Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Akomodasi Meliputi Jenis, Bentuk dan Contohnya [ LENGKAP ]

Pengertian Akomodasi: Arti, Tujuan, dan Bentuk Akomodasi

Pengertian Akomodasi

Pengertian Akomodasi menurut Gillin adalah suatu pengertian yang digunakan oleh para sosiolog untuk menggambarkan suatu proses hubungan-hubungan sosial yang sama artinya dengan pengertian adaptasi yang dipergunakan oleh pakar-pakar biologi untuk menunjuk pada suatu proses dimana makhluk hidup menyesuaikan dirinya dengan alam sekitarnya.Akomodasi dimaksudkan sebagai suatu proses dimana orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia yang mula-mula bertentangan, setelah itu mencoba untuk saling mengadakan penyesuaian diri dalam mengatasi ketegangan-ketegangan.Pegertian Akomodasi sebenarnya merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan, sehingga pihak lawan tidak akan kehilangan kepribadiannya

Akomodasi sendiri biasanya dijalankan untuk bisa mendapatkan beberapa tujuan berikut ini :
  • Mengurangi konflik yang terjadi di antara dua pihak atau pun dua kelompok akibat terjadinya kesalahpahaman.
  • Mencegah terjadinya pertentangan untuk beberapa waktu ke depan.
  • Meleburkan atau pun menyatukan dua kelompok sosial yang terpisah.
  • Memungkinkan berjalannya kerja sama di antara dua kelompok atau pun dua pihak yang terpisah karena adat atau pun suku budaya.

Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian akomodasi menurut para ahli, diantaranya adalah:

1. Menurut Soerjono Soekanto

Sebagai suatu proses, akomodasi berarti sebagai usaha manusia untuk meredakan atau menghindari konflik dalam rangka mencapai kestabilan.

2. Menurut Gillin and Gillin

Suatu proses dalam hubungan-hubungan sosial yang mengarah kepada adaptasi sehingga antar individu atau kelompok terjadi hubungan saling menyesuaikan untuk mengatasi ketegangan-ketegangan.


Tujuan Akomodasi

Mengacu pada pengertian akomodasi di atas, tujuan utama dari akomodasi adalah untuk mengurangi atau menyelesaikan masalah yang terjadi antar individu atau kelompok. Tidak jarang konflik yang terjadi sulit ditangani sehingga diperlukan adanya pihak ketiga sebagai perantara.
Adapun beberapa tujuan akomodasi adalah sebagai berikut:
  • Meminimalisir terjadinya konflik antar individu atau kelompok yang diakibatkan oleh adanya perbedaan paham.
  • Mencegah potensi terjadinya konflik lebih besar yang bisa mengakibatkan peperangan.
  • Memungkinkan terwujudnya kerjasama antara beberapa kelompok sosial yang hidup secara terpisah karena perbedaan budaya dan faktor sosial.
  • Menyatukan kelompok-kelompok sosial yang berlatar belakang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.
Baca juga:Pengertian Premi Asuransi Meliputi Fungsin, Komponennya dan Contohnya [ LENGKAP ]


Karakteristik Akomodasi

Umumnya akomodasi dimulai dengan upaya mengurangi berbagai sumber konflik oleh pihak-pihak yang sedang bertikai sehingga masalah dapat diatasi dengan segera. Beberapa karakteristik akomodasi adalah sebagai berikut:
  • Kebutuhan akan akomodasi terjadi karena adanya konflik atau pertentangan.
  • Akomodasi bersifat universal.
  • Akomodasi adalah proses yang berkesinambungan atau terjadi secara terus menerus.
  • Akomodasi adalah perpaduan antara perasaan cinta dan kebencian.

