Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pencemaran Air Meliputi Sumber, Komponen, Dampak dan Cara Menanggulanginya

PENCEMARAN AIR : Pengertian, Penyebab, Dampak & Contoh Pencemaran Air
Pengertian Pencemaran Air

Yang dimaksud dengan pencemaran air adalah berubahnya suatu tempat penampungan air seperti sungai, danau, laut, dan lain-lain sehingga air tersebut menjadi tidak layak digunakan. Penyemabnya yaitu masuknya berbagai macam zat atau komponen yang berbahaya ke tempat penampungan air tersebut, zat tersebut umumnya berasal dari aktivitas yang dilakukan manusia.

Menurut Encyclopaedia Britannica, polusi air adalah pelepasan zat ke dalam air tanah di bawah permukaan atau ke danau, aliran, sungai, muara dan lautan ke titik di mana zat mengganggu penggunaan air yang bermanfaat atau fungsi alami ekosistem.
Dikutip dari Natural Resources Defense Council, polusi air adalah ketika zat-zat berbahaya (bahan kimia atau mikroorganisme) mencemari aliran, sungai, danau, lautan atau badan air lainnya sehingga menurunkan kualitas air dan menjadi beracun bagi manusia dan lingkungan.
Pencemaran air mengakibatkan krisis air tawar, mengancam sumber-sumber air minum dan kebutuhan penting lainnya bagi manusia dan makhluk hidup lain.



Komponen Pencemaran Air

Setelah mengatauhi pengertian pencemaran air dan sumbernya, maka berikut ini beberapa komponen pencemaran air:
a. Limbah Padat
Misalnya seperti sampah plastik yang di buang sembarangan ke perairan akan menyebabkan pencemaran air. Limbah padat yang di buang tentunya akan mengendap di dalam air, dan akan mengganggu organisme perairan. Endapan limbah padat juga akan menyebabkan air menjadi keruh.

b. Limbah Organik dan Limbah Olahan Makanan
Bahan yang mudah membusuk seperti olahan makanan, sayuran, buah-buahan, bangkai hewan yang di buang ke perairan akan meningkatkan jumlah mikroorganisme di per airan tersebut, hal tersebut tentunya akan menimbulkan bau tidak sedap yang menyengat, dan perairan akan tercemar serta mengganggu organisme air.

c. Zat kimia
Berikut ini beberapa zat kimia yang dapat mencemari perairan misalnya:Air sabun detrgen, dan bahan pembersih lainnya yang habis digunakan lalu di buang sembarangan.Pembasmi hama / Insektisida yang digunakan secara sembarangan atau berlebihan, bekas pengguaannya akan mengalir melalui air sawah, air di kebun yang menuju ke sungai sehingga sungai menjadi tercemar.Zat pewarna kimia misalnya seperti zat pewarna tekstil, tentunya zat pewarna kimia ini sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup jika sampai terkonsumsi. Limbah zat pewarna yang digunakan untuk industri tekstil sangat berbahaya jika dibuang ke perairan, dan takan mengakibatkan pencemaran air serta banyak organisme air yang mati.

Sumber pencemaran air

Sumber pencemaran air dapat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu:
  • Sumber langsung
Sumber langsung adalah sumber pencemaran yang secara langsung melepaskan limbah dan produk sampingan berbahaya ke sumber air terdekat tanpa pengolahan. Contoh: limbah pabrik, fasilitas pengelolaan limbah, kilang dan lain-lain.
  • Sumber tidak langsung
Sumber tidak langsung yaitu polutan atau bahan pencemar yang masuk ke badan air melalui air tanah, tanah, atau atmosfer seperti hujan asam.
Badan air dapat tercemar oleh berbagai macam zat, termasuk mikroorganisme patogen, limbah organik yang dapat membusuk, nutrisi tanaman, bahan kimia beracun, endapan, panas, minyak bumi dan zat radioaktif.
Beberapa polutan air yang paling sering ditemukan antara lain:
  • Limbah domestik (rumah tangga)
  • Limbah industri
  • Insektisida dan pestisida
  • Deterjen dan pupuk

