Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Gurun Meliputi Komponen, Ciri, Manfaat dan Gurun yang ada di Dunia

Pengertian Gurun

Dalam istilah geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit - kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar, walaupun jika diamati secara saksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari) untuk mempertahankan cairan tubuh. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun.
Bentang gurun memiliki beberapa ciri umum. Gurun sebagian besar terdiri dari permukaan batu karang. Bukit pasir yang disebut erg dan permukaan berbatu merupakan bagian pembentuk lain dari gurun.
Gurun kadang memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering (bahasa Inggris: 'arid') atau terpapar oleh erosi. Keringnya wilayah gurun menjadikannya tempat yang ideal untuk pengawetan benda-benda peninggalan sejarah serta fosil. Air tanah di gurun cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun drainase
Persebaran bioma gurun banyak terdapat di wilayah benua Afrika Utara (Sahara), Amerika Utara (Great Basin), Australia (Gibson), Asia (Takla Makan), dan Indonesia (Parangtritis).
Lingkungan biotik:
  • flora: tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan lingkungan yang kering (xerofit) seperti kaktus, pohon kurma, dan zaitun
  • fauna: hewan besar yang mampu menyimpa air seperti unta, sedangkan hewan kecil hanya aktif pada pagi dan malam hari di mana pada siang harinya bersembunyi di lubang-lubang seperti ular, tikus, kadal, dan serangga.



Komponen-komponen yang terdapat pada gurun, antara lain:
  1. Komponen abiotik, yang terdiri dari suhum tanah, dan air
  2. Komponen abiotik, yang terdiri dari:
  • Tumbuhan (flora), seperti kaktus, pohon korma, dan pohon zaitun
  • Hewan (fauna), seperti unta, ular, tikus, kadal, dan serangga

