Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Apresiasi Seni Meliputi Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tahapan dan Contohnya

Pengertian Apresiasi Seni
Pengertian Apresiasi Seni

Kata “Apresiasi” berasal dari bahasa Latin yaitu “Appretiatus” yang dapat diartikan Mengerti dan menyadari sepenuhnya lalu dapat menilai sesuatu dengan semestinya. Jika di hubungkan dengan suatu karya seni maka memiliki arti mengerti dan menyadari hasil suatu karya seni sehingga peka terhadap nilai keindahannya, mampu menikmatinya, dan dapat memberikan nilai yang pantas terhadap karya seni tersebut.
Dari penjelasan di atas maka Pengertian apresiasi seni adalah proses dalam menghayati suatu karya seni dan memberikan penilaian atau penghargaan yang pantas pada karya seni tersebut. Atau apresiasi seni yaitu suatu proses kegiatan yang merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai keindahan dari suatu karya seni. Kegiatan pada apresiasi seni yaitu dengan cara melakukan pengamatan, lalu memahami dan menulai dengan memberikan suatu penghormatan, kriti dan juga evaluasi. Tujuan umum dalam melakukan apresiasi karya seni yaitu untuk memberikan suatu pengetahuan kepada orang lain mengenai tujuan dari karya seni tersebut di buat, dan supaya orang lain dapat menanggapi, menghayati dalam menilai suatu karya seni.



Pengertian Apresiasi Seni Menurut Para Ahli

  1. Pengertian apresiasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Apreiasi seni adalah penilaian baik, penghargaan, misalnya terhadap karya-karya sastra ataupun karya seni.
  2. Alfred North Whitehead (Jarrett, 1991: 157) Apresiasi seni adalah  suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh sesuatu (untuk memahami sesuatu), berpartisipasi di dalamnya, dan penilaian secara keseluruhannya.
  3. Hornby dalam Sayuti, 1985:2002 Apresiasi seni adalah pemahaman dan pengenalan yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian
  4. (Elliyati, 2004) Apresiasi seni karya sastra adalah  kegiatan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Sehubungan dengan itu, apresiasi memerlukan kesungguhan penikmat sastra dalam mengenali, menghargai, dan menghayati, sehingga ditemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.
  5. (Aminuddin, 1987) Apresiasi berasal dari bahasa Inggris “appreciation” yang berarti penghargaan, penilaian, pengertian, bentuk itu berasal dari kata kedua “to aprreciate” yang berarti menghargai, menilai, mengerti. Apresiasi mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau kepekaan batin, dan pengakuan terhadap nilai-nilai keindahan yang diungkapkan pengarang.

Fungsi Apresiasi Seni

Apresiasi dalam seni memiliki manfaat atau fungsi. Seperti yang sudah disebutkan mengenai pengertian dari apresiasi pada seni, terdapat kegiatan mengenali, memberi penilaian, juga menghargai di mana akan memperngaruhi karya seni tersebut serta seniman atau pembuat seni yang terlibat.
Ada empat fungsi yang menjadi utama dan dapat kamu kenali agar lebih memahami mengenai apresiasi pada seni. Keempat fungsi tersebut sebagai berikut.
1. Untuk Meningkatkan Kecintaan Terhadap Karya Seni
Fungsi pertama adalah untuk meningkatkan kecintaan terhadap karya seni. Atau dapat juga dikatakan sebagai ‘sarana’ yang mampu meningkatkan rasa cinta terhadap karya seni khususnya karya seni yang dibuat oleh anak-anak Indonesia.

2. Untuk Menciptakan Penilaian
Fungsi yang kedua adalah untuk menciptakan penilaian. Penilaian ini berupa sarana dalam menikmati, memberi empat, mendapatkan hiburan, serta menambah wawasan dan pengetahuan atau edukasi.

3. Untuk Mengembangkan Kemampuan
Fungsi ketiga adalah untuk mengembangkan kemampuan. Kemampuan yang merupakan keanggupan diri sendiri dapat berupa mampu menciptakan karya seni atau lain-lain. Sebagai penikmat seni yang memberi apresiasi, terkadang banyak bagian dari kegiatan apresiasi tersebut yang mengasah kemampuan.

4. Untuk Membangun Hubungan
Fungsi keempat atau terakhir ialah untuk membangun hubungan. Hubungan tersebut berupa hubungan timbal-balik yang positif antara pembuat seni dengan penikmat seni.


Manfaat Apresiasi Seni

Memberikan apresiasi kepada orang lain terhadap karya yang ia buat akan memberikan dampak yang bagi individu dan atau kelompok. Berikut ini merupakan manfaat yang bisa didapat jika diterapkan dengan baik:
  1. Agar kita memahami mengenai hal yang berkenaan dengan karya seni dari berbagai sisi.
  2. Menumbuhkan dan Meningkatkan rasa kecintaan terhadap karya seni dan sesama manusia.
  3. Sarana mengedukasi, hiburan, empati, dan lainnya.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan suatu karya seni menjadi lebih baik di masa mendatang.

Tujuan Apresiasi Seni

Tujuan pokok dari apresiasi seni yakni berupa memperkenalkan atau mempublikasi karya seni tersebut agar karya seni lebih bisa dinikmati oleh orang banyak, dengan mempublikasikannya tetntunya karya seni tersebut akan lebih terkenal bahkan sampai kerana internasional.
Nah, dengan adanya apresiasi seni maka kita bisa lebih mudah mengerti maksud dan tujuannya. Sementara ada tujuan yang paling pokok dari tujuan-tujuan yang lain , dalam hal ini ada tiga poin. Ketiga poin tujuan akhir tersebut sebagai berikut.
  1. Mengembangkan nilai estetika karya seni
    Estetika merupakan kepekaan terhadap keindahan atau seni. Hal ini membuat kita lebih cepat menyadari unsur seni pada karya seni itu sendiri.
  2. Mengembangkan daya kreasi
    Selanjutnya yaitu ialah mengembangkan kreasi. Karena kita menjadi lebih peka dan mengerti maksud dari karya seni, maka daya kreasi kita juga bisa bertambah.
  3. Menyempurnakan
    Maksudnya yaitu, apresiasi pada karya-karya seni juga sebagai ‘penyempurna’ dari karya-karya seni itu sendiri.


