Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekosistem Sungai Meliputi Ciri-ciri, Komponen, Manfaatnya, Zona Sungai dan Cara-Cara Melestarikan Sungai

Pengertian Ekosistem Sungai

Sungai terbentuk dari air yang berada di darat, baik itu air hujan, mata air, dan gletser yang mencair. Lalu air tersebut mengalir dari dataran tinggi menuju dataran rendah. Semakin lama terbentuklan saluran air, secara alami aliran air mengikis daerah yang dilaluinya dan semakin lama semakin melebar dan semakin panjang sehingga terbentuklah aliran air yang bermuara ke laut. Secara alami juga sungai di huni oleh berbagai jenis makhluk hidup dan benda lainnya sehingga terbentuklah ekosistem lotik (ekosistem air yang mengalir).
Jadi yang dimaksud ekosistem sungai adalah suatu habitat yang dihuni oleh organisme aquatik (makhluk hidup air) yang keberadaannya dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Ekosistem sungai termasuk kedalam ekosistem air tawar yang airnya mengalir/lotik. Sungai merupakan habitat organisme aquatik yang dimana airnya mengalir dari hulu dan bermuara ke laut.
Sungai mengandung unsur nutrien, nutrien disebut juga hara yaitu suatu senyawa yang berfungsi sebagai fisiologi organisme / metabolisme. Nutrien menyuplai energi sebagi komponen kepada struktur sel dalam tubuh organisme. Kadar nutrien pada sungai tergantung dari banyaknya vegetasi yang dilewatinya. Jika sungai yang mengalir melewati tempat banyak tumbuhan maka nutrien yang dimilikinya tinggi, selain tumbuhuan pelapukan batuan juga berpengaruh akan memperkaya kandungan nutrien pada sungai.
 

Mengapa Ekosistem Sungai Sangat Penting?

Habitat air tawar, termasuk ekosistem sungai di dalamnya, sangat penting bagi manusia dan lingkungan. Meskipun luas area ekosistem air tawar sangat terbatas jika dibandingkan dengan ekosistem laut, namun kehadirannya tetap penting sebab:
  1. Ekosistem air tawar termasuk sungai di dalamnya adalah sumber yang bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga juga industri. Selain itu, ia juga mudah dan murah untuk didapatkan.
  2. Komponen air tawar adalah bottle neck atau leher botol di dalam siklus hidrologi.
  3. Ekosistem air tawar termasuk sungai bersama dengan ekosistem estuary adalah tempat atau medium paling mudah dan murah untuk membuang limbah yang bersifat tertier.
Lebih detail pada ekosistem sungai, mengapa penting? Sebab, berikut ini:
  1. Sungai mempunyai sifat unik yakni sifat termal dimana ia bisa mereduksi perubahan suhu, sehingga perubahan suhu di dalam air akan terjadi dengan lambat ketimbang di udara.
  2. Sungai memiliki sifat oada kontunum sungai, dimana terjadi perubahan yang bersifat longitudinal di dalam sistem metabolisme komunitas dalam ekosistem.
  3. Manfaat lain sungai adalah sebagai tempat ikan berkembang-biak, sebagai sarana rekreasi, sebagai sarana pengairan dan masih banyak lagi lainnya.
Pembagian Zona Dalam Ekosistem Sungai

Para ahli membagi dua zona pada ekosistem sungai yang didasarkan pada aliran airnya, yakni:
  1. Zona air deras, adalah wilayah sungai yang cenderung dangkal. Pada tempet tersebut kecepatan laju arus sangat tinggi dan menyebabkan bagian dasar sungai menjadi bersih dari berbagai endapan serta materi lainnya. Hal tersebut kemudian menjadikan dasar zona ini cenderung padat. Zona ini sendiri dihuni oleh bentos dan juga organisme ferifitik yang mampu melekat juga berpegang pada dasar yang keras atau padat dan pada ikan yang bisa berenang dengan kuat. Zona aliran deras ini berada di bagian hulu sungai tepatnya di wilayah pegunungan.
  2. Zona aliran tenang, yakni wilayah sungai dimana yang sedikit dalam dan arus tidak sekencang pada zona hulu sungai. Pada wilayah ini lumpur juga materi lainnya cenderung lepas dan mengendap pada dasar sungai. Hal ini kemudian menjadikan dasar sungai menjadi lunak dan tidak sesuai lagi untuk bentos. Zona ini lebih cocok bagi nekton juga plankton yang cenderung menggali bagian dasar sungai. Zona ini umumnya berada pada wilayah yang landai.

