Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Akibat Hutan Gundul Bagi Kehidupan dan Cara Mencegah Beserta Penjelasannya Lengkap

Penggundulan hutan merupakan sebagai pengerusakan hutan dengan cara menebang pohon yang dimana menebang pohon tersebut secara liar atau dikatakan secara berlebihan yang akan menyebabkan wilayah hutan tersebut menjadi gundul atau tidak ada pohon yang tumbuh di area tersebut.


Dampak Akibat Hutan Gundul Bagi Kehidupan

Berikut ini Dampak Akibat Hutan Gundul ;
  • Rendahnya Kualitas Oksigen
Salah satu dampak dari hutan gundul adalah kualitas oksigen yang semakin menurun. Kita tahu jika selama ini tumbuhan berperan penting dalam pembentukan oksigen yang dibutuhkan manusia. Semakin sedikit tumbuhan yang ada di hutan, semakin sedikit pula oksigen yang dihasilkan. Akibatnya adalah kualitas oksigen akan menurun.


  • Alam Semakin Panas
Akibat hutan gundul yang harus diketahui adalah menjadikan alam semakin panas. Alam semakin panas dikarenakan tanaman yang dijadikan sebagai peneduh semakin berkurang jumlahnya. Sinar matahari bisa langsung menyengat kulit akibat manusia tidak diteduhi pohon atau tumbuhan. Pohon juga bisa menimbulkan angin yang segar sehingga udara panas tidak terasa.
  • Banjir
Dampak nyata akibat hutan gundul adalah datangnya banjir, hutan gundul merupakan penyebab banjir yang sangat besar perannya. Akar pohon atau akar tumbuhan bisa menyerap air hujan yang meluap sehingga saat datang banjir pun air banjir itu bisa terserap oleh akar dengan volume yang banyak.  Jika hutan telah gundul akibatnya adalah ketika banjir datang, air banjir itu bisa meluber kemana-mana sebab tidak terserap oleh akar pohon.
  • Kekeringan
Akibat hutan gundul adalah bisa menyebabkan kekeringan. Saat pohon jumlahnya hanya sedikit, air yang diserap pun hanya sedikit. Sehingga air tanah juga menjadi sedikit. Air tanah yang sedikit bisa menyebabkan alam terkena bencana kekeringan.
  • Longsor
Hutan yang semakin gundul bisa menyebabkan tanah longsor. Hal itu dikarenakan akar tumbuhan berfungsi sebagai pemadat struktur tanah. Saat hujan datang, air tersebut tidak langsung mengenai tanah sehingga tidak menyebabkan tanah longsor. Akar pohon tersebut justru akan menyerap hujan yang datang. Untuk hutan yang gundul, air hujan bisa langsung jatuh ke atas tanah tanpa terhalang oleh pohon terlebih dahulu. Air tersebut juga tidak terserap oleh akar pohon. Tanah yang terkena hujan terus menerus kontur dan struktur tanahnya bisa rusak kemudian menyebabkan tanah longsor

  • Erosi Tanah
Hutan yang semakin gundul dan tumbuhan yang semakin sedikit menjadi penyebab erosi tanah. Erosi merupakan pengikisan lapisan tanah, pengikisan sedimen, pengikisan batuan dan partikel-partikel yang ada di tanah akibat angin, air maupun oleh karakteristik hujan. Hutan gundul menyebabkan erosi karena hujan yang turun ke bumi lama kelamaan akan mengkikis tanah sehingga lapisan tanah dan komponen-komponen tanah menjadi rusak
  • Abrasi
Dampak akibat hutan gundul adalah pengikisan tanah di sekitar pantai yang disebabkan oleh gelombang laut. Abrasi akan semakin terjadi  jika pohon yang ada di sekitar pantai jumlahnya sedikit bahkan tidak ada sama sekali.
  • Habitat Hutan Rusak
Hutan merupakan tempat hidup bagi hewan dan tumbuhan. Saat hutan mengalami kebakaran dan kemudian gundul, habitat hewan dan tumbuhan di dalamnya pun akan terganggu bahkan mengalami kerusakan.
  • Kehilangan Flora Dan Fauna Langka
Tidak jarang flora dan fauna yang mati tersebut adalah flora dan fauna yang langka dan dilindungi di Indonesia. Jika flora dan fauna tersebut mati, Indonesia akan kehilangan flora dan fauna yang menjadi ciri khas di Indonesia.
  • Kehidupan Manusia Menjadi Terganggu
Habitat fauna yang telah rusak akibat hutan gundul membuat fauna yang ada di dalamnya berlari menyelamatkan diri atau pindah dari habitat yang telah rusak tersebut. Tidak jarang, fauna tersebut masuk ke dalam perkampungan penduduk untuk mendapatkan makanan. Bisa anda bayangkan jika yang masuk ke dalam perkampungan penduduk sejenis harimau, singa dan lain sebagainya. Tentu kehidupan manusia yang ada di dalam perkampungan tersebut menjadi terganggu.


