Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pelapukan Biologi Meliputi Proses, Faktor Penyebabnya, dan Contohnya Terlengkap


Contoh Pelapukan Biologi – Dalam hal ini setelah membahas mengenai macam macam pelapukan, di kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Pelapukan Biologi. Lantas apa sebetulnya pelapukan biologi tersebut ??
Lalu bagaimana proses dan faktor yang meliputi terjadinya jenis pelapukan ini ?? Apa saja contoh pelapukan biologi yang dapat ditemukan di sekitar kita ?? Nah simak pemaparannya dibawah ini.

Pengertian pelapukan biologi 

Pengertian pelapukan biologi adalah proses pelapukan / penghancuran suatu benda yang disebabkan oleh organisme hidup seperti tumbuhan, hewan, dan manusia. Umumnya yang sering menyebabkan terjadinya pelapukan yaitu tumbuhan, misalnya seperti lumut yang menempel pada batuan lambat-laun akar-akarnya akan menyebabkan pelapukan pada batuan yang di tempelinya. Batuan yang hancur akibat bisa menjadi tanah ataupun jenis batuan baru seperti hasil pelapukan yang terbawa arus air akan mengendap di suatu tempat lambat laun akan mengeras dan menjadi batu sedimen. Perlu diketahui peranan makhluk hidup dalam proses pelapukan bisa terjadi secara fisika (mekanis) maupun kimiawi

Penyebabnya adalah proses organisme yaitu hewan, tumbuhan dan manusia, yaitu:
  1. Hewan yang dapat melakukan pelapukan antara lain cacing tanah, serangga.
  2. Pengaruh yang disebabkan oleh tumbuhan ini dapat bersifat mekanik atau kimiawi. Pengaruh sifat mekanik yaitu berkembangnya akar tumbuh-tumbuhan di dalam tanah yang dapat merusak tanah disekitarnya. Pengaruh zat kimiawi yaitu berupa zat asam yang dikeluarkan oleh akar-akar serat makanan menghisap garam makanan dapat merusak batuan.
  3. Manusia juga berperan dalam pelapukan melalui aktivitas penebangan pohon, pembangunan maupun penambangan.


Proses Pelapukan Biologi

Pelapukan biologi merupakan pelapukan yang disebabkan karena adanya aktivitas makhluk hidup, baik itu manusia, binatang maupun tumbuh- tumbuhan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Proses pelapukan biologi melibatkan 2 cara, yakni cara mekanis dan juga cara biokimia. Untuk lebih jelasnya, kita akan mempelajari mengenai contoh- contoh pelapukan biologi dan juga prosesnya .
  • Adanya lumut. Tanaman lumut yang berada di permukaan batuan kemungkinan akan membuat batuan tersebut mengalami degradasi. Lembabnya permukaan batuan tersebut diakibatkan oleh proses penyerapan akar serta tingginya pH di sekitar permukaan batuan tersebut karena eksresi sisa metabolisme lumut. Hal ini akan berakibat permukaan batuan akan cepat mengalami pelapukan.
  • Adaya penetrasi akar tanaman. Batuan yang berada di sekitar tanaman akan lebih cepat melapuk karena adanya penetrasi akar tumbuhan ke dalam sela- sela batuan tersebut, sehingga mudah mengalami perpecahan. Dalam proses penerobosan atau penetrasinya, akar- akar tumbuhan akan mengeluarkan semacam enzim yang berfungsi untuk menghancurkan batuan. Semakin lama, akar tersebut akan membesar dan memecah belah batu tersebut menjadi beberapa bagian. Beberapa tumbuhan yang akarnya termasuk kuat untuk memecah batuan antara lain tanaman pinang raja, akasia, dan juga pilisium.
  • Binatang juga menjadikan batuan lebih cepat mengalami pelapukan. Binatang yang berperan dalam pelpaukan biologi antara lain cacing tanah dan beberapa serangga tanah.
  • Manusia pun juga berperan dalam proses pelapukan biologi. Beberapa aktivitas manusia yang menyebabkan cepat terjadinya pelapukan adalah penambangan dan juga penebangan pohon secara liar.

Dampak Pelapukan

Pelapukan biologis atau disebut juga pelapukan organis terjadi akibat proses organis. Pelakunya adalah mahluk hidup, bisa oleh tumbuh-tumbuhan, hewan,   atau   manusia.   Akar   tumbuh-tumbuhan   bertambah   panjang   dapat menembus  dan  menghancurkan  batuan,  karena  akar  mampu  mencengkeram
batuan. Bakteri merupakan media penghancur batuan yang ampuh. Cendawan dan lumut yang menutupi permukaan batuan dan menghisap makanan dari batu bisa menghancurkan batuan tersebut Binatang  yang  dapat  melakukan  pelapukan  antara  lain  cacing  tanah, serangga. Dibatu-batu karang daerah pantai sering terdapat lubang-lubang yang dibuat oleh binatang.
Pengaruh yang disebabkan oleh tumbuh tumbuhan ini dapat bersifat mekanik atau kimiawi. Pengaruh sifat mekanik yaitu berkembangnya akar tumbuh-tumbuhan di dalam tanah yang dapat merusak tanah disekitarnya. Pengaruh zat kimiawi yaitu berupa  zat  asam  yang  dikeluarkan  oleh  akar-  akar  serat  makanan  menghisap garam makanan. Zat asam ini merusak batuan sehingga garam-garaman mudah diserap oleh akar. Manusia juga berperan dalam pelapukan melalui aktifitas penebangan pohon, pembangunan maupun penambangan.

Contoh Pelapukan Biologis

Dalam kehidupan sehari-hari, proses pelapukan sering terjadi. batu kecil yang terus ditetesi oleh air hujan maupun air biasa lama kelamaan akan melapuk dan menjadi tanah. peristiwa itu sering disebut dengan pelapukan fisika. batu yang ditumbuhi lumut lama kelamaan akan pecah dan hancur. peristiwa tersebut sering disebut pelapukan biologi.Dan masih banyak lagi contoh-contoh pelapukan.
Tenaga yang berperan dalam proses pelapukan bemacam-macam:
  • pelapukan biologi (pelapukan organik): tenaga penghancurnya berupa makhluk hidup. contoh:tumbuhan, hewan dan manusia
  • pelapukan fisika (mekanik): tenaga penghancurnya adalah temperatur, suhu, udara, air dan lain-lain
  • pelapukan kimia (dekomposisi): tenaga penghancurnya perupa zat kimia. contoh:senyawa, oksigen, atom, dan lain-lain
Berikut ini beberapa contoh pelapukan biologi yang dapat ditemukan di sekitar kita, antara lain:
  • Pelapukan  Disebabkan Hewan
Hewan tersebut dapat berupa hewan berukuran kecil seperti cacing, serangga ataupun hewan yang berukuran besar. Aktivitas hewan dapat membantu dalam proses pelapukan secara biologi baik itu dengan cara fisika maupun kimia. Misalnya kerang piddock dan organisme lainnya di sekitar pantai yang menyebabkan batuan karang rapuh dan berongga. Selanjutnya cacing tanah dan serangga lainnya dapat membantu proses pelapukan pada batu dengan mengeluarkan zat asam dari tubuhnya sehingga batuan mengalami pelapukan secara kimiawi secara perlahan-lahan.
  • Pelapukan Disebabkan Tumbuhan
Sama seperti hewan, tumbuhan juga dapat menyebabkan terjadinya pelapukan baik itu secara fisika maupun kimia. Terjadi secara Fisika misalnya akar tumbuhan menempel pada batuan, akar tersebut semakin berkembang lalu memberikan tekanan dan menyebabkan batuan tersebut hancur secara perlahan-lahan. Selanjutnya terjadi secara kimiawi dimana akar tumbuhan yang menempel pada batuan akan mengeluarkan senyawa zat kimia yang sifatnya asam, lalu zat asam tersebut akan bereaksi dengan udara menyebabkan batuan rapuh dan terkikis secara perlahan-lahan. Perlu diketahui kenapa tumbuhan dapat menempel dan hidup padabatuan? karena batuan memiliki semacam mineral yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup tumbuhan.
  • Pelapukan oleh Manusia
Manusia juga memiliki peran dalam proses pelapukan batuan secara biologi. Dalam hal ini kebiasaan menebang pohon penambangan serta pembangunan infrastruktur juga dikategorikan contoh pelapukan biologi.
  • Pelapukan oleh Mikroorganisme
Contoh lainnya seperti tumbuhan jamur, lumut, ganggang, dan bakteri yang menjadi penyebab pelapukan. Mikroorganisme menghasilkan semacam zat kimia yang dapat memecah batuan kerikil yang dijadikan tempat tumbuhnya, itulah mengapa mikroorganisme seperti jamur dan lumut karena menempel pada batu akan mendapatkan nutrisi untuk kelangsungan hidupnya.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Pelapukan Biologi : Pengertian, Contoh, Faktor Penyebab,Macam, Jenis, Dampak, semoga artikel ini bermafnaat bagi anda semuanya.

Penelusuran yang terkait dengan Pelapukan Biologi
  • contoh pelapukan biologis adalah brainly
  • pelapukan fisika adalah
  • gambar pelapukan biologi
  • pelapukan kimia
  • sebutkan faktor-faktor terjadinya pelapukan biologi
  • 5 contoh pelapukan biologi
  • jelaskan apa yang dimaksud dengan pelapukan biologis dan berikan contohnya
  • contoh pelapukan organik
  • perbedaan pelapukan fisika dan kimia
  • macam macam pelapukan
  • pelapukan biologi disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup tumbuhan berikut ini kecuali
  • berikut ini yang merupakan faktor penyebab pelapukan biologi adalah

Post a Comment for "Pengertian Pelapukan Biologi Meliputi Proses, Faktor Penyebabnya, dan Contohnya Terlengkap"