Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Eksploitasi Hutan dan Bahaya Dieksploitasi Hutan Secara Berlebihan

Sumber Gambar : pikiran-Rakyat.com

Pengertian Eksploitasi Hutan

Menurut Dra. Nurkaita eksploitasi hutan adalah pengambilan sumber daya alam untuk dipakai/dimanfaatkan secara berlebihan atausewenang-wenang. Eksploitasi ini dapat menimbulkan kerugian pada lingkungan sekitar atau pada orang lain. Eksploitasi diambil dari bahasa inggris yaitu exploitation yang artinya politik untuk memanfaatkan dengan sewenang-wenang terhadap subjek tertentu. Eksploitasi ini banyak digunakan dalam istilah hutan atau beberapa sumber daya alam yang ada di suatu negara. Misalnya saja di Indonesia, ada beberapa orang yang melakukan eksploitasi hutan di Sulawesi.

Eksploitasi hutan adalah menggeruk hasil hutan demi kepentingan ekonomi tanpamenjaga keseimbangan hutan tersebut. Jumlah pohon yang ditebang tidak seimbang dengan jumlah pohon yang ditanam, bahkan pohon-pohon tersebut membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun untuk tumbuh, sedangkan manusia hanya butuh waktu satu menit untuk menebang pohon di hutan. Bisa diprediksi bahwa jumlah pohon dihutan bisa diprediksi bahwa jumlah pohon akan menurun drastis  akan segera habis dan mengancam paru-paru duina.     


Faktor Pendorong Eksploitasi

Eksploitasi alam terjadi karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas.dimasa modern seperti saat ini kebutuhan manusia akan sumber daya alam sangatlah tinggi. Padahal tanpa mereka sadari eksploitasi yang mereka lakukan itu telah merusak lingkungan tempat mereka hidup sendiri. Salah satu faktor yang mendorong eksploitasi ini terjadi adalah kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Selain itu faktor ekonomi sangatlah berpengaruh penting dalam usaha eksploitasi alam ini. Eksploitasi alam seperti pertambangan batu kapur di daerah padalarang adalah salah satunya, kebutuhan akan bahan mentah odol, semen dll. Menjadikan gunung kapur itu sebagai lahan pengeruk rupiah yang cukup menjanjikan, selain karena faktor masyarakat sekitar yang menggantungkan kehidupan mereka dari hasil pengolahan tambang batu kapur tersebut.

Bahaya Dieksploitasi Hutan Secara Berlebihan

  • Banjir
Banjir adalah kondisi dimana terjadi curah hujan yang tinggi namun tidak diimbangi oleh peresapan air yang baik di dalam tanah. Salah satu fungsi tumbuhan yang ada di hutan adalah untuk menampung air yang ada di dalam tanah dan membuat tidak terjadi pengikisan tanah yang akan menjadi penyebab erosi tanah.  Banjir biasanya akan terjadi pada daerah yang tidak memiliki sistem drainase yang baik seperti karena terlalu banyak aspal dan tidak ada penyerapan ke dalam tanah serta ruang hijau yang sangat minim. Daerah tersebut biasanya terdapat di perkotaan yang sarat dengan gedung-gedung permanen. Penyebab banjir dapat menyebabkan susah mendapatkan air bersih, rusaknya saran dan prasarana, rusaknya area pertanian penduduk, menghambat kegiatan penduduk, menimbulkan berbagai jenis penyakit, dan lainnya.
  • Tanah longsor
Tanah longsor merupakan keadaan dimana tanah pada bagian yang lebih tinggi turun menimpa bagian yang lebih rendah. Tanah longsor sebenarnya tidak berbahaya namun yang berbaya adalah jika terdapat pemukiman dibawahnya yang bisa tertimbun. Tanah longsor terjadi karena tidak ada penyangga tanah yang kokoh yaitu pohon. Jika hutan digunduli maka dapat menyebabkan tanah terkikis dan kehilangan penompangnya. Namun masih banyak cara untuk mencegah tanah longsor agar tidak merusak lingkungan di sekitar
  • Rusaknya keseimbangan alam
Jika hutan terus dirusak maka akan terjadi rusaknya keseimbangan alam. Jika salah satu ada yang hilang pasti akan terjadi bencana yang lebih menakutkan yang akan memberikan dampak akibat kerusakan hutan pada lingkungan sekitar yang dapat merugikan seluruh makhluk hidup.
  • Punahnya berbagai jenis tumbuhan dan hewan
Hutan sebagai tempat tinggal hewan dan tumbuhan jika terus dirusak dapat mengakibatkan salah satu dari tumbuhan dan hewan punah. Punahnya hewan dan tumbuhan ini tidak baik karena mereka merupakan sumber makanan yang menjadi bahan makanan manusia. Manusia akan mengalami kelaparan jika hal ini tidak dihentikan.



Penelusuran yang terkait dengan eksploitasi hutan
  • dampak eksploitasi hutan
  • eksploitasi hutan secara besar-besaran menyebabkan kerusakan hutan
  • sebutkan contoh eksploitasi hutan
  • kasus eksploitasi hutan di indonesia
  • contoh eksploitasi hutan brainly
  • eksploitasi adalah
  • makalah eksploitasi hutan
  • eksploitasi hutan yang berlebihan di indonesia

Post a Comment for "Pengertian Eksploitasi Hutan dan Bahaya Dieksploitasi Hutan Secara Berlebihan"