Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zona Laut Meliputi Jenis dan Macam-Macamnya Secara Lengkap

Laut merupakan suatu kawasan yang terluas dipermukaan bumi ini, hampir 2/3 dari permukaan bumi terdiri atas hamparan lautan dan sisanya adalah daratan. Kita tahu bahwa laut merupakan bagian bumi yang memberikan kontribusi sangat besar bagi kehidupan manusia seperti sebagai sarana transportasi maupun sebagai penghasil sumber daya seberti ikan, terumbu karang, rumput laut, dan kekayaan alam lainnya. Laut merupakan wilayah yang menghubungkan antara wilayah atau daerah yang satu dengan wilayah lainnya lainnya. Laut juga merupakan habitat bagi berbagai macam organisme seperti ikan, terumbu karang, ubur-ubur, dan masih banyak organisme lainnya.

Baca Juga: Pengertian Hutan Lindung Meliputi Ciri, Fungsi, Klasifikasi dan Contoh Hutan Lindung Secara Lengkap

Klasifikasi Zona Laut

A. Klasifikasi Laut Berdasarkan Proses Terjadinya

  1. Laut Ingresi, terjadi akibat penurunan dasar laut. Hal ini menyebabkan laut semakin dalam. Contoh: Laut Banda (7.400 m), Laut Flores (5.590 m), dan Laut Sulawesi (5.590 m).
  2. Laut Regresi, terbentuk karena penyempitan laut atau akibat sedimentasi batuan yang dibawa oleh air sungai dan bermuara di laut. Hal ini menyebabkan Dangkalan Sahul dan pulau-pulau kecil di bagian timur Indonesia bersatu dengan Australia.
  3. Laut Transgresi, terbentuk karena kenaikan permukaan air laut atau penurunan daratan secara perlahan sehingga luas laut bertambah. Contoh: Laut Jawa, Laut Arafuru, dan Laut Utara.

B. Klasifikasi Laut Berdasarkan Letaknya

  1. Laut Tepi, merupakan laut yang terletak di pinggir benua. Contoh: Laut Berin, Laut Jepang, dan Laut Cina Selatan.
  2. Laut Pertengahan, merupakan laut yang terletak di antara dua benua atau lebih. Contoh: Laut Tengah, Laut Merah, dan laut di Indonesia yang terletak di antara Benua Asia dan Australia.
  3. Laut Pedalaman, merupakan laut yang hampir seluruhnya dikelilingi oleh daratan. Contoh: Laut Hitam, Laut Kaspia, dan Laut Mati
Wilayah laut juga dibagi-bagi dalam beberapa zona. Berikut ini pembagian zona laut yang dibedakan berdasarkan kedalaman dan wilayah kekuasaan suatu negara.

 

Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

  1. Zona Litoral adalah daerah di antara garis pasang dan garis surut air laut. Zona litoral terdapat di daerah yang pantainya landai.
  2. Zona Neritik (laut dangkal) adalah zona laut dengan tingkat kedalaman sampai 200 m. Ciri zona neritik yaitu sinar matahari masih menembus sampai dasar laut dan terdapat banyak organisme laut seperti ikan, tumbuhan laut, plankton, dan lainnya.
  3. Zona Bathial adalah zona laut dengan kedalaman 200 – 1.500 m. Ciri zona bathyal yaitu sinar matahari tidak ada lagi dan tumbuhan laut jumlahnya terbatas.
  4. Zona Abisal adalah zona laut dengan kedalaman lebih dari 1.500 m. Biasanya dijumpai dalam bentuk palung laut. Ciri zona abisal yaitu sinar matahari tidak ada lagi, suhu sangat rendah, dan tidak ditemukan tumbuhan laut serta jumlah binatang sangat terbatas. Contoh : Palung Laut Banda (7.440 meter) dan Palung Mariana (10.984 meter).



Zona Laut di Indonesia

Di Indonesia yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan, membagi zona lautnya menjadi 3 kelompok, yaitu :
  1. Zona Teritorial
Merupakan garis khayal yang memiliki jarak sekitar 12 mil dari garis dasar ke laut lepas. Suatu negara dapat berdaulat penuh hingga mencapai batas teritorial, akan tetapi negara tersebut juga berkewajiban terhadap penyediaan alur pelayaran baik di bawah maupun permukaan laut.
  1. Zona Landas Kontinen
Baik secara geologi maupun morfologi, zona ini merupakan lanjutan dari suatu benua, dimana kedalaman lautnya mencapai 150 meter. Kenapa Indonesia memiliki zona landas kontinen? Hal itu dikarenakan negara kita terletak diantara 2 buah kontinen, yaitu Asia dan Australia.
  1. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)
Merupakan jalur perairan (laut) yang memiliki lebar 200 mil dari garis dasar ke arah laut terbuka. Dengan zona ini, maka dalam pemanfaatan sumber daya laut, Indonesia mendapatkan kesempatan yang pertama. Pengukuhan zona tersebut telah diumumkan oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 21 Maret 1980.



Baca Juga:  Pengertian Hutan Bakau Meliputi Ciri - Ciri, Jenis - Jenis, Fungsi Maupun Upaya Pelestariannya Secara Lengkap



Penelusuran yang terkait dengan Zona Laut
  • gambar zona laut berdasarkan kedalamannya
  • contoh laut zona litoral
  • zona batial
  • tuliskan lima ciri zona laut dalam
  • pembagian zona laut tidak diklasifikasikan berdasarkan
  • jelaskan 4 pembagian zona laut
  • zona laut yang terletak di daerah pasang surut disebut zona
  • zona laut yang kedalamannya lebih dari 2500 meter disebut

Post a Comment for "Zona Laut Meliputi Jenis dan Macam-Macamnya Secara Lengkap"