Jenis Pencemaran Air

Ada beberapa jenis pencemaran menurut ahli sebagai berikut:
  1. Pencemaran Mikroorganisme Air
Bukan hanya limbah yang dapat dilihat oleh kasat mata saja yang mampu mencemari air namun juga beberapa mikoorganisme yang tidak kasat mata. Beberapa mikroorganisme seperti virus, bakteri, kuman, protozoa dan parasit kerap kali juga mampu membuat pencemaran pada air. Berbagai mikroorganisme tersebut terdapat di dalam air sebagai hasil dari buangan limbah padat lainnya seperti limbah rumah tangga, limbah pertanian, limbah rumah sakit, limbah industri dan limbah lainnya. adanya berbagai kuman di dalam air ini sangat berbahaya bagi orang yang menggunakan air tersebut karena sangat rawan menyebabkan berbagai jenis penyakit. Adapun berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh pencemaran air tersebut diantaranya adalah tifus, kolera dan juga disentri.
  1. Pencemaran dari Bahan Arnorganik Nutrisi Tanaman
Saat ini para pelaku pertanian sudah banyak menggunakan pupuk berbahan kimia sebagai pengusir hama dan penyubur tanaman. Hal ini sudah dilakukan sejak lama dan oleh banyak petani. Memang penggunaan pupuk kimia ini mampu meningkatkan jumlah hasil panen dari pertanian tersebut namun disisi lain ada dampak negatifnya yaitu dapat mencemari air di sungai, danau hingga laut dengan menggunakan zat fosfat yang ada di dalam pupuk tersebut. Hal ini jika dilakukan secara terus-menerus maka akan semakin banyak pihak yang mengalami kerugian terutama bagi mereka yang tidak mengerti asal-usul dari pencemaran tersebut. Oleh karena itu sebaiknya anda untuk mempertimbangkan penggunaan pupuk kimia dan pestisida supaya lebih bijak lagi.
  1. Pencemar Bahan Kimia Anorganik
Adanya berbagai baha kimia organic di dalam air dapat membuat rasa dari air tersebut berubah dan sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi. Bahan kimia anorganik tersebut misalnya saja logam, garam dan asam. Biasanya ikan yang berada pada air yang mengandung zat tersebut akan mati dan bukan hanya ikan saja namun juga mandeknya pertumbuhan dari berbagai jenis tumbuhan yang dilalui oleh air tersebut. Ini tentunya tidak baik bagi kelangsungan kehidupan kita.
  1. Pencemar Bahan Kimia Organik
Bahan kimia organic yang sering digunakan oleh banyak orang misalnya saja deterjen, minyak, pestisida, larutan pembersih dan pestisida jika terlarut dalam air juga bisa menyebabkan kematian pada ikan yang hidup di air tersebut. Setidaknya terdapat sekitar 700 jenis bahan kimia organic yang terdapat di dalam permukaan air dan jika terus dikonsumsi tanpa ada pemasakan yang benar akan menimbulkan berbagai jenis penyakit misalnya saja ginjal, berbagai jenis kanker dan juga menyebabkan cacat pada kelahiran.

Penyebab Pencemaran Air

Pencemaran air disebabkan oleh banyak sekali, faktor-faktor penyebabnya tidak sama antara satu dengan yang lain, dalam hal ini karakternya. Berikut dibawah ini beberapa faktor yang menjadi penyebabnya :
  • Air kekurangan oksigen dalam jumlah yang banyak yang berdampak sangat hebat pada ekosistem secara keseluruhan. Kurangnya oksigen yang ada di air diakibatkan oleh sampah organik yang berasal dari air comberan. Inilah yang pada akhirnya berakibat pada pencemaran air.
  • Kandungan nutriennya mengalami peningkatan, menjurusnya kepada sesuatu yang dinamakan eutrofikasi.
  • Oksigen yang banyak berkurang di dalam air yang mengakibatkan airnya tercemar bisa diakibatkan oleh air limbah yang berisi beragam polutan hasil dari industri-industri. Misalnya seperti minyak, nutrien, toksin organik, logam berat dan padatan. Air yang berkurang oksigennya dalam jumlah yang banyak juga disebabkan karena efek termal yang dimiliki oleh air limbah. Pembangkit listrik, salah satunya yang paling banyak mengeluarkan air limbah.
  • Sungai Citarum yang dikotori atau dicemari oleh limbah yang berasal dari beberapa pabrik yang berada di sekitarnya.
  • Sampah juga bisa mengakibatkan air tercemar.
  • Para nelayan yang biasa menangkap ikan di tengah laut dengan memakai bahan peledak juga bisa menyebabkan air laut tercemar.