Ciri- ciri Ekosistem Gurun

Ekosistem di Bumi ini ada banyak sekali, seperti yang telah kita ketahui bersebelumnya. Masing- masing ekosistem ini diberi nama berdasarkan nama tempat atau habitatnya. Hal ini juga terjadi pada ekosistem gurun atau padang pasir ini . Oleh karena di sesuaikan dengan nama lingkungan atau habitatnya, maka masing- masing ekosistem ini mempunyai ciri khusus. Ekosistem padang pasir atau gurun ini juga mempunyai ciri khusus, beberapa ciri yang dimiliki oleh ekosistem gurun ini antara lain adalah:
1. Merupakan bagian dari ekosistem darat atau tersetial
Ekosistem gurun atau padang pasir ini merupakan jenis ekosistem daratan atau terestial. Hal ini sudah pasti karena memang lingkungannya yang tidak terdapat di wilayah perairan, malah justru sebaliknya. Sebagi salah satu jenis ekosistem tersetial atau daratan, dibandingkan dengan eksositem daratan yang lainnya, ekosistem gurun ini merupakan ekosistem yang paling luas.
Bahkan luas dari ekosistem gurun ini memenuhi hingga 1/3 dari total luas daratan yang ada di dunia ini. Lokasi gurun terluas di dunia berada di letak astonomis sekitar 20ᵒ garis lintang utara, dari mulai pantai Atlantik di Afrika hingga ke Asia Tengah. Selain itu kita juga dapat menemui beberapa gurun yang terkenal di dunia, yakni gurun Gobi di Asia, gurun Sahara di Afrika, dan gurun Simpson di Australia.
2. Memiliki curah hujan yang sangat sedikit, yakni dibawah 25 cm per tahun
Salah satu ciri khas yang paling kuat yang dimiliki oleh ekosistem gurun adalah rendahnya tingkat curah hujan yang berada di daerah tersebut. Bahkan ekosistem gurun ini sangat sedikit memiliki tingkat curah hujan. Curah hujan yang ada di wilayah gurun kurang dari 25 cm per tahunnya. Selain sangat sedikit, hujan yang turun di daerah ini juga mempunyai pola sebaran yang tidak teratur, sehingga ada bagian gurun yang tidak menerima hujan sama sekali.
3. Laju penguapan atau evaporasi sangat tinggi
Berbeda dengan tingkat curah hujan yang dimiliki, tingkat penguapan atau evaporasi di daerah gurun ini justru sangatlah besar. Bahkan tingkat penguapan di daerah gurun ini lebih besar daripada curah hujannya. Hal ini tentu saja yang menyebabkan wilayah gurun ini sangatlah gersang dan sulit sekali dijadikan tempat tinggal beberapamakhluk hidup.
4. Mempunyai perubahan suhu yang sangat ekstrim
Salah satu ciri dari ekosistem gurun adalah adanya perubahan suhu yang sangat ekstrim. Perubahan ekstrim ini terletak antara sinag dan juga malam. Suhu gurun ini sangatlah panas di siang hari, sementara di malam hari suhu di gurun ini bisa sangat dingin. Perbedaan suhu diantara keduanya bisa sangat banyak. Hal ini salah satunya disebabkan karena di padang pasir atau gurun tidak ada pepohonan sama sekali hingga membuat udara dan sinar matahari menerpa secara langsung.
5. Tanahnya berupa pasir yang sangat kering
Ekosistem gurun juga mempunyai ciri yang sangat khas, yakni mempunyai tanah yang berupa pasir. Maka dari itulah ekosistem gurun ini juga dikenal dengan ekosistem padang pasir. Tanah pasir yang berada di ekosistem gurun ini memiliki sifat yang sangat kering. Hal ini juga disebabakan karena curah hujan yang sangat sedikit dan persebarannya tidak merata tersebut.
Selain kering, tanah di ekosistem gurun ini juga rendah akan nutrisi organik sehingga tidak subur sama sekali. Saking tidak suburnya, hanya beberapa jenis tumbuhan saja yang bisa hidup di wilayah padang pasir seperti kaktus dan juga pohon kurma. Begitu pula degan binatang, hanya sedikit yang bisa bertahan di wilayah gurun ini, seperti unta, ular, dan beberapa jenis serangga.
6. Didominasi oleh pasir dan juga bebatuan
Seperti namanya, yaitu padang pasir, ekosistem gurun atau padang pasir ini merupakan ekosistem yang kenampakannya juga didominasi oleh pasir dan juga bebatuan. Apabila kita derada di ekosistem ini, maka kita akan banyak menemukan pasir dan batu daripada tanah. Bahkan seluruh tahan akan digantikan oleh pasir lembut yang jumlahnya sangat banyak.
7. Memiliki air tanah yang terasa asin
Meskipun tergolong wilayah yang mempunyai curah hujan sangat sedikit, ekosistem gurun ini tertap mempunyai cadangan air tanah. Namun carandan air tanah yang dimiliki wilayah gurun ini tergolong unik karena memiliki rasa yang asin. Air di tanah di gurun ini mempunyai rasa yang asin disebabka karena mineral garam yang terkandung di dalamnya tidak mengalami pencucian terlebih dahulu oleh drainase maupun air hujan.
8. Hanya bisa dihuni oleh hewan dan tumbuhan yang bereproduksi cepat ketika udara lembab
Sudah dikatakan sebelumnya bahwa tidak mudah bertahan hidup di ekosistem gurun ini. Selain tanahnya yang sangat kering, tidak subur dan juga keberadaan hujan sangatlah sedikit. Hal ini akan menyebabkan hanya beberapa jenis tumbuhan dan juga hewan yang dapat bertahan hidup di daerah ini. Tumbuhan dan juga hewan yang dapat bertahan hidup di daerah gurun ini adalah mereka yang mengalami reproduksi dengan cepat selama periode lembab.