Akomodasi Dalam berbagai Macam Bidang

Istilah akomodasi juga sering digunakan dalam berbagai macam bidang dan tentunya memiliki arti yang berbeda-beda, diantaranya seperti:
  1. Bidang Parawisata. Dalam bidang parawisata akomodasi merupakan suatu tempat yang dapat digunakan untuk menginap, misalnya seperti hotel, villa, motel, kamar dan lain-lain. Intinya tempat yang dapat dijadikan sebagai hunian sementara saat seseorang atau keluarga bepergian untuk liburan, berwisata dan lain-lain. Istilah akomodasi pada bidang parawisata biasanya sering digunakan oleh agen travel. Fasilitas dari akomodasi yang disediakan biasanaya tergantung dengan kebutuhan pelanggan atau terdapat paket-paket tertentu.
  2. Bidang Pendidikan.Dalam bidang pendidikan akomodasi diartikan sebagai suatu teknik pelayanan pendidikan khusus yang ditujukan untuk orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus. Akomodasi ini cenderung lebih kepada peralatan, metodologi ataupun pendekatan-pendekatan yang digunakan pada pelayanan.
  3. Bidang Psikologi.Dalam bidang psikologi istilah akomodasi bisa diartikan sebagai proses adaptasi seseorang atau manusia. Dalam bidang psikologi, akomodasi biasanya juga diartikan sebagai suatu proses yang menggambarkan prilaku setiap orang dan struktur mentalnya yang mengalami proses modifikasi, dengan tujuan supaya bisa melakukan adaptasi dengan lingkungannya.
  4. Bidang Kesehatan.Dalam bidang kesehatan akomodasi dapat berkaitan dengan indra penglihatan, atau lebih jelasnya merupakan proses kemampuan yang dimiliki oleh daya optik. Otot-otot pada siliaris mata yang beradaptasi terhadap objek penglihatan dengan cara menubah panjang dari fokus lensa mata, supaya bisa mendapatkan fokus terhadap citra objek yang dekat maupun jauh secara jelas pada retina mata.
  5. Bidang Komunikasi.Dalam bidang komunikasi akomodasi dapat diartikan sebagai proses komunikasi, atau proses penyesuaian cara untuk berkomunikasi seseorang dengan lawan bicaranya, dengan tujuan supaya dapat berkomunikasi dengan baik. Proses penyesuaian ini biasanya terjadi atas dasar bahasa ataupun watak yang berbeda. Proses komunikasi dapat menjadi lebih efektif jika memiliki latar belakang yang sama, misalnya seperti latar belakang bahasa, watak, adat isiadat dan lain-lain.


Bentuk Akomodasi

Selain ada di berbagai bidang, akomodasi juga memiliki beberapa bentuk. Berikut beberapa bentuk-bentuk akomodasi
  1. Coercion - Ini merupakan bentuk akomodasi yang prosesnya dilaksanakan dengan cara paksaan. Bentuk akomodasi ini dilaksanakan dikarenakan salah satu pihak yang berkonflik berada dalam posisi yang lemah.
  2. Kompromi - Berbeda dengan coercion yang melalui jalur paksaan, kompromi adalah bentuk akomodasi dimana pihak-pihak yang terlibat saling mengurangi tuntutannya agar tercapai suatu penyelesaian terhadap perselisihan yang ada.
  3. Arbitrasi - Bentuk lain akomodasi adalah arbitrasi yakni suatu cara untuk mencapai kesepakatan apabila pihak-pihak yang bertikai tidak mampu menyelasaikan konflik mereka sendiri. Jenis akomodasi ini dalam pelaksanaannya akan menghadirkan pihak ke tiga sebagai mediator.
  4. Konsiliasi - Konsiliasi adalah suatu bentuk akomodasi untuk mempertemukan keinginandari pihak-pihak yang Bertikai untuk mencapai suatu kesepakatan bersama.
  5. Toleransi - Toleransi adalah bentuk akomodasi tanpa kesepakatan yang formal dan dilaksankakan atas saling pengertian antara pihak yang bertikai
  6. Stalemate - Stalemate adalah suatu akomodasi dimana pihak-pihak yang bertikai memiliki kekuatan yang seimbang sehingga mereka memutuskan untul berhenti pada satu titik tertentu dalam melakukan pertentangannya.
  7. Ajudikasi - Sementaa, ajudikasi adalah bentuk akomodasi dimana penyelesaian perkara atau sengketa di lakukan melalui proses pengadilan. Bentuk akomodasi ini dilaksanakan ketika pihak yang bertikai mengalami kebuntuan untuk menyelesaikan sengketa.

