Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Argumentasi Meliputi Ciri Ciri, Struktur Teks dan Contohnya

Pengertian Argumentasi: Arti, Ciri-Ciri, dan Tujuan Argumentasi

Pengertian Argumentasi 

Yang dimaksud paragraf Argumentasi adalah suatu ilmu yang berbentuk tulisan paragraf hasil dari pemikiran yang cermat, bertujuan untuk membuat orang-orang mau menerima dan meyakini hasil pemikiran tersebut. Atau arti argumentasi yaitu jenis dari pengembangan paragraf yang ditulis dari hasil pemikiran seseorang dengan tujuan untuk membujuk para pembaca. Isi argumentasi dapat berupa sebuah penjelasan, pembuktian, alasan-alasan ataupun hasil pemikiran objektif yang biasanya ditulis dalam bentuk paragraf disertai dengan contoh, analogi sebab, dan akibat.



Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu argumentasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Gorys Keraf

Menurut Gorys Keraf (1997:99), arti argumentasi adalah suatu retorika yang berupaya untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka percaya dan bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan penulis atau pembicara. Melalui argumentasi seseorang berusaha merangkai fakta-fakta sedemikian rupa, sehingga ia mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak.

2. Aceng Hasani

Menurut Aceng Hasani (2005:43), pengertian argumentasi adalah suatu karangan yang mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan menghadirkan bukti-bukti yang memperkuat argumen dimana penyajiannya dilakukan secara logis dan faktual dengan tujuan pembaca atau pendengar tertarik dengan yang dikemukakan oleh penulis.

3. Adeng Chaedar Alwasilah

Menurut Adeng Chaedar Alwasilah (2005:116), pengertian argumentasi adalah suatu esai yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian argumentasi adalah alasan yang dipakai untuk mendukung atau menolak suatu gagasan dan pendapat orang lain dengan disertai alasan yang rasional dan objektif.

Ciri-ciri pokok kalimat Argumentasi

Untuk memahami dan mengetahui bahwa suatu kalimat termasuk ke dalam kalimat argumentasi atau bukan adalah dengan memperhatikan beberapa ciri-ciri pokok kalimat argumentasi. Tidak semua kalimat yang merujuk pada kalimat sanggahan termasuk ke dalam kalimat argumentasi. Memang antara ketika menyanggah sesuatu dengan memberikan argumentasi tidak berbeda jauh. Namun ada satu perbedan paling mencolok antara kedua kalimat tersebut yaitu alasan yang objektif.
  • Berisikan ide-ide, gagasan, pandangan, point of view, atau pendapat seseorang mengenai suatu masalah.
  • Berisikan data-data valid, resmi, fakta faktual, objektif, atau hasil riset seorang ilmuan guna memperkuat argumen yang diutarakan sehingga pembaca meras yakin dengan argument tersebut.
  • Merumuskan sebuah permasalahan dengan cara kritis, analisis, logis, dan analog.
  • Ditutup dengan pembahasan secara universal atau sebuah kesimpulan menyeluruh mengenai suatu permasalahan dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tujuan Argumentasi

Argumen yakni dapat diajukan karena dengan adanya sebuah tujuan tertentu harus dicapai. Beberapa tujuan dari alasan umum tercantum di bawah ini:

a. Mengemukakan Pendapat

Tujuan paling umum dari argumen ini adalah untuk mengekspresikan pendapat Anda kepada orang lain. Jika Anda menyatakan pendapat, Anda dapat mendukung atau menolak terhadap pendapat orang lain.

b. Mengupayakan Pemecahan Masalah

Penalaran yakni memiliki tujuan sebagai menemukan dalam sebuah pemecahan atau solusi untuk memecahkan suatu masalah. Dalam hal ini, masalah biasanya muncul dan kemudian pendapat dan saran dari berbagai pihak diperlukan.

c. Mempengaruhi Orang Lain

Secara umum, orang yang dapat mengemukakan argumen untuk memengaruhi terhadao orang lain sampai sebuah gagasan dan pendapat mereka yakni dapat diterima atau dijalankan. Namun ada pendapat yang hanya berfungsi sebagai menyampaikan sebuah pandangan, bukan sebagai memengaruhinya.

d. Mendiskusikan Suatu Permasalahan

Mirip dengan poin sebelumnya, argumen yakni mempunyai sebuah tujuan sebagai membahas masalah tanpa harus mencapai titik tersebut. Yang mengatakan, adanya sebuah masalah yang sedang dibahas, akan tetapi tidak harus sampai pada titik yang benar karena perbedaan pendapat sama kuatnya.