Ciri Ciri Ekosistem Sungai

Tidak berbeda dengan ekosistem yang lain, ekosistem sungai juga memiliki ciri-ciri atau karakteristiknya masing-masing. Bisa dikatakan jika ekosistem sungai merupakan salah satu ekosistem yang sangat menarik untuk dibahas.
Hal ini dikarenakan sungai memiliki keanekaragaman kehidupan biota yang sangat kaya. Selain itu ekosistem sungai juga mempunyai perubahan fisik kimia yang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor.
Salah satu ciri khas dari ekosistem sungai yakni, adanya aliran air yang jalannya searah. Hal ini memungkinkan terjadinya perbuhan kimia dan perubahan fisik yang ada di dalam keberlangsungan kehidupan ekosistem air secara berkesinambungan.
Berikut ini beberapa ciri dari ekosistem sungai, diantaranya :
  1. terdapat kondisi fisik dan kimiawi yang sangat bervariasi terutama di dalam tingkat aliran sungai yang sangat tinggi.
  2. Terdapat air yang mengalir dari hulu menuju ke arah hilir dan bermuara ke laut.
  3. Dihuni oleh tumbuhan dan juga hewan yang sudah beradaptasi dalam kondisi aliran air secara kontinu.
  4. Adanya perubahan fisik dan unsur kimiawi ekosistem yang berlangsung secara berkepanjangan, seperti terjadinya pengendapan, keadaan unsur oksigen, dan juga mineral dalam air.
  5. Airnya mengandung sedimen dan sedikit makanan serta aliran air gelombang secara konstan memberi oksigen pada air.

Komponen Ekosistem Sungai

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ekosistem adalah suatu interaksi yang melibatkan makhluk hidup dengan lingkungannya . Hal ini berarti ekosistem meliputi interaksi komponen biotik dan juga komponen abiotik. Komponen biotik dan abiotik ini merupakan komponen- komponen yang dimiliki oleh semua jenis ekosistem, termasuk ekosistem sungai ini. Komponen- komponen yang dimiliki oleh ekosistem sungai adalah sebagai berikut:
  • Komponen biotik. Komponen biotik merupakan komponen yang terdiri dari makhluk hidup, baik tumbuhan maupun binatang. Ekosistem sungai mempunyai banyak sekali komponen biotik, seperti tumbuhan (contoh: ganggang, angkung liar, enceng gondok, lumut, dan lain sebagainya), binatang (contoh: sipur, keong, remis, kerang, udang , ular, serangga, dan lain sebagainya), fitoplankton, zooplankton, serta organisme lainnya.
  • Komponen abiotik. berkebalikan dengan komponen biotik, komponen abiotik ini merupakan komponen ekosistem yang berbentuk benda- benda tak hidup. Namun, meski benda- benda tersebut tak hidup, keberadaan benda- benda tersebut tetap berpengaruh terhadap kelangsungan hidup komponen biotik yang ada di ekosistem tersebut. Beberapa komponen abiotik yang berada di ekosistem sungai antara lain: batu , suhu, cahaya matahari, kelembaban udara, dan lain sebagainya.

Manfaat Ekosistem Sungai

Habitat air tawar termasuk sungai sangat penting bagi lingkungan, dan makhluk hidup lainnya khusnya bagi manusia. Berikut ini beberapa manfaatnya:
  1. Didalam habitat sungai terdapat sumber yang dapat memenuhi kebutuhan terutama air, dan makanan yang mudah di dapatkan.
  2. Komponen air tawar pada sungai merupakan salah satu siklus hidrologi (siklus air) yang sangat penting.
  3. Memiliki sifat termal yaitu dia dapat mereduksi perubahan suhu, sehingga perubahan suhu dalam air terjadi lambat daripada udara.
  4. Menjadi tempat tinggal dan berkembang biak bagi ekosistem biotik air tawar khususnya ikan.
  5. Sungai dapat dijadikan tempat rekreasi seperti berenang dan memancing.
  6. Sungai sebagai sumber air untuk bendungan dan irigrasi pengairan area pertanian.

Baca Juga: Pengertian Biosfer Meliputi Karakteristik, Jenis, dan Cagar Biosfer Secara Lengkap

Cara-Cara Melestarikan Sungai

Beberapa upaya pelastarian yang bisa di lakukan untuk menjaga habitat sungai, mialnya:
  1. Jangan membuang limbah atau sampah sembarangan ke sungai.
  2. Hindari juga membuang zat kimia berbahaya ke sungai yang bisa mengancam kehidupan organisme air.
  3. Lestarikan hutan di hulu sungai dan area yang dilalui aliran air sungai, dengan cara penghijauan atau reboisasi.
  4. Jangan menggunakan obat kimia / penyetruman untuk mencari ikan di sungai, dan cara lainnya yang dapat merusak habitat sungai.
Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ekosistem sungai, semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan. Cukup sekian dan terimakasih telah membacanya.


Penelusuran yang terkait dengan Ekosistem Sungai
  • gambar ekosistem sungai
  • ekosistem sungai brainly
  • ekosistem sungai pdf
  • ppt ekosistem sungai
  • pengertian ekosistem sungai
  • ekosistem sungai terdiri atas komponen biotik dan abiotik
  • pertanyaan tentang ekosistem sungai
  • dalam ekosistem sungai secara berurutan
  • apa benda-benda yang termasuk komponen abiotik dalam ekosistem sungai
  • manfaat bagi makhluk hidup lain dalam ekosistem sungai dan lautan
  • komponen biotik yang terdapat di dalam ekosistem sungai adalah
  • ekosistem danau

Post a Comment for "Pengertian Ekosistem Sungai Meliputi Ciri-ciri, Komponen, Manfaatnya, Zona Sungai dan Cara-Cara Melestarikan Sungai"