Manfaat Air Bagi Kehidupan

Manfaat air bagi kehidupan antara lain adalah sebagai berikut:
1. Untuk memenuhi cairan di dalam tubuh
Semua makhluk hidup membutuhkan air tanpa terkecuali. Baik itu manusia, hewan dan tumbuhan semua membutuhkan air. Hampir seluruh penyusun tubuh kita adalah air. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Membantu pekerjaan sehari – hari
Hampir seluruh aktivitas di dalam rumah tangga membutuhkan air untuk minum, mencuci, memasak, menyirami tanaman dan lain – lain. Bayangkan jika air di lingkungan sekitar kita tercemar, hal ini dapat menyebabkan anda terkena penyakit karena air yang anda konsumsi sudah tidak jernih lagi.

3. Membantu membersihkan tubuh
Air dapat membantu anda membersihkan tubuh sehingga tubuh anda terbebas dari kuman dan penyakit. Oleh karena itu, kita harus menjaga lingkungan kita agar tidak tercemar sehingga air yang kita gunakan selalu bersih.

4. Membantu dalam bidang pertanian
Air adalah sumber utama penghidupan, termasuk di dalamnya adalah tanaman. Apabila tanaman kekurangan air dapat mengganggu proses metabolisme di dalamnya sehingga dapat menyebabkan layu lalu mati. Air sangat penting dalam mengalirkan irigasi.

5. Menjaga kesehatan kulit
Air dapat membantu melembabkan kulit sehingga dapat mencegah kekeringan.
6. Sebagai pembangkit tenaga listrik
Di era yang serba modern ini air dapat digunakan sebagai pembangkit listrik.


Dampak Pencemaran Air

Banyak sekali dampak yang di sebabkan oleh pencemaran air, berikut ini di antaranya:
  1. Kehidupan ekosistem di dalam air akan mengalami kerusakan yang besar
  2. Tumbuhnya ganggang dan parasite jahat yang dapat memperkeruh keadaan air
  3. Pendangkalan sungai yang di akibatkan terlalu banyak sampah yang menumpuk
  4. Beresiko kanker dan cacat lahir bagi bayi jika mengkonsumsi air yang tercemar
  5. Penggunaan pestisida terlalu berlebihan akan mengakibatkan ikan dan makhluk lain mati
  6. Ketidakseimbangan rantai makanan, burung dan sepesies pemakan ikan akan sulit mencari makan
  7. Pencemaran air dapat mengakibatkan erosi
  8. Kurangnya sumber air bersih
  9. Salah satu penyebab terjadi tanah longsor
  10. Berbagai jenis penyakit akan timbul

Contoh Pencemaran Air Berdasarkan Penyebabnya

1.Pencemaran Air Karena Limbah Rumah Tangga
Contoh pencemaran air paling sederhana adalah dari limbah rumah tangga. Polusi air jenis ini biasanya dari air sabun, sampah rumah tangga, dan lain hal yang mungkin terkesan sepele dan “sehari-hari”, padahal menyebabkan dampak pencemaran air yang signifikan.

2.Pencemaran Limbah Industri
Contoh pencemaran air yang kedua adalah pencemaran yang disebabkan oleh limbah industri. Penyebab pencemaran air ini merupakan faktor pencemaran air yang paling besar. Limbah industri yang langsung dibuang ke perairan tanpa diolah terlebih dahulu menjadi penyebab pencemaran air.