Struktur Teks Argumentasi

Komposisi penulisan kalimat argumentasi tidak di tulis dengan sembarangan begitu saja. Secara umum ada 3 urutan struktur teks dalam menulis atau mengungkapkan kalimat argumentasinya.
Urutan tersebut tidak boleh dibolak-balik atau tidak boleh di acak, karena apabila hal tersebut dilakukan, maka bisa membuat isi teks tersebut menjadi susah untuk dipahami dan tidak mengalir.
Tentu saja keadaan tersebut juga akan membingungkan dan menimbulkan salah satu pengertian pada para pembaca.
  1. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian yang berisi latar belakang masalah dan pengenalan masalah. Kalimat yang digunakan cukup menarik dengan menggunakan gaya bahasa yang sedemikian rupa sehingga bisa menarik perhatian kepada pembaca.
  1. Isi atau Badan Kalimat

Isi atau badan kalimat adalah bagian ini yang berisi ide, pendapat, point of view, gagasan dan disertai dengan fakta yang menguatkan sekaligus membuktikan gagasan tersebut benar adanya.
  1. Penutup

Penutup yang terdiri dari kesimpulan akhir, yang berisi kesimpulan yang logis dan bisa diterima oleh nalar pembacanya.


Perbedaan Paragraf Argumentasi

Perbedaan Paragraf Argumentasi Dengan Eksposisi

  1. Eksposisi bertujuan menjelaskan dan menerangkan sedangkan Argumentasi untuk mempengaruhi pembaca.
  2. Eksposisi menggunakan contoh, grafik, dan lain-lainnya untuk menjelaskan sesuatu yang kita kemukakan, sedangkan argumentasi memberi contoh untuk membuktikan bahwa sesuatu yang kita kemukakan itu benar.
  3. Penutup pada akhir eksposisi biasanya menegaskan lagi sesuatu yang telah diuraikan sebelumnya. Penutup pada akhir argumentasi biasanya berupa kesimpulan atas sesuatu yang telah diuraikan sebelumnya.

Persamaan Paragraf Argumentasi Dengan Eksposisi

  1. Argumentasi dan eksposisi sama-sama menjelaskan pendapat, gagasan dan keyakinan kita.
  2. Argumentasi dan eksposisi sama-sama memerlukan fakta yang diperjelas dengan angka, peta, grafik, dll.
  3. Argumentasi dan eksposisi sama-sama memerlukan analisis dan sintesis dalam pembahasannya.
  4. Argumentasi dan eksposisi sama-sama menggali idenya dari pengalaman, pengamatan dan penelitian, sikap dan keyakinan.

 Perbedaan Paragraf Argumentasi Dengan Persuasi

  1. Argumentasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca supaya menyetujui bahwa pendapat kita itu benar, sedangkan persuasi untuk mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu.
  2. Argumentasi menyertakan alasan dan bukti, sedangkan persuasi menyertakan alasan, bersifat motorik dalam karangan

Perbedaan Paragraf Argumentasi Dengan Lain

  1. Paragraf Narasi - Menceritakan atau mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca mengalami sendiri peristiwa itu.
  2. Paragraf Deskripsi - Menggambarkan sesuatu (objek) secara terperinci atau mendetil sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat, mendengar, dan merasakannya sendiri.


Contoh paragraf yang mengandung Argumentasi

  • Gaji buruh Indonesia dengan tenaga dan waktu yang dikeluarkan tidaklah sepadan. Hal tersebut terbukti ketika mereka hanya mendapat upah yang sangat minim dari pabrik tempat mereka bekerja atau terlebih lagi pabrik milik perusahaan asing jika dihitung dari laba produk yang didapat sang pemilik pabrik. Bahkan daya beli mereka terhadap barang produksi mereka sendiri masih sangat rendah.
  • Pada abad 17 Masehi, seorang ekonom berkebangsaan Jerman bernama Karl Marx untuk pertama kali melakukan pengamatan terhadap buruh-buruh Eropa pada saat fenomena revolusi indutri di Eropa sedang gencarnya. Ia mengkritik bahwa upah yang diterima oleh para buruh sangatlah tidak relevan dengan tenaga yang mereka keluarkan. Hal tersebut dikarenakan adanya eksploitasi dari kaum Borjuis terhadap Proletar.
  • Kaum Borjuis yang terkenal sebagai kaum pemilik modal akan meminta kaum proletar untuk bekerja dengan mereka, tentunya dengan upah yang minim pula. Tingkat dependensi dimana kaum proletar yang membutuhkan uang menjadikan mereka tidak memiliki pilihan selain selain bekerja keras dengan upah minim yang mereka peroleh.


Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian argumentasi, ciri-ciri, serta tujuan argumentasi secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Argumentasi
  • pengertian argumentasi pdf
  • contoh karangan argumentasi
  • pengertian persuasi
  • teori argumentasi
  • diagram argumen
  • jenis argumen
  • contoh argumen pendukung
  • contoh paragraf argumentasi tentang agama
  • pengertian argumentasi menurut para ahli
  • pengertian eksposisi
  • contoh paragraf argumentasi induktif
  • contoh paragraf argumentasi dan persuasi

Post a Comment for "Pengertian Argumentasi Meliputi Ciri Ciri, Struktur Teks dan Contohnya"