Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kesempatan Kerja, Faktor, Jenis Dan Contohnya [ LENGKAP ]

Pengertian Kesempatan Kerja Dan Contohnya

Pengertian Kesempatan Kerja

Kesempatan kerja merupakan keadaan yang sedang menggambarkan ketersediaan lapangan kerja bagi para pencari pekerjaan. Sehingga kesempatan kerja adalah jumlah lapangan kerja yang tersedia bagi orang-orang yang sedang mencari pekerjaan. Atau bisa juga dikatakan ketersediaan sebuah lapangan pekerjaan bagi yang sedang membutuhkan pekerjaan.
Sedangkan secara umum kesempatan kerja merupakan gambaran keadaan dari berapa jumlah total dari angkatan kerja yang mampu diserap dan juga ikut aktif di dalam perekonomian. Kesempatan kerja juga bisa dikatakan jika orang yang bekerja semakin banyak, maka itu menandakan bahwa kesempatan kerjanya cukup luas ataupun banyak. Bisa dikatakan bahwa kesempatan kerja sangat erat hubungannya dengan kemampuan dari pemerintah supaya menciptakan investasi yang aman dan juga nyaman.
Dan kualitas dari sumber daya manusianya didalam membuat sebuah lapangan pekerjaan. Peningkatan di bidang investasi bisa memperluas lapangan kerja hingga menjadikan lapangan kerja semakin banyak. Sebab jika investasi itu meningkat maka akan menjadikan peningkatan dari jumlah produksi barang dan juga jasa. Sehingga dengan banyaknya lapangan kerja akan menyerap sumber daya manusia yang sedang membutuhkan pekerjaan, dan jika jumlah dari kesempatan kerja dan juga angkatan kerja seimbang bisa menyebabkan jumlah dari pengangguran menurun.


Jenis-Jenis Kesempatan Kerja dan Contohnya

Kesempatan kerja bisa menjadi suatu partisipasi seseorang, artinya memikul beban dari pembangunan atau dalam menerima kembali hasil dari pembangunan tersebut. Beberapa perbedaan dalam kesempatan kerja, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Kesempatan kerja permanen.
Adalah suatu kesempatan kerja yang memungkinkan seseorang yang bekerja terus menerus hingga ia menjadi pension atau tidak mampu lagi bekerja, contohnya seseorang yang bekerja di beberapa Instansi pemerintahan atau beberapa Instansi swasta yang menawarkan jaminan sosial hari tua. Seperti PNS, TNI, Polri dan lainnya
  • Kesempatan kerja temporer.
Merupakan kebalikan dari Kesempatan kerja permanen yakni berupa kesempatan kerja yang memungkinkan orang yang bekerja pada perusahaan atau pemerintahan dalam waktu yang singkat, kemudian mengganggur dan mencari pekerjaan baru. Misalnya adalah pekerja swasta yang mana pekerjaannya tersebut tergantung pesanan, pegawai pabrik yang terikat kontrak dengan jangka waktu yang telah di tentukan untuk bekerja.


Cara Mendapatkan Kerja Dengan Melihat dari Kriteria Perusahaan

Ada beberapa Informasi yang perlu anda perhatikan bagi para pencari kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan berdasarkan Kriteria-kriteria dari suatu perusahaan, yakni :
  1. Jenis usaha dan gambaran dari perusahaan Yang perlu anda ketahui adalah perusahaan tersebut bergerak di bidang apa? Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi para pencari kerja dengan mempelajari dari gambaran kegiatan dari perusahaan yang akan di lamar tersebut. Misalnya beberapa perusahaan yang bergeral pada produksi barang atau jasa, Distribusi dan lainnya. 
  2. Sesuaikan dengan pendidikan atau latar belakang Bagi anda sebagai pencari kerja.Pekerjaan yang akan di lamar tersebut pastikan atau usahakan sesuai dengan pendidikan, keahlian dan juga dari latar belakang para pencari kerja. Karena hal ini menyangkut dengan produktivitas kerja. 
  3. Lingkungan kerja.Pastikan untuk anda pencari pekerjaan mencari lingkungan kerja yangs esuai dengan pendidikan, kepribadian, dan juga sikap yang mana nantinya akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja. 
  4. Tingkatan gaji atau upah kerja.Gaji atau Upah kerja haruslah sesuai dengan pengorbanan yang telah di berikan oleh para pekerja. Standar gaji atau Upah minimum pekerja harus sesuai dengan kelangsungan hidup para pekerja. 
  5. Masa depan perusahaan.Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah masa depan perusahaan oleh di pencari pekerja, karena melihat masa depan dari perusahaan adalah hal yang penting bagi para pekerja kedepannya. Karena seperti yang kita tahu bahwa kita bekerja bukan hanya untuk jangka pendek namun lebih mengarah ke jangka panjang. 
  6. Keuntungan lainnya.Terakhir yang mungkin bisa menjadi solusi tambahan dimana para pencari kerja harus memperhatikan hal lainnya yang akan di dapatkan dari perusahaan tersebut seperti seperti bonus, asuransi dan lain-lain.

