Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Fashion Meliputi Macam, Fungsi dan Manfaatnya Secara Lengkap

Pengertian Fashion : Stylist, Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Fashion

Secara khusus dapat dikatakan Fashion adalah gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang, baik itu dalam kehidupan sehari-harinya ataupun pada saat acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan.Atau definisi Fashion yaitu gaya berbusana yang populer dalam suatu budaya atau sebagai mode. Ada juga yang berpendapat bahwa fashion merupakan gaya berbusana yang menentukan penampilan dari seorang individu. Kata Fashion sendiri berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai mode, model, cara, gaya ataupun kebiasaan.
Saat ini fashion sangat erat hubungannya dengan gaya hidup. Gaya hidup seorang individu dapat dinilai dari bagaimana dia berpakaian. Seiring berjalannya waktu gaya hiduppun ikut menunjukan dan menentukan status sosial dan pekerjaan dari seorang individu.
Fashion tidak haya berkaitan dengan gaya dalam berpakaian saja, akan tetapi berhubungan juga dengan gaya aksesoris, kosmetik, gaya rambut dan lain-lain yang dapat menunjang penampilan seseorang. Fashion itu berkembang seiring berjalannya waktu, seperti contohnya jika fashion di tahun 2000 – an tentunya sangat berbeda dengan era yang sebelumnya. Di era tahun 2000 – an atau disebut juga dengan era Milenium para pencinta fashion dibebaskan untuk berekspresi sesuai dengan keinginan dan ke pribadiannya masing-masing. Seperti mencampurkan beberapa mode dari era yang sebelumnya dengan menggunakan sentuhan masa depan. Walaupun pada saat ini berbagai merek fashion terkenal mengeluarkan produk-produk yang sesuai dengan musim maupun perbedaan tema, tapi pada akhirnya keputusan untuk bergaya tergantung pada para pemakai.


Sejarah Fashion

Berdasarkan pada sejarah perkembanganya, fashion merupakan suatu lambang dari terjadinya fase perubahan budaya dalam suatu kelompok. Selain itu, fashion juga bisa menjadi ukuran untuk menentukan status sosial dan lain sebagainya. Pada awal tahun 1000 Masehi, fashion di Eropa bergaya klasik dengan ciri khas seperti baju berukuran besar. Hal ini tidak terlepas dari adat dan budaya Eropa pada masa itu, yang menjunjung tinggi nilai kesopanan.
Sedangkan pada zaman modern sekarang ini, nyaris setiap bangsa dan negara seperti sedang berlomba-lomba menciptakan trend-nya masing-masing. Umumnya, setiap negara memiliki ciri khas, presepsi dan pandangan yang berbeda mengenai fashion. Sehingga perkembangan desain fashion juga menjadi tidak terbatas.


Pengertian Fashion Menurut Para Ahli


Sebagai sebuah istilah yang kerap ditujukan untuk mengekspresikan bentuk perkembangan zaman, pengertian fashion menurut para ahli juga sangat beragam. Di bawah ini adalah beberapa teori dan statement para ahli mengenai fashion.
  • Thomas Karlyle

Menurut Karlyle; “Pakaian adalah perlambang dari jiwa. Pakaian tidak dapat dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia”. Dengan kata lain, fashion dapat diartikan sebagai kulit segi sosial yang mengandung pesan dan juga cara hidup individu maupun komunitas tertentu yang menjadi bagian dari kultur sosial.Di samping itu, fashion juga bisa menunjukan identitas dari pemakainya. Oleh karena itu, wajar jika banyak kalangan yang menjadi sangat peduli dengan mode yang mereka kenakan. Sebab hal ini dianggap bisa berdampak pada nilai diri mereka dihadapan publik. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu alasan mengapa fashion menjadi sangat penting dalam perkembangan kehidupan manusia.
  • Malcolm Barnard

Barnard menyatakan, bahwa dilihat dari sisi etimologi maka kata fashion ini berhubungan erat dengan sebuah kata dari bahasa Latin, yaitu factio yang memiliki arti “membuat”. Oleh karena itu, maka fashion merupakan sebuah aktivitas yang sedang dilakukan oleh seseorang. Namun saat ini, tampaknya telah terjadi penyempitan pada makna. Karena hari ini fashion lebih mengarah pada suatu mode yang dipakai oleh individu atau kelompok seperti busana dan perhiasannya. Meskipun sebenarnya fashion memiliki definisi sebagai satu bentuk, jenis, tata cara atau tindakan.
  • Polhemus dan Procter

Menurut Polhemus dan Procter, kalangan masyarakat di dunia barat menyebutkan fashion sebagai istilah untuk menunjukan gaya, busana serta dandanan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila kemudian pada perkembanganya makna fashion hanya dianggap sebagai suatu trend busana dan gaya. Yang mana lebih berfokus terhadap penampilan fisik seseorang dan juga kecantikan.



Fungsi Fashion

Fashion saat ini tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, namun lebih dari itu fashion menjadi salah satu gaya hidup. Hal tersebut tidak lepas dari posisi wanita jaman sekarang yang memiliki peranan yang kompleks dalam kehidupan masyarakat.
Dulu aktivitas wanita hanya didalam rumah saja sehingga kebutuhan fashionnya tidak terlalu banyak dan apa adanya. Sedangkan wanita sekarang memiliki peranan yang penting dalam kehidupan keluarga maupun sosial.Wanita tidak lagi identik dengan rumah dan dapur, sekarang banyak wanita yang turut serta membantu perekonomian keluarga dengan bekerja sebagai wanita karier atau menjadi pembisnis. Dari situlah muncul fashion yang menunjang kebutuhan sehari-hari, karier dan pekerjaan wanita. Dengan demikian wanita bisa berpenampilan modis dan trendy sesuai dengan kepribadian dan karakternya masing-masing.


