Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Advertising Meliputi Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Cirinya Secara lengkap

Pengertian Advertising Dan Fungsinya Atau Tujuannya

Pengertian Advertising

Advertising adalah suatu penyajian materi atau pesan secara persuasif kepada masyarakat melalui media massa yang bertujuan untuk menpromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh perusahaan.
Advertising adalah jasa periklanan yang berguna untuk menekspresikan peluang sekaligus mendramatisasi produk yang dijual oleh perusahaan melalui penggunaan percetakan dengan warna yang berseni supaya dapat menarik perhatian konsumen atau pelanggan. Advertising merupakan media yang sudah tersebar luas yang dapat memungkinkan produk yang dijual oleh perusahaan dapat terjual dan dipesan berulang-ulang oleh konsumen. Iklan juga dapat memungkinkan para konsumen untuk menerima sekaligus membandingkan pesan yang disampaikan dengan pesaing lainnya.
Advertising merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang periklanan, advertising tidak bisa lepas dari yang namanya ide karena untuk membuat iklan membutuhkan ide yang bagus dan kreatif. Advertising juga menyediakan jasa untuk membuat kosep, percetakan, maupun penampatan iklan. Hal ini tergantung jenis usaha dari advertising. Karena seiring berkembangnya dunia usaha atau bisnis, Advertising dapat menjadi alternatif bagi usaha, karena hampir semua perusahaan yang akan menjual produk taupun jasanya membeutuhkan advertising.
Advertising yaitu komunikasi berbagai ide mengenai produk atau jasa untuk para calon konsumen dengan menggunakan alat yang berupa tulisan ataupun simbol. Jadi iklan dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Selain itu iklan juga dapat digunakan sebagai pengganti bagi para perantara produk atau jasa.
Itulah beberapa penjelasan mengenai advertising, semoga kamu dapat mengerti atau memahami penjelasan diatas.


Pengertian Advertising Menurut Para Ahli

  1. Pendapat nitisemito (1991; 134) definisi dari advertising atau reklame ialah usaha yang mempengaruhi customer dengan bentuk tulisan, kombinasi maupun gambar dari seluruhnya yang diarahkan di masyarakat secara meluas.
  2. Menurut pendapat soehardi sigit (1992; 55) definisi dari advertising ialah penyajian menggunakan cetakan, kata-kata, tulisan, gambar-gambar maupun memakai orang, jasa dan produk yang diselenggarakan oleh sebagain lembaga denga tujuan guna mempengaruhi serta meningkatkan penjualan, penggunaan maupun mendapatkan suara, pendapat dan juga dukungan.
  3. Kriyantono (2008), ia menyatakan pendapat bahwa iklan adalah bentuk dari komunikasi non-personal dengan menjual pesan – pesan dengan persuasu dari sponsor jelas untuk mmempengaruhi orang supaya mau membeli produk dengan membayar biaya guna media yang telah digunakannya.
  4. Menurut KBBI (kmaus besar bahasa Indonesia), iklan iadalah berita maupun pesan guna mendorong, membujuk para khalayak ramai supaya tertarik dalam barang maupun jasa nya yang ditawarkan, pemberitauan pada khalayak ini tentang jasa maupun barang yang terjual, dipasang dalam media masa (miesal majalah, surat kabar) dan juga tempat umum.

Fungsi Advertising

Advertising memiliki fungsinya tersendiri yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Menyadarkan konsumen dan memberikan informasi tentang suatu produk dan jasa dari suatu perusahaan.
  • Dapat menimbulkan rasa suka didalam diri para konsumen terhadap produk dan jasa yang akan di jual oleh perusahaan.
  • Dapat pula meyakinkan kebenaran tentang barang atau jasa yang di tunjukkan di dalam iklan dan dapat juga menggerakkan konsumen untuk dapat berusaha untuk memiliki dan menggunakan jasa atau produk tersebut.


Manfaat Advertising

Adapun manfaat dari advertising antara lain adalah :
  1. Mengingatkan konsumen dan juga prospek customer tentang manfaat dari sebuah produk maupun jasa yang telah ditawarkan
  2. Membangun serta mempertahankan identitas perusahaan
  3. Meningkatkan reputasi dari perusahaan
  4. Mendorong customer guna membeli lebih banyak
  5. Menarik customer baru guna mengganti customer yang telah hilang
  6. Membantu meningkatkan penjualan
  7. Mempromosikan serta memperkenalkan usaha ke customer, inverstor dan beberapa pihak lainnya.

Dampak Advertising

Akan tetapi, selain berperan positif, berbagai pandangan negative tentang iklan bermunculan, diantaranya adalah :
  1. Iklan dianggap merusak tata bahasa yang berlaku
  2. Iklan dianggap dapat mendorong orang menjadi matrealistis
  3. Iklan dianggap dapat mendorong orang membeli barang yang tidak diinginkan
  4. Iklan dianggap terlalu berlebihan
  5. Iklan dianggap menciptakan suatu stereotip
     
 

Ciri – ciri Advertising

Ada beberapa cirri yang digunakan dalam periklanan Advertising yaitu:
  • Mengkomunikasikan tema

Periklanan mengkomunikasikan pesan penjualan tentang sutu produk dengan suatu tema teertentu pada khalayak
  • Bersifat jangka panjang

Periklanan memiliki dampak yang tidak langsung dan dilakukan dalam konteks upaya promosi
  • Membangun citra
Periklanan ditujukan untuk membentuk citra baik terhadap manfaat suatu produk yang ditawarkan
  • Membedakan diri

Setiap iklan pasti berusaha menunjukan identitas produk dan produsennya secara tegas, sehbingga terlihat perbedaan da keunggulannya dibandungkan dengan produk pesaing
  • Memberi nilai
Iklan memberi nilai “anggapan” terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sehingga akan muncul persepsi teretentu dalam diri konsumen terhadap produk tersebut.


Perusahaan Advertising / Advertising Agency

Advertising agency adalah bisnis yang memiliki tujuan untuk membuat, merancang, dan menangani iklan kepada para klien. Perusahaan advertising ini biasanya bekerja secara mandiri dan bisa menyediakan suatu sudut pandang yang baru untuk membuat penjualan dari suatu produk atau jasa klien semakin meningkat.
Advertising agency pada umumnya membuat sebuah iklan dengan bantuan dari seorang desainer untuk membuat sebuah iklan yang dapat menarik perhatian para konsumen sehingga banyak yang mau membelinya. Namun hal ini bergantung dari advertising tersebut akan lebih condong kemana dalam menyediakan jasa advertising mereka.
Dalam sebuah advertising, terdapat beberapa unsur penting yang membedakan advertising ini berbeda dengan media atau bentuk komunikasi yang lain seperti gagasan, barang dan jasa, pembayaran dan sponsor, dan non personal.Advertising bertujuan untuk mengekspor dan mengenalkan barang atau jasa kepada orang-orang supaya mereka tertarik dengan produk atau jasa yang mereka iklankan. Dengan iklan ini diharakan akan terjadi pembelian terhadap produk / jasa yang diiklankan.
Berdasarkan informasi yang sudah di bahas tadi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa advertising adalah suatu bentuk kegiatan untuk meningkatkan volume penjualan dengan cara memengaruhi pendapat customer supaya membeli barang atau jasa yang diiklankan, dimana periklanan ini bisa berupa tulisan, gambar, maupun kombinasi antara tulisan dan gambar yang ditujukan untuk memberitahukan kepada khalayak umum.
Dengan adanya periklanan ini, perusahaan yang ingin produknya dikenal oleh lebih banyak orang bisa menghubungi advertising agency yang bisa membantu mereka mengiklankan produk atau jasa mereka. Kedepannya usaha iklan ini akan semakin berkembang mengingat bahwa semakin ke sini semakin banyak perusahaan-perusahaan baru dengan produk-produk baru mereka.



Sekian artikel yang membahas tentang definisi atau pengertian advertising, mohon maaf jika ada beberapa kesalahan maupun kekurangan dan semoga tulisan di artikel ini dapat memberikan manfaat sekaligus pemahaman kepada teman-teman. Sekian terimakasih…


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Advertising
  • pengertian advertising menurut para ahli
  • tugas advertising
  • contoh iklan advertising
  • pengertian advertising secara umum adalah brainly
  • pengertian advertising content
  • peran advertising
  • jenis-jenis advertising
  • contoh advertising

Post a Comment for "Pengertian Advertising Meliputi Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Cirinya Secara lengkap"