Baca Juga :

Definisi dan Pengertian Tenaga Kerja Meliputi Klasifikasi, Masalah Ketenagakerjaan, jenis-jenis dan Contohnya


Faktor Yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja

Jumlah atau besarnya penduduk pada umumnya dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi suatu negara yang secara kasar mencerminkan kemajuan perekonomian negara tersebut. Jumlah penduduk yang makin besar telah membawa akibat jumlah angkatan kerja yang makin besar pula, ini berarti makin besar pula jumlah orang yang mencari pekerjaan atau yang menganggur.Maka dengan pembangunan ekonomi diharapkan laju pertumbuhan ekonomi dapat selalu dipertahankan pada tingkat yang lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan penduduk, sehingga kegiatan perekonomian akan menjadi lebih luas dan selanjutnya tingkat kesempatan kerja akan bertambah dan memperkecil jumlah orang yang menganggur “Mulyadi, 2000:55”.


Informasi Yang Harus Diperhatikan Bagi Pencari Kerja

Adapun beberapa informasi yang perlu di perhatikan oleh para pencari kerja, diantaranya kriteria-kriteria yang diperlukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan pada suatu perusahaan:
  1. Jenis usaha dan gambaran dari perusahaan serta dari mana lowongan keja itu ada.Perusahaan tersebut melakukan jenis usaha apa, bagi para pencari kerja harus memperhatikan gambaran kegiatan ari perusahaan yang dicarinya. Misalnya seperti perusahaan yang bergerak pada bidang produksi barang, produksi jasa, distribusi dan lain-lain.
  2. Apakah cocok dengan pendidikan atau latar belakang para pencari kerja.Pekerjaan yang dicari usahakan harus sesuai dengan pendidikan, kemampuan atau latar belakang para pencari kerja karena pekerjaan yang cocok dapat berpengaruh pada produktivitas kerja.
  3. Lingkungan kerja.Para pekerja harus mencari lingkungan kerja yang sesuai dengan pendidikan, kepribadian, dan sikap yang dimanan nantinya akan berpengaruh pada produktivitas kerja
  4. Tingkatan gaji atau upah kerja.Gaji atau upah kerja harus yang sesuai dengan pengorbanan yang sudah diberikan para pekerja. Standar gaji atau upah minimum harus sesuai karena berkaitan dengan kelangsungan hidup para pekerja.
  5. Masa depan perusahaan.Masa depan perusahaan juga harus di perhatikan oleh para pencari kerja, karena prospek masa depan perusahaan sangat penting untuk para pekerja nantinya. Para pekerja bekerja bukan hanya untuk jangka pendek tapi untuk jangka panjang.
  6. Keuntungan lainnya.Dan yang tidak kalah penting lainnya, para pencari kerja harus memperhatikan keuntungan lain yang didapatkan dari perusahaan tersebut misalnya seperti bonus, asuransi dan lain-lain.
Sekian artikel tentang pengertian kesempatan kerja, dan semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman kepada kalian, sekian dan terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Kesempatan Kerja

  • pengertian kesempatan kerja menurut para ahli
  • pengertian kesempatan kerja brainly
  • apakah pengertian kesempatan kerja dapat disamakan dengan mata pencaharian
  • contoh kesempatan kerja
  • jenis jenis kesempatan kerja
  • kesempatan kerja menggambarkan
  • pengertian angkatan kerja
  • makalah kesempatan kerja

Post a Comment for "Pengertian Kesempatan Kerja, Faktor, Jenis Dan Contohnya [ LENGKAP ]"