Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekspektasi Meliputi Manfaat, Tujuan, dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Ekspektasi

Arti ekspektasi adalah suatu keyakinan yang diharapkan bisa menjadi kenyataan dan berdampak baik atau menguntungkan di masa yang akan datang. Atau pengertian ekspektasi yaitu Harapan yang dianggap akan menjadi suatu kenyataan yang baik di masa depan. Umumnya ekspektasi di buat dengan dasar perhitungan secara rasional tapi bisa juga hanya sekedar angan –angan saja. Tentu untuk mewujudkan Harapan dierlukan usaha keras, yang dimana akan menghasilkan realita (kenyataan) sesuai dengan Harapan atau hasilnya bisa saja berbeda dengan harapan yang di inginkan.
Jadi singkatnya pengertian Ekspektasi yaitu Harapan, Prediksi ataupun perhitungan seseorang terhadap masa depan yang diharapkan bisa menjadi kenyataan, tentunya setiap orang pernah mengalami hal seperti ini mulai dari harapan yang mungkin terwujud hingga tidak mungkin terwujud.
Memiliki ekspektasi tidaklah salah tapi tentu harus yang realistis dan juga harus menyadari kondisi diri sendiri. Jika ekspektasi yang diharapkan tidak menjadi Kenyataan meskipun sudah berusaha keras dan mengerahkan segala cara, kita tidak akan terlalu kecewa jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan.



Arti Ekspektasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu ekspektasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Fleming dan Levie

Menurut Fleming dan Levie (1981), arti ekspektasi adalah segenap keinginan, harapan, dan cita-cita terhadap sesuatu hal yang ingin diraih dengan tingkah laku dan tindakan yang nyata.

2. Anderson dan Chambers

Menurut Anderson dan Chambers (1985), pengertian ekspektasi adalah segala sesuatu yang diyakini konsumen tentang apa yang akan didapatkannya terkait dengan suatu kinerja produk atau pelayanan tertentu.

3. Boeree

Menurut Boeree (2005), arti ekspektasi adalah harapan kesenangan yang tidak konstan, yang timbul dari gagasan tentang sesuatu hal di masa depan.

4. Sutisna

Menurut Sutisna (2001), arti ekspektasi adalah suatu kepercayaan atau keyakinan individual sebelumnya tentang berbagai hal yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.


Contoh Contoh Ekspektasi Adalah Sebagai Berikut


Untuk lebih memahami arti ekspektasi dapat dilihat dari beberapa contoh berikut :

1. Ekspektasi ekonomi

Ekspektasi dalam bidang ekonomi adalah prediksi atau harapan terhadap perkembangan dari perekonomian pada periode selanjutnya. Inflasi, jumlah pendapatan, pertumbuhan produktivitas, untung rugi dan jumlah pengangguran termasuk ke dalam ekspektasi ekonomi.
Contohnya sebuah perusahaan yang memiliki ekspektasi pendapatan 10% lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Namun, faktanya hal tersebut tidak dapat tercapai karena adanya permasalahan di bidang pemasaran produk yang menurun.
Ekspektasi tersebut tidak selalu sesuai dengan keinginan dan rencana yang telah diprediksi. Bisa jadi jumlah pendapatan lebih banyak atau malah jauh dari jumlah yang diharapkan.

2. Ekspektasi Kerja

Ekspektasi di dalam dunia kerja biasanya dirasakan oleh karyawan terhadap perusahaan walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan juga memiliki ekspektasi terhadap karyawannya sendiri.
Contohnya adalah ekspektasi karyawan dalam hal gaji dan fassilitas yang didapatkan selama bekerja. Seorang karyawan berekspektasi memperoleh gaji 5 juta perbulan dilengkapi dengan fasilitas berupa kendaraan operasional. Namun ternyata gaji jauh dari yang diharapkan dan tidak sesuai dengan tanggung jawab dari pekerjaan yang sudah dilakukan.

3. Ekspektasi di dalam sebuah hubungan

Tentunya setiap dari kita mengharapkan adanya tanggapan baik dari orang lain yang berinteraksi kepada kita. Ternyata, kadangkala apa itu ekspektasi yang kita harapkan tidak sesuai dengan keinginan.
Contohnya ketika sesorang baru pindah rumah dan memiliki tetangga yang cukup banyak. ekspektasi berupa keramahan dari tetangga baru tentu menjadi hal yang paling diharapkan. Namun, pada realitanya tetangga baru tidak begitu peduli dan cenderung menutup diri dengan lingkungan.
Untuk mensiasati arti ekspektasi dalam hubungan, biasanya seseorang harus memiliki jiwa yang besar. Hal ini karena apabila harapan yang diinginkan tidak terwujud, orang tersebut masih dapat bersikap normal


Cara Mengubah Ekspektasi Menjadi Motivasi

Apakah Anda percaya pada kekuatan sugesti? Tenang, saya sedang tidak ingin menghipnotis kamu. Artikel yang saya bicarakan berkaitan dengan bagaimana kita mengharapkan atau merespons harapan orang lain. Setelah membaca artikel ini Anda akan mengetahui kekuatan besar di balik kata SUGESTI.
Mari kita bahas harapan, sebuah teori yang menyatakan bahwa harapan dapat digunakan untuk mempengaruhi realitas dan mencapai hasil tertentu. Orang cenderung membuat keputusan berdasarkan harapan orang lain. Akibatnya, kita selalu memenuhi harapan itu, terlepas dari apakah itu positif atau negatif.
Harapan orang-orang yang kita percayai dan hormati tidak diragukan lagi memiliki pengaruh besar pada kita. Yang cukup menarik, bagaimanapun, harapan orang asing memiliki dampak yang bahkan lebih besar. Jika kita mendapati seseorang memiliki harapan khusus terhadap kita, kita akan berusaha memenuhi harapan itu untuk mendapatkan rasa hormat atau simpati dari orang tersebut.
Pada dasarnya, orang akan cenderung melakukan hal-hal seperti yang diharapkan. Ini jelas menunjukkan kekuatan sugesti. Jika orang lain mengharapkan kita menjadi seseorang yang mandiri dan tidak bergantung pada siapa pun, kita diusulkan demikian. Dan sebaliknya, jika kita diharapkan menjadi seseorang yang kurang percaya diri, maka pemikiran dan perilaku kita akan dibentuk seperti itu.


Perbedaan Ekspektasi dan Realita

Ekspektasi merupakan sebuah kondisi pembayangan atau pengharapan yang diinginkan untuk terjadi, namun belum ada jaminan ekspektasi ini akan terjadi. Sedangkan realita adalah kondisi dimana sesuatu telah terjadi dan mutlak tidak bisa kita ubah realita juga bisa menyenangkan atau realita yang pahit.


Demikialah artikel mengenai pengertian ekspektasi kali ini, semoga ilmu yang telah kita dapat bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, jangan pernah bosan untuk membaca. Salam baca sampai jumpa di artikel berikutnya.



Penelusuran yang terkait dengan Ekspektasi
  • ekspektasi tak seindah realita
  • ekspektasi hidup
  • pengertian ekspektasi pelanggan
  • ekspektasi terlalu tinggi
  • filosofi ekspektasi
  • contoh kalimat ekspektasi
  • pengertian ekspektasi kinerja
  • ekspektasi dan harapan
  • persamaan kata ekspektasi
  • manajemen ekspektasi
  • realita artinya
  • ekspektasi dan kenyataan

Post a Comment for "Pengertian Ekspektasi Meliputi Manfaat, Tujuan, dan Contohnya Secara Lengkap"