Jenis Akomodasi

Berikut ini adalah beberapa jenis akomodasi yang bisa kita temukan di berbagai tempat, antara lain:
  1. Hotel - Hotel merupakan salah satu tempat yang paling banyak digemari untuk akomodasi. Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk memnyediakan tempat menginap, makan, minum, MCK dan kegiatan umum lainnya yang dikelola secara komersil
  2. Motel - Berbeda dengan hotel, walaupun namanya hampir mirip namun ada sedikit perbedaan dan persamaan. Motel adalah bangunan yang letaknya diluar pusat kota, biasanya bangunannya ini berbentuk apartemen yang bisa dijadikan penginapan dengan 1 pintu dan 1 garasi untuk 1 pengunjung. Ngomong-ngomong, motel itu singkatan dari motor hotel ya, jadi biasanya motel ini menyediakan satu fasilitas khusus yaitu motor.
  3. Guest House - Ini adalah bangunan yang dimiliki oleh suatu instansi tertentu untuk menginap para tamu yang berkepentingan dengan instansi tersebut. Guest house sendiri biasanya mempunyai fasilitas yang amat sederhana, hanya sekedar alakadarnya saja.
  4. Youth Hostel - Akomodasi yang satu ini adalah bangungan untuk pejalan kaki, pesepeda dsb yang dapat diinapi serta tersedia makan dan minuman dengan harga yang terjangkau
  5. Apartemen - Akomodasi jenis ini adalah bangunan seperti motel namun dalam jangka waktu yang lebih lama, terdapat dapur, ruang pribadi dan kamar  serta ruang makan didalamnya.
  6. Mess - Nah akomodasi yang satu ini adalah bangunan yang dibuat khusus oleh sebuah perusahaan untuk pegawainya. Jadi bagi para pegawai yang tinggalnya jauh dari rumah diperbolehkan untuk menginap di mess ini namun tidak dengan makan, hanya tempat tinggal dan fasilitas umum lainnya saja.
  7. Bungalow - Sejenis akomodasi yang berbentuk rumah, berlokasi di daerah pegunungan yang disewakan untuk keluarga sebagai tempat peristirahatan pada waktu liburan. Penginapan dan jasa-jasa lain (tanpa catering) untuk sejumlah orang pada waktu yang bersamaan.
  8. Ryokan - Penginapan ala Jepang yang khas menurut adat istiadat negeri tersebut. Perlengkapan serta pelayanannya disesuaikan benar – benar dengan tata cara kehidupan Jepang, seperti upacara minum the, duduk bersimpuh atau bersila di lantai, mengenakan kimono, dan sebagainya.
  9. Home Stay - Suatu jenis akomodasi yang berasal dari rumah-rumah rakyat yang telah ditingkatkan fasilitas dan sarananya, sehingga memenuhi syarat-syarat kesehatan, yang disewakan kepada wisatawan.
  10.  Logement (Losmen) - Sejenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangungan rumah yang menyediakan penginapan dengan/ tanpa makan-minum bagi setiap orang yang datang untuk beristirahat sementara waktu.
  11. Inn - Suatu tempat yang menyediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan umum lainnya, disewakan kepada orang – orang yang singgah untuk sementara waktu dengan jangka waktu menginap terbatas.
  12. Hospiz - Penginapan di pegunungan, terutama di daerah wilayah pegunungan Alpen, juga merupakan penginapan yang diselenggarakan.
  13. Rooming House - Suatu bangunan atau bagian dari suatu bangunan tanpa perlengkapan ataupun peralatan (,eubelair) yang disewakan untuk jangka waktu pendek kepada lebih dari 2 orang penyewa yang bukan anggota keluarga pemilik bangunan tersebut.
  14. Schutzhutte - Penginapan-enginapan di daerah pegunungan Alpen, dipergunakan oleh wisatawan-wisatawan untuk melindungi diri dari serangan angin rebut, topan dan salju, terutama oleh para olahragawan ski dan pekerja-pekerja di daerah pegunungan tersebut.
  15. Cottage - Sejenis akomodasi yang berlokasi di sekitar pantai atau danau dengan bentuk bangunan-bangunan terpisah, disewakan untuk keluarga, serta dilengkapi dengan fasilitas rekreasi.
Demikianlah tulisan yang membahas tentang pengertian akomodasi, jika kamu menemukan kesalahan mohon dimaafkan dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Akomodasi
  • pengertian akomodasi dan contohnya
  • pengertian akomodasi dalam sosiologi
  • pengertian akomodasi (accomodation)
  • pengertian akomodasi dalam pariwisata
  • pengertian akomodasi perhotelan
  • biaya akomodasi adalah
  • pengertian akomodasi brainly
  • contoh gambar akomodasi

Post a Comment for "Pengertian Akomodasi Meliputi Jenis, Bentuk dan Contohnya [ LENGKAP ]"