik kiri, klik kanan, dan juga scroll. Fungsi tombol pada mouse tersebut berbeda-beda, diantaranya:
  • Tombol Klik Kiri; fungsinya untuk memilih menu, dan jika melakukan doubel klik maka dapat membuka program aplikasi.
  • Tombol Klik Kanan; fungsinya untuk membuka menu options.
  • Tombol scroll; fungsinya untuk mendrag atau juga menaik-turunkan scroll bar, tapi pada scroll bar yang bisa di klik (di tekan) itu fungsinya untuk doubel klik dalam sekali tekan.


Sejarah Mouse

Mouse sendiri telah melalui perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Beberapa tahun lalu dari segi bentuknya, device ini memilki bentuk yang monoton. Namun kini jika kita berburu di toko komputer baik online maupun di toko komputer, kita akan menjumpai banyak sekali variasi bentuk mouse.
Sekitar 10 tahun lalu bentuk mouse ini masih standar. Masih sangat jarang sekali kita temui mouse gaming saat itu. Akan tetapi kini mouse standar pun banyak yang memiliki bentuk layaknya mouse gaming.
Mouse standar yang seperti mouse gaming
Selain perkembangan dari segi bentuknya, mouse tentunya juga mengalami perkembangan dari segi teknologi maupun kegunaannya. Dari segi teknologi mouse yang dulunya menggunakan sensor mekanik, mechanical mouse, kini telah berkembang ke model optical mouse. Ini merupakan perkembangan yang sangat pesat.
Kekurangan-kekurangan yang menjadi kendala pada mechanical mouse dapat diatasi dengan baik oleh optical mouse ini. Dari segi kegunaan, mouse keluaran terdahulu umumnya hanya didedikasikan untuk keperluan memilih item dalam komputer melalui klik. Namun jika Anda cermati, kini banyak mouse bertipe gaming baik memang untuk gaming ataupun reguler, dilengkapi dengan banyak tombol aksesoris seperti tombol untuk back, forward, dpi selection dan sebagainya, yang tidak ditemui pada mouse keluaran lawas.
Banyak dari kita tidak perhatian dengan device yang satu ini. Apa saja sebenarnya fungsi dari mouse dan jenis-jenisnya. Pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian mouse beserta fungsi dan jenis-jenis mouse.

Fungsi Mouse

Fungsi mouse komputer adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
  • Sebagai penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor.
  • Untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
  • Untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll.
  • Untuk mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
  • Mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Terlebih bagi kita yang sering melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
  • Sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek.
  • Untuk mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi.
  • Dapat digunakan uantuk memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet.
  • Untukmelakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer.
  • Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter.


Manfaat Mouse Komputer

Dengan menggunakan mouse pada komputer maka kita dapat memperoleh manfaat: Mempermudah dan membantu kita melakukan pekerjaan saat menggunakan komputer, terutama untuk pekerjaan yang berkaitan dengan desain grafis pastinya memerlukan mouse.

Jenis - Jenis Mouse

Adapun mouse seiring berkembangnya teknolog sudah banyak jenis yang diketahui oleh dunia. Dibawah ini adalah beberapa jenis mouse yang banyak diketahui orang antara lain:

Mechanical Mouse


Jenis mouse mekanik ini adalah mouse yang generasi pertama. Mouse mekanik ini menggunakan bola kecil sebagai sensor untuk mendeteksi gerakan mouse di komputer. Pada masanya, mouse ini sangat banyak yang menggunakan.Mouse mekanik memiliki bola di bagian bawahnya, bola yang terletak di bagian bawah mouse itu bisa bergerak ke semua arah.
  • Cara kerjanya adalah ketika bola bergerak, maka sensor yang berada di dalam mouse akan mendeteksi arah gerakan bola dan akan menerjemahkan pada monitor dengan gerakan yang sama.
Mouse jenis ini saat ini sudah jarang ditemukan, karena sudah ketinggalan jaman. Sempat populer dan ditemui hingga tahun 2008. Saat ini mouse ini sulit ditemukan karena selain ketinggalan juga memiliki kekurangan yaitu harus memakai alas mouse.
Apabila tidak memakai alas, maka bola di mouse tidak akan dapat bergerak dengan bebas yang menjadikan pointer (penunjuk mouse) tidak bisa menunjuk ke tempat yang seharusnya diinginkan pengguna.

Optomechanical Mouse


Optomechanical mouse secara prinsip sama dengan mechanical mouse. Hanya saja pada mouse tipe ini, selain terdapat bola, di dalamnya juga terdapat sinar yang merepresentasikan posisi koordinat pointer. Dengan demikian mouse tipe ini mempunyai keakuratan lebih tinggi dibandingkan dengan mechanical mouse

Bus Mouse


Mouse bus merupakan mouse yang terhubung dengan kabel dengan serial bus. Mouse ini terlihat tidak seperti sebuah mouse pada umumnya yang mempunyai roda atau bola untuk melakukan scroll.
Pada mouse jenis ini hanya terdapat tombol kanan dan kiri. Untuk sambungannya yaitu tersambung dengan PC dengan serial bus, yang dipakai di awal penggunaannya dengan komputer IBM. Mouse ini memakai perangkat bus yang sudah terintegrasi dengan ISA add-in card.