Manfaat Ekosistem Padang Gurun

Lalu apa manfaat ekosistem padang gurun / manfaat gurun pasir bagi manusia? Jika ditelaah, sebenarnya gurun ini memiliki sejumlah manfaat terutama bagi keanekaragaman hayati yang ada di padang gurun itu sendiri, antara lain:
  • Tanaman yang tumbuh di gurun dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan manusia
  • Cangkang tebal kura-kura yang ada di gurun dapat membantu menghilangkan kekurangan air dalam tubuhnya
  • Tempat hidup spesies semut yang ada di gurun. Semut-semut ini dapat bertahan hidup dengan cara mengumpulkan biji dari tumbuhan yang ada di gurun dan menyimpannya saat musim kemarau tiba
  • Sebagai tempat hidup hewan reptil, seperti ular kobra, ular raja, ular derik, dan jenis ular lainnya
  • Sebagai tempat hidup berbagai jenis burung
  • Sebagai tempat kehidupan mamalia, mulai dari mamalia kecil maupun besar
  • Daerah gurun dapat dijadikan sebagai daerah wisata bagi orang-orang yang ingin menjelajah dan merasakan suasana di gurun
  • Dapat dijadakan sebagai arena olahraga seperti balapan unta, dan lain sebagainya

Gurun Terluas di Dunia

Berikut adalah penjelasan mengenai gunung terluas di dunia  :
  • Gurun Antartika
Gurun Sntartika adalah gurun terluas yang pertama dalam bagian gurun terluas di dunia. Gurun antartika ini memiliki luas 14.000.000 km² (5,5 juta mil persegi). Gurun antartika ini memiliki suhu sekitar 85°-90° celcius sehingga gunung ini banyak ditutupi dengan es sangat dingin membuat tidak banyak makhluk hidup yang bisa bertahan lama di gurun antartika ini. Sedangkan pada musim panas suhu di gunung ini mencapai sekitar lebih tinggi dari 30° dari musim dingin
  • Gurun Sahara
Gurun Sahara adalah gurun  yang terluas yang masuk ke daftar gunung terluas di dunia. Gurun sahara ini sudah berusia 2,5 juta tahun yang terletak di daerah afrika utara serta memiliki luas mencapai 9.000.000 km² . Gurun sahara ini sangat luas di afrika utara sehingga gunung  ini membentang dari samudera Atlantik sampai laut merah. Dan gurun ini membagi antara beua afrika utara dan afrika selatan yang memiliki iklim berbeda-beda diantara kedua benua ini.
  • Gurun Arabia
Gurun Arabia atau yang biasa di sebut dengan gurun arab ini adalah yang terluas yang masuk ke daftar gunung terluas di dunia. Gurun arab terletak di semenanjung arab yang dipenuhi dengan pasir. Hamparan luas dari padang pasir ini yang terdiri dari bukit-bukit pasir bergerak dan array berpasir di pusatnya adalah Rub’al Kali yaitu satu daerah pasir terbesar di dunia. Dan wilayah gurun arab yang berpasir mengakibatkan terjadinya debu, badai dan angin kencang. Suhu di gurun arab sekitar  40-50°C pada musim panas serta memiliki suhu dingin sekitar 5-15°C, dan terkadang turun sampai 0°C.
  • Gurun Gobi
Gurun Gobi adalah gurun yang terluas yang masuk ke daftar gunung terluas di dunia. Gurun gobi adalah gurun yang sangat terbesar di cina yang terletak di bagian selatan Mongolia. Gurun ini terdapat banyak padang dan semi gurun pasir.  Gurun gobi ini memiliki luas sekitar 1.300.000 km² sehingga membentang luas dari pegunungan, bukit dan lembah yang mendekati dengan bagian selatan mongolia
  • Gurun Kalahari
Gurun kalahari adalah gurun yang terluas yang masuk ke daftar gunung terluas di dunia. Gurun kalahari ini terdapat dibagian afrika selatan yang terletak di daerah Bostwana dan Nabimia. Gurun kalahari ini memiliki luas sekitar 900.000 km². Gurun ini memiliki iklim kering dengan hujan yang lama turun dan memilki musim dingin yang ringan sehingga kekeringan dapat menyebabkan kekeringan sampai ke arah tenggara sehingga gurun ini disebut dengan semi gurun yang terdapat banyak padang rumput mengelilingi gurun kalahari ini. Dan curah hujan yang ada digunung ini mencapai sehingga 3-7 inchi pertahun.
  • Gurun Patagonia
Gurun Patagonia adalah gurun yang terluas yang masuk ke daftar gunung terluas di dunia. Gurun patagonia ini memiliki luas sekitar 637.000 km². Gurun ini merupakan gunung yang beriklim dingin dengan suhu yang dinginnya temperature rata-rata 3oC tidak sampai melewati 12oC. Dan biasanya wilayah di bagian gurun ini mengalami musim dingin selama 7 bulan dan sisanya 5 bulan untuk musim panas. Sehingga pada wilayah bagian gurun ini sering mengalami pembekuan yang diakibatkan oleh musim dingin sepanjang tahun namun jarang bersalju.
  • Gurun Syria
Gurun Syria adalah gurun yang terluas yang masuk ke daftar gurun yang terluas di dunia yang berada di wilayah Arab atau disebut dengan gurun Siro Arab. Gurun ini memiliki luas sekitar 520.000 km² yang memiliki campuran dari padang dan gurun sejati yang letaknya di utara semenanjung arab. Dan gurun ini memiliki cuaca subtropis