Cara Mencegah Hutan Gundul Yang Baik

  • Tebang Pilih
Saat ini masih banyak manusia yang memanfaatkan kayu yang ada dihutan. Namun sebaiknya menerapkan sistem tebang pilih. Sistem ini merupakan memiliki kayu yang sudah tua. Sehingga jangan menebang kayu yang belum tua dan belum waktunya. Ini yang sering terjadi, keserakahan manusia menebang semua kayu yang ada dihutan tanpa menanamnya kembali.
  • Legal
Bagi mereka yang memiliki bisnis dari hasil hutan terutama kayu, ada baiknya menggunakan bisnis yang legal. Bisnis ilegal bisa juga merugikan negara Indonesia sebab pemasukan negara menjadi sedikit atau tidak ada. Bisnis ilegal saat ini semakin meresahkan karena membuat hutan menjadi gundul. Mereka mengambil kayu tanpa menanam kembali.
  • Reboisasi
Ketika kita menebang pohon, ada baiknya kita juga menanam satu pohon. Ketika satu pohon mati, satu pohon akan tumbuh kembali. Jika manusia memberlakukan hal ini niscaya kelestarian hutan pun bisa terjaga. Sehingga penghikauan hutan akan tetap terjaga.
  • Hindari Membakar Lahan di Hutan
Hutan gundul bisa juga terjadi karena kebakaran hutan. Kebakaran yang disebabkan oleh ulah manusia ini bisa menyebabkan sebagian pohon rusak bahkan mati karena ikut terkena imbas kebakaran hutan. Api bisa dengan cepat menjalar dengan luas karena terbawa angina
  • Kebijakan Pemerintah
Banyak perusahaan nakal yang memanfaatkan hutan untuk kepentingan bisnis seperti perkebunan hingga wisata yang belum tentu bonafit. Bahkan beberapa diantaranya cenderung merugikan masyarakat sekitar. Nah, kebijakan pemerintah dalam hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya hutan gundul. Bagaimana caranya ? Tentu dengan pembatasan izin dalam membabat hutan.
  • Memberikan Sanksi Kepada Penebangan Liar
Jika undang undang atau peraturan sudah dibuat dan disahkan, maka seluruh masyarakat harus menaati dan mematuhi pertauran yang berlaku. Jika terdapat ada yang melanggar, wajib untuk di berikan sangsi. Sangsi tersebut dapat berupa teguran, ancaman, hingga hukuman penjara. sesuai dengan hukum yang berlaku.
Artikel Terkait:  Pengertian Rotasi Bumi dan Revolusi Bumi Serta Akibatnya
  • Larangan Menebang Hutan Secara Liar
Menebang hutan secara liar dapat diartikan dengan illegal logging, dapat menyebabkan hutan menjadi gundul. Alasan untuk melakukan illegal logging bermacam macam, tetapi alasan utama illegal logging adalah faktor ekonomi, sehingga diperlukan sangsi terhadap para illegal logging.



Sering Ditanyakan:
1.Apa yang menyebabkan hutan gundul?
Apa saja penyebab hutan gundul
  • Penebangan liar tanpa adanya reboisasi.
  • Penggusuran hutan untuk pemukiman.
  • Kurang kepedulian manusia terhadap lingkungan.
2.Apa yang harus dilakukan jika hutan gundul?
Usaha yang harus dilakukan untuk mengatasi hutan gundul adalah
  1. 1.Melakukan reboisasi.
  2. 2.Melakukan sistem tebang pilih.
  3. Tidak menebang pohon sembarangan secara berlebihan.
3.Apa dampak bagi lingkungan menebang pohon?
Dampak penebangan hutan secara liar diantaranya adalah: Hilangnya kesuburan tanah mengakibatkan tanah menyerap sinar matahari terlalu banyak sehingga menjadi sangat kering dan gersang. Hingga nutrisi dalam tanah mudah menguap. Selain itu, hujan bias menyapu sisa-sisa nutrisis dari tanah.

4.Apa yang dimaksud dengan hutan gundul?
Hutan gundul adalah hutan yang telah rusak akibat pembukaan lahan untuk perkebunan/ladang yang tidak di tanami pohon kembali dan akibat pembalakan liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau sering disebut (illegalloging), hutan gundul adalah salah satu penyebab terjadinya tanah longsor.

5.Apa dampak dari penebangan hutan dan pembakaran hutan?
Penebangan dan pembakaran hutan akan menyebabkan hilangnya habitat hewan dan rusaknya produsen oksigen dunia. Pembakaran lebih buruk dari penebangan karena pembakaran melepaskan karbon dioksida, karbon monoksida, dan partikulat debu ke udara yang dapat menyebabkan kerusakan saluran pernapasan pada hewan dan manusia.

Penelusuran yang terkait dengan penyebab hutan gundul
  • dampak hutan gundul
  • sebutkan lima dampak akibat hutan yang gundul
  • istilah penebangan hutan
  • apa pengaruh hutan gundul terhadap kehidupan hewan-hewan di sekitarnya
  • mengapa hutan indonesia banyak yang gundul
  • penyebab kerusakan hutan dan cara mengatasinya
  • mengapa hutan yang gundul menjadi penyebab banjir dan tanah longsor
  • hutan gundul terjadi karena penebangan liar merupakan contoh prinsip

Post a Comment for "Dampak Akibat Hutan Gundul Bagi Kehidupan dan Cara Mencegah Beserta Penjelasannya Lengkap"