Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Wushu Beserta Sejarah, Macam Gerakan Dasar Wushu, Peraturannya

Pengertian Wushu

Apa yang dimaksud dengan wushu? Definisi wushu adalah seni berperang dan seni bela diri yang menggunakan metode tendangan, pukulan, lemparan, jepitan dan menentukan fungsi dari seluruh bagian tubuh dalam berlatih, untuk menggerakkan potensi terpendam dalam tubuh manusia, serta keterampilan dalam menggunakan senjata-senjata tradisional.Perbedaan Wushu dengan Kungfu adalah adalah, wushu dapat diterjemahkan sebagai bela diri/martial art sedangkan kungfu berarti keahlian yang tercapai lewat perjalanan waktu (over-time).

Sejarah Wushu

Wushu telah ada seiring dengan munculnya kebudayaan Tiongkok, sehingga dapat dikatakan olahraga ini adalah olahraga yang sangat tua. Pada tahun 1949, pemerintah China mencoba mensosialisasikan kembali olahraga wushu sebagai seni beladiri tradisional Cina.Setelah wushu menjadi olahraga internasional, barulah dibentuk International Wushu Federation (IWUF) yang memegang Kejuaraan Dunia Wushu atau Wushu Championship yang diadakan setiap 2 tahun sekali.Kejuaraan wushu pertama kali diselenggarakan pada tahun 1991 yang dimenangkan oleh Yuan Wen Qing. Dalam pertandingan wushu, ada dua disiplin ilmu, yaitu taolu (bentuk) dan sanda (perdebatan).
 
 

Sejarah Wushu di Indonesia

Sejarah wushu di indonesia sudah lama dikenal dengan istilah Kungfu. Namun baru pada tanggal 10 November 1992 KONI pusat meresmikan berdirinya PB Wushu Indonesia yang merupakan wadah bagi seluruh Perguruan Kungfu di Indonesia.Olahraga wushu maasuk ke Indonesia tahun 1980-an. Namun, organisasi Wushu Indonesia baru dibentuk I GK Manila tahun 1992 menjelang SEA Games XVIII Singapura. Semula PBWI hanya mengembangkan Wushu yang berasal dari China, seperti Chang Quan, Taiji quan, dan Daoshu.Atlet wushu disebut dengan wushuwan-wushuwati dalam bahasa Indonesia, meskipun istilah di negara lain adalah wushuyuan.

Teknik Dasar Wushu

Pelatihan wushu sejak awal dibagi menjadi dua jurus, yiatu kigong atau ilmu ketahanan fisik dan waigong atau ilmu pernapasan.Untuk mempelajari ilmu waigong, biasanya dilengkapi dengan latihan gerak dasar yang menyerupai senam. Hanya berupa gerakan standar yang harus dilakukan di dalam senam, sehingga mudah untuk dilakukan.Ada 7 macam jurus standarisasi internasional (Wu Shu Jing Sai Tao Lu) yang dipertandingkan dalam kejuaraan internasional.
  1. Tinju utara (Chang Quan/Long fist)
  2. Tinju selatan (Nan Quan/Southhem fist)
  3. Lurus golok (Dao Su/Broadsword Play)
  4. Jurus Pedang (Uian Su/Sword Play)
  5. Jurus Toya (Gun Su/Staff Play)
  6. Jurus Tombak (Qiang Su/Spear Play)
  7. Lurus Tai Chi (Tai Chi Quan/Shadow Boxing)

Jenis – Jenis Gerakan Wushu

1. Ma Bu (Posisi Kuda – Kuda)

Gerakan Ma Bu sangat memungkinkan kekuatan dan keseimbangan yang bisa di kembangkan jadi gerakan yang lebih rumit atau sulit lagi.
Cara melakukan gerakan wushu Ma Bu:
  • Pertama, berdiri sambil melebarkan kaki dan sedikit lebih lebar dari pada pundak.
  • Kemudian, tekuk lutut sehingga berada pada posisi seperti nyaris duduk di atas kuda.
  • Selanjutnya, pastikan tubuh bagian atas tegak tapi gak kaku.

2. Gong Bu (Posisi Menunduk)

Cara melakukan gerakan gong bu:
  • Pertama, berdiri dengan posisi lunge dan dimana satu kaki ada di depan kaki yang lainnya dalam satu garis lurus.
  • Lalu, putar telapak kaki ke arah yang  berlawanan, dengan jari kaki mengarah ke sisi yang lainnya.
  • Kemudian, pastikan kedua tumit ada tepat di tanah.
  • Selanjutnya, tundukkan badan sebanyak 90 derajat dan luruskan kaki yang ada di bagian belakang.
  • Setelah itu, tegakkan badan dan juga pandangan mata kamu lurus ke depan.

3. Ce Chuai Tui (Tendangan Samping)

Cara melakukan gerakan Ce Chuai Tui, yaitu:
  • Pertama, berdiri tegak dengan tangan ada sejajar pinggang dan pergelangan tangan menghadap ke langit – langit.
  • Kemudian, kamu kepalkan jari dan dempetkan siku ke dekat badan.
  • Selanjutnya, tempatkan satu kaki dengan sedikit ada di atas kaki yang lainnya dan tekuk sedikit buat memberikan persiapan.
  • Dengan sekuat tenaga, tendangan kaki yang lebih tinggi dari kaki yang lainya, setinggi – tingginya.
  • Lalu, jangan lupa mengontrol gerakan kamu, dengan cara mengangkat lutut sejajar paha dan menendangkan bagian bawah kaki dalam gerakan lurus.