Yang Sering di Tanyakan:

1.Apa saja yang ada di gurun pasir?
Hanya saja, ada beberapa tumbuhan yang hidup di gurun, yaitu sebagai berikut;
  • Kaktus. ...
  • Pachypodium. ...
  • Kurma. ...
  • Thyme. ...
  • Akasia. ...
  • Boojum. ...
  • Spinifex Grass. ...
  • Pohon Zaitun.
2.Kenapa bisa ada gurun pasir?
Menurut ilmu sains, jika suatu daerah memiliki curah hujan tertentu (memungkinkan terjadinya hujan) dan cukup memiliki suhu rendah untuk mendinginkan air yang turun, maka area tersebut memungkinkan terjadinya salju. Gurun pasir bukanlah wilayah tanpa curah hujan, hanya saja curah hujannya sangat amat kecil.

3.Dimana letak gurun?
Gurun Antartika
Antartika merupakan sebuah benua yang terletak di kutub selatan, yaitu di kawasan antartik di Hemisfer Selatan. Nama Antartika diberikan oleh seorang pelukis peta kartografer dari skotlandia pada tahun 1890, dimana antartika memiliki arti berlawanan dengan utara.

4.Apa saja tumbuhan dan hewan yang hidup di ekosistem gurun?
Jawabanmu
  • Bioma gurun mempunyai curah hujan yang rendah sehingga daerahnya gersang. ...
  • Fauna: Unta.
  • Flora : Kurma, bunga dandelion, kaktus, pohon pucung boojum, verbena, alang-alang.
  • Hutan Bakau.
  • Flora hutan bakau: pohon bakau, pohon kayu api,, dan pohon bogem.

5.Apa ciri ciri gurun?
Bioma gurun memiliki ciri – ciri sebagai berikut :
  • Curah hujan sangat rendah, yaitu kurang dari 250 mm/ tahun.
  • Keadaan tanah sangat tandus dan tidak dapat menyimpan air.
  • Intensitas panas matahari yang tinggi.
  • Kecepatan penguapan (Evaporasi) sangat tinggi.
  • Kelembapan udara sangat rendah.

6.Bagaimana ciri ciri tumbuhan yang hidup di daerah gurun?
Bagaimana ciri ciri tumbuhan yang hidup di daerah gurun
  • Berdaun tebal, kecil dengan lapisan lilin (ini dugunakan untuk mengurangi penguapan)
  • Batangnya lebar menggembung (ini digunakan untuk menyimpan cadangan air)
  • Daunnya berupa duri.
  • Akar tunjang jauh ke dalam tanah dan bercabang banyak (karena digunakan untuk mencari air).

 Penelusuran yang terkait dengan iklim gurun adalah
  • bioma gurun
  • pengertian gurun
  • manfaat gurun bagi lingkungan
  • ekosistem gurun
  • contoh gurun
  • ciri iklim gurun adalah
  • contoh bioma gurun
  • hewan yang hidup di gurun

Post a Comment for "Pengertian Gurun Meliputi Komponen, Ciri, Manfaat dan Gurun yang ada di Dunia"