Serial Mouse


Seperti namanya, mouse ini disambungkan melalui serial port, yaitu sebuah media komunikasi digital dimana informasinya dikirimkan secara bit per bit. Port yang umum digunakan adalah port tipe D dengan 9 pin (DB9M) yang terdapat pada bagian belakang motherboard. Mouse tipe ini pun sekarang ini sudah sangat jarang beredar.

PS/2 Mouse


Berikutnya adalah mouse jenis PS2 yang pernah populer dimasa penggunaannya. Setiap orang yang pernah memiliki komputer tentu sudah pernah merasakan menggunakan mouse ini.
Mouse PS/2 disambungkan dengan konektor 6 pin mini din. Mouse ini pernah tren di tahun 1987. Pada umumnya port yang digunakan untuk mouse ini memiliki warna hijau. Jenis ini juga telah ditinggalkan oleh penggunanya saat ini. Namun terkadang anda masih menemukan mouse jenis ini di beberapa komputer lama.

USB Mouse


Sama seperti mouse sebelumnya, mouse hanya berbeda di port-nya. Mouse ini menggunakan USB sebagai jembatan pengiriman sinyal dari mouse ke monitor. Mouse dengan USB ini pertama kali diproduksi pada tahun 1990-an. Kini jika Anda membeli mouse di took-toko komputer dan aksesorisnya, Anda akan mendapati banyak sekali mouse yang menggunakan USB karena lebih praktis.

Cara kerja mouse jenis usb ini adalah menggunakan jembata pengiriman sinyal dari mouse ke monitor menggunakan kabel USB. Mouse USB pertama kali dibuat pada tahun 1990-an. Dan saat ini mouse jenis ini masih digunakan dan tentu sering kita temui di toko-toko komputer.
Selain lebih akurat, mouse jenis ini lebih praktis dan banyak macamnya seperti ada hiasan lampu yang kelap-kelip, tambahan tombol yang lebih banyak, scroll yang akurat dan ada pula mouse gaming.



Wireless Mouse


Tipe yang terakhir adalah wireless mouse. Tahun-tahun belakangan ini semua aksesoris digital tak terkecuali mouse tengah mengarah ke tren wireless. Mouse ini tidak memerlukan kabel untuk mentransmisikan sinyal pergerakan, melainkan melalui pesan wireless yang diterim receiver device pada chip. Keunggulan mouse ini adalah memberikan kesan rapi pada perangkat komputer kita. Keterserakan kabel bisa kita minimalisir.
Cara Kerja mouse ini adalah tidak membutuhkan kabel untuk mentransmisikan sinyal pergerakan, tetapi melalui pesan wireless yang diterima receiver device di chip. Kelebihan mouse ini yaitu memberikan kesan rapi dan lebih enak dipandang tanpa adanya kabel di komputer.


Cara Kerja Mouse Komputer

Anda harus tahu bahwa pointer (pointer) yang disebut sebagai “mouse” dapat dipindahkan ke mana saja tergantung pada arah pergerakan bola kecil yang terdapat pada mouse. Ketika kami membuka dan menghapus bola kecil yang ada di belakang mouse, 2 pengontrol gerakan ditampilkan di dalamnya. Dua kontrol gerak dapat bergerak dengan bebas dan mengontrol pergerakan penunjuk, satu di arah horisontal (horizontal) dan yang lainnya di arah vertikal (atas dan ke bawah).
Jika Anda hanya menggerakkan pengontrol horizontal, pointer hanya bergerak secara horizontal di layar komputer. Sebaliknya, ketika pointer vertikal dipindahkan, pointer (pointer) hanya bergerak secara vertikal pada layar monitor.
Jika kita memindahkan keduanya, gerakan pointer menjadi diagonal. Sekarang ketika bola kecil diganti, bola menyentuh dan menggerakkan dua kontrol gerakan ke arah mouse yang kita bergerak.
Kebanyakan tikus memiliki tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, paling kiri dan paling kanan. Efek penekanan tombol, yang disebut sebagai “mengklik”, tergantung pada objek (area) yang kita tunjuk. Komputer mengabaikan penekanan tombol (klik) jika itu bukan area atau objek yang tidak penting.
Kemudian kita juga tahu istilah “seret” ketika menggunakan mouse, yang berarti “bergerak” atau “seret”. Jika kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan saat kita geser, salah satu hasilnya adalah objek dipindahkan atau dipindahkan (disalin) ke objek lain dan ada opsi lain.
Opsi ini tergantung pada jenis program aplikasi yang kami jalankan. Mouse terhubung ke komputer yang terhubung ke mouse dengan kabel. Ujung kabel dicolokkan ke konektor pada CPU komputer.


Demikianlah tulisan yang membahas tentang pengertian mouse komputer, semoga dapat bermanfaat dan jika ada kesalahan mohon maaf, terimakasih.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Mouse
  • cara kerja mouse
  • pengertian keyboard
  • pengertian dan fungsi keyboard
  • pengertian mouse menurut para ahli
  • pengertian monitor
  • fungsi mouse dan keyboard
  • pengertian mouse wireless
  • sejarah mouse

Post a Comment for "Pengertian Mouse Meliputi Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Mouse dan Cara Kerjanya"