4. Tan Tui (Tendangan Tajam)

Cara melakukan gerakan Tan Tui yang baik dan benar. yaitu:
  • Pertama, berdiri tegak dan panjangkan lengan sebelah kanan didepan dada sambil menekuk bagian pergelangan tangan, jadi jari menghadap ke langit – langit.
  • Kemudian, jari tangan kiri di kepalkan dengan pergelangan tangan menghadap langit – langit dan letakkan di samping pinggang.
  • Selanjutnya, kamu ambil langkah dengan memakai kaki kiri sambil menendangkan kaki kanan sejajar dengan pinggang.

Jenis – Jenis Wushu di Indonesia

Jiangsia Taolu
Dalam Jingsia Taolu ( Wushu Internasional, yang dibakukan untuk olahraga Internasional ) merupakan gabungan dari berbagai macam bentuk wushu, dalam wushu di bagi dua sub cabang Toolu.
Toolu ini khusus memainkan jurus – jurus serta  keindahan, sebagian besar latihannya serupa dengan senam lantai. Dalam toolu di bagi lagi menjadi beberapa jurus, secara garis besarnya adalah sebagai berikut :
  • Chang Quan ( jurus Wushu utara, kuda – kuda panjang, serangan jarak jauh, banyak teknik lompatan, serta tendangan ).
  • Nan Quan ( jurus selatan, kuda – kuda pendek dan kokoh, lengan kuat banyak permainan jurus tangan menyerupai hewan, dan tidak banyak teknik lompatan serta tendangan di dalamnya ).
  • Taiji dan jurus – jurus senjata, bentuknya terdiri dari gerakan – gerakan dasar ( sikap, tendangan, pukulan, keseimbangan, lompatan, sapuan dan juga  lemparan ).
Sanshou
Sanshuo  ini khusus petarung, tidak ada permainan jurus serta patokan jurus, hanya mengambil inti bertarung dari Wushu dan mirip sekali dengan kick boxing.


Peralatan dan Perlengkapan Wushu

Peralatan dan perlengkapan yang dipakai  dalam pertandingan wushu dahulunya berupa senjata seperti golok, pedang, tombak, dan yang lain  sebagainya. Akan tetapi, sekarang peralatan tersebut hanya sebagai seni bela diri wushu yang di peragakan dengan gerakan yang  lincah dan juga  indah.
Pakaian wushu adalah pakaian khas seni bela diri wushu dengan model baju tradisional China, dilengkapi dengan sepatu khusus wushu.

Peraturan Wushu

Dalam pertandingan wushu, terdapat  dua ilmu yang di pertandingkan, yaitu taolu dan sanda.
Taolu memiliki  batas waktu kompetitif berkisar  antara 1 menit 20 detik untuk gaya eksternal dan lebih dari 5 menit untuk gaya internal. Teknik udara yang digunakan  adalah putaran sekitar 540 dan 720 derajat. Bahkan, ada yang mencapai 900 derajat untuk melompat dan menendang.
Pada kompetisi pertarungan, atlet wushu boleh memakai metode menyerang dan menangkis dengan teknik masing – masing yang di ajarkan oleh aliran wushu. Selanjutnya , atlet dilarang menyerang menggunakan kepala, siku ,lutut, atau mematahkan persendian lawan. Dilarang juga membanting lawan dengan mengarahkan kepala atau sengaja menekan kepala ke lantai. Juga dilarang  untuk menyerang bagian kepala lawan pada saat  lawan terjatuh ke lantai dengan teknik apapun.


Penilaian

Dalam perolehan poin, atlet memperoleh  2 poin apabila  lawan terjatuh di luar arena, lawan terjatuh dan atlet tetap berdiri, menendang bagian tubuh atau kepala, menjatuhkan lawan dengan teknik jatuhan serta segera berdiri, lawan memperoleh  hitungan yang sah, dan lawan memperoleh  peringatan.
Perolehan 1 poin diperoleh  atlet apabila  memukul tubuh atau memukul dan juga  menendang kepala lawan, terjatuh bersamaan dengan lawan  yang terjatuh ke belakang, menjatuhkan lawan dengan teknik jatuhan, dan tidak berdiri lagi, pada saat  di perintah menyerang lawan tidak melakukan serangan sampai titik, lawan menjatuhkan diri dengan sengaja dan tidak bediri lagi sampai 3 detik, dan lawan memperoleh  teguran.
Perolehan 0 poin jika  atlet menggunakan teknik yang tidak jelas, kedua pemain terjatuh di arena atau di luar arena secara bersamaan, lawan terjatuh pada saat  akan menyerang, dan memukul lawan dalam keadaan berangkulan.

Ukuran dan Gamble Arena Wushu

Ukuran lapangan atau arena wushu. Pertandingan wushu biasanya di laksanakan di arena yang dilapisi oleh matras seperti pada olahraga senam. Untuk pertandingan tarung atau kontak fisik mempunyai  ukuran matras yang telah diatur sedemikian rupa dengan batas – batas tertentu yang biasanya berukuran 100 x 100 meter.

 

Manfaat Wushu

  • Meningkatkan kekuatan fisik
  • Mempelajari Teknik Beladiri
  • Membentuk watak manusia seutuhnya
  • Apresiasi dan atraksi


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Wushu
  • gerakan wushu
  • macam-macam wushu
  • macam-macam gerakan wushu
  • nomor pertandingan wushu
  • wushu taolu
  • jurus wushu
  • jenis-jenis pertandingan wushu
  • manfaat wushu
  • perguruan wushu
  • macam-macam jurus wushu
  • senjata wushu
  • makalah wushu

Post a Comment for "Pengertian Wushu Beserta Sejarah, Macam Gerakan Dasar Wushu, Peraturannya "