3.Pencemaran Air Dari Sektor Pertanian
Kegiatan pertanian juga dapat menghasilkan limbah yang menjadi penyebab pencemaran air. Contoh pencemaran air dari limbah pertanian ini berasal dari pupuk kimia dan pestisida yang digunakan untuk memelihara tanaman. Tak hanya air permukaan, limbah ini juga menyebabkan pencemaran air tanah.

4.Penggunaan Bahan Peledak Untuk Menangkap Ikan
Contoh pencemaran air berikutnya adalah penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan. Meski illegal alias dilarang, cara ini masih sering digunakan sehingga menjadi penyebab pencemaran air dan merusak ekosistem air.

5.Pencemaran Air Karena DetergenDetergen juga menjadi penyebab pencemaran air. Contoh pencemaran air ini terjadi karena pembuangan limbah detergen langsung ke dalam air membuat air tercemar dan dapat mematikan ikan-ikan juga organisme air lainnya.

6.Pencemaran Air Dari Sektor Peternakan dan Perikanan
Sektor peternakan dan perikanan juga mampu menyumbang limbah untuk contoh pencemaran air yang terjadi. Limbah peternakan dan perikanan yang dihasilkan berupa kotoran ternak dan sisa makanan ternak bisa menjadi penyebab pencemaran air jika tidak diolah terlebih dahulu.

7.Pencemaran Air Karena Sampah
Sampah menjadi penyebab pencemaran air yang paling umum. Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan, baik sampah organik maupun anorganik, ke sungai dan laut dapat membuat perairan tercemar.

8.Pencemaran Air Karena Penggundulan Hutan
Penyebab polusi air berikutnya adalah penggundulan dan perusakan hutan. Hal ini disebabkan pembuangan kayu, ranting-ranting, dan dedaunan yang menyebabkan sumber air menjadi tercemar. Oleh sebab itu juga hutan yang masih tersisa di bumi harus dilestarikan demi hidupnya ekosistem.

9.Pencemaran Air Dari Sektor Pertambangan
Limbah pertambangan dapat menjadi penyebab pencemaran air. Contoh pencemaran air seperti ini adalah pencemaran air oleh batu bara yang mengandung merkuri, zat berbahaya bagi tubuh manusia. Limbah harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, jika tidak, akan sangat fatal akibatnya.

10.Tumpahan Minyak di Laut
Meski merupakan hal yang insidentil, contoh pencemaran air ini juga dapat terjadi. Tumpahan minyak atau kebocoran minyak di laut akan mencemari air dan membahayakan ekosistem laut yang ada.


Cara menanggulangi pencemaran air

Berikut ini beberapa cara menanggulangi pencemaran air, diantaranya:
  • Tidak membuang limbah ke sumber air, seperti sungai, danau, dan laut.
  • Tanam pohon di daerah yang menjadi sumber air.
  • Bijaksana-lah dalam menggunakan air.
  • Kelola sampah atau limbah dengan baik.
  • Kurangi penggunaan barang yang sulit terurai.
  • Kurangi penggunaan bahan yang mengandung zat kimia, yang dapat mencemari air.
  • Melakukan filtrasi terhadap air yang tercemar.

Itulah pembahasan tentang pengertian pencemaran air, yang dilengkapi dengan sumber, komponen, dampak dan cara menanggulanginya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat jika ada kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terumakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Pencemaran Air
  • pengertian pencemaran air yang paling tepat adalah
  • dampak pencemaran air
  • penanggulangan pencemaran air
  • pengertian pencemaran air menurut para ahli
  • pengertian pencemaran tanah
  • cara mengatasi pencemaran air
  • pengertian pencemaran udara
  • macam macam pencemaran air
  • dampak pencemaran air terhadap lingkungan
  • jelaskan pengertian pencemaran air dan berikan 3 contohnya
  • ciri-ciri pencemaran air
  • makalah pencemaran air

Post a Comment for "Pengertian Pencemaran Air Meliputi Sumber, Komponen, Dampak dan Cara Menanggulanginya"