Jenis Jenis Apresiasi / Tingkatan Apresiasi

Apresiasi terhadap karya seni sendiri dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Apresiasi empatik yaitu menilai atau menghargai suatu karya seni yang dapat ditangkap dengan sebatas indrawi saja.
  • Apresiasi estetis yaitu menilai atau menghargai suatu karya seni dengan melibatkan pengamatan dan penghayatan yang mendalam.
  • Apresiasi kritik yaitu menilai atau menghargai suatu karya seni dengan melibatkan klasifikasi, deskripsi, analisis, tafsiran, dan evaluasi serta menyimpulkan hasil penilaian atau penghargaannya. Apresiasi yang satu ini dapat dilakukan dengan mengamati suatu benda secara langsung dan nyata.


Tahapan Apresiasi

Selain dari jenis-jenis apresiasi yang telah dijabarkan, untuk melakukan suatu apresiasi seni kreatif juga memerlukan lima tahapan khusus sebagai berikut:
  • Pengamatan : Pengamatan terhadap suatu karya seni ini tidak dilakukan dengan satu indera saja. Namun, dengan memberdayakan seluruh pribadi. Maksudnya, apresiasi ini juga dilakukan dengan ketajaman pengamatan seseorang serta pengetahuan ilmu seni. 
  • Aktivitas Fisiologis : Aktivitas fisiologis adalah tindakan nyata dalam melakukan suatu pengamatan.
  • Aktivitas Psikologis : Aktivitas psikologis merupakan persepsi dengan evaluasi yang kemudian dapat menimbulan suatu interpretas imajinatif sebagai pendorong kreativitas. 
  • Aktivitas Penghayatan : Aktivitas penghayatan dapat dilakukan dengan mengamati suatu objek karya seni secara mendalam.
  • Aktivitas Penghargaan : Aktivitas penghargaan merupakan suatu evaluasi terhadap objek dengan menyampaikan saran atau kritikan.


Contoh Apresiasi Seni

Suatu hari ada seorang pegiat seni yang diundang untuk datang ke pameran seni yang digelar oleh sebuah instansi. Orang tersebut datang karena ingin mengenal dan melihat lebih dekat hasil karya seni benda yang dipamerkan lewat media sosial.
Kemudian saat tengah melihat-melihat, beberapa karya seni yang ada mampu menarik perhatiannya dan membuatnya ingin memberi penilaian. Menurut pandangannya, beberapa karya seni tersebut sangat menarik, hanya saja warnanya kurang meyakinkan. Dari situ ia pun menceritakan dan memperbincangkan penilaiannya kepada sesama penikmat seni.
Sebenarnya bentuk kegiatan lain yang termasuk dalam mengapresiasi karya seni memang cukup banyak dan mudah kita temui dalam keseharian kita.
Hal ini terjadi karena karya seni seperti ini sudah menjadi bagian hidup yang tidak dapat dipisahkan. Ke mana pun kita melangkah, maka akan menjumpai hasil-hasil karya seni, meski terkadang kita sendiri tidak menyadarinya.



Kesimpulan

Dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa pengertian apresiasi seni adalah proses dalam menghayati suatu karya seni dan memberikan penilaian atau penghargaan yang pantas pada karya seni tersebut.
Adapun tujuan utama apresiasi seni yaitu untuk memberikan suatu pengetahuan kepada orang lain mengenai tujuan dari karya seni tersebut di buat, dan supaya orang lain dapat menanggapi, menghayati dalam menilai suatu karya seni.
Berikut tahapan apresiasi seni yaitu:
  • Persepsi, yaitu tahapan yang mengenali bentuk dari karya seni yang akan di apresiasi.
  • Pengetahuan yaitu tahapan yang mengenali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan apresiasi seni dan bentuk karya seni tersebut.
  • Analisi yaitu tahapan yang mendeskripsikan atau menafsirkan bentuk karya seni tersebut.
  • Penilaian, yaitu tahapan melakukan penilaian yang pantas secara subjektif maupun objektif terhadap karya seni tersebut.
  • Dan Apresiasi, yaitu tahapan yang terdiri dari nilai, empati dan filing.
Itulah penjelasan tentang apresiasi seni secara umum yang dilengkapi juga dengan tahapan, fungsi dan manfaatnya. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dalam menambah pengetahuan kamu. Jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Apresiasi Seni
  • pengertian apresiasi seni budaya
  • pengertian apresiasi seni menurut para ahli
  • fungsi apresiasi seni
  • contoh apresiasi seni
  • tujuan apresiasi seni
  • tahapan apresiasi seni
  • sebutkan manfaat kegiatan apresiasi seni
  • contoh apresiasi seni musik
  • uraikan pengertian apresiasi seni budaya menurut pendapat anda sendiri
  • manfaat apresiasi seni
  • jelaskan pengertian apresiasi seni rupa terapan
  • apa tujuan akhir apresiasi karya seni rupa

Post a Comment for "Pengertian Apresiasi Seni Meliputi Fungsi, Tujuan, Manfaat, Tahapan dan Contohnya"