Manfaat Fashion

Ada beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya ialah sebagai berikut:
  • Memberikan Rasa Percaya Diri

Secara psikologis setiap wanita yang penampilannya menarik dan nyaman lebih memiliki percaya diri dibandingkan dengan wanita yang penampilannya tidak menarik. Rasa percaya diri mempengaruhi semangat dalam mengerjakan berbagai macam pekerjaan dan berakitivitas.
  • Memberikan Daya Tarik Tersendiri

Menggunakan pakaian dan berpenampilan menarik bisa memberikan daya tarik yang memikat. Apalagi jika dipadu dengan sopan dan ramah akan memunculkan aura yang menarik membuat orang merasa nyaman saat bicara dan dekat dengan kalian.
  • Membuat Bahagia

Memanjakan diri sendiri tidak hanya dengan belanja pakaian dan barang-barang baru. Namun rasa kepuasan menggunakan fashion yang menjadi perhatian bisa membuat perasaan bahagia.


Macam-Macam Fashion

berbagai tipe dari gaya fashion yang akan dibahas dapat mengungkapkan tema penampilan kita pada umumnya. secara general, style fashion sendiri bertumpu pada karakter seseorang atau juga teman khusus dari cara berpakaiannya, berikut ini tipe gaya fashion.
  • Casual Style

style ini juga sangat banyak sekali penggemarnya di Indonesia, karena style ini sangat mudah digunkan untuk kegiatan sehari-hari. Siapa pun dapat memakai “Casual Style” sebab tidak menguras kantong karena style ini sangat simple dan mengutamakan kenyamanan.
  • Seksi Style

Di Indonesia juga banyak sekali penggemar style ini, bahkan menjadi sebuah tren bagi kaum hawa yang mempunyai kelas. berpenampilan seksi dan dapat menggoda khususnya kaum adam
  • Romantis Style

style satu ini pasti akan menduga warna yang serba pink, tapi style ini tidak selalu identik dengan warna pink. sebab“Romantis Style” ini hanya ingin menunjukkan harapan yang romantic dan tidak selalu diwakilkan dengan warna pink. tetapi, tidak salah juga sih, jika kalian mengira demikian.
  • Glamour Style

Style satu ini terkenal sekali di Indonesia dan sangat identik dengan gaya fashion masyarakat Indonesia. Karena style ini dipakai untuk menunjukkan status derajat pada seseorang di Indonesia. Gaya fashion yang sering disebut “Glamour Style” sangat diidam-idamkan oleh orang-orang Indonesia terutama para kaum wanita.
  • Flamboyan Style

membahas mengenai “Flamboyan Style”. Bagi kalian sangat menyukai warna-warna cerah atau bisa dib ilang tabrak warna dan mungkin menyukai keunikan sangat cocok untuk kalian coba.
  • Eksotis Style

membahas mengenai style pasti kalian sudah tahu dong dari judulnya. Penggunaan baju ini terlihat (unik)dari segi design baju dan coraknya, sehingga mempunyai kesan yang misterius saat orang melihat.
  • Klasik Style

membahas mengenai “Klasik Style” yang sering dibicarakan dan digemari para wanita untuk mendapatkan kesan foto yang vintage atau kesan foto yang elegan dan cantik.
  • Chic Style

Style selanjutnya yang akan dibahas yaitu “Chic Style” yang popular karena gayanya yang simple dan mudah diikuti. Banyak wanita yang ingin terlihat Trend dan fashionable untuk kegiatan sehari-hari, khususnya saat mendatangi acara-acara resmi tertentu.
  • Arty Style

membahas mengenai “Arty Style” sekarang ini sedang banyak digunakan para wanita terutama di Indonesia. Persamaan pada Arty style dengan Bohemian style ini ialah penggunaan sisi artistic yang menyukai tentang “Art”.
j. Bohemian Style : membahas tentang “Bohemian Style” untuk menjadi refrensi fashion kalian. Bohemian ini kebanyakan disukai oleh orang-orang yang fokus pada teksture dan corak eksotis pada gaya fashionnya. Para pengguna gaya bohemian ini me keterpunyai tarikan pada sebuah “art” karena bohemian style ini memang begitu artistik. Sepintas memang style ini hampir sama seperti arty style tetapi pada bohemian style ini mempunyai ciri-ciri pola yang lebih rumit.


Perkembangan Fashion

Perkembangan fashion di Indonesia cukup baik, dengan hadirnya para desainer yang berbakat dan memberi warna baru dalam dunia fashion. Ciri khas yang di miliki oleh fashion yang ada di Indonesia adalah batik. Batik menjadi icon bagi Negara Indonesia untuk dapat di kenal secara internasional.
Batik pada umumnya di pakai pada acara yang resmi tetapi para desainer membuat desain pakaian ini menjadi pakaian santai yang dapat di gunakan sehari-hari. Batik pun menjadi salah satu warisan yang sekarang ini menjadi warna baru di dalam fashion dunia.


Demikian penjelasan mengenai pengertian fashion yang dapat kami berikan kepada teman-teman dan semoga dapat dipahami, serta mohon maaf jika terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam penjelasan ini. Sekian, terimakasih banyak ….

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Fashion
  • pengertian fashion pdf
  • tujuan fashion
  • pengertian fashion dalam islam
  • pengertian fashion batik
  • contoh fashion
  • pengertian produk fashion
  • macam macam fashion
  • fashion itu apa sih

Post a Comment for "Pengertian Fashion Meliputi Macam, Fungsi dan Manfaatnya Secara Lengkap"