Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pelapukan Fisika Meliputi Faktor Yang Menyebabkan dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Pelapukan Fisika/Mekanik

Pengertian Pelapukan Fisika

Pelapukan atau penghancuran merupakan suatu fenomena alam yang sering terjadi dan berguna bagi kehidupan, pelapukan diartikan sebagi proses hancurnya masa sebuah benda seperti batuan oleh suatu gaya yang dihasilkan alam. Jika fenomena penghancuran batuan tidak terjadi maka tanah tidak akan ada di bumi ini.
Sedangkan yang dimaksud Pelapukan Fisika adalah pelapukan / penghancuran yang terjadi pada sebuah benda karena adanya proses fisika, misalnya batuan akan mengalami proses perubahan baik itu bentuk fisik maupun ukurannya. Pelapukan ini sering disebut dengan pelapukan mekanik karena prosesnya berlangsung dengan cara mekanik.

Penyebab terjadinya pelapukan mekanik yaitu:
  1. Adanya perbedaan temperatur yang tinggi. Pelapukan ini terutama terjadi di daerah yang beriklim kontinental atau beriklim gurun. Pada siang hari bersuhu panas maka batuan menjadi mengembang, pada malam hari saat udara menjadi dingin, batuan mengerut, hal ini dapat mengakibatkan batuan pecah atau retak-retak.
  2. Ada pembekuan air di dalam batuan. Pelapukan ini terjadi di daerah yang beriklim sedang. Jika air membeku maka volumenya akan mengembang dan menyebabkan tekanan, karena tekanan ini batu- batuan menjadi rusak atau pecah.
  3. Berubahnya air garam menjadi kristal. Pelapukan ini terjadi di daerah pantai. Jika air tanah mengandung garam, maka pada siang hari airnya menguap dan garam akan mengkristal, kristal garam ini yang merusak batuan.


Penyebab Terjadinya Pelapukan Fisika

Pelapukan fisika bisa terjadi karena adanya pengaruh beberapa faktor dari alam. Hal ini membuktikan bahwasannya pelapukan fisika dapat terjadi karena adanya berbagai macam sebab. Secara umum, penyebab terjadinya pelapukan fisika ini adalah karena perbedaan suhu udara, pembekuan air, mengkristalnya air garam, dan juga tekanan tinggi. Adapun penjelasan dari masing- masing sebab antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Perbedaan temperatur udara yang tinggi
Pelapukan mekanik seperti ini umumnya terjadi di daerah yang beriklim kering, misalnya di daerah gurun. Pada siang hari suhu di daerah gurun temperaturnya tinggi dan sangat panas maka batuan disana akan mengembang. Sedangkan pada malam hari suhunya menjadi sangat dingin, tentunya batuan akan mengerut. Proses seperti ini jika berkelanjutan akan menyebabkan tekanan pada lapisan batuan, semakin lama akan menimbulkan rekahan pada batuan dan terjadi pelapukan.
  1. Terdapat pembekuan air di dalam batuan
Pelapukan secara fisikan seperti ini umumnya terjadi di daerah dengan iklim sedang. Air menyerap kedalam batu lalu mengalami pembekuan, volumenya akan mengembang sehingga memberikan tekanan pada mineral penyusun batu tersebut, lambat laun batu akan pecah dan mengalami penghancuran.
  1. Pengkristalan garam
Pelapukan fisika juga bisa disebabkan karena adanya pengkristalan garam. Pelapukan fisika yang disebabkan pengkristalan garam ini tentu saja akan terjadi di daerah pantai . Apabila air tanah mengandung garam, maka pada siang harinya  air akan menguap dan daram- garam akn mengkristal. Pengkristalan ini yang pada akhirnya akan merusak batuan.
  1. Adanya tekanan tinggi
Pelapukan secara fisika juga bisa disebabkan karena adanya tekanan tinggi. Pelapukan fisika yang disebabkan karena tekanan tinggi dapat terjadi di daerah yang memiliki topografi curam. Hal ini karena adanya tekanan tinggi pada batuan di bagian bawah yang diperoleh dari massa batuan di atasnya akan mendorong batuan mengalami kerusakan struktur. Hal tersebut akan membuat batuan mengalami kerapuhan sehingga pada akhirnya terjadi longsor  dan ukurannya berubah menjadi kecil- kecil.
Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya pelapukan secara fisika. Tentu saja faktor- faktor yang telah disebutkan akan terjadi di daerah masing- masing.



Contoh Pelapukan Fisika

Pelapukan fisika biasa terjadi di daerah- daerah yang memiliki kontak langsung dengan udara, sinar matahari dan uap air. Hal ini karena faktor- faktor tersebutlah yang menyebabkan terjadinya pelapukan fisika ini. Selain itu faktor suhu juga sangat berpengaru. Beberapa contoh dari pelapukan fisika yang sering terjadi di sekitar kita antara lain sebagai berikut:
  • Hancurnya batuan yang ada di padang pasir
Contoh pertama dari pelapukan batuan secara fisika adalah pelapukan batuan yang terjadi di padang pasir. Di padang pasir kita tidak hanya menjumpai pasir saja, namun beberapa kali kita menjumpai batuan. Nah batuan- batuan tersebut apabila kita perhatikan pasti akan hancur seiring dengan berjalannya waktu. Batuan yang hancur tersebut lantas akan bercampur dengan pasir dan menjadi pasir. Batuan- batuan ini melebur dalam waktu yang lama. Melebur atau melapuknya batuan ini terjadi akibat adanya kontak langsung dengan udara. Suhu di padang pasir tergolong ekstrim, karena ketika siang hari maka suhunya sangat tinggi namun ketika malam hari suhunya mendadak menjadi sangat rendah. Perubahan yang ekstrim ini terjadi secara berulang- ulang dan dalam jangka waktu lama yang menyebabkan batuan mengalami pelapukan di wilayah padang pasir ini. Sehingga tidak heran banyak batuan yang keropos kita temukan di padang pasir.
  • Abrasi Pada Batuan
Hampir sama saat batuan yang terkikis oleh air di aliran sungai, semakin lama batu yang terkikis akan menjadi butiran halus. Ada juga batuan yang terkikis oleh angin, angin yang berhembus akan membawa material kecil jika terkena batuan secara terus menerus batuan tersebut akan terkikis dan mengalami pelapukan.
  • Batuan yang hancur karena sering terkena tetesan air
Contoh kedua dari pelapukan fisika adalah batuan yang hancur akibat adanya tetesan air hujan. Ini seperti sebuah peribahasa yang sebenarnya peribahasa tersebut mengambil dari fakta ilmiah ini. Struktur batuan ternyata tidak telalu keras. Struktur batuan bisa saja melunak apabila selalu ditetesi oleh air terus menerus. Inilah yang menyebabkan batuan hancur atau menjadi bagian kecil- kecil. Air dan juga kekuatan dari tetesannya mampu melunakkan batuan sehinga hancur atau melapuk.
  • Batuan hancur karena kristalisasi garam di daerah pantai
Contoh pelapukan fisika yang banyak terjadi lainnya adalah yang kita jumpai di daerah- daerah sekitar pantai. Kita semua tahu bahwasannya air laut yang asing karena mengandung banyak garam. Pembuatan garam dapur atau garam yang biasa digunakan untuk pakan ternak juga berasal dari air laut yang dijemur di bawah sinar matahari. Ya, air laut yang terkena sinar matahari secara terus menerus akan mengkristal yang selanjutnya kita semut sebagai garam. Kristalisasi garam juga terjadi di batuan- batuan sekitar pantai yang selalu basah dengan air laut. Air laut tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi garam. Strusktur pengkristalan garam yang padat akan mendorong batuan tersebut. Akibat tekanan inilah batuan lama kelamaan akan hancur dan mengalami pelapukan. Batuan ini akan menjadi hancur atau keropos. Tidak heran apabila kita serin menemukan batuan yang keropos di sekitar pantai.
  • Arus Air Sungai Yang Menggerus Permukaan Batuan
Arus air sungai akan mengikis permukaan batuan yang dilewatinya, tentunya arus sungai tersebut akan membawa material lain mulai dari pasir hingga kerikil kecil. Jika secara terus menerus mengikis batuan besar makan lambat laun batu tersebut akan rusak dan mengalami pelapukan menjadi butiran halus.
  • Hancurnya batuan di dinding- dinding jurang
Batuan yang mendapat tekanan terlalu besar juga akan mengalami pelapukan. Pelapukan ini juga dikategorikan sebagai pelapukan fisika. Kasusu seperti ini sering kita temukan di dinding- dinding jurang yang curam. Batuan yang berada di selah bawah mendapat tekanan dari batuan yang berada di sebelah atas. Hal ini lama- kelamaan akan mennyebabkan batuan di sebelah bawah mengalami pengeroposan  karena terlalu lama mendapat tekanan. Tidak heran apabila kita sering menjumpai hal semacam ini. Apabila dibiarkan maka  hal ini akan berlanjut menjadi sebuah longsoran. Dinding jurang bagian atas bisa rubuh karena bagian bawah sudah mengalami pengeroposan.
  • Batuan hancur karena tekanan dari air tanah yang mengalami pembekuan
Contoh lain adalah batuan yang hancur akibat mendapatkan tekanan dari air tanah yang mengalami pembekuan dan berubah menjadi es. Peristiwa ini terjadi di daerah- daerah yang memiliki suhu rendah namun berlawanan dengan iklim sebenarnya. Sebagai contoh di Indonesia adalah di puncak Jayawijaya. Disana terdapat suhu yang sangat rendah (padahal iklimnya tropis) sehingga menyebabkan air tanah terkadang mengalami pembekuan. Air tanah yang berada di pori- pori tanah akan berubah menjadi es. Tekanan dari es inilah yang akan menyebabkan batuan mengalami pelapukan.
  • Air Yang Membeku dalam Batuan
Air yang membeku dapat mempengaruhi dan mempercepat proses pelapukan secara fisika. Saat air masuk ke celah-celah batuan dan mengalami pembekuan akan menyebabkan batu rusak dan mengalami pelapukan jika terjadi secara terus menerus.


Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian pelapukan fisika adalah proses pelapukan / penghancuran yang terjadi pada sebuah benda karena adanya proses mekanik.
  1. Adapun beberapa penyebab terjadinya proses pelapukan secara fisika, antara lain:
  2. Adanya perbedaan temperature suhu yang ekstrim antara siang hari dan malam hari.
  3. Terjadinya pembekuan air di dalam batuan, sehigga menyebabakan batuan tersebut mudah pecah.
  4. Pengkristalan Air garam, Air yang mengandung garam pada siang hari akan menguap dan garam akan mengkristal jika terkena batuan secara terus menerus maka batuan akan hancur.
  5. Karena tenaga angin, air dan gelombang di sungai. Misalnya arus sungai yang membawa berbagai material kasar akan mengikis batuan besar yang dilewatinya, jika terjadi secara terus menerus batuan tersebut terkikis dan hancur.

 itulah penjelasan tentang pengertian pelapukan fisikan atau mekanik yang dapat kami berikan, semoga dapat dipahami, jika ditemukan beberapa kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Pelapukan Fisika
  • perbedaan pelapukan fisika dan kimia
  • faktor yang menyebabkan pelapukan fisika pada batuan adalah
  • pelapukan kimia
  • gambar pelapukan kimiawi
  • berikut ini yang merupakan pelapukan fisika adalah
  • pertanyaan tentang pelapukan
  • pelapukan fisika adalah brainly
  • contoh soal pelapukan
  • jenis-jenis pelapukan
  • proses pelapukan dipengaruhi oleh
  • proses terjadinya pelapukan
  • gambar pelapukan biologi

Post a Comment for "Pengertian Pelapukan Fisika Meliputi Faktor Yang Menyebabkan dan Contohnya